80 Ucapan Hari Kemerdekaan Indonesia yang Paling Berkesan

17 Agustus merupakan tanggal penting bagi bangsa Indonesia. Hal ini tidak lepas dari peristiwa bersejarah, yaitu hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Tak hanya mengirim ucapan hari kemerdekaan, tapi gelaran acara juga begitu banyak diadakan.

Aktivitas di atas memang menjadi salah satu kebiasaan yang dilakukan banyak orang untuk memeriahkan peringatan HUT kemerdekaan Indonesia. Bagi Sedulur yang ingin mengirim ucapan hari kemerdekaan, berikut ini sudah dirangkum beberapa referensi dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.

BACA JUGA: 14 Gambar Tema Kemerdekaan yang Mudah Ditiru untuk Anak TK

Ucapan Hari Kemerdekaan yang Berkesan

susunan acara 17 agustus
Unsplash/Hobi Industri

Ada banyak cara untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Mulai dari menyelenggarakan upacara bendera, mengikuti perlombaan, hingga berbagi pesan ucapan selamat hari kemerdekaan kepada kerabat maupun keluarga. Tak hanya itu, ucapan hari kemerdekaan juga biasa disematkan dalam unggahan di media sosial terkait peringatan peristiwa bersejarah itu.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari referensi ucapan hari kemerdekaan tak perlu bingung. Berikut ini sudah dirangkum contoh ucapan hari kemerdekaan dari berbagai sumber. Kata-kata ucapan tersebut juga sekaligus dapat membangkitkan jiwa nasionalisme maupun semangat kemerdekaan.

1. Tidak ada yang lebih berharga dari kebebasan dan kemerdekaan. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79.

2. Kebebasan dalam pikiran kita, keyakinan dalam kata-kata kita, kebanggaan dalam hati dan kenangan dalam jiwa kita. Mari kita semua memberi penghormatan kepada bangsa di hari yang patriotik ini. Selamat Hari Kemerdekaan.

3. Selamat Hari Kemerdekaan ke-79 Indonesia. Semoga kita sudah merdeka untuk melakukan kewajiban dan mendapatkan hak yang sama sebagai manusia, serta semangat 45 selalu menyertai kita semua.

4. Darahmu tumpah di tanah pusaka, jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau adalah pahlawanku, engkau kusuma negaraku. Selamat Hari Kemerdekaan ke-79 Republik Indonesia.

5. Selamat Hari Kemerdekaan Ke-79 RI! Pada momentum hari kemerdekaan ini, mari kita bersama-sama mengenang jasa para pahlawan kita serta meneladani sikap juang pantang menyerah mereka.

6. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia. Semoga bangsa indonesia makin maju, hebat, dan juga masyarakatnya damai sentosa. Doa yang terbaik dari yang terbaik untuk Tanah Air. Merdeka.

7. Perjuangan bangsa Indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir. Mari kita perjuangkan bersama Indonesia adil dan sejahtera. Dirgahayu Indonesia.

8. Darahmu tumpah di tanah pusaka. Jiwamu mengawal tegaknya Indonesia. Engkau pahlawanku. Engkau kusuma negaraku. Selamat hari Kemerdekaan bangsa Indonesia.

9. Apa pun warna kulitmu, apa pun bahasa yang kamu gunakan, apa pun agama yang kamu yakini, jika kamu adalah orang Indonesia, 17 Agustus adalah hari kamu untuk bersatu.

10. Tetaplah menjadi satu. Jangan sampai ingin terpecah. Gapai angan dan citamu di masa depan yang cerah. Raih prestasi terbaikmu dan buat bangsa ini bangga. Selamat Hari Kemerdekaan.

11. Bersatu kita teguh bercerai kita runtuh! Mari kita semua membarui janji kita untuk bersatu melindungi bangsa kita dari ancaman negatif dalam bidang apa pun. Selamat Hari Kemerdekaan!

12. 17 Agustus bukan sekadar balap karung atau lomba makan saja. Lebih dari itu, 17 Agustus adalah mengenang jasa pahlawan dan memupuk persatuan bangsa. Dirgahayu Republik Indonesia.

13. Hatiku berdebar-debar dengan rasa bangga, melihat warna-warni merah putih Hari Kemerdekaan yang menyebarkan kebahagiaan dan kegembiraan di sekelilingnya. Dirgahayu RI.

