oleh oleh khas probolinggo mangga probolinggo

Terkenal dengan objek wisatanya yang beragam, tidak heran banyak orang yang menjadikan Probolinggo sebagai destinasi ketika liburan. Nah, ketika berkunjung dan berwisata, tentu saja salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah berbelanja Oleh-oleh khas Probolinggo.

Bukan karena tanpa sebab, banyak rekomendasi oleh-oleh khas dari Probolinggo yang nikmat dan lezat. Dengan begitu, maka Sedulur juga bisa sekaligus membuat keluarga yang ada di rumah merasa senang berkat oleh-oleh yang dibawa pulang.

Lantas apa saja kira-kira Oleh-oleh khas Probolinggo yang direkomendasikan? Langsung saja, simak daftar yang ada di bawah ini! Jangan lupa catat agar nanti tidak kelupaan ketika berkunjung ke Probolinggo, ya!

BACA JUGA: 17 Makanan Khas Jember, Jangan Terlewat Saat Wisata!

1. Mangga

oleh oleh khas probolinggo mangga probolinggo
Unsplash/Desirae Hayes

Rekomendasi Oleh-oleh khas Probolinggo yang pertama adalah, mangga arum manis dari Probolinggo. Jenis mangga ini terkenal dengan rasa manis, aroma harum, dan tekstur yang lembut. Mangga ini juga memiliki kualitas yang tinggi dan telah diakui sebagai salah satu mangga terbaik di Indonesia.

Probolinggo dikenal sebagai salah satu penghasil mangga terbaik di Indonesia. Jadi tidak heran jika mangga menjadi salah satu produk yang sangat identik dengan daerah ini. Mangga arum manis dari Probolinggo mudah dikenali dan banyak ditemukan di pusat oleh-oleh.

Bagi Sedulur yang ingin membawa pulang buah tangan khas dari Probolinggo, mangga menjadi salah satu pilihan terbaik.

2. Keripik Kentang

Berikutnya ada keripik kentang, yang mena keripik kentang dari Probolinggo sendiri dikenal dengan kerenyahannya dan variasi rasa yang menarik. Mulai dari balado, keju, hingga barbeque, membuatnya menjadi camilan yang disukai oleh banyak orang, termasuk para wisatawan.

Perlu untuk diketahui, bahwa industri rumah tangga di Probolinggo telah lama memproduksi keripik kentang. Secara perlahan dan tidak langsung, hal ini menjadikan keripik kentang sebagai salah satu camilan khas yang banyak dicari wisatawan.

Menariknya lagi, keripik kentang dikemas dalam kemasan kedap udara, sehingga praktis untuk dibawa sebagai oleh-oleh tanpa takut rusak atau basi selama perjalanan.

3. Bawang Goreng

Berbeda dari bawang goreng yang biasa ditemukan di tempat atau kota lain, bawang goreng dari Probolinggo terkenal dengan rasa gurih dan tekstur renyahnya yang khas. Hal ini membuatnya menjadi tambahan yang sempurna untuk berbagai jenis masakan.

Bawang goreng dari Probolinggo sendiri dihasilkan dari bawang merah lokal yang berkualitas tinggi, kemudian diproses secara tradisional untuk menjaga rasa dan kerenyahannya. Pemrosesan tersebut mampu menghasilkan bawang goreng dengan citarasa yang benar-benar khas.

Tidak usah khawatir, bawang goreng dikemas dalam wadah yang rapat sehingga bisa bertahan lama dan tetap renyah, menjadikannya oleh-oleh yang praktis dan awet.

4. Abon Tongkol

Abon tongkol merupakan Oleh-oleh khas Probolinggo yang memiliki rasa lezat dan gurih, sangat cocok dijadikan sebagai lauk yang praktis untuk berbagai macam hidangan. Abon ini sebenarnya bisa dimakan secara langsung, atau dijadikan tambahan untuk nasi, bubur, maupun mie.

Abon tongkol Probolinggo dibuat dari ikan tongkol yang segar dan diolah dengan bumbu khas yang memberikan cita rasa unik. Sebagai produk unggulan dari daerah Probolinggo, membuatnya sering dicari oleh para wisatawan dari luar daerah yang sedang berkunjung.

Soal keawetan, abon tongkol biasanya dikemas dalam kemasan vakum atau kedap udara, sehingga dapat bertahan lama dan mudah dibawa sebagai oleh-oleh, tanpa khawatir akan basi.

5. Anggur

Tidak hanya mangga, Probolinggo juga dikenal sebagai salah satu penghasil anggur berkualitas di Indonesia, menjadikannya buah tangan yang khas dan spesial. Anggur Probolinggo terkenal dengan rasa manis dan segar, bahkan jauh lebih segar dibandingkan anggur dari daerah-daerah lainnya.

