pusat oleh-oleh jember

Jember dikenal sebagai salah satu kota tembakau terbesar di Pulau Jawa. Namun, sebagai kota industri, Jember juga dikenal karena pariwisata dan budaya dengan kekayaan kuliner dan kerajinan. Jadi tak heran bila mudah sekali menemukan pusat oleh-oleh Jember di sepanjang jalan.

Bagi para wisatawan, tentu kunjungan ke Jember akan semakin lengkap apabila mereka membawa buah tangan setelah berkunjung ke kota ini. Namun, agar tak salah memilih tempat untuk mencari oleh-oleh untuk keluarga tercinta. Kami sudah menyiapkan rekomendasi tempatnya.

Kira-kira ada dimana saja? Biar tidak semakin penasaran, langsung simak artikel kali ini aja ya!

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Makanan Khas Magetan Terenak dan Legendaris

1. Primadona Pusat Oleh-Oleh Khas Jember

pusat oleh-oleh jember
Unsplash/Soyoung Han

Hanya tiga menit dari Stasiun Jember, terdapat toko Primadona tempat Sedulur bisa membeli oleh-oleh khas Jember. Toko oleh-oleh yang satu ini paling melegenda di Jember karena sudah berdiri sejak tahun 1982.

Toko ini mempunyai berbagai oleh-oleh khas Jember mulai dari Pia Edamame, Pisang Tape, Kakao Coklat, Brownis Tape, Suwar Suwir, Jenang Waluh, Cerutu, Prol Tape dan masih banyak lagi.  Harganya juga sangat terjangkau mulai dari Rp6 ribuan hingga Rp100 ribuan saja. Tempat ini sangat jadi rekomendasi kalau Sedulur ingin mencari oleh-oleh khas Jember dengan mudah.

  • Alamat: Central Square, di Jalan Sumatra, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember
  • Jam buka: Setiap hari mulai dari pukul 07.30 WIB sampai 21.30 WIB

2. Pusat Oleh-Oleh Purnama Jati

Purnama Jati merupakan pusat oleh-oleh khas di Jember yang menawarkan olahan tape singkong dan produk edamame. Selain itu ada pisang goreng, prol tape, suwar-suwiri, maring jagung, pia edamame, kue kacang, kue bagiak, dan masih banyak lagi makanan lainnya. Harga oleh-oleh di Purnama Jati mulai dari Rp15 ribuan. 

Toko oleh-oleh ini sudah berdiri sejak tahun 2000, jadi tidak perlu diragukan lagi. Dengan banyaknya pilihan oleh-oleh, Purnama Jati bisa jadi pilihan terbaik untuk menemukan buah tangan keluarga di rumah.

  • Alamat: Jalan Bungur No. 9, Darwo Timur, Gebang, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember
  • Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00 WIB hingga 21.00 WIB

3. Cita Rasa Pusat Oleh-Oleh

Rekomendasi pusat oleh-oleh di Jember selanjutnya adalah Cita Rasa Pusat Oleh-oleh. Toko ini juga menjual berbagai macam makanan khas, mulai dari aneka keripik, kue kering, tape, dan berbagai macam minuman tradisional.

  • Alamat: Jalan Trunojoyo No. 17, Kebondalem, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember
  • Jam buka: Buka setiap hari pukul 08.00 sampai sore 17.00 WIB

4. Toko Oleh-Oleh Kembang Madu 

Toko Kembang Madu adalah pusat oleh-oleh yang terletak di Jember dan menawarkan berbagai macam makanan terutama makanan penutup seperti olahan manis dan tape. Tape buatan Kemang Madu terbuat dari singkong kuning tanpa penggunaan bahan pengawet.

  • Alamat: Jalan Slamet Riyadi No. 104, Krajan, Patrang, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari pukul 08.30 sampai sore 18.00 WIB

5. Pia Jember Indah

Jika mencari pusat oleh-oleh yang dekat dengan Stasiun Jember, maka Sedulur bisa datang ke Pia Jember Indah. Toko oleh-oleh ini menjual Pia Coklat Lumer dan Bolen Lumer. Selain itu ada juga pia dari kacang hijau, keju, cokelat pandan, durian, dan rasa campur. 

