10 Resep & Cara Buat Sosis Goreng – Murah, Enak, Praktis

Sosis merupakan bahan makanan yang bisa diolah menjadi beraneka macam makanan.

Selain sebagai makanan beku yang mendapatkan tempat di hati masyarakat, sosis juga merupakan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai macam makanan. Aneka jajanan sosis goreng banyak dibuat oleh para pedagang untuk dapat dinikmati oleh masyarakat.

Berbagai macam olahan sosis goreng yang bisa kita buat, dan terdapat juga beberapa olahan resep sosis goreng telur dan resep sosis lainnya. Artikel kali ini akan membahas berbagai macam resep sosis goreng yang bisa kita buat sendiri dengan cara yang mudah dan praktis, mulai dari resep sosis goreng tepung, resep sosis goreng kremes dan resep sosis goreng pedas.

Selain itu juga, dengan resep di bawah ini bisa kita jadikan ide jualan sosis goreng dan jualan sosis goreng crispy. Yuk, langsung saja kita simak ulasan berbagai macam sosis goreng yang bisa kita buat sendiri di rumah.

Baca Juga: 12 Resep dan Cara mudah membuat sosis Paling Enak

Daftar 12 Sosis Goreng yang Bisa Kita Buat Sendiri Di Rumah

1. Sosis Goreng Crispy

Sosis Goreng Crispy

Cara membuat sosis goreng crispy sangat mudah, kita hanya membutuhkan 3 jenis bahan saja untuk membuatnya. Pertama sosis siap makan, tepung bumbu, dan 1 butir telur yang telah dikocok. Cara membuatnya sangat mudah.

Langkah pertama untuk membuat sosis goreng crispy adalah tusuk sosis dengan lidi atau tusuk sate, celupkan sosis ke dalam tepung, selimuti sosis dengan tepung lalu celup sosis ke dalam telur. Lalu selimuti kembali sosis dengan tepung bumbu.

Siapkan minyak panas agak banyak, goreng sosis hingga berubah warna dan matang. Resep sosis goreng pertama pun telah selesai kita lakukan.

2. Sosis Pedas Manis

Sosis Pedas Manis

Membuat sosis goreng satu ini sangat mudah, pertama siapkan bahan yaitu 6 buah sosis, bawang bombay, saus sambal, saus tomat, dan minyak wijen. Setelah bahan tersedia, cara membuatnya adalah pertama potong sosis sesuai selera, lalu goreng setengah matang.

Tumis bawang bombay hingga harum, masukkan saus sambal, saus tomat dan sosis. Tambahkan garam dan bumbu penyedap rasa. Koreksi rasa sosis, jika rasa sudah pas. Sosis goreng pedas manis pun siap disajikan.

3. Pizza Sosis Roti Tawar

Pizza Sosis Roti Tawar

Resep dari sosis goreng selanjutnya adalah pizza roti, cara membuat pizza sosis roti tawar yang pertama adalah panaskan minyak goreng, kemudian tumis bawang bombay, tomat, sosis, dan daging sapi giling hingga berubah warna. Bumbui dengan garam, lalu sisihkan terlebih dahulu.

Sediakan roti dan lalu olesi permukaan roti tawar dengan bahan yang telah ditumis tadi. Taburi dengan keju mozarella parut secukupnya, lalu taburi merica bubuk. Siapkan teflon dan lalu olesi permukaan wajan teflon dengan minyak, kemudian panggang roti dengan api kecil.

Gunakan penutup wajan agar keju bisa meleleh sempurna. Pizza Sosis Goreng Roti Tawar pun telah selesai kita buat dan siap dinikmati.

Baca Juga: 11 Resep Sosis Bakar ala Restoran, Bisa Untuk di Jual Lagi

4. Cah Sosis Kemangi

Cah Sosis Kemangi

Jika membutuhkan sosis yang digoreng dan sekaligus bisa sebagai menu makan. Cah sosis kemangi satu ini juga sangat bisa kita buat, karena bahan dan cara pembuatannya yang sangat mudah. Kita tidak memerlukan banyak bahan untuk membuat resep satu ini.

Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memanaskan minyak goreng, lalu goreng sebentar sosis dan sisihkan. Selanjutnya tumis bawang putih hingga matang, masukkan sosis, saus tiram dan lada bubuk. Tuang sedikit air dan aduk rata.

