Minyak goreng akan menghitam setelah sering digunakan, ini tips untuk menjernihkannya!

Minyak goreng akan mulai berubah warna ketika digunakan lebih untuk tiga kali goreng, terutama jika digunakan untuk menggoreng berkali-kali, minyak goreng akan memiliki warna yang hitam pekat. Para ahli juga menyarankan untuk tidak menggunakan lagi minyak goreng yang sudah hitam pekat, karena akan memberi dampak buruk bagi tubuh kita.

Namun banyak dari Sedulur yang masih menggunakan minyak goreng yang telah hitam pekat, bukan karena tidak mampu membeli yang baru atau menggunakan minyak goreng baru, namun lebih kepada mubazir karena minyak goreng masih bisa digunakan.

Ditambah lagi dengan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, Sedulur semua pasti tengah melakukan penghematan sembako, salah satu bentuk penghematan tersebut adalah dengan menggunakan minyak goreng secara maksimal. Karena kita belum tahu pandemi virus corona ini akan berakhir sampai kapan, dan tentu saja akan mempengaruhi terhadap ketersediaan sembako, termasuk minyak goreng, jikalau kondisi buruk terjadi dan pandemi Covid-19 masih berlangsung lama.

-->

Bagi Sedulur yang beranggapan demikian atau memang melakukan hal penghematan dalam menggunakan minyak goreng, tidak usah khawatir minyak goreng menjadi hitam pekat karena sering digunakan. Terdapat tips super yang membuat Sedulur Super untung melimpah memanfaatkan minyak goreng secara maksimal. Tips super ini dapat menjernihkan kembali minyak goreng yang telah berubah warna. Seperti apa tips supernya? Yuk mari kita simak ulasannya.

Baca Juga: Daftar Sembako yang Paling Laris

Tips Super Menjernikah Minyak Goreng

1. Menggunakan Nasi

Nasi merupakan olahan dari beras, tentu saja nasi merupakan komponen penting untuk menambah energi yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Sedulur Super mulai bertanya, bagaimana menggunakan nasi untuk menjernihkan minyak goreng yang telah berubah warna. Atau Sedulur Super juga ada yang sayang menggunakan nasi untuk menjernihkan minyak goreng. Jangan khawatir Sedulur Super sekalian, Sedulur bisa menggunakan nasi sisa untuk menjernikan minyak goreng.

Sebelumnya, perlu Sedulur ketahui terlebih dahulu, bahwa minyak goreng menjadi berwarna pekat dikarenakan ampas sisa penggorengan. Ketika disatukan, ampas sisa penggorengan tersebut dapat membuat warna minyak goreng menjadi hitam pekat. Dengan menggunakan nasi sisa, Sedulur bisa menganggkat ampas sisa penggorengan.

Caranya, Sedulur kumpulkan sisa nasi yang tidak terpakai, lebih baik kumpulakn sisa nasi agak banyak. Lalu kepalkan sisa nasi tersebut hingga berbentuk bulat. Masukkan kepalan nasi tersebut ke dalam wajan yang berisikan minyak sisa yang masih panas, dan guling-gulingkan nasi hingga ampas sisa penggorengan terangkat semua. Setelah bersih dari ampah, minyak goreng akan kembali bersih dan jernih, minyak goreng pun siap digunakan kembali.

2. Menggunakan Kentang

Kentang juga merupakan salah satu umbi-umbian yang memiliki karbohidrat seperti nasi. Bahkan di beberapa negara, seperti di Rusia contohnya, kentang menjadi bahan pokok untuk makan. Jika di Indonesia bahan pokoknya adalah nasi, di Rusia masyarakan memakan kentang sebagai bahan pokok untuk makan.

Ketang juga memiliki daya serap tinggi untuk menyerap kotoran dan sisa ampas penggorengan yang ada di dalam minyak. Penggunaanya pun hampir sama dengan menggunakan nasi. Jika bisa, Sedulur sediakan ketang secara banyak dan lebih dari satu. Lalu kupas dan potong satu buah kentang menjadi 5-6 bagian.

Kentang yang telah dipotong tersebut dimasukkan kedalam wajan yang berisi minyak yang akan dijernihkan. Gulingkan potongan kentang berulangkali hingga sisa ampas penggorengan dalam minyak dapat diserap oleh kentang. Minyak pun akan kembali bersih dan jernih, dan siap digunakan kembali untuk menggoreng bahan makanan selanjutnya.

Baca Juga: Aplikasi Super Bantu PKL yang Terdampak Pandemi Covid-19

3. Menggunakan Arang Kayu

Bahan selanjutnya yang dapat digunakan untuk membersihkan dan menjernikan minyak goreng adalah dengan menggunakan arang kayu. Arang kayu merupakan sisa pembakaran kayu yang telah menghitam. Arang kayu juga memiliki sifat untuk menyerap kotoran dan residu, hal ini juga ampuh untuk digunakan membersihkan minyak goreng yang telah kotor.

Sebagian masyarakat dibeberapa daerah menyembut minyak goreng sisa dengan nama minyak jelantah. Walaupun Sedulur Super beranggapan bahwa arang kayu kotor karena sisa pembakaran, anggapan tersebut salah total. Arang kayu hanya berwarna hitam bukan berarti juga kotor, buktinya pembakaran sate atau makanan lainnya menggunakan arang kayu tetap aman untuk kita konsumsi.

Cara membersihkan minyak jelantah dengan menggunakan arang kayu adalah Sedulur Super perlu menumbuk arang kayu hingga halus. Pastikan arang kayu benar-benar halus hingga berbentuk serbuk. Selanjutnya masukkan dua genggam serbuk arang kayu untuk satu liter minyak jelantah. Aduk hingga merata dan tunggu hingga warna minyak jelantah menjadi lebih jernih. Saring minyak yang telah diaduk oleh arang kayu dan simpan diwadah yang baru. Perhatikan hasilnya, walaupun minyak tidak sejernih sebelum digunakan, warna minyak kembali bersih dan siap digunakan kembali.

4. Menggunakan Kulit Pisang

Mulai saat ini, ketika Sedulur selesai memakan pisang, kulitnya jangan langsung Sedulur buang. Simpan dahulu, karena kulit pisang bisa gunakan untuk menjernihkan minyak jelantah. Pertanyaannya, bagaimana cara menggunakan kulit pisang dalam tips menjernihkan minyak jelantah?

Caranya dengan memotong kulit pisang 3-4 bagian, lalu letakkan kulit pisang dalam sebuah saringan. Tuang minyak jelantah melalui saringan. Tahan saringan dibibir wadah tempat minyak ditampung, biarkan kulit pisang menyerap kotoran secara perlahan.

Hal tersebut bekerja karena kulit pisang memiliki zat karbon yang tinggi yang dapat menyerap kotoran. Hal ini juga yang berlaku pada arang kayu. Zat karbon ini sangat baik digunakan untuk menyerap kotoran, termasuk dalam minyak jelantah yang telah Sedulur gunakan.

Namun jika tips di atas repot untuk Sedulur lakukan, jangan khawatir. Sedulur tinggal membeli minyak goreng baru saja. Jangan khawatir boros, kulak sembako dan minyak goreng di Aplikasi Super agar Sedulur tidak boros malah mendapatkan untung melimpah. Karena Aplikasi Super memberikan harga yang super murah dibanding dengan toko langsung, dan juga Aplikasi Super memberikan keuntungan yang melimpah yang bisa Sedulur nikmati. Sedulur tidak percaya? Klik di sini untuk download Aplikasi Super dan buktikan langsung manfaat dan keuntungan dari Aplikasi Super. Bukan hanya sekedar wacana!