Oleh-oleh Pia Jember Indah juga bisa dijadikan sebagai hampers dan souvenir pesta saat hajatan. Setiap kotak Pia Jember Indah berisi 10 biji yang disertakan. Untuk pemesanan dapat menghubungi melalui nomor WhatsApp 085749458330 atau 082131661860.

  • Alamat: Jalan Apel V No. 25, Krajan, Patrang, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember
  • Jam buka: Toko oleh-oleh ini buka 24 jam

6. Istana Bolen

Istana Bolen menawarkan oleh-oleh bolen khas Jember. Bolen yang ada di toko oleh-oleh ini selalu ready setiap hari tanpa harus memesan terlebih dahulu. Ada beberapa pilihan rasa, original, durian, cokelat, pisang, keju, dan tiramisu. 

Harga tiap kotak bolen mulai dari Rp34 ribu. Selain Bolen, toko oleh-oleh ini juga menawarkan brownies seharga Rp55 ribu. Apabila ingin melakukan pemesanan oleh-oleh, Sedulur bisa menghubungi WhatsApp ke 082319638188.

  • Alamat: Jalan Letjen Panjaitan Nomor 39, Gumuk Kerang, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember
  • Jam buka: Jam buka adalah pukul 08,00 WIB sampai malam 20.00 WIB

7. PiaQta

Selanjutnya ada oleh-oleh khas Jemper yakni PiaQta. Oleh-oleh yang satu ini cukup unik karena menawarkan resep Bakpia Bakar Pathok khas Yogyakarta. Pilihan rasa ada banyak mulai dari keju spesial, kacang hijau, cokelat lumer, durian, pandan, dan ubi ungu. 

Setiap kotak berisi 10 pia berukuran besar. Sedangkan harga per kotaknya adalah Rp25 ribu. Selain Bakpia Bakar Pathok, toko PiaQta juga menawarkan bakpia krispi dan bolen. Seluruh produk PiaQta telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI. Bila ingin beli dalam jumlah banyak, Sedulur bisa pesan lewat nomor WhatsApp 081226247886.

  • Alamat: Perumahan Karangrejo Asri, Jalan Kutai Nomor 12, Blok D 12, RT.04/RW.06, Kawasan Sawah/Taman, Karangrejo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember
  • Jam buka: Toko oleh-oleh ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB hingga malam pukul 20.00 WIB

8. Toko Oleh-Oleh Sari Madu khas Jember

Toko oleh-oleh Sari Madu khas Jember memberi daya tarik tersendiri. Oleh-oleh Sari Madu khas jember merupakan toko oleh-oleh yang terletak di kawasan Jember Kidul. Toko oleh-oleh ini gak hanya menjajakan kuliner khas Jember saja, tapi Sedulur juga bisa menemukan beberapa souvenir menarik.

  • Alamat: Jalan Gajah Mada No.155, Kelurahan Jember Kidul, Kabupaten Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB sampai malam pukul 22.00

9. Sari Rasa Pusat Oleh-Oleh Khas Jember

Toko Sari Rasa merupakan salah satu pusat oleh-oleh yang ada di Jember. Toko ini menjual produk-produk khas Jember seperti suwar-suwiri. Suwar-suwir sendiri merupakan makanan ringan yang terbuat dari tape singkong. Selain itu toko ini juga menyediakan prol tape, dodol tape, bakpia pathok, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Jalan Trunojoyo No 91, Kauman, Kepatihan, Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari pukul 07.00 WIB sampai pukul 21.00 WIB

10. Toko Sumber Madu Oleh-Oleh Khas Jember

Toko Sumber Madu Oleh-oleh Khas Jember bisa menjadi pilihan selanjutnya untuk mencari oleh-oleh. Di sini Sedulur bisa mendapatkan berbagai macam kudapan lezat yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari olahan tape hingga aneka camilan ada di sini.

  • Alamat: Jalan Gajah Mada No. 103, Kelurahan Jember Kidu, Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari dari pukul 07.00 WIB sampai malam pukul 21.00 WIB

BACA JUGA: Wedang Cor, Minuman Penghangat Badan Khas Jember

11. Pusat Oleh-Oleh PODOMORO

pusat oleh-oleh jember
Unsplash/Sophia Kc

Pusat Oleh-oleh PODOMORO bisa menjadi pilihan terbaik Sedulur untuk mencari oleh-oleh khas Jember. Di sini menyediakan berbagai aneka makanan khas dan olahan tape. Camilan lezat juga tersedia. Beberapa seperti prol tape, dodol tape, tape sekar, bolen edamame, pia edamame, edamame goreng, terasi puger, kopi lanang, pia tape, dan suwar-suwir.

