tujuan gerak menangkis adalah

Sedulur pasti sudah tahu, pencak silat menjadi olahraga bela diri tradisional asal Indonesia yang sangat khas. Tidak hanya di Indonesia, pencak silat juga dikenal di negara-negara Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina. Drs. Muhajir, M. Ed. dalam bukunya yang berjudul Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (2007), mengartikan pencak silat sebagai seni bela diri yang mengutamakan unsur pertahanan ketika bertanding, meliputi nilai-nilai budi luhur yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

Apa saja unsur-unsur pencak silat adalah unsur olahraga, kesenian, bela diri, pendidikan mental kerohanian, serta persaudaraan menuju persatuan. Dalam pencak silat, terdapat beberapa teknik, salah satunya yaitu gerakan menangkis. Tujuan gerak menangkis adalah membendung serangan dari lawan.

Dalam pertandingan pencak silat, teknik tangkisan yang berhasil dengan diikuti serangan yang terarah pada sasaran akan diberi poin 1. Nah, supaya Sedulur lebih memahami tentang teknik tangkisan dalam pencak silat, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

BACA JUGA: 10 Komponen Kebugaran Jasmani untuk Tubuh yang Sehat

-->

Mengenal pencak silat

Kumparan

Sebelum membahas lebih lanjut tujuan gerak menangkis adalah menghalangi serangan dari lawan, Sedulur perlu tahu tujuan awal belajar pencak silat dan sejarahnya terlebih dahulu. Adapun tujuan awal mempelajari bela diri pencak silat adalah memelihara dan mengembangkan seni budaya bangsa. Selain itu, bertujuan pula untuk kesehatan, rekreasi, dan prestasi.

Terkait sejarahnya, sebenarnya sebelum ada pencak silat, nenek moyang bangsa Indonesia sudah mengembangkan ilmu bela diri yang digunakan untuk bertahan dan melindungi diri maupun kelompoknya. Mereka pun akhirnya menciptakan bela diri menirukan binatang yang ada di alam sekitar. Inilah yang menjadi cikal bakal pencak silat nantinya. Misalnya saja pada salah satu tujuan gerak menangkis adalah meniru gerakan binatang seperti harimau, kera, ular, bahkan burung elang.

Tidak hanya itu, diduga juga bahwa salah satu tujuan menangkis dalam pencak silat meniru keterampilan suku-suku asli Indonesia dalam berburu. Contohnya, cara dalam menggunakan perisai, parang, tombak, dan lain sebagainya. Seperti halnya kebudayaan lain, pencak silat diperkenalkan secara turun-temurun oleh nenek moyang.

Hingga akhirnya, bangsa Indonesia mulai sadar terkait pentingnya peranan pencak silat dalam kehidupan. Kemudian, pada tanggal 18 Mei 1948, dibentuklah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) untuk menaungi olahraga bela diri ini. IPSI kini tercatat sebagai organisasi pencak silat tertua di Indonesia.

Selanjutnya, atas prakarsa Eddie M. Nalapraya yang waktu itu menjabat sebagai ketua IPSI, pada tanggal 11 Maret 1980, didirikanlah Persekutuan Pencak Silat Antarbangsa (Persilat) yang menggandeng beberapa anggota di Asia Tenggara. Pada waktu itu, acara tersebut dihadiri oleh perwakilan dari negara Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam. Bersama dengan Indonesia, ketiga negara tersebut ditetapkan sebagai anggota Persilat. Baik IPSI maupun Persilat masih eksis sampai sekarang.

Tujuan gerakan menangkis adalah

tujuan gerak menangkis adalah
Kompas

Pencak silat kerap disebut sebagai seni bertahan yang mematikan. Maka dari itu, tujuan gerakan menangkis adalah untuk menghalangi serangan dari lawan yang mungkin mematikan. Gerak menangkis adalah satu dari sebagian teknik dasar dalam bela diri pencak silat yang dilakukan secara kontak langsung.

Kontak langsung dalam tujuan gerak menangkis adalah mengalihkan serangan lawan dan menahan gerakan lawan. Tangkisan dalam pencak silat terdiri dari berbagai macam anggota tubuh. Adapun anggota tubuh yang dapat digunakan untuk menangkis lawan adalah tangan, lengan, siku, dan kaki. Selain itu, dalam gerakan menangkis dibutuhkan juga kuda-kuda yang kuat dan persiapan matang.

BACA JUGA: Pengertian & Contoh Gerakan Lokomotor dan Nonlokomotor

Teknis tangkisan dalam pencak silat

Portal Informasi Indonesia

Jumlah arah gerakan pencak silat adalah luar, dalam, atas, dan bawah. Bisa juga dari arah samping maupun sejajar. Berikut ini adalah ulasan bagaimana melakukan teknik gerakan menangkis dari arah-arah tersebut agar bisa membendung dan mengalihkan serangan lawan.

1. Tangkisan satu tangan

tujuan gerak menangkis adalah
Kumparan

Teknik ini menangkis serangan lawan menggunakan satu tangan. Tangkisan satu tangan terdiri dari 4 unsur, antara lain:

  • Tangkisan luar, gerakan menangkis serangan lawan menggunakan satu tangan kiri atau kanan mulai dari dalam ke luar.
  • Tangkisan dalam, gerakan menangkis serangan lawan menggunakan satu tangan kiri atau kanan mulai dari luar ke dalam.
  • Tangkisan atas, gerakan menangkis serangan lawan menggunakan satu tangan kiri atau kanan dari bawah ke atas.
  • Tangkisan bawah, gerakan menangkis serangan lawan menggunakan satu tangan kiri atau kanan dari atas ke bawah.

2. Tangkisan dua lengan

Okezone

Gerakan ini menggunakan dua lengan untuk menahan serangan lawan. Terdiri dari 4 cara, di antaranya:

  • Tangkisan sejajar dua lengan atas/tinggi, dalam melakukannya pastikan dua tangan berada sejajar dengan kepala untuk menangkis serangan.
  • Tangkisan belah tinggi/rendah, gerakan dengan membelah serangan dari atas atau bawah.
  • Tangkisan silang tinggi/rendah, gerakan menangkis kemudian mendorong serangan yang dilakukan melalui atas atau bawah.
  • Tangkisan buang samping, teknik menangkis dengan menangkap serangan lawan secara cepat kemudian membuang serangan ke arah samping.

BACA JUGA: 2 Cara Melakukan Guling Depan, Awalan Jongkok & Berdiri

3. Tangkisan siku

tujuan gerak menangkis adalah
Halodoc

Teknik menghalangi serangan lawan menggunakan siku-siku lengan. Biasanya, teknik ini menggunakan siku bagian dalam. Teknik siku dinilai efektif untuk menangkis serangan lurus.

Selain ketiga teknik di atas, ada pula yang dinamakan tangkisan kaki. Gerakan menangkis dengan kaki hanya bisa dilakukan menggunakan 1 kaki, sementara kaki lainnya dalam bentuk siap atau kuda-kuda.

Demikian pembahasan mengenai gerak menangkis dalam pencak silat. Jadi, tujuan gerak menangkis adalah menghalau serangan lawan. Kombinasi gerak menangkis dan menyerang dengan sasaran gerakan memukul lawan adalah salah satu cara mendapatkan 1 poin dalam pertandingan pencak silat. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan Sedulur tentang bela diri pencak silat.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.