oleh oleh khas blitar

Blitar merupakan kota yang terletak di bagian selatan provinsi Jawa Timur. Blitar disebut sebagai Kota Proklamator dan Kota Patria dengan banyaknya sejarah yang terjadi di kota ini. Selain itu Blitar juga menjadi daya tarik para wisatawan untuk berlibur. Tak hanya soal tempat wisata, Blitar juga terkenal dengan kelezatan kuliner dan oleh-olehnya. Banyak sekali oleh-oleh khas Blitar yang bisa dijadikan buah tangan untuk orang di rumah.

Jika Sedulur ingin ke Blitar dan bingung akan membeli oleh-oleh apa mari kita bahas beberapa oleh oleh khas Blitar yang populer. Terdapat beberapa oleh-oleh khas Blitar yang terkenal dan menjadi langganan para wisatawan saat berkunjung ke kota ini. Penasaran kira-kira apa saja? Mari simak langsung berikut daftarnya!

BACA JUGA: 13 Makanan Khas Jombang Terpopuler, Bisa Jadi Oleh-oleh!

1. Opak gambir

oleh oleh khas blitar
Fimela

Rekomendasi yang pertama adalah opak gambir. Makanan yang berbahan dasar ketan yang di tumbuk. Dengan berbentuk pipih opak gambir cocok jadi camilan dan oleh oleh khas dari kota Blitar. Rasanya yang manis, asin, gurih cocok di nikmati dengan keluarga saat menonton tv bahkan hanya sekedar minum teh, Opak gambir ini biasanya di bandrol dengan harga 10 ribu sampai 15 ribu tergantung dari tempat sedulur membelinya.

2. Sambel pecel

Blitar memang terkenal dengan pecelnya. Jika sedulur ingin menikmati pecel blitar sedulur bisa membeli sambel pecel ini. Sambel pecel khas Blitar memiliki ciri khas berupa aroma kulit jeruk yang khas. Sambal ini sangat cocok Anda santap bersama sayur atau gorengan. Namun tidak sedikit juga orang yang memakannya bersama buah. Sedulur bisa menjadikan sambel pecel ini sebagai oleh oleh untuk berbagi kepada keluarga yang lain atau tetangga. Tidak perlu khawatir harganya pun masih cukup ramah di kantong sekitar 20 ribu saja.

3. Geti

Berbicara tentang oleh-oleh khas Blitar, maka tidak akan lepas dari geti. Geti adalah jajanan khas Blitar yang juga sangat populer disajikan saat hari raya lebaran. Geti juga menjadi jajanan yang mudah ditemui dan dapat dikonsumsi kapan saja. Cara membuatnya terbilang sederhana, yaitu kacang tanah dan wijen yang direkatkan dengan rebusan gula merah yang pekat. Kemudian, adonan tersebut dikeringkan dan dapat dikonsumsi. Untuk itu, geti memiliki cita rasa yang manis dan gurih sehingga cocok dijadikan camilan yang lezat. Ada tiga jenis pilihan geti, yaitu geti wijen, geti kacang tanah, dan geti yang terbuat dari gabungan keduanya.

4. Wajik kletik

oleh oleh khas blitar
Pinterest

Wajik kletik merupakan salah satu makanan khas dari kota Blitar. Sebenarnya wajik dapat ditemui di beberapa daerah di Jawa, khususnya Jawa Tengah dan Jawa Timur. Wajik kletik hanya akan dijumpai di Blitar. Perbedaan wajik dan wajik kletik terletak pada campuran beras ketan yang masih agak mentah. Wajik kletik termasuk jajanan yang dijual bebas. Jadi sedulur dapat menjumpainya di berbagai toko oleh-oleh atau di pasar tradisional. Jika sedulur berkunjung ke kota Blitar, jangan sampai melewatkan oleh-oleh ini.

5. Coklat khas Blitar

Selanjutnya oleh pleh yang cukup popular yaitu coklat. Coklat ini bisa di dapatkan di salah satu objek wisata terkenal yaitu kampung coklat. Di kampung coklat sedulur juga bisa melihat proses pembuatan coklat. Ada berbagai olahan seper ti coklat bar, dodol coklat, brownis dan juga mie coklat. Rasanyapun tidak hanya rasa asli dari coklat ada berbagai rasa seperti jeruk dan apel. Jika sedulur tertarik mencoba dan ingin melihat proses pembuatan coklat, Sedulur bisa datang ke pabrik Kampung Coklat di Kademangan, Blitar.

BACA JUGA: 7 Jajanan Kering Khas Surabaya, Cocok Jadi Oleh-Oleh!

6. Sagon kelapa

oleh oleh khas blitar sagon kelapa
Resep Koki

Oleh-oleh khas Blitar berikutnya yang sudah sangat melegenda, yaitu sagon. Sagon adalah kue khas dari Blitar yang berbahan dasar tepung ketan dan kelapa parut yang kemudian dihaluskan. Ciri khas dari sagon, yaitu teksturnya yang lembut saat dikunyah, dengan sensasi renyah pada bagian luarnya. Sagon masih memiliki banyak peminatnya karena rasanya yang cukup manis dan tentunya akan memanjakan lidah. Selain itu, harganya cukup terjangkau dan mudah didapatkan di pusat kota Blitar. Saat memilih sagon, sebaiknya ambil sagon yang berwarna cokelat muda dan memiliki aroma kelapa yang kuat.