Semua oleh-oleh tadi bisa tahan sampai 1 minggu dalam chiller, terutama olahan tape dan kue. Sedangkan untuk produk kemasan seperti terasi, edamame goreng dan kopi dapat disimpan sampai 6 bulan dalam chiller. Tak hanya itu, terdapat juga souvenir untuk buah tangan orang di rumah.

  • Alamat: Kelurahan Jember Kidul, Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari dari pukul 07.30 WIB sampai malam 22.00 WIB

12. Sari Madu 2 Pusat Oleh-Oleh Jember

Kalau Sedulur sedang berada di kawasan Sumbersari dan ingin mencari oleh-oleh, Sedulur bisa datang ke toko Sari Madu 2 Pusat Oleh-oleh Jember. Di sini Sedulur bisa menemukan berbagai olahan khas seperti prol tape, dodol, aneka pia, edamame, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Jalan Letjen Panjaitan No.10, Lingkungan Sumberdand, Kebonsari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari dari pukul 08.00 WIB sampai 21.00 WIB

13. Toko Oleh-Oleh Jember New Papuma

Toko oleh-oleh Jember terdekat yang bisa Sedulur kunjungi selanjutnya adalah Toko Oleh-oleh Jember New Papuma. Di sini Sedulur bisa menemukan aneka jajanan dan kudapan lezat yang cukup komplit.

Beberapa di antaranya seperti tape, suwar-suwir, edamame, olahan ketan, dan masih banyak jenis lainnya. Salah satu yang wajib Sedulur coba tentu adalah prol tapenya. Pasalnya kudapan tersebut disajikan selagi masih hangat.

  • Alamat: Jalan Gajah Mada, Kelurahan Jember Kidu, Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember
  • Jam buka: Toko ini buka 24 jam

14. Pusat Oleh-Oleh Surya Camilan

Surya Camilan jadi rekomendasi selanjutnya untuk Sedulur yang mau borong oleh-oleh khas Jember. Di sini Sedulur bisa menemukan berbagai aneka camilan, olah dari olahan tape, edamame, dan masih banyak lagi.

Selain itu, Surya Camilan juga bisa menerima pesanan parcel yang cocok untuk buah tangan orang di rumah. Harganya mulai dari Rp125 ribu saja dan bisa sesuai permintaan.

  • Alamat: Jalan Brawijaya No.63, Karang Miuwo, Jubung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari pukul 07.00 WIB dan tutup pukul 21.00 WIB

15. Toko Oleh-Oleh Wika

Salah satu tempat belanja oleh-oleh khas Jember yang sangat direkomendasikan adalah Toko Oleh-oleh Wika. Toko ini terkenal dengan berbagai macam oleh-oleh khas Jember yang berkualitas dan otentik. Mulai dari beragam jajanan tradisional yang lezat hingga hasil kerajinan tangan yang indah, toko oleh-oleh ini menawarkan pengalaman berbelanja yang memuaskan bagi pengunjung. 

Beberapa barang yang biasa dijual di toko oleh-oleh ini antara lain, keripik singkong yang merupakan salah satu makanan khas Jember yang paling digemari. Rasanya yang lezat dan renyah menjadikannya favorit para wisatawan. Dodol garut juga merupakan oleh-oleh tradisional Jember yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti ketan, gula pasir, dan santan. Dodol ini memiliki tekstur yang lembut dan rasa yang manis.

Selain itu, ada juga batik Jember yang mempunyai motif dan corak khas yang mencerminkan keindahan budaya Jember. Batik ini tersedia dalam berbagai bentuk seperti kain batik, pakaian atau aksesoris. Kopi Jember juga menjadi produk unggulan di sini. Di toko oleh-oleh Wika, Sedulur bisa menemukan berbagai macam biji kopi Jember atau kopi bubuk.

Toko ini juga menjual berbagai macam kerajinan khas Jember seperti anyaman bambu, kerajinan kotak atau oleh-oleh unik dan menarik lainnya. Kue tradisional seperti onde-onde, kue lumpur atau kue serangga juga tersedia sebagai oleh-oleh lezat di toko oleh-oleh Wika. Toko oleh-oleh ini juga memiliki berbagai macam souvenir seperti gantungan kunci, mug, kaos atau magnet kulkas.