Ketika air telah mendidih, selanjutnya adalah memasukkan kemangi dan aduk rata hingga layu. Jangan lupa tambahkan garam, gula dan penyedap rasa sesuai selera dan cah sosis goreng kemangi siap dihidangkan dan dinikmati dengan nasi hangat.

5. Sosis Bumbu Mentega

Sosis Bumbu Mentega

Resep selanjutnya adalah sosis goreng bumbu mentega, cara membuatnya pertama goreng sebentar sosis hingga setelah matang, lalu angkat dan tiriskan. Siapkan wajan dengan mentega, untuk menumis bawang bombay hingga layu dan mengeluarkan aroma wangi.

Langkah selanjutnya adalah memasukkan bawang putih dan tumis hingga harum. Lalu masukkan saus tiram dan saus sambal, tambah sedikit air dan aduk rata hingga saus mengental dan airnya susut. Terakhir masukkan sosis dan koreksi rasa. Jika sudah sesuai selera, sosis goreng bumbu mentega pun siap dihidangkan.

6. Risol Sosis Goreng

Risol Sosis Goreng

Resep olahan sosis  yang digoreng selanjutnya adalah risol sosis. Resep ini membutuhkan kulit risol untuk membuatnya, kita bisa membelinya atau membuatnya sendiri. Jika ingin praktis, kita tinggal membeli kulit risol.

Pertama-tama, goreng terlebih dahulu sosis hingga matang, jika tidak ingin isian sosis saja, bisa tambahkan telur. Setelah sosis dan telur tersedia. Masukan sosis dan telur ke dalam kulit risol dan lipat atau gulung.

Siapkan tepung roti dan telur yang telah dikocok, celupkan kulit risol yang telah diberi sosis dan telur. Balur dengan tepung roti, siapkan risol sosis dengan jumlah yang dibutuhkan. Lalu Goreng risol sosis hingga matang, dan risol sosis pun siap dinikmati sebagai camilan sore.

7. Tumis Sosis Goreng Asam Manis

Tumis Sosis Goreng Asam Manis

Bahan tambahan untuk membuat resep sosis satu ini adalah bawang putih, bawang bombay, saus sambal, saus tiram dan gula. Cara membuatnya sangat mudah, pertama goreng sosis hingga setengah matang lalu tiriskan. Selanjutnya siapkan wajan untuk menumis bumbu-bumbu.

Masukkan dan tumis bawang bombay hingga layu, selanjutnya masukkan bawang putih, tumis kembali hingga bahan keluar aroma harum. Jangan lupa untuk menambahkan saus cabai dan saus tiram, aduk hingga rata. Dan tuang sedikit air agar tumisan tidak meletup-letup.

Lalu selanjutnya masukkan sosis dan aduk rata jangan lupa tambahkan sedikit gula pasir. Aduk kembali hingga rata, sampai susut dan saus mengental. Resep sosis satu ini pun siap disajikan.

8. Pizza Mie Sosis Goreng

Pizza Mie Sosis Goreng

Aneka olahan sosis satu ini bisa dijadikan sebagai ide bisnis. Karena selain menjadi kuliner yang unik, campuran sosis dan mie yang dijadikan berbentuk pizza memiliki keunikan tersendiri. Siapkan mie dan sosis sebagai bahan utamanya.

Langkah membuatnya, pertama rebus dulu mie goreng dan goreng sosis hingga setengah matang. Setelah mie goreng selesai dan sosis matang. Diamkan terlebih dahulu. Selanjutnya siapkan minyak panas untuk menumis bawang bombay dan bawang putih hingga mengeluarkan aroma wangi.

Masukkan saus sambal, saus tomat dan saus tiram lalu aduk rata. Lalu siapkan telur yang telah dikocok lalu masukan mie goreng yang sudah dimasak sebelumnya. Tata mie goreng di atas telur yang sedang digoreng. Tuangkan bumbu yang sebelumnya di tumis, dan masukkan sosis di atasnya. Pizza mie sosis goreng pun telah siap dinikmati.