14. Dahulu kala, pahlawan berjuang untuk kedaulatan bangsa. Sekarang, kita yang berjuang untuk kesehatan bangsa. Selamat Hari Kemerdekaan untuk Indonesia.

15. Tidak ada yang lebih berharga dari kebebasan dan kemerdekaan. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-79.

16. Mari rayakan Hari Kemerdekaan RI ke-79 dengan semangat perjuangan yang membara dan terus pupuk jiwa nasionalisme! Dirgahayu negeriku!

17. Bergabunglah dengan persatuan, lawan korupsi, dan terus kibarkan bendera negara kita yang tercinta ini tinggi-tinggi! Selamat Hari Kemerdekaan!

18. Semoga Sang Saka Merah Putih selalu berkibar tinggi, melambangkan persatuan dan kebebasan kita. Selamat Hari Kemerdekaan 17 Agustus!

19. Kebebasan dan kemerdekaan adalah esensi dari kehidupan, mari kita rayakan dan bersukacita. Selamat Hari Kemerdekaan!

20. Saat kita mengibarkan bendera negara kita, mari kita juga meningkatkan komitmen kita untuk menjadikan negara kita tempat yang lebih baik bagi semua.

21. Kemerdekaan datang dengan tanggung jawab. Mari kita berjanji untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan dan kemajuan negara kita.

22. Semoga Sang Saka Merah Putih selalu mengingatkan kita akan pengorbanan yang telah diberikan dan persatuan yang mengikat kita sebagai sebuah bangsa.

23. Semoga bendera Sang Dwiwarna selalu berkibar tinggi, melambangkan kebanggaan dan persatuan bangsa kita.

24. Semoga Sang Dwiwarna menginspirasi kita untuk menjunjung tinggi nilai-nilai bangsa kita. Selamat Hari Kemerdekaan 17 Agustus!

25. Selamat memperingati Hari Kemerdekaan untuk seluruh rakyat Indonesia. Jangan lupa untuk memerdekakan diri sendiri. Kemerdekaan diri ditandai dengan berani dan tidak malu menjadi diri sendiri.

26. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia. Semoga bangsa indonesia makin maju, hebat, dan juga masyarakatnya damai sentosa. Doa yang terbaik dari yang terbaik untuk Tanah Air. Merdeka.

27. Selamat Hari Kemerdekaan untuk semuanya, semoga kamu semua memiliki keyakinan dalam kata-kata, kebebasan dalam pikiran dan kebanggaan dalam jiwamu. Mari kita beri hormat kepada bangsa yang mulia ini di Hari Kemerdekaannya!

28. Bangsa yang tidak percaya kepada kekuatan dirinya sebagai suatu bangsa, tidak dapat berdiri sebagai suatu bangsa yang merdeka. Dirgahayu Republik Indonesia.

29. Negara ini layak mendapatkan kesetiaanmu, tidak hanya di hari istimewa seperti ini, tetapi selalu. Selamat merayakan kemerdekaan RI!

30. Jasa pahlawan, jasa penuh kenangan. Jasa yang tak akan mampu dibeli dengan harta, jasa yang punya tujuan ‘Merdeka atau Mati’. Saudaraku, mari kita bangkit bersama. Membangun negeri tercinta.

31. Merah darahku adalah ungkapan bahwa semangat yang berkobar tidak akan padam hingga tetesan darah terakhir dan putih tulangku adalah mental baja yang tidak akan pernah pudar, walau panasnya peluru menembus tubuh.

32. Kemerdekaan adalah anugerah besar. Mari kita isi dengan usaha untuk mencapai kesejahteraan bersama.

33. Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia adalah pernyataan teguh dan bulat bahwa bangsa Indonesia telah merdeka. Hiduplah Indonesia Raya! -Ir. Soekarno

34. Merdeka tidaklah datang dengan mudah. Merdeka adalah suatu perjuangan yang harus kita perjuangkan setiap hari, setiap jam, setiap menit, dan setiap detik, sampai akhir hayat kita, dan dengan satu pukulan terakhir, kita akan berteriak: Merdeka! – Soekarno

