Tips Jitu Mengatur Keuangan

Berbagi tips mengatur keuangan rumah tangga untuk Sedulur Super. Poin terakhir paling penting, lho. Jangan lupa dicatat ya!

Mengatur keuangan rumah tangga memang tidak mudah. Sedulur Super juga perlu mengeluarkan biaya yang mungkin tidak sedikit untuk pendidikan si anak, cicilan rumah dan mobil, tagihan listrik dan lain sebagainya. Pengeluaran itulah yang terkadang membuat Sedulur Super boros dan tidak jarang membuat keuangan keluarga jadi tidak stabil. Sedulur pun tentu harus melakukan strategi dalam mengatur keuangan dengan baik, karena jika dibiarkan akan berdampak pada kelangsungan hidup Sedulur nantinya.

Namun Sedulur Super tidak perlu khawatir, kali ini Super akan membagikan cara mengatur keuangan rumah tangga agar pengeluaran Sedulur Super tidak membengkak. Dilansir dari beberapa sumber, inilah lima tips yang bisa Sedulur Super lakukan untuk mengatur keuangan Sedulur Super dengan baik untuk menjaga pengeluaran tidak membengkak. Kira-kira apa saja ya yang harus Sedulur Super lakukan? Yuk Sedulur Super, simak jawaban di bawah ini sampai habis dan jangan lupa dicatat, ya!

Tips Mengatur Keuangan

1. Catat Pengeluaran

tips mengatur keuangan
photo by freepik

Langkah pertama yang perlu Sedulur Super lakukan adalah mencatat keluar masuknya uang Sedulur Super. Catat kebutuhan apa saja yang sudah Sedulur Super keluarkan, lalu evaluasi, kira-kira kebutuhan manakah yang paling penting dan mana yang tidak begitu penting. Sedulur Super, inilah beberapa kebutuhan yang mungkin Sedulur Super keluarkan tiap bulannya, antara lain:

-->
  • Cicilan, tagihan rumah tangga
  • Belanja sembako
  • Tabungan
  • Biaya pendidikan
  • Asuransi kesehatan

Setelah mengetahui kebutuhan apa saja yang sudah Sedulur Super keluarkan, Sedulur Super bisa mencoba untuk mengalokasikan keuangan Sedulur Super. Gunakan tabel spreadsheet di Excel untuk membantu Sedulur menghitung pengeluaran yang ada. Hal ini penting untuk dilakukan agar membantu Sedulur Super untuk mengevaluasi keuangan. Hitung dang catat juga poin-poin penting agar Sedulur Super tidak melewatkan sesuatu sedikitpun, yang dalam hal ini adalah keuangan.

2. Siapkan Dana Darurat

tips mengatur keuangan rumah tangga
photo by freepik

Hal ketiga yang penting juga untuk Sedulur Super lakukan adalah menyiapkan dana darurat. Dana darurat ini digunakan ketika Sedulur Super dan keluarga dalam keadaan darurat, seperti sakit, bisnis bermasalah, dan lain sebagainya. Fungsi dana darurat akan sangat terasa ketika sumber penghasilan utama Sedulur Super benar-benar hilang, sehingga memang benar-benar tidak boleh digunakan sama sekali dan harus dialokasikan dalam sebuah rekening tabungan khusus.

3. Jangan Lupa untuk Hemat

tips super mengatur keuangan sedulur
photo by freepik

Cara ini juga perlu untuk Sedulur Super lakukan. Yaps! Berhemat adalah hal terpenting yang harus Sedulur Super lakukan. Dengan cara inilah, keuangan Sedulur Super tidak akan membengkak. Contohnya, sebelum Sedulur Super pergi membeli atau belanja sembako di supplier, pastikan Sedulur sudah membuat daftar rincian barang yang akan Sedulur Super beli dan bawalah uang secukupnya. Hal ini memudahkan Sedulur Super agar tidak membeli barang yang tidak perlu, yang tidak ada di dalam daftar belanja. Usahakan untuk belanja sembako dengan harga murah, agar pengeluaran tidak membengkak. Sedulur Super juga bisa belanja sembako di Aplikasi Super, selain mudah hanya dengan mengakses lewat aplikasi, Sedulur Super akan mendapatkan harga paling murah.