9. Seblak Sosis Pedas

Seblak Sosis Pedas

Seblak belakangan ini memang tengah menjadi makanan yang sangat hits. Bahan utamanya menggunakan kerupuk yang telah direndam terlebih dahulu, agar kerupuk menjadi kenyal dan enak. Selanjutnya tumis bumbu halus yang terdiri dari kencur, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, dan bumbu perasa.

Setelah bumbu halus mengeluarkan aroma wangi ketika ditumis, masukkan sosis, daun bawang dan kerupuk yang telah direndam. Aduk rata hingga bumbu halus menyerap dan tambahkan sedikit air untuk mematangkan semua bahan. Selanjutnya masukan bumbu perasa, dan ketika telah pas, seblak sosis  pedas pun siap dihidangkan.

10. Sosis Goreng Bakar Bumbu Barbeque

Sosis Goreng Bakar Bumbu Barbeque

Resep selanjutnya adalah sosis bakar, namun agar memiliki rasa yang berbeda dan nikmat. Sosis digoreng terlebih dahulu hingga setengah matang. Lalu, lumuri sosis dengan bumbu bakar barbeque. Setelah sosis dibumbui sempurna siapkan pembakaran.

Bakar sosis hingga matang dan bumbu meresap sempurna. Hidangan satu ini pun siap dinikmati.

11. Sosis Keju

Sosis Keju

Cara membuat sosis keju sangat mudah. Pertama buat dulu campuran saus yang terdiri dari kecap manis, lada, saori, dan kaldu ayam. Aduk rama campuran untuk saus di atas. Lalu siapkan sosis untuk dibakar, dan lumuri dengan saus yang telah dibuat di atas.

Panggang sosis hingga matang, sambil terus diolesi dengan saus yang telah dibuat. Jika terlihat saus sudah mengering, terus olesi dengan bumbu hingga sosis matang. Setelah matang, sosis siap disajikan beserta parutan keju di atas sosis bakar yang akan segera meleleh.

12. Sosis Bakar Pedas

Sosis Bakar Pedas

Pecinta kuliner pedas pasti sangat menyukai salah satu olahan dari camilan sosis satu ini. Cara membuatnya pun mudah, tidak jauh berbeda dengan resep sosis yang telah dijelaskan di atas. Pertama yang harus disiapkan dan dibuat adalah bumbu pedas untuk pembakaran sosis.

Bumbu yang dibutuhkan adalah saus sambal, saus tiram, gochujang, kecap asin, kecap manis, bawang putih dan margarin. Tumis bawang putih hingga mengeluarkan wangi, lalu masukan saus tiram, kecap manis, saus sambal, gochujang, kecap asin dan air secukupnya.

Didihkan bumbu di atas hingga mengental. Sambil menunggu bumbu saus mengental, kita bakar sosis di atas pemanggang dan sambil diolesi dengan margarin. Namun alangkah lebih baiknya sosis digoreng terlebih dahulu sebelum dibakar.

Setelah sosis masak, masukan sosis ke dalam bumbu saus yang telah mengental dan biarkan bumbu menyerap pada sosis. Setelah itu, bakar kembali sosis, hingga matang sempurna dan bumbu meresap total. Sosis pedas pun, siap dinikmati.

Semoga daftar sosis di atas bisa menambah referensi menu olahan sosis bagi Sedulur. Jangan lupa untuk membeli sosis dan bahan pendukung resep di atas di Aplikasi Super. Tersedia berbagai bahan dan kebutuhan sembako di Aplikasi Super secara lengkap.

Selain itu, Aplikasi Super akan memberikan pelayanan yang maksimal dan prima bagi setiap Sedulur Super sekalian. Hal ini dikarenakan Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan juga kesejahteraan hidup masyarakat Indonesia.

Seperti apapun kondisi yang terjadi, Aplikasi Super sebagai sebuah platform digital yang bergerak di bidang sembako selalu siap untuk memberikan pelayanan bagi setiap Sedulur Super, para pelanggan setia Aplikasi Super.

Klik di sini bagi Sedulur Super yang belum download Aplikasi Super. Segera gunakan Aplikasi Super untuk kulak sembako dan jangan sekali-kali menyia-nyiakan keuntungan dan manfaat yang diberikan oleh Aplikasi Super untuk memudahkan Sedulur dalam melengkapi kebutuhan sembako Sedulur Super sekalian.