Tips Mengolah Daging Agar Empuk. Dijamin Berhasil!

Seringkali kita enggan memasak daging karena terkadang daging yang kita makan sangat alot dan susah dikunyah. Apalagi membuat daging menjadi empuk juga membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, Sedulur tidak perlu khawatir karena Sedulur pun bisa memanfaatkan bahan di dapur dan bahan-bahan alami untuk mengolah daging agar empuk dan mudah dikunyah. Apa saja kah bahan-bahan itu? Mari simak penjelasannya di bawah ini!

 

1. Ubah Bentuk Daging

raw-fresh-beef_1232-2542

photo by freepik.com

Mengubah bentuk daging adalah cara cepat membuat daging lebih cepat empuk saat dimasak. Daripada memasak dalam bentuk potongan tebal, lebih baik iris atau cincang saja daging. Daging yang tipis dan berukuran kecil lebih cepat matang dan empuk. Bumbu juga lebih mudah meresap tanpa perlu dimasak terlalu lama.

 

2. Daun Pepaya

papaya-fruit-isolated_1203-6805

photo by freepik.com

Daun pepaya memiliki enzim yang disebut dengan enzim papain, dimana enzim ini sangat bermanfaat untuk mengempukan daging. Cara mengempukan daging dengan pepaya sangat mudah, anda cukup meremas-remas daun pepaya muda sampai getahnya benar-benar keluar. Jika sudah, anda bisa menggunakan daun pepaya tersebut untuk membungkus daging. Lalu diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu, cuci daging sampai bersih, tiriskan dan anda bisa mengolahnya. Cara ini cocok untuk daging yang akan diolah menjadi sate dan steak. Selain daunnya, buahnya pun dipercaya efektif membuat daging empuk. Dimana anda bisa menggunakan buah pepaya muda untuk direbus bersama dengan daging.

 

3. Jahe

fresh-organic-ginger_23-2147916131

photo by freepik.com

Enzim proteolitik alami yang terkandung dalam jahe berfungsi untuk mengurai ikatan protein dalam daging sehingga jadi lebih empuk. Lumuri daging dengan jahe yang sudah diparut selama beberapa menit sebelum mengolahnya.

 

4. Kiwi

close-up-green-kiwi-fruit-slices_53876-33622

photo by freepik.com

Kiwi juga ternyata mampu membantu mengempukan daging yang akan diolah. Buah kiwi mengandung enzim yang disebut dengan enzim actinidin. Cara mengolah daging agar cepat empuk dengan buah kiwi cukup mudah, anda bisa meremas-remas buah kiwi yang sudah disiapkan, lalu oleskan ke seluruh permukaan daging. Untuk 1 kg daging, diperlukan 1 sampai 1 1/2 butir kiwi. Kemudian, diamkan selama 1-2 jam sebelum diolah.

 

5. Lemon dan Jeruk Nipis

photo by freepik.com

Perasan air lemon ternyata juga bisa membuat daging lebih empuk lho! karena kandungan asam pada lemon maupun jeruk nipis dapat memecah struktur protein pada daging. Anda tinggal membalurkan perasan air lemon / jeruk nipis pada seluruh permukaan daging, lalu simpan selama beberapa jam sebelum dimasak ke dalam kulkas.

 

6. Nanas

raw-fresh-texture-vitamin-fruit_1172-220

photo by freepik.com

Nanas merupakan salah satu buah yang banyak disukai karena memiliki rasa yang enak dan menyegarkan. Buah berwarna kuning ini mengandung enzim bromelin di dalamnya, yang mana cara kerja enzim tersebut sama dengan enzim papain pada pepaya. Enzim ini dapat menghasilkan serat yang ada pada daging, sehingga dengan begitu daging akan menjadi lebih empuk dan lunak ketika diolah.

Pada dasarnya kulit nanas merupakan bagian yang terbukti efektif untuk membuat daging cepat empuk, namun jika Anda ragu karena kehegienisannya maka Anda bisa menggunakan parutan nanas muda saja. Jika Anda memasak daging sebanyak 1 kg, maka Anda hanya cukup menggunakan parutan nanas sebanyak 250 gram. Caranya cukup mudah, Anda hanya tinggal memarut nanas lalu membalurkannya ke seluruh bagian daging. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 45 menit. Baru setelah itu, Anda bisa langsung mencucinya di bawah air mengalir sampai bersih, tiriskan dan Anda bisa langsung mengolahnya. Cara yang satu ini cocok untuk daging yang akan diolah dengan cara ditumis atau disayur.

 

7. Kulit Pisang

banana-yellow-background_23-2148145093

photo by freepik.com

Cara lain yang bisa digunakan untuk membuat daging empuk yaitu dengan menggunakan kulit pisang. Kandungan di dalam kulit pisang ini mampu membantu mengurangi protein di dalam daging itu sendiri sehingga dengan begitu daging akan bisa lebih cepat empuk. Tidak hanya itu, kulit pisang juga mampu membuat daging yang diolah tidak mudah kering.

 

8. Rendam dengan Teh

dessert-tasty-liquid-dinnerware-saucer_1172-459

photo by freepik.com

Untuk membuat rendaman daging dari teh, buatlah 1 atau 2 cangkir teh hitam pekat, kemudian diamkan hingga suhu air menjadi lebih dingin. Setelah itu rendamlah daging yang hendak diolah kedalam teh tersebut. Setelah direndam beberapa menit barulah daging dapat diolah menjadi hidangan istimewa. Air teh juga dapat digunakan untuk mengasinkan daging sehingga daging terasa lebih enak.

 

9. Rendam dengan Baking Powder

bowl-with-white-flour_23-2147758427

photo by freepik.com

Jika daging tidak segera dimasak, sebaiknya setelah dicuci bersih dan ditiriskan, daging langsung dilumuri dengan soda kue. Kemudian, simpan dalam lemari es. Soda kue di sini berfungsi mempertahankan kandungan protein dalam daging. Jika daging langsung dimasak, lumuri dulu dengan soda kue. Diamkan selama satu jam. Fungsinya adalah memecah kolagen, sehingga tekstur daging menjadi lebih lunak. Lanjutkan dengan merendam daging dalam air dingin selama 15 menit. Hal ini juga berlaku untuk daging yang sudah dilumuri soda kue dan disimpan dalam lemari es.

 

Itulah beberapa bahan dapur yang bisa Anda manfaatkan untuk mengolah daging agar mudah dikunyah dan tidak keras. Selamat mencoba ya, Sedulur Super!