pusat oleh oleh malang

Malang terkenal dengan keindahan alam dan iklim sejuk, membuatnya menjadi surga bagi para pecinta wisata alam yang menenangkan. Selain itu, daerah ini juga menawarkan oleh-oleh khas yang bisa ditemukan di banyak pusat oleh oleh Malang.

Mulai dari camilan tradisional sampai kudapan modern, kerajinan tangan, hingga pakaian bisa Sedulur bawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga, saudara, maupun rekan-rekan. Dengan begitu, kunjungan ke Malang tentu tidak akan bisa dilupakan.

Nah, bagi yang sedang mencari oleh-oleh di Malang, tidak usah khawatir. Pasar di Malang sendiri terdapat banyak pusat oleh-oleh dengan produk yang berkualitas. Sedulur bisa mengunjungi beberapa rekomendasi pusat oleh oleh Malang berikut!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Makanan Khas Sumenep yang Lezat dan Unik

1. Lancar Jaya

pusat oleh oleh malang
Unsplash/Vitor Paladini

Rekomendasi pusat oleh oleh Malang yang pertama adalah Lancar Jaya. Lancar Jaya merupakan salah satu toko oleh-oleh besar di Malang yang menawarkan berbagai macam makanan khas seperti keripik buah, keripik tempe, aneka camilan, dan masih banyak lagi.

Menariknya, keripik tempe di sini dikemas dengan rasa yang beragam seperti jagung bakar, balado, daun jeruk, keju, dan lain sebagainya. Ya, tempat ini sangat terkenal di kalangan wisatawan karena menyediakan produk-produk berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Alamat: Jl. Tumenggung Suryo No.86, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: (0341) 477247
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.30 WIB

2. Pia Cap Mangkok

Bisa dibilang jika Pia Cap Mangkok adalah toko oleh-oleh khas Malang yang sangat terkenal, terutama di kalangan wisatawan dari luar daerah. Produk utama yang dijual di sini adalah pia dengan berbagai rasa seperti kacang hijau, green tea, keju, cokelat, hunkwe, dan lain sebagainya.

Toko ini selalu ramai oleh pengunjung yang ingin membawa pulang kue lezat ini sebagai oleh-oleh. Selain itu, Sedulur juga bisa menemukan beberapa jenis oleh-oleh khas Malang yang lain, meliputi kerupuk, keripik buah, kacang, sampai aneka minuman.

  • Alamat: Jalan Semeru Nomor 25, Ruko Semeru, Klojen, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: (0341) 335900
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB

3. Goedang Oleh-oleh Malang

Goedang Oleh-Oleh Malang merupakan pusat oleh oleh Malang yang menyediakan berbagai produk khas dari kota tersebut. Mulai dari makanan ringan seperti stik buah, strudel Malang, aneka keripik, hingga souvenir dan kerajinan tangan.

Aneka camilan keripik di sini juga sangat variatif, seperti keripik tahu, keripik ubi, keripik ceker, keripik usus, keripik paru, keripik belut, keripik buah, keripik tempe, keripik bakso, serta keripik singkong. Selain itu, pusat oleh-oleh yang satu ini memiliki suasana yang nyaman dengan pelayanan yang ramah.

  • Alamat: Jl. Simpang Tenaga Selatan II No.12, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: –
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 20.30 WIB

4. Malang Strudel

Bagi yang belum tahu, strudel Malang merupakan oleh-oleh modern yang cukup populer. Kue berlapis ini hadir dalam berbagai rasa seperti apel, pisang, cokelat, keju dan stroberi. Strudel sendiri merupakan produk asli UMKM di Malang yang mulai menyebar ke berbagai daerah.

Bahkan untuk strudel apel, biasanya isian apelnya diambil secara langsung dari Kota Batu. Nah, untuk bisa menemukan oleh-oleh ini, salah satu pusat oleh oleh Malang yang bisa didatangi adalah Malang Strudel. Di sini, Sedulur akan menemukan strudel Malang dengan varian yang sangat lengkap.

  • Alamat: Oro-oro Dowo, Jl. Semeru No.47, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: (0341) 3012773
  • Jam buka: Setiap hari, 06.00 WIB – 22.00 WIB

5. Lapis Kukus Tugu Malang

Rekomendasi pusat oleh oleh Malang yang berikutnya adalah Lapis Kukus Tugu Malang. Ya, kue lapas memang telah menjadi salah satu oleh-oleh khas Malang yang banyak diminati dan wajib dijadikan buah tangan setelah berkunjung ke Malang.