Ini bisa terjadi karena wilayah Probolinggo sendiri memiliki iklim yang sangat mendukung pertumbuhan anggur dengan kualitas yang tinggi. Anggur dapat dikemas dengan baik untuk menjaga kesegarannya, sehingga praktis untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

Jadi bagi para pecinta buah-buahan terutama anggur, jangan sampai lupa untuk membawa pulang anggur sebagai oleh-oleh dari Probolinggo.

BACA JUGA: 12 Makanan Khas Sidoarjo yang Terfavorit dan Populer

6. Sirup Pokak

oleh oleh khas probolinggo sirup pokak
Unsplash/Kaylee Brayne

Mungkin masih banyak yang belum tahu akan oleh-oleh yang satu ini. Ya, sirup pokak adalah minuman tradisional khas Jawa Timur yang sering dijadikan sebagai Oleh-oleh khas Probolinggo. Minuman ini dibuat dari campuran rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, serai, dan gula.

Perlu untuk diketahui, jika sirup pokak sendiri memiliki khasiat menyehatkan dengan rasa yang terbilang unik. Sirup pokak juga mencari produk lokal yang mencerminkan kekayaan budaya dan kuliner dari Probolinggo, membuatnya menjadi oleh-oleh yang unik dan istimewa.

Sirup ini dikemas dalam botol yang praktis dan tahan lama, cocok untuk oleh-oleh yang bisa dinikmati dalam jangka waktu panjang.

7. Rengginang

Rekomendasi oleh-oleh yang berikutnya adalah rengginang. Rengginang merupakan camilan tradisional yang terbuat dari beras ketan yang dikeringkan, kemudian digoreng sampai matang. Rengginang memiliki rasa gurih yang khas dan tekstur yang renyah.

Camilan ini banyak diproduksi oleh industri rumah tangga di Probolinggo, menjadikannya oleh-oleh yang populer dan mudah ditemukan. Banyak wisatawan dari luar daerah yang membawanya pulang sebagai oleh-oleh usai berkunjung atau berlibur ke Probolinggo.

Rengginang di sini biasanya dikemas dalam kemasan plastik atau kotak, membuatnya mudah dibawa dan juga dapat bertahan lama tanpa perlu tempat penyimpanan khusus.

8. Sirup Mangga

Tidak hanya buah mangga, produk olahan dari buah tersebut seperti sirup mangga juga sering diburu oleh para wisatawan. Sirup mangga dibuat dari mangga arum manis khas Probolinggo yang terkenal dengan rasa manis dan aromanya yang harum.

Sirup yang satu ini menawarkan rasa buah mangga yang segar dan lezat. Dibuat dengan menggunakan mangga lokal berkualitas tinggi, sirup ini menjadi salah satu produk unggulan yang merepresentasikan kekayaan buah Probolinggo.

Sirup mangga dikemas dalam botol yang mudah dibawa dan juga dapat bertahan dalam waktu yang cukup lama. Hal ini menjadikannya sebagai oleh-oleh praktis yang bisa dinikmati kapan saja.

9. Sirup Mangrove

Sesuai dengan namanya, sirup mangrove terbuat dari buah mangrove yang banyak tumbuh di kawasan pantai Probolinggo. Sirup mangrove menawarkan rasa yang berbeda dan unik, sehingga memberikan pengalaman baru bagi para penikmat minuman yang baru pertama kali mencobanya.

Selain itu, sirup ini memiliki kandungan nutrisi tinggi dan manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengandung antioksidan. Produksi sirup mangrove juga mendukung keberlanjutan ekosistem mangrove di Probolinggo, yang sangat penting untuk pelestarian lingkungan.

Jadi dengan membeli produk ini, tentu saja secara tidak langsung Sedulur ikut membantu komunitas lokal yang terlibat dalam pengelolaan mangrove.

10. Sambal Udang

Jika Sedulur masih merasa bingung terkait Oleh-oleh khas Probolinggo yang harus dibawa pulang, maka bisa memilih sambal udang. Sambal ini sangat cocok dijadikan sebagai pelengkap untuk berbagai macam hidangan. Bagi Sedulur yang suka pedas, wajib membelinya sebagai oleh-oleh.

Sambal udang dari Probolinggo dikenal dengan cita rasa pedas dan gurih yang khas, dibuat dari udang segar yang melimpah di daerah ini. Probolinggo terkenal dengan hasil lautnya, termasuk udang. Sambal udang ini adalah cara yang sempurna untuk membawa pulang sebagian dari kekayaan laut Probolinggo.

Biasanya sambal udang ini dikemas di dalam botol atau toples, sehingga membuatnya mudah untuk dibawa dan bisa bertahan lama. Ya, sambal udang adalah oleh-oleh yang terkesan praktis.

BACA JUGA: 12 Jajanan Surabaya Terkenal yang Bisa Jadi Oleh-Oleh

11. Petis Udang

oleh oleh khas sidoarjo
Freepik/Freepik

Masih dengan olahan udang, berikutnya ada petis udang yang merupakan bumbu khas dengan citarasa gurih dan manis. Ya, petis ini dibuat dari udang yang diolah dengan bumbu khusus. Petis udang sendiri memang sering digunakan dalam berbagai masakan tradisional Jawa Timur.

Seperti yang telah kita tahu, jika Probolinggo merupakan salah satu daerah penghasil udang dengan kualitas yang tinggi. Hal ini juga menjadikan petis udang sebagai produk unggulan yang merepresentasikan kekayaan hasil lautnya.

Cocoknya petis udang dijadikan oleh-oleh bukan tanpa sebab. Makanan ini memiliki daya tahan yang lama, terutama jika disimpan dengan baik.

12. Kerupuk Cumi

Pernahkah Sedulur mencoba olahan cumi berupa kerupuk? Jika belum, jangan lupa untuk membeli kerupuk cumi khas Probolinggo ini sebagai oleh-oleh. Ya, kerupuk cumi adalah camilan yang renyah dan gurih yang terbuat dari cumi-cumi segar.

Cumi-cumi merupakan salah satu hasil laut yang melimpah di Probolinggo, dan produk olahannya seperti kerupuk cumi menjadi oleh-oleh yang menarik dan unik. Rasanya yang nikmat dan khas membuatnya disukai oleh banyak orang, termasuk wisatawan yang datang.

Tidak usah khawatir, kerupuk cumi mudah dibawa dan bisa bertahan lama. Jadi sangat cocok dijadikan sebagai camilan selama perjalanan atau untuk dinikmati di rumah.

13. Kerupuk Ikan

Berkaitan dengan perairan Probolinggo yang kaya akan hasil laut, termasuk berbagai jenis ikan, membuat banyak olahan seafood yang bisa ditemukan. Ya, salah satunya adalah kerupuk ikan yang dibuat dari ikan segar yang melimpah di daerah ini.

Kerupuk ikan dari Probolinggo terkenal dengan rasa gurih dan tekstur yang renyah, menjadi camilan yang disukai banyak orang. Kerupuk ikan adalah salah satu produk makanan ringan yang banyak diproduksi oleh industri rumah tangga di Probolinggo, menjadikannya oleh-oleh yang mudah ditemukan.

Sama seperti kebanyakan oleh-oleh berupa kerupuk, kerupuk ikan dikemas dengan baik sehingga tahan lama dan praktis untuk dibawa sebagai oleh-oleh.

14. Minuman Herbal

Minuman herbal dari Probolinggo terbuat dari bahan-bahan alami seperti jahe, temulawak, kunyit, dan berbagai rempah-rempah lainnya. Minuman ini dikenal memiliki berbagai khasiat kesehatan, seperti meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu pencernaan.

Selain memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, minuman herbal juga mencerminkan kekayaan tradisi dan pengetahuan lokal dalam penggunaan bahan alami untuk kesehatan. Hal ini tentu saja menjadikannya oleh-oleh yang unik dan berharga.

Pada umumnya, minuman herbal dikemas dalam bentuk bubuk atau sirup yang mudah dibawa dan disimpan, cocok dijadikan oleh-oleh.

15. Kopi Khas Probolinggo

Kopi khas Probolinggo dikenal dengan kualitas biji kopinya yang unggul dan aroma yang khas. Daerah ini memiliki iklim yang mendukung pertumbuhan kopi berkualitas tinggi. Kopi dari Probolinggo juga diproduksi dengan metode tradisional yang menjaga keaslian rasa dan aroma.

Secara tidak langsung, hal itu membuatnya menjadi salah satu produk unggulan dari daerah ini. Dengan begitu, maka membawa kopi khas Probolinggo sebagai oleh-oleh juga berarti membawa sebagian dari budaya dan tradisi minum kopi yang kuat di daerah ini.

Kemudian untuk pengemasannya, biasanya dilakukan dalam bentuk biji atau bubuk yang mudah dibawa dan disimpan. Jadi Sedulur tidak usah kesulitan saat membawanya sebagai oleh-oleh.

16. Proll Tape

makanan khas sidoarjo
Unsplash/Nick Fewings

Proll tape adalah kue tradisional yang dibuat dari tape atau fermentasi singkong, yang dicampur dengan bahan-bahan lain seperti telur, gula, dan tepung. Rasa manis dan sedikit asam dari tape memberikan cita rasa yang khas dan unik.

