oleh-oleh khas tuban

Tuban merupakan salah satu kota pesisir di Jawa Timur. Dengan banyaknya sumber daya alam dari laut, kota kecil ini memiliki banyak sekali oleh-oleh khas Tuban yang bisa dibilang unik dan lezat.

Bagi Sedulur yang sedang berlibur ke Tuban dan ingin mencoba membawa oleh-oleh untuk orang di rumah atau kampung halaman. Berikut ini ada beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Tuban yang menarik untuk dicoba.

BACA JUGA: 12+ Rekomendasi Kuliner Tuban yang Legendaris, Wajib Dicoba!

1. Legen

Unsplash/Nisha Ramesh

Minuman tradisional ini diproduksi dari sari pohon lontar. Minuman yang memiliki rasa khas legit dan menyegarkan ini cocok dinikmati saat kumpul bersama keluarga. Apalagi di bulan suci Ramadhan, masyarakat pasti berburu minuman untuk penghilang rasa dahaga selama seharian berpuasa.

Sayangnya, minuman ini tidak bisa bertahan lama. Hanya bisa disimpan sekitar 4-5 jam saja. Melebihi masa itu, rasa legen akan berubah menjadi lebih masam.

2. Siwalan

Oleh-oleh khas Tuban lainnya adalah buah siwalan. Buah yang memiliki rasa manis dan menyegarkan ini bisa langsung dikonsumsi. Siwalan ini biasanya juga diolah menjadi minuman bernama legen.

Buah ini hanya tumbuh di wilayah tropis dan bisa ditemui di daerah pesisir pantai. Buah siwalan memiliki segudang manfaat bagi tubuh. Selain mencegah dehidrasi atau kelelahan, juga menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung.

3. Dumblek

Kue Dumbek Tuban atau jajanan tradisional yang khas banget, baik dari bentuk maupun rasanya. Dumbek adalah makanan atau jajan pasar yang banyak dijual di pasar tradisional. Bentuknya seperti terompet yang bungkusnya dari lilitan daun siwalan atau janur. Bau daun siwalan membuat kue dumbek mempunyai ciri khas tersendiri.

Untuk diketahui, dumbek merupakan jajanan tradisional berbentuk mirip terompet kecil yang terbuat dari gulungan daun siwalan. Sementara bagian dalamnya yang dimakan merupakan campuran adonan tepung beras, santan kelapa, dan gula merah. Beberapa penjual terkadang juga mencampurkan susu agar terasa lebih gurih.

4. Becek menthok

Kata menthok pada menu makanan khas Tuban ini memiliki arti daging bebek. Menu kuliner bebek ini memiliki banyak penggemar di Tanah Air. Sebagai makanan khas Tuban, daging bebek diolah dengan bumbu dan rempah dan dimasak menjadi becek menthok.

Banyak warung makan hingga restoran yang menyajikan makanan ini. Selain sensasi rasa pedas khas lidah pesisir yang tersaji, juga rasa gurih dari campuran santan dan bumbu lainnya bikin pengunjung ketagihan.

5. Sate menthok

Apabila Sedulur sudah merasa jenuh dengan sajian sate dari daging ayam atau kambing. Sedulur patut mencoba makanan satu ini. Sate menthok atau itik ini tekstur dagingnya cukup unik.

Dagingnya agak sedikit keras, tapi kaya akan cita rasanya. Apalagi jika dicampur dengan bumbu khas yang menggoda. Campuran cabai merah kering, cabai rawit hijau, bawang merah, dan bawang putih, serta perasan air lemon akan membangkitkan nafsu makan Sedulur.

BACA JUGA: 6 Makanan Oleh-Oleh Khas Ponorogo yang Wajib Dibawa Pulang

6. Ampo

oleh-oleh khas tuban
Unsplash/Josh Boaz

Ampo adalah makanan yang hanya ada di daerah Tuban. Keunikan dari makanan ini terletak pada bahan yang digunakan, yaitu tanah liat. Bentuk ampo mirip seperti stick coklat, memiliki rasa yang gurih dan hampir serupa dengan kacang tanah. 

Jajanan Ampo diyakini dapat menguatkan kandungan sehingga makanan ini banyak disukai ibu hamil. Harganya cukup terjangkau, wisatawan bisa mendapatkan jajanan ini dengan harga Rp5 ribu saja.

7. Kari rajungan

Tuban terkenal dengan pesisir pantainya. Rajungan berbentuk seperti kepiting menjadi olahan yang mudah Sedulur temui. Rajungan di sana dimasak kari dengan bumbu-bumbu khas.

Selain itu, cara memasaknya terbilang masih sangat tradisional, namun mampu menghasilkan rasa khas yang nikmat. Penggunaan kayu bakar masih diterapkan untuk membuat bumbu kari yang meresap dengan sempurna.

8. Terasi udang

Terasi udang khas Tuban mempunyai campuran dari udang pilihan yang bisa menambah kenikmatan pada masakan olahan ibu-ibu di rumah. Harga terasi udang Tuban ini juga cukup beragam, yaitu mulai dari Rp5 ribu sampai dengan Rp25 ribu, tergantung dari kualitas serta ukuran terasi.

9. Kecap laron

Kecap khas Tuban ini terbilang cukup unik sebab mengambil nama dari salah satu serangga bersayap dan seringkali muncul pada saat malam hari ketika musim hujan. Nama yang digunakan dalam Kecap Laron adalah sebuah bentuk merk dagang saja.

Kecap ini mempunyai tekstur yang terasa lebih kental daripada kecap pada umumnya di pasaran. Harga dari kecap khas Tuban ini dibanderol dengan harga cukup murah yaitu mulai dari Rp10 ribu saja.

10. Gemblong

Gemblong berbahan dasar tepung ketan putih serta gula merah cair. Gemblong bentuknya mirip kue bulat dengan rasa gurih serta manis juga adanya tekstur lembut dan empuk dapat terasa nikmat dalam lidah.

Jajanan ini terbilang cukup awet sehingga akan cocok bila dijadikan sebagai oleh-oleh. Harga yang ditawarkan dalam satu biji gamblong cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp1 ribu saja.

BACA JUGA: 10 Rekomendasi Tempat Makan di Tuban yang Wajib Dicoba

11. Keripik gayam

oleh-oleh khas tuban
Unsplash/Farhad Ibrahimzade

Keripik Gayam terbuat dari salah satu tumbuhan khas dari Tuban yang kemudian akan diolah sehingga dapat menjadi sebuah makanan ringan dengan rasa enak dan juga gurih.

Wisatawan dapat memperoleh keripik ini hanya dengan merogoh kocek mulai dari Rp20 ribu saja. Itulah kumpulan jajanan khas Tuban yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk orang di rumah.

Demikian tadi deretan rekomendasi oleh-oleh khas Tuban yang bisa Sedulur coba. Ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya.

Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!