Oleh-oleh khas Bojonegoro

Bojonegoro merupakan daerah yang berada di dekat perbatasan antara Jawa Tengah dan Jawa Timur. Kota ini cukup terkenal karena dekat dengan Ngawi, Cepu dan Lamongan. Jadi tak heran jika Bojonegoro menjadi salah satu kota wisata daerah yang cukup populer dan memiliki banyak oleh-oleh khas Bojonegoro.

Jika Sedulur sedang berkunjung atau tak sengaja melewati Bojonegoro, tidak ada salahnya untuk mencicipi dan membawa oleh-oleh dari kota ini lho. Apalagi, ada beberapa jenis kuliner unik dan lezat yang bisa disantap.

Kira-kira apa saja sih oleh-oleh khas Bojonegoro yang menarik untuk Sedulur bawa? Simak berikut ini ya!

BACA JUGA: 14 Oleh-Oleh Khas Jombang, Wajib Dibawa Pulang dan Populer!

1. Keripik tempe

Endeus TV

Oleh-oleh khas Bojonegoro pertama yang tidak boleh Sedulur lewatkan adalah keripik tempe. Makanan ini cukup tersohor dan sangat mudah dijumpai ketika Sedulur datang ke pusat oleh-oleh di Bojonegoro.

Keripik tempe asli Bojonegoro juga cukup unik. Tempenya memiliki ukuran yang tipis dengan tekstur yang sangat renyah. Rasanya juga sudah mulai beragam, dari yang original asin gurih hingga pedas manis.

Sedulur juga tidak perlu khawatir kantong jebol, karena oleh-oleh khas Bojonegoro ini punya harga yang sangat bersahabat. Jadi langsung borong aja ya ketika kamu datang ke sana!

2. Balung kuwuk

Oleh-oleh khas Bojonegoro
Diskopusmik

Balung kuwuk merupakan salah satu cemilan kering yang terbuat dari singkong atau ketela. Singkong sendiri merupakan salah satu hasil pertanian yang cukup diunggulkan oleh masyarakat Bojonegoro.

Apalagi dengan karakter tanah yang memang cukup gersang dan kering, malah membuat kualitas singkong yang dihasilkan Bojonegoro cukup berkualitas lho. Jadi jika Sedulur memang ingin mencari oleh-oleh khas Bojonegoro yang unik, maka bisa mencoba balung kuwuk.

Oia, rasa cemilan satu ini didominasi rasa gurih dan asin. Jadi cocok untuk Sedulur yang tidak suka dengan cemilan manis ya.

3. Ledre pisang

Detik

Oleh-oleh khas Bojonegoro yang tidak kalah terkenal dengan keripik tempe dan balung kuwuk adalah ledre pisang. Bahkan, ketika Sedulur datang dari arah Ngawi dan memasuki perbatasan Bojonegoro, bakal menjumpai banyak toko yang menjual ledre pisang khas Bojonegoro.

Makanan ini sendiri memiliki tekstur yang renyah. Dibuat dari olahan pisang raja yang dihaluskan bersama gula, tepung beras, santan, dan telur lalu dioven sampai kering. Alhasil, rasanya menjadi manis seperti kue kering.

4. Unthuk yuyu

Diskopusmik

Unthuk yuyu merupakan oleh-oleh khas Bojonegoro selanjutnya. Mungkin nama makanan ini cukup lucu karena memang diambil dari nama hewan seperti kepiting yang banyak hidup di sungai, yaitu yuyu.

Cemilan ini terbuat dari olahan tepung ketan yang dimasak hingga kering dan renyah. Namun, rasanya bukan manis melainkan gurih sehingga cocok dihidangkan bersama teh hangat untuk cemilan di rumah.

5. Keripik jahe

Pinterest

Bagi masyarakat di Jawa Timur, keripik jahe memang jadi salah satu cemilan yang tidak boleh dilewatkan. Begitu juga ketika Sedulur datang ke Bojonegoro, karena akan sangat mudah menjumpai olahan jahe yang dibuat menjadi keripik.

Keripik jahe khas Bojonegoro sendiri cukup unik karena selain memiliki rasa yang manis pedas. Aroma keripik jahenya juga wangi karena juga dicampur dengan biji wijen. Menarik dan cocok banget dijadikan sebagai oleh-oleh untuk orang rumah deh!

6. Kerupuk Klenteng

Telusur

Oleh-oleh khas Bojonegoro yang terakhir adalah kerupuk klenteng. Ini merupakan salah satu jenis kerupuk yang cukup unik di Jawa Timur. Jika umumnya kerupuk berwarna putih, maka kerupuk klenteng memiliki warna yang mencolok mulai dari merah, hijau dan kuning.

Masyarakat sekitar sendiri sering menyebut kerupuk klenteng kerupuk abang ijo karena warnanya yang mirip lampu traffic light. Kerupuk ini biasanya menjadi hidangan pelengkap saat menyantap bakso, rawon, hingga tengkleng di Bojonegoro. Rasanya gurih dan bisa awet sampai berhari-hari lho!

Demikian tadi deretan oleh-oleh khas Bojonegoro yang bisa Sedulur bawa pulang. Walaupun berada di wilayah Jawa Timur, Bojonegoro memiliki banyak cemilan yang unik dan berbeda dengan daerah lainnya. Jadi jangan sampai lupa untuk membawa oleh-oleh khas Bojonegoro ketika Sedulur berkunjung ke sana ya!