Tape dari Probolinggo terkenal dengan kualitasnya yang baik karena proses fermentasi yang tepat dan penggunaan singkong lokal yang segar. Ini menjadikan proll tape sebagai produk khas yang memiliki cita rasa autentik.

Proll tape biasanya dikemas dalam kotak yang rapi, membuatnya mudah dibawa dan cocok sebagai oleh-oleh yang tahan lama jika disimpan dengan baik.

17. Keripik Kentang

Keripik kentang dari Probolinggo terkenal karena kerenyahannya dan variasi rasa yang menarik seperti balado, keju, dan barbeque. Camilan ini sangat disukai banyak orang karena rasa gurih dan teksturnya yang renyah.

Industri rumah tangga di Probolinggo banyak memproduksi keripik kentang, menjadikannya salah satu camilan khas yang banyak dicari oleh wisatawan, baik itu lokal maupun yang berasal dari luar daerah.

Proses pengemasan keripik kentang sendiri dilakukan dalam kemasan kedap udara, sehingga praktis untuk dibawa sebagai oleh-oleh tanpa takut rusak atau basi.

18. Keripik Jahe

Keripik jahe menawarkan kombinasi unik antara rasa pedas jahe dan kerenyahan keripik. Selain lezat, jahe juga dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti membantu pencernaan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jahe yang digunakan untuk membuat keripik ini berasal dari tanaman jahe lokal, yang memberikan cita rasa autentik dan khas dari Probolinggo. Keripik jahe biasanya dikemas dalam kantong atau kemasan plastik yang praktis, sehingga mudah dibawa dan dapat bertahan dalam waktu lama.

19. Manisan

Manisan dari Probolinggo dibuat dari berbagai buah lokal yang segar seperti mangga, pepaya, dan salak. Proses pengawetan dengan gula menghasilkan rasa manis yang lezat dan tekstur yang kenyal. Ya, Probolinggo dikenal dengan buah-buahan lokalnya yang berkualitas tinggi.

Hal ini membuat manisan dari buah-buahan Probolinggo memiliki rasa yang autentik dan khas. Manisan juga memiliki daya tahan yang lama karena proses pengawetannya, sehingga cocok sebagai oleh-oleh yang bisa dinikmati dalam jangka waktu panjang.

Dikemas dalam kemasan yang rapi dan juga praktis, membuat manisan cukup mudah dibawa dan tidak memerlukan penyimpanan khusus. Benar-benar terasa ideal dijadikan sebagai oleh-oleh.

20. Ketan Kratok

oleh oleh khas probolinggo
Unsplash/Seiya Maeda

Rekomendasi Oleh-oleh khas Probolinggo yang terakhir adakah ketan kratok. Keetan kratok adalah makanan tradisional khas Probolinggo yang terbuat dari ketan yang dicampur dengan kacang kratok, sejenis kacang-kacangan.

Ketan kratok biasanya disajikan dengan parutan kelapa dan gula merah, memberikan rasa gurih dan manis yang khas. Bahan utama ketan kratok, yaitu ketan dan kacang kratok, berasal dari hasil pertanian lokal Probolinggo, mencerminkan kekayaan pertanian daerah tersebut.

Selain itu, Ketan kratok tidak hanya sekadar makanan, tetapi juga bagian dari tradisi dan budaya kuliner masyarakat Probolinggo. Membawanya sebagai oleh-oleh berarti turut mengenalkan dan melestarikan budaya lokal.

Nah, itulah beberapa Oleh-oleh khas Probolinggo yang direkomendasikan. Dengan beragam pilihan yang ada, Sedulur dapat membawa pulang sebagian dari kekayaan kuliner dan budaya daerah ini untuk dinikmati bersama keluarga dan teman-teman di rumah.

Ketika Sedulur berwisata kuliner dan berburu oleh-oleh, jangan lupa untuk selalu membawa air mineral ya. Selain bisa menetralkan rasa masakan setelah mencoba, air mineral juga membantu tubuh untuk selalu segar setiap saat. Sedulur bisa mencoba Air Minum Pirlo yang cocok jadi teman untuk berwisata kuliner.

Kamu tidak perlu khawatir karena Air Minum Pirlo memiliki kemasan yang praktis dan mudah dibawa kemanapun. Belum lagi, harganya yang terjangkau dan tersedia di toko kelontong serta SuperApp.

SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Kalau kamu tertarik menggunakan SuperApp, bisa cari tahu lebih banyak informasinya lewat media sosial Instagram SuperApp. Selamat mencoba ya!