  • Alamat: Jalan Wijaya Kusuma No.19, Tegal Rejo, Jemberlor, Kecamatan Patrang, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: Setiap hari buka 24 jam

16. Pusat Oleh-Oleh Jember Jaya Rasa

Toko ini menjadi salah satu destinasi yang wajib dikunjungi bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh khas Jember. Tempat ini adalah jantung dari banyak produk indah yang mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner Jember. Mulai dari kue tradisional, suvenir kenangan hingga tekstil berkualitas tinggi, yang menawarkan beragam pilihan menarik kepada wisatawan. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengenal keindahan budaya lokal dan memilih oleh-oleh yang sesuai dengan selera kaumu di sini. Pusat Oleh-Oleh Jember Jaya Rasa menawarkan beragam produk yang mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner Jember.

Beberapa produk yang biasa dijual di sini seperti keripik singkong yang menjadi oleh-oleh populer. Lalu ada dodol tape yang lembut dan enak. Lalu ada juga aneka kue, onde-onde, aneka kue, olahan tape, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Kaliwates, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari selama 24 jam

17. Istana Kue

Kalau Sedulur ingin mencari berbagai olahan kue, toko oleh-oleh Istana Kue bisa menjadi pilihan. Istana Kue menjual jajanan seperti aneka kue, olahan tape, souvenir khas Jember dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, di sini juga menjual bahan roti yang mungkin jika Sedulur membutuhkannya.

  • Alamat: Jalan Trunojoyo No.11, Kebondalem, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: Untuk jam operasionalnya toko ini buka dari pukul 08.00 WIB sampai 19.00 WIB

18. Toko Oleh-Oleh Prima Rasa Gajah Mada

Oleh-oleh khas Jember tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Mulai dari kuliner tradisional hingga kerajinan tangan unik, setiap oleh-oleh mengandung cerita dan kekayaan budaya Jember. 

Sembari menjelajahi keindahan kota, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi dan membawa pulang oleh-oleh khas Jember sebagai kenang-kenangan spesial petualangan Sedulur di sini.

Salah satu caranya Sedulur bisa datang ke Toko Oleh-Oleh Prima Rasa Gajah Mada. Toko ini menjajakan aneka makanan khas yang cukup komplit, mulai dari olahan tape, kue, camilan, dan masih banyak lagi.

  • Alamat: Jalan Gajah Mada No.161 – 163, Kelurahan Jember Kidu, Jember Kidul, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari dari pukul 07.30 WIB sampai 01.00 WIB 

19. Toko Oleh-oleh HANAFI SEHAT TENTREM

Selanjutnya Sedulur bisa mencoba Toko Oleh-oleh HANAFI SEHAT TENTREM untuk mencari berbagai olahan enak. Di sini menjajakan berbagai makanan khas Jember. Tentu saja prol tape dan suwar suwirnya harus Sedulur coba.

  • Alamat: Gudang Rejo, Rambipuji, Kecamatan Rambipuji, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka:Buka setiap hari selama 24 jam

20. Official Buah Tangan Pusat Oleh-Oleh

Terakhir ada toko Official Buah Tangan Pusat oleh-oleh yang bisa Sedulur sambang. Di sini menjual berbagai aneka oleh-oleh khas Jember mulai dari makanan sampai souvenir. Tapi salah satu yang wajib banget Sedulur coba adalah Tape Kuning Mayang Madu yang rasanya legit dan nikmat.

  • Alamat: Perumahan Mastrip V 10, Krajan Timur, Sumbersari, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur
  • Jam buka: Buka setiap hari dari 07.30 WIB sampai malam 20.00 WIB

Itulah tadi beberapa rekomendasi pusat oleh-oleh Jember yang bisa Sedulur sambangi ketika datang ke kota ini. Berkunjung ke suatu tempat baru belum lengkap tanpa membawa pulang oleh-olehnya.

Di Jember, pulang ke rumah membawa oleh-oleh adalah bagian penting. Mulai dari aneka olahan tape, aneka keripik hingga dodol manis yang lezat, kota ini memiliki beragam kuliner dan produk lokal yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh atau dibagikan kepada orang tercinta.

Ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Air Mineral Pirlo

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp.