pusat oleh oleh banyuwangi

Bisa dibilang jika pusat oleh oleh Banyuwangi sering dicari oleh para wisatawan yang sedang berkunjung ke daerah tersebut. Ya, banyaknya oleh-oleh yang bisa ditemukan di Banyuwangi, maka berkunjung ke pusat oleh-oleh jadi hal wajib yang tidak boleh untuk dilewatkan.

Tidak usah khawatir, di Banyuwangi sendiri cukup mudah menemukan toko oleh-oleh khas yang berkualitas. Dengan begitu, Sedulur bisa memilih pusat oleh oleh Banyuwangi, yang menyediakan buah tangan yang paling tepat untuk dibawa pulang.

Jadi bagi Sedulur sedang berkunjung ke Banyuwangi, jangan sampai lupa untuk mengunjungi paling tidak satu dari beberapa pusat oleh oleh Banyuwangi yang ada di bawah ini!

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Situbondo Paling Favorit

1. Osing Deles

pusat oleh oleh banyuwangi
Unsplash/Lighten Up

Osing Deles merupakan salah satu pusat oleh oleh Banyuwangi yang menawarkan berbagai macam produk khas daerah. Tempat ini menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin membawa pulang kenangan khas dari Banyuwangi.

Osing Deles dikenal dengan berbagai produk makanan tradisional Banyuwangi, seperti dodol, tape ketan, dan keripik pisang. Selain makanan, Osing Deles juga menawarkan cinderamata unik seperti kerajinan tangan lokal, seperti tas tenun ikat, ukiran kayu, dan miniatur kapal nelayan tradisional.

Barang-barang ini tidak hanya indah secara estetika tetapi juga merepresentasikan kekayaan budaya Banyuwangi yang khas.

  • Alamat: Jalan K.H. Agus Salim No.12A, Taman Baru, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Telepon: 0822-1006-8615
  • Jam buka: 08.00 WIB – 22.00 WIB

2. Istana Gandrung Banyuwangi

Rekomendasi pusat oleh oleh Banyuwangi yang berikutnya adalah Istana Gandrung Banyuwangi. Istana Gandrung Banyuwangi menjadi destinasi unik di Banyuwangi yang menawarkan berbagai oleh-oleh khas dari daerah tersebut.

Istana Gandrung Banyuwangi menyediakan berbagai macam produk khas Banyuwangi yang sangat lengkap. Mulai dari makanan khas, camilan khas, kaos etnik, hingga souvenir yang bisa Sedulur jadikan sebagai buah tangan.

Dulunya, pusat oleh-oleh ini bisa dikunjungi tanpa batasan waktu karena buka 24 penuh. Namun, kini hanya buka dari pagi sampai malam hari saja.

  • Alamat: Jalan Raya Jember Km 7, Dadapan, Kabat, Dusun Krajan, Dadapan, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Telepon: 0813-3665-1802
  • Jam buka: 06.00 WIB – 22.00 WIB

3. Pia Glenmore

Sesuai dengan namanya, Pia Glenmore merupakan pusat oleh oleh Banyuwangi yang menawarkan bakpia sebagai produk utamanya. Bakpia yang ada di sini ini memiliki berbagai macam varian rasa yang menggugah selera.

Pia Glenmore menawarkan bakpia dengan pilihan rasa klasik seperti original, cokelat, keju, dan varian rasa lain yang dapat menjadi pilihan bagi pengunjung sesuai dengan preferensi mereka. Selain itu, bakpia ini juga tersedia dalam kemasan yang menarik sehingga cocok sebagai oleh-oleh.

Berkunjung ke Pia Glenmore juga memberikan pengalaman berbelanja yang menyenangkan dengan suasana toko yang ramah dan pelayanan yang baik.

  • Alamat: Jalan Kolonel Sugiono No.33, Tukangkayu, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Telepon: 0812-4929-191
  • Jam buka: 08.00 WIB – 20.00 WIB

4. Wong Osing Banyuwangi

Wong Osing Banyuwangi menawarkan berbagai produk khas daerah tersebut. Wong Osing dikenal karena menjaga keaslian produk lokal dengan menyediakan beragam oleh-oleh tradisional yang mencerminkan budaya dan kekayaan alam Banyuwangi.

Di Wong Osing, Sedulur bisa menemukan berbagai macam makanan ringan tradisional. Contohnya adalah jajanan tradisional seperti dodol Banyuwangi, yang terkenal dengan rasa manisnya yang khas dan teksturnya yang kenyal.

Sementara bagi para penggemar kerajinan tangan, Wong Osing menyediakan berbagai jenis souvenir seperti ukiran kayu, kerajinan anyaman, dan tekstil tradisional Banyuwangi.

  • Alamat: Pancoran Kulon, Rogojampi, Kec. Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Telepon: 0852-3606-4658
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.00 WIB

5. Ardial Banyuwangi

Ardial Banyuwangi menawarkan beragam oleh-oleh tradisional dan modern yang merupakan ciri khas budaya dan kuliner Banyuwangi. Sedulur dapat menemukan berbagai pilihan seperti Osing Deles, kue-kue tradisional, kopi Banyuwangi, dan souvenir-souvenir unik lainnya.

Toko oleh-oleh Ardial Banyuwangi juga dikenal dengan suasana yang ramah dan pelayanan yang baik kepada pelanggan. Staf mereka terlatih untuk memberikan informasi tentang setiap produk yang dijual, termasuk bahan dan cara pembuatannya.

Hal ini membuat pengalaman berbelanja di sana tidak hanya sekadar membeli oleh-oleh, tetapi juga sebagai kesempatan untuk memahami lebih dalam tentang kebudayaan Banyuwangi.