Baca Juga: Ini Alasan Sedulur Harus Punya Penghasilan Tambahan

4. Cari Penghasilan Tambahan

keuangan rumah tangga
photo by freepik

Selain hemat, Sedulur Super juga perlu mencari penghasilan tambahan. Hal ini berguna agar dapat meng-cover biaya Sedulur Super dan keluarga sehari-harinya. Saat ini, beberapa orang mencari penghasilan tambahan melalui social media, seperti menjadi reseller, dropshipper maupun agen lainnya. Sedulur Super juga bisa kok, mencoba peruntungan bisnis dengan jadi agen sembako. Kenapa harus bisnis sembako? Karena sembako adalah kebutuhan pokok setiap orang, otomatis barang yang diperlukan tidak pernah habis dan selalu diperbarui. Sedulur Super juga bisa bergabung bersama Aplikasi Super menjadi Mitra Super Center, dengan bergabung bersama Super Center akan membantu Sedulur mengembangkan dan memajukan toko kelontong agar bisa bersaing dengan toko modern lainnya.

5. Menabung dan Investasi

mengatur keuangan ibu rumah tangga
photo by freepik

Cara keenam yang sangat perlu Sedulur Super lakukan yaitu menabung dan berinvestasi. Dengan menabung, Sedulur Super tidak perlu lagi khawatir dengan pengeluaran, karena dengan tabungan itu, Sedulur Super akan bisa membeli barang atau kebutuhan lainnya. Selain itu, berinvestasi. Investasi ini sangat penting untuk jangka panjang keluarga Sedulur Super. Jika Sedulur Super tidak lagi bekerja karena usia, Sedulur Super bisa memanfaatkan investasi Sedulur Super untuk mencukupi kehidupan Sedulur Super dan keluarga. Lagipula, siapa sih yang tidak ingin mendapatkan uang meski tanpa bekerja? Sedulur pasti juga ingin, bukan? Jadi, jangan lupa menabung dan investasi ya, Sedulur Super!

Nah, itulah beberapa tips yang bisa Sedulur Super lakukan untuk mengatur keuangan Sedulur Super agar tidak membengkak, menjadi lebih tertata dan sistematis. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sedulur Super ya!

Jika Sedulur Super tertarik dengan bisnis sembako, Sedulur Super bisa bergabung dengan menjadi Mitra Super Center dari Aplikasi Super.

Keuntungan Jadi Mitra Super Center yaitu:

Jaminan Harga Murah. Sedulur Super tidak perlu khawatir kulakan sembako dengan harga mahal. Super akan menjamin Sedulur Super kulakan sembako dengan mendapatkan harga lebih murah dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan promo menarik lainnya.

Prioritas Membeli Barang di Aplikasi Super. Sedulur Super tidak perlu khawatir kehabisan stok karena Super akan memprioritaskan Sedulru Super untuk belanja atau kulakan barang sembako melalui Aplikasi Super. Jadi, Sedulur Super bisa lebih fokus kulakan dan melayani pelanggan dengan maksimal, deh!

Kasir Digital untuk Menunjang Performa. Selain mendapat prioritas kulakan sembako di Aplikasi Super, Sedulur Super juga akan mendapat fasilitas berupa mesin kasir digital seperti scanner dan printer. Diharapkan dengan adanya kasir digital ini, proses jualan Sedulur Super jadi mudah dan lebih canggih.

Sedulur Super, itulah keuntungan yang akan Sedulur dapatkan jika bergabung menjadi Mitra Super Center. Cara bergabung juga sangat mudah lho. Sedulur hanya tinggal download Aplikasi Super melalui Playstore dan belanja sembako dengan mudah dan murah! Tidak perlu banyak mikir, coba download Aplikasi Super di Playstore saja dulu!