Kue lapis yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang lezat, dengan berbagai varian rasa seperti original, cokelat, dan keju. Nah, Toko Lapis Kukus Tugu Malang juga dikenal dengan kemasannya yang menarik sehingga sangat cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

  • Alamat: Jl. Laksda Adi Sucipto No.60, Blimbing, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0812-3301-313
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 19.30 WIB

6. Bolu Malang Singosari

pusat oleh oleh malang
Unsplash/Anshu A

Bolu merupakan salah satu oleh-oleh khas Malang yang sangat menarik untuk dibawa pulang. Untuk bisa menemukan oleh-oleh tersebut, Sedulur bisa datang ke Bolu Malang Singosari. Bolu Malang Singosari terkenal dengan bolu lembutnya yang memiliki varian rasa yang sangat beragam.

Mulai dari cokelat, keju, pandan, stroberi, bahkan apel dan ketela. Karena saking lengkapnya varian rasa yang tersedia, tidak heran jika toko ini sering dijadikan sebagai tujuan favorit bagi para wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh khas Malang.

  • Alamat: Jl. Perusahaan Raya No.6 Kav. A1, Tunjungtirto Semarak, Tunjungtirto, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0811-1500-138
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 22.00 WIB

7. Soak Ngalam

Soak Ngalam adalah tempat yang menawarkan produk oleh-oleh khas Malang dengan harga terjangkau dan tidak bisa ditemukan di tempat lain. Bagi yang belum tahu, Toko Soak Ngalam menyediakan aneka kaos dengan desain khas Malang yang benar-benar unik.

Nama “Soak Ngalam” sendiri terinspirasi dari gaya bahasa anak muda Malang, yang mana biasanya mereka selalu membalik ejaan penulisan. Jika dibaca dari belakang atau secara terbalik, maka Soak Ngalam dibaca “Kaos Malang”.

  • Alamat: Jl. Kawi Atas No. 24, Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: (0341) 571821
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB

8. Kampung Sanan Industri

Kampung Sanan adalah pusat industri keripik tempe di Malang. Di sini, Sedulur  bisa menemukan berbagai jenis keripik tempe dengan berbagai rasa yang gurih dan renyah. Selain itu, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan keripik tempe dan membeli produk langsung dari pabriknya.

Kampung Sanan Industri juga menyediakan berbagai macam jenis oleh-oleh yang lainnya, seperti keripik nangka, keripik salah, keripik apel, serta keripik buah-buahan lainnya. Dengan begitu, Sedulur tidak perlu repot untuk berpindah-pindah tempat saat membeli oleh-oleh.

  • Alamat: Jl. Sanan Gg. III No.168, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0815-5963-2090
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 21.00 WIB

9. Istana Oleh-oleh Brawijaya

Istana Oleh-oleh Brawijaya adalah pusat oleh oleh Malang yang sangat lengkap. Tempat ini menyediakan berbagai macam makanan khas, mulai dari keripik tempe, keripik buah, hingga berbagai jenis camilan dan minuman tradisional.

Bahkan Sedulur juga bisa menemukan souvenir yang unik dan sangat menarik untuk dibawa pulang. Ya, Bagi Sedulur yang sedang mencari tujuan belanja oleh-oleh di Malang, tempat ini menyediakan pilihan yang sangat beragam.

  • Alamat: Jl. Diponegoro No.86, Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Telepon: (0341) 2990911
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB

10. Keramik Dinoyo

pusat oleh oleh malang
Unsplash/Karim Manjra

Keramik Dinoyo merupakan pusat kerajinan keramik di Malang yang menawarkan berbagai produk keramik berkualitas tinggi. Di sini, Sedulur bisa menemukan berbagai macam kerajinan tangan seperti vas, piring, gelas, dan lain-lain yang dibuat dengan desain yang unik dan menarik.

Harga kerajinan dari keramik di tempat ini juga terbilang lebih terjangkau, karena dibeli secara langsung dari pabriknya. Menariknya lagi, tempat ini juga sering dijadikan tujuan wisata edukasi untuk melihat proses pembuatan keramik secara langsung.

  • Alamat: Jl. Mt Haryono 9 No.336, Dinoyo, Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0812-3553-1979
  • Jam buka: 08.00 WIB – 15.00 WIB

11. The Java Oleh-oleh

The Java Oleh-oleh menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas Malang seperti dodol. keripik buah, keripik tempe, aneka kue, dan camilan tradisional. Tempat ini dikenal dengan pilihan produknya yang beragam dan kualitas yang baik.