  • Alamat: Jalan Basuki Rahmat, Singotrunan, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Telepon: 0821-4163-3232
  • Jam buka: 07.00 WIB – 21.00 WIB

6. Sherly

oleh-oleh khas situbondo
Unsplash/Jelleke Vanooteghem

Toko Sherly merupakan salah satu destinasi utama di Banyuwangi untuk membeli oleh-oleh khas. Toko ini menawarkan berbagai macam produk lokal yang menggambarkan kekayaan budaya Banyuwangi.

Para pengunjung dapat menemukan beragam pilihan seperti seperti rengginang aneka rasa, sale pisang, kue bagiak, keripik kulit ikan, abon ikan tuna, serta camilan khas lainnya. Suasana di Toko Sherly sangat ramah dan menyambut.

Ditambah lagi dengan para pegawai yang siap memberikan penjelasan tentang setiap produk, membuat pengalaman terasa lebih memuaskan. Selain itu, toko ini juga sering menjadi tempat di mana wisatawan bisa belajar lebih banyak tentang adat dan kebudayaan lokal Banyuwangi.

  • Alamat: Jalan Mendut No.57, Taman Baru, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Telepon: 0877-5569-8688
  • Jam buka: 08.00 WIB – 21.00 WIB

7. Doesoen Kakao Glenmore

Doesoen Kakao Glenmore menjadi destinasi lain yang sangat direkomendasikan sebagai pusat oleh oleh Banyuwangi. Terletak di kawasan Glenmore, tempat ini terkenal karena menyajikan berbagai produk olahan kakao yang berkualitas tinggi.

Pengunjung dapat menemukan berbagai macam cokelat, seperti cokelat batangan, cokelat bubuk, dan aneka camilan cokelat lainnya yang dibuat secara lokal dengan bahan-bahan pilihan.

Doesoen Kakao Glenmore juga menawarkan pengalaman belajar tentang proses pengolahan kakao secara langsung. Pengunjung dapat melihat bagaimana biji kakao diproses menjadi cokelat siap konsumsi, mulai dari tahap fermentasi hingga proses pembuatan produk jadi.

  • Alamat: Doesoen Kakao, Kendenglembu, Karangharjo, Glenmore, Banyuwangi Regency, East Java
  • Telepon: 0822-2114-7778
  • Jam buka: 08.00 WIB – 17.00 WIB

8. Sun Osing Banyuwangi

Sun Osing Banyuwangi menawarkan berbagai produk lokal khas. Tempat ini merupakan destinasi favorit para wisatawan untuk membeli oleh-oleh yang autentik. Ya, Sun Osing dikenal dengan koleksi oleh-oleh yang khas, seperti kerajinan tangan, pakaian tradisional, serta makanan khas Banyuwangi.

Tidak hanya menjadi tempat untuk membeli oleh-oleh, Sun Osing juga merupakan tempat yang cocok untuk belajar lebih dalam tentang budaya tradisi lokal Banyuwangi.

Dengan suasana yang ramah dan pelayanan yang baik, pengunjung dapat merasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan sambil menjelajahi kekayaan budaya dan seni yang dimiliki oleh Banyuwangi.

  • Alamat: Jalan Raya Banyuwangi Situbondo No.112, Lkr. Kp. Baru, Bulusan, Kec. Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Telepon: 0822-1621-1211
  • Jam buka: 10.00 WIB –22.00 WIB

9. Gajah Oling

Gajah Oling memang sangat populer di kalangan wisatawan karena keunikannya dalam menyajikan produk-produk tradisional yang otentik. Berbagai macam oleh-oleh bisa ditemukan di sini, seperti makanan ringan seperti keripik pisang, keripik tempe, hingga jajanan tradisional seperti onde-onde dan gethuk.

Selain itu, Gajah Oling juga dikenal dengan produk-produk kerajinan tangan yang terbuat dari bahan lokal, seperti tas rajut, ukiran kayu, dan barang-barang dekorasi rumah lainnya.

Gajah Oling juga bisa dijadikan sebagai destinasi wisata budaya di Banyuwangi. Pengunjung dapat melihat langsung proses pembuatan oleh-oleh tradisional di tempat ini, memberikan pengalaman yang unik dan edukatif tentang kebudayaan lokal.

  • Alamat: Jalan Raya Muncar No.31A, Kebaman, Kec. Srono, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Telepon: –
  • Jam buka: 08.00 WIB – 20.00 WIB

10. Pelangi Sari Banyuwangi

pusat oleh oleh banyuwangi
Unsplash/Oluwasayo

Rekomendasi pusat oleh oleh Banyuwangi terakhir adalah Pelangi Sari Banyuwangi. Pelangi Sari dikenal dengan koleksi oleh-olehnya yang beragam, mulai dari makanan hingga kerajinan tangan. Selain kopi khas Banyuwangi, ada pula aneka penganan tradisional seperti kue ku, kue lego, dan dodol khas Banyuwangi.

Selain makanan, Pelangi Sari juga menawarkan berbagai jenis kerajinan tangan lokal yang mencerminkan kekayaan budaya Banyuwangi. Sedulur dapat memilih dari berbagai souvenir seperti kerajinan batik, tenun ikat, dan aneka aksesori tangan yang dihiasi dengan motif-motif tradisional.

Produk-produk ini tidak hanya menggambarkan keindahan seni lokal, tetapi juga mendukung ekonomi kreatif masyarakat setempat.

  • Alamat: Jalan Letkol I Gusti Ngurah Rai No.16, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur
  • Telepon: 0812-4994-0125
  • Jam buka: 07.00 WIB – 21.00 WIB

Selain beberapa pusat oleh oleh Banyuwangi yang ada di atas, sebenarnya masih ada lagi yang belum disebutkan. Hanya saja, beberapa pusat oleh-oleh tersebut adalah yang paling direkomendasikan.