7. Teh Hitam

Sedulur ternyata Blitar punya teh premium. Namanya teh hitam, teh ini dikenal dengan mempunyai kualitas yang bagus dan juga banyak manfaatnya. Kualitas teh hitam ini bahkan sudah diakui oleh dunia dengan manfaat yang juga tak kalah banyak. Teh ini sangat nikmat jika dinikmati bersama keluarga untuk teman bersantai atau berbincang. Teh hitam ini juga bisa Sedulur dapatkan diberbagai toko oleh-oleh di Blitar. Banyak toko oleh-oleh yang menjual teh hitam ini, harganya juga terjangkau yaitu 18 ribu hingga 50 ribu.

8. Dodol belimbing

oleh oleh khas blitar
Pinterest

Di Kota Blitar ada oleh oleh dodol belimbing. Dodol ini berasal dari kampong belimbing di daerah karangsari. Salah satu tempat yang bisa sedulur kunjungi untuk membeli dodol belimbing adalah Agrowisata Belimbing di Desa Karangsari, Sukorejo. Rasa dodol belimbing memiliki varian rasa yang wajib dicoba. Dodol ini tersedia dalam berbagai rasa, yaitu original, cokelat, dan lain-lain. Dodol belimbing terasa manis. Harganya cukup terjangkau, sedulur yang perlu mengeluarkan uang sekitar 13 ribu untuk satu kemasannya.

9. Peyek uceng

Peyek uceng salah satu oleh oleh khas Blitar juga. Peyek uceng adalah ikan uceng yang di goring menggunakan tepung. Keunggulan dari peyek uceng adalah rasanya yang gurih dan renyah, menjadikan penganan satu ini cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Blitar. Selain itu, peyek uceng banyak disajikan di berbagai rumah makan di daerah Blitar. Dinamakan peyek uceng karena makanan ini terbuat dari ikan uceng. Rasanya yang asin gurih membuat peyek uceng ini banyak di buru untuk oleh-oleh. Peyek uceng bisa Sedulur dapatkan dengan harga 17 ribu.

BACA JUGA: 17 Rekomendasi Oleh-oleh Khas Jember Paling Populer

10. Rujak cingur

oleh oleh khas blitar
IDN Times

Selanjutnya ada rujak cingur. Rujak cingur terbuat dari moncong sapi yang di rebus hingga lunak dan di campur dengan sayuran atau buah. Rujak cingur ini di beri bumbu petis jadi terasa pas rasanya. Jika sedulur ingin membawanya untuk oleh oleh di sarankan untuk memisahkan bumbu petis dan cingurnya agar tetap fresh dan tidak cepat basi. Rujak cingur ini mudah di temukan karena seulur bisa membelinya di beberapa pasar tradisional Blitar. Rujak cingur ini di bandrol drngan harga 15 ribu per porsinya.

11. Croilen

Croilen atau bolen pisang Blitar ini bisa juga di jadikan salah satu opsi oleh oleh khas blitar. Pisang yang manis yang di kombinasikan dengan beberapa kondimen lalu di balut dengan kulit pastry dan di oven membuat kudapan ini sangat enak. Terdapat beberapa rasa seperti keju, dan cokelat. Rasa yang sangat enak membuat kudapan satu ini menjadi incaran para wisatawan. Sedulur bisa mendapatkan croilen ini dengan harga 50 sampai 55 ribu saja.

12. Kerupuk pasir

Kerupuk ini berbeda dari kerupuk biasanya. Karena kerupuk ini tidak di goring dengan minyak, tapi di goring dengan pasir yang panas dan bersih. Kerupuk pasir ini terbuat dari singkong. Terdapat 2 varian rasa yaitu rasa bawang dan terasi. Jika sedulur membeli kerupuk pasir sambal colek ini tenu sedulur akan mendapat sambal colek nya yang berbagan dasar gula merah, air, cabe rawit juga bawang. Kerupuk ini di bandrol dengan harga 22 ribu untuk 300 gram.

13. Bampia

Bampia ini adalah bakpia basah. Bampia ini bisa di temukan berbagai tempat oleh-oleh Khas Blitar. Dengan tekstur yang lembut dan rasa manis, Sedulur juga bisa menemukan banyak varian rasa dari bampia mulai dari seperti kacang hijau, ubi ungu, kelapa dan campuran semua rasa. Umumnya, bampia dijual secara kotak atau kardus dengan isi sekitar 20 biji per kotaknya. Harganya juga sangat terjangkau sehingga cocok untuk dijadikan oleh-oleh orang di rumah.

14. Madu mongso

Mau mongso ini camilan manis yang terbuat dari beras ketan hitam, beras ketan putih, gula, ragi, garam, dan vanili. Pada jaman dulu makanan ini hanya bisa di dapatkan di beberapa acara tertentu. Tetapi sekarang sedulur bisa mendapatkan nya di toko oleh oleh. Harga madu mongso berkisar 25 sampai 30 ribu. Salah satu buah tangan yang seringkali dibeli oleh pengunjung yang pulang dari kota Blitar.

15. Rengginang khas Blitar

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan yang dibentuk bulat dan dikeringkan dengan cara dijemur di bawah panas matahari, lalu digoreng panas dalam minyak goreng. Agak berbeda dari jenis kerupuk lain yang umumnya terbuat dari adonan bahan yang dihaluskan seperti tepung tapioka atau tumbukan biji melinjo, rengginang tidak dihancurkan sehingga bentuk butiran ketannya masih tampak.

Demikian tadi beberapa rekomendasi oleh oleh popular khas Kota Blitar. Jika sedulur mengunjungu kota Blitar bisa membeli beberapa rekomendasi oleh oleh khas Blitar untuk keluarga dan saudara di rumah.