35. Negara Republik Indonesia ini bukan milik suatu golongan, bukan milik suatu agama, bukan milik suatu suku, bukan juga milik suatu adat istiadat, tetapi milik kita semua dari Sabang sampai Merauke. – Ir. Soekarno

36. Perjuangan kita sekarang ini tak lain dari perjuangan untuk mendapat kebebasan jiwa bangsa kita. Kedewasaan bangsa kita hanya jalan untuk mencapai kedudukan sebagai manusia dewasa bagi diri kita. -Sutan Syahrir

37. Kemerdekaan bukanlah sekedar memiliki negara dan pemerintahan sendiri, tetapi memiliki harga diri dan kemampuan untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan. -Jenderal Sudirman

38. Perjuangan tidak pernah sia-sia. Kemerdekaan tidak akan datang dengan sendirinya, tetapi harus diperjuangkan dengan sungguh-sungguh. – Tan Malaka

39. Hargailah kemerdekaanmu dengan menjadikan dirimu seorang yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. – Ki Hajar Dewantara

40. Kita boleh merdeka secara fisik, tapi kita masih perlu usaha keras buat mewujudkan manusia bermental baja guna meraih cita-cita bangsa. -Mohammad Hatta

41. Indonesia hebat, kita semua bersama demi masa depan yang lebih baik!

42. Untuk Indonesia, tanah kelahiran yang kita cintai, selamat ulang tahun!

43. Kemerdekaan bukan hadiah, tetapi hasil perjuangan. Dirgahayu Indonesia!

44. Dirgahayu Indonesia! Semoga Indonesia selalu berlimpah kasih dan prestasi.

45. Untuk generasi penerus, jaga kemerdekaan dan kebanggaan ini.

46. Martabat bangsa ada di tangan kita. Selamat HUT RI!

47. Selamat Ulang Tahun Kemerdekaan! Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh.

48. Semoga keberagaman menyatukan kita, Dirgahayu Indonesia!

49. Semoga kemerdekaan ini membawa kebahagiaan dan kesuksesan untuk seluruh rakyat Indonesia.

50. Selamat ulang tahun kemerdekaan! Mari kita terus bersatu dan menciptakan perubahan positif.

51. Selamat merayakan kemerdekaan, mari ciptakan kemajuan bersama.

52. Dirgahayu Tanah Airku, penuh cinta untukmu.

53. Pada hari ini, marilah kita merenungkan masa lalu kita, menghargai masa kini, dan bekerja untuk membangun masa depan yang lebih baik bagi kita semua. Kita berkewajiban untuk melakukannya sebagai warga negara. Selamat Hari Kemerdekaan!

54. Bekerja dengan sepenuh hari. Memberi prestasi untuk negeri. Selamat ulang tahun ke-79 untuk NKRI!

55. Indonesia adalah negara yang kaya, dari berbagai segi. Mari semakin buat Indonesia dihormati bangsa lain dengan usaha kita di bidang kita masing-masing. Dirgahayu Indonesia!

56. Sejahtera dalam hidup bukan hanya tugas pemerintah, tetapi kita juga harus aktif dalam mewujudkan kesejahteraan pribadi. Mari, menjadi kreatif dan solutif bersama. Dirgahayu Indonesia!

57. Selamat ulang tahun Indonesia Raya! Tidak ada yang lebih indah jika kita bisa hidup saling berdampingan meskipun penuh perbedaan. 

58. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia ke-79. Jadikan kemerdekaan ini sebagai inspirasi untuk terus berjuang demi masa depan yang lebih baik.

59. Mari hiasi suasana kemerdekaan dengan semangat positif. Selamat HUT ke-79 RI.

60. Indonesia tangguh, Indonesia tumbuh. Selamat Hari Kemerdekaan, Indonesia-ku!

BACA JUGA: 40 Ide Yel-yel 17 Agustus yang Anti-Mainstream dan Kekinian

Ucapan Kemerdekaan Bahasa Inggris Beserta Artinya

ucapan hari kemerdekaan indonesia
Pexels/Irginurfadil

Sedulur juga bisa membagikan ucapan hari kemerdekaan dalam bahasa Inggris. Berikut beberapa contoh ucapan hari kemerdekaan dalam bahasa Inggris beserta artinya.

61. Celebrate the free spirit of Indonesia! happy Independence Day Indonesia!

Artinya: Rayakan semangat kemerdekaan Indonesia. Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia!

