Oleh Oleh

Getuk Golan, Kuliner Khas Ponorogo yang Wajib Dicoba

Bicara soal kuliner khas Ponorogo, mungkin kebanyakan orang lebih akrab dengan sate ayam ataupun nasi pecelnya. Akan tetapi, daerah berjuluk Bumi Reog ini ternyata juga memiliki hidangan khas bercita rasa manis yang cocok disajikan sebagai makanan penutup atau camilan untuk menemani momen santaimu. Hidangan tersebut adalah gethuk golan, kudapan yang disebut sudah ada sejak puluhan tahun silam tapi tetap eksis hingga kini.

Apakah Sedulur pernah mencicipi gethuk golan? Atau tertarik untuk mencobanya? Sebelum berkunjung langsung ke Ponorogo, tak ada salahnya menyimak berbagai informasi serta fakta menarik seputar makanan khas Ponorogo yang sudah dirangkum berikut ini.

BACA JUGA: Mengenal Tajin Sobih, Sajian Bubur Khas Bangkalan Madura

Mengenal Gethuk Golan Khas Ponorogo

gethuk golan
Freepik/Fabrikasimf

Getuk atau gethuk merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang cukup populer. Ada berbagai daerah yang memiliki gethuk sebagai kuliner khasnya. Akan tetapi gethuk di setiap daerah umumnya memiliki ciri khas masing-masing, tak terkecuali gethuk golan yang merupakan penganan khas Ponorogo, Jawa Timur.

Gethuk golan sebenarnya hampir serupa dengan gethuk pada umumnya, yakni merupakan jajanan berbahan singkong yang dihaluskan. Hanya saja, gethuk golan disajikan bersama gula cair yang terbuat dari gula jawa atau gula merah. Hal ini membuat gethuk golan memiliki cita rasa manis sekaligus gurih yang khas. Jadi tidak heran kalau beberapa orang juga mengenal makanan ini dengan nama getuk gulan.

Ciri Khas Gethuk Golan

Selain disajikan dengan gula merah yang dicairkan, masih ada keunikan atau ciri khas lain dari gethuk golan. Apa itu? Gethuk golan disebut memiliki tekstur yang lebih pulen dan kenyal serta juga memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan gethuk lainnya.

Tak hanya itu, singkong yang sudah dihaluskan dan dipadatkan kemudian dipotong menjadi bentuk pipih. Hal ini membuat bentuk gethuk golan seolah seperti daging fillet. Keunikan lain dari kudapan ini juga terletak pada namanya. Ya, nama gethuk ini ternyata menyimpan kisah tersendiri yang menarik untuk dikulik.

Nama golan pada gethuk golan ternyata diambil dari nama sebuah desa, yaitu Desa Golan yang disebut merupakan tempat asal gethuk tersebut. Tepatnya gethuk golan berasal dari Desa Golan, Kecamatan Sukorejo, Ponorogo.

Sejarah Gethuk Golan

Bisa dibilang, getuk gulan merupakan salah satu kuliner legendaris dari Ponorogo. Pasalnya, kudapan ini sudah ada sejak puluhan tahun silam tetapi masih eksis hingga kini.

Gethuk golan merupakan jajanan tradisional yang terbuat dari perpaduan singkong dan ketan putih yang ditaburi parutan kelapa serta disiram dengan air gula merah. Perpaduan aneka bahan itu menciptakan cita rasa gurih sekaligus manis yang khas.

Kelezatan getuk gulan sendiri sudah terkenal hingga ke luar daerah. Tak heran, banyak orang yang penasaran dengan penganan ini hingga ingin mencicipinya langsung dari pusat pembuatannya, yakni di Desa Golan, Kecamatan Sukorejo, Kabupaten Ponorogo. Hal itu pun sekaligus menjadi daya tarik tersendiri bagi daerah tersebut untuk menarik wisatawan.

Adapun menurut cerita, dahulunya hampir setiap rumah di Desa Golan memproduksi sekaligus menjual getuk gulan. Akan tetapi saat ini jumlah rumah produksi gethuk golan mulai menurun. Meski begitu, jajanan ini masih tetap populer dan punya banyak penggemar.

Cara Membuat

Cara pembuatan gethuk golan sendiri cukup sederhana, lho, Sedulur. Secara umum, bahan yang dibutuhkan untuk membuat jajanan ini hanya singkong, garam, parutan kelapa, serta gula merah yang dicairkan. Adapun proses pembuatannya setidaknya memerlukan beberapa tahapan sebagai berikut.

  • Singkong dikupas, lalu dipotong kecil dan dicuci hingga bersih.
  • Kemudian, singkong dikukus hingga sedikit lunak lalu ditumbuk.
  • Sembari ditumbuk, singkong ditaburi sedikit garam.
  • Gethuk bisa dibentuk hingga agak padat, lalu dipotong seperti mem-fillet daging.
  • Terakhir, gethuk disajikan bersama parutan kelapa dan gula cair.

Rekomendasi Tempat Membelinya

Sedulur yang penasaran dengan cita rasa gethuk golan bisa langsung berkunjung ke Ponorogo. Biasanya, jajanan ini dijual dalam bentuk porsian dan dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yakni Rp 5 ribu per porsi saja.

Sebagai referensi, berikut ada beberapa rekomendasi tempat membeli getuk gulan yang bisa Sedulur datangi untuk mencicipi makanan tersebut.

  • Getuk Golan Tunggal Cara Beda Rasa – Jalan Onggolono Nomor 14, Golan, Sukorejo
  • Getuk Sumber Roso – Jalan Raya Sampung, Kauman, Kauman
  • Getuk Golan Mbok Bon – Jalan Onggolono, Golan, Sukorejo
  • Getuk Golan 77 – Jalan Suromenggolo, Nologaten, Ponorogo
  • Pusat Jajanan Ponorogo Getuk Golan Barokah – Jalan Raya Ponorogo-Magetan, Danyang, Sukosari, Sukorejo

Itu dia rangkuman informasi mengenai getuk gulan khas Ponorogo. Jajanan ini bisa menjadi pilihan wisata kuliner untuk Sedulur. Oia, Sedulur juga bisa menambah keseruan berburu kuliner dengan membawa Liven Up.

Minuman soda kemasan dengan rasa cola dan lemon ini bisa menyegarkan segala macam dahaga saat mencari kuliner legendaris di tiap daerah. Tentunya juga cocok menemanimu jalan-jalan.

Sedulur bisa menemukan Liven Up dengan mudah karena tersedia di toko kelontong dan juga di SuperApp. SuperApp adalah aplikasi yang membantu kulakan sembako dan barang kebutuhan pokok untuk toko atau kebutuhan sehari-hari di rumah jadi mudah. Untuk informasi lebih banyak, Sedulur bisa mengikuti Instagram SuperApp.