Ya, hal itu menjadikannya salah satu tujuan favorit bagi wisatawan yang ingin membawa pulang oleh-oleh. Letaknya yang strategis di Kecamatan Batu juga membuat akomodasi untuk menuju ke pusat oleh oleh Malang ini cukup mudah.

  • Alamat: Jl. Raya Pattimura No.30, Temas, Kecamatan Batu, Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0877-5195-6000
  • Jam buka: Setiap hari, 08.00 WIB – 20.00 WIB

12. Deduwa Oleh-oleh

Berikutnya ada Deduwa Oleh-oleh yang menyediakan berbagai macam oleh-oleh khas Malang dan Jawa Timur. Tempat ini juga menawarkan berbagai macam souvenir dan kerajinan tangan yang cocok sebagai cenderamata.

Konsep one stop shopping dan area parkir luas yang disediakan, membuat pusat oleh oleh Malang ini sangat cocok dikunjungi bersama dengan rombongan besar. Konsep ini memungkinkan Sedulur hanya perlu pergi ke satu tempat saja untuk membeli berbagai macam buah tangan.

  • Alamat: Jl. Indragiri No.2, Pesanggrahan, Kecamatan Batu, Kota Batu, Jawa Timur
  • Telepon: 0823-1113-5199
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 20.00 WIB

13. Pasar Besar

Pasar Besar merupakan salah satu pasar tradisional terbesar di Malang yang menawarkan berbagai macam produk oleh-oleh khas Malang. Di sini, Sedulur bisa menemukan segala macam makanan tradisional, kerajinan tangan, pakaian, dan barang-barang unik lainnya dengan harga yang terjangkau.

Ketika masuk ke dalam pasar ini, jangan terkejut jika barang-barang yang ditawarkan mempunyai harga yang terbilang cukup tinggi. Namun tidak usah khawatir, pasar ini tetap menggunakan sistem penawaran. Sehingga walau harganya mahal, Sedulur bisa menawar harga sesuai dengan yang diinginkan.

  • Alamat: Jl. Pasar Besar, Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: –
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 21.00 WIB

14. Osobkiwalan Kaos Khas Malang

Sesuai dengan namanya, Osobkiwalan adalah toko yang menawarkan berbagai macam kaos dengan desain unik dan khas Malang. Kaos-kaos ini seringkali memiliki desain yang mencerminkan budaya dan ciri khas Malang, menjadikannya oleh-oleh yang menarik dan berbeda dari yang lain.

Jadi bagi Sedulur yang ingin berburu buah tangan selain makanan, maka tempat yang satu ini wajib untuk dikunjungi. Dijamin Sedulur akan menemukan beragam kaos dengan desain unik yang hanya akan ditemukan di wilayah Malang saja.

  • Alamat: Jl. Simpang Tenaga Selatan II No.12, Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Jawa Timur
  • Telepon: 0813-3506-0700
  • Jam buka: Setiap hari, 07.00 WIB – 20.30 WIB

15. Sensa Pusat Oleh-oleh Malang

Rekomendasi pusat oleh oleh Malang yang terakhir adalah Sensa Pusat Oleh-oleh Malang. Sensa Pusat Oleh-oleh Malang menawarkan berbagai macam oleh-oleh khas Malang, mulai dari makanan ringan seperti keripik tempe, keripik buah, hingga beragam kue tradisional seperti putu ayu, klepon, dan lain sebagainya.

Ya, tempat ini menyediakan pilihan produk yang sangat beragam dengan harga yang kompetitif. Pusat oleh oleh Malang ini sudah berdiri sejak tahun 1998 silam, dan sampai saat ini masih menjadi destinasi bagi para wisatawan ketika mencari buah tangan di Malang.

  • Alamat: Jl. Raya Randuagung No.9, Randutelu, Randuagung, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur
  • Telepon: (0341) 458488
  • Jam buka: Setiap hari, 07.30 WIB – 20.00 WIB

Nah, itulah beberapa pusat oleh oleh Malang yang direkomendasikan. Dengan ragam pusat oleh-oleh yang lengkap di Malang, hal itu memastikan setiap kunjungan menjadi momen yang tak terlupakan. Sedulur bisa membawa pulang kenangan dalam bentuk rasa dan keindahan kerajinan lokal.

Jadi bagi yang berkunjung ke Malang entah itu dengan tujuan untuk berwisata maupun mengurus pekerjaan, sampai lupa untuk membeli oleh-oleh dari daerah tersebut!