62. Freedom, liberty, unity. Enjoy your day of freedom! Happy independence day!

Artinya: Kebebasan, kemerdekaan, persatuan. Nikmati hari kebebasanmu! Selamat hari kemerdekaan!

63. Happy Independence day Indonesia. It has been 79 years since we’re enjoying our freedom, even though there are a lot of corrupts and bribes.

Artinya: Selamat Hari Kemerdekaan Indonesia. Sudah 79 tahun kita menikmati kebebasan ini, meski ada banyak korupsi dan suap.

64. On independence day, here’s wishing your dreams of a new tomorrow come true. Now and always, happy independence day to you!

Artinya: Pada hari kemerdekaan, inilah impian-impianmu tentang esok yang baru menjadi kenyataan. Sekarang dan selamanya, Selamat hari kemerdekaan!

65. It’s a day to celebrate and to cheer, the 17th of August is finally here! United all we stand And protect forever our nation!

Artinya: Ini hari untuk merayakan dan kegembiraan, tanggal 17 Agustus akhirnya tiba! Bersatu semua kita berdiri dan melindungi selamanya bangsa kita!

66. Let’s pay homage to all the great souls who laid their life for their country, feel proud to be Indonesian!

Artinya: Mari kita memberi penghormatan kepada semua jiwa hebat yang menyerahkan hidup mereka untuk negara, merasa bangga menjadi warga negara Indonesia!

67. Failure only occurs if we give up. Happy independence day!

Artinya: Gagal hanya terjadi jika kita menyerah. Selamat hari kemerdekaan!

68. May the glory of Independence Day be with us forever!

Artinya: Semoga kemuliaan Hari Merdeka selalu bersama kita selamanya!

69. May our country progress in everywhere and in everything!

Artinya: Semoga negara kita maju di mana-mana dan dalam segala hal!

70. Let’s take a decision to value our nation. Won’t forget those sacrifices, who gave us freedom. Happy Independence day.

Artinya: Mari mengambil keputusan untuk menghargai bangsa kita. Tidak akan lupa pengorbanan mereka yang memberi kita kemerdekaan. Selamat hari kemerdekaan.

71. Let’s celebrate the day that gave us the freedom of thought, actions, faith, and speech! Happy Independence day!

Artinya: Mari kita rayakan hari yang memberi kita kemerdekaan berpikir, bertindak, beriman, dan berbicara! Selamat hari kemerdekaan!

72. Listen up! I want you to have a very happy August 17th!

Artinya: Dengarkan! Aku ingin kamu mendapatkan 17 Agustus yang sangat bahagia!

73. May this independence day fill your life with happiness and prosperity.

Artinya: Semoga hari kemerdekaan ini memberi kebahagiaan dan kemakmuran untuk hidupmu.

74. Long live Indonesia! May this nation continue to prosper and thrive.

Artinya: Dirgahayu Indonesia! Semoga negara ini terus berkembang dan makmur.

75. Feel proud to be an Indonesian. Happy independence day!

Artinya: Merasa bangga menjadi orang Indonesia. Selamat hari kemerdekaan!

76. May the Indonesian flag always fly high. Warm wishes on the grand occasion of independence day.

Artinya: Semoga bendera Indonesia selalu terbang tinggi. Sambutan hangat pada perayaan besar hari kemerdekaan ini.

77. Let the fireworks light up the sky, as we celebrate the 17th of August!

Artinya: Biarkan kembang api menerangi langit, saat kita merayakan 17 Agustus!

78. Happy 79th Independence Day, Indonesia! May our nation always stand strong and united.

Artinya: Selamat Hari Kemerdekaan ke-79, Indonesia! Semoga bangsa kita selalu berdiri kokoh dan bersatu.

79. The red and white flag flies high today, reminding us of the courage of our ancestors.

Artinya: Bendera merah putih berkibar tinggi hari ini, mengingatkan kita akan keberanian leluhur kita.

80. Freedom is not free. Let’s honor those who sacrificed for our independence.

Artinya: Kebebasan tidak gratis. Mari menghormati mereka yang berkorban untuk kemerdekaan kita.

Demikian contoh-contoh ucapan hari kemerdekaan yang bisa menjadi referensi bagi Sedulur.