Banyak hal berubah selama pandemi Covid-19, termasuk pola waktu dan kegiatan kita.

Virus corona memang membuat setiap masyarakat dunia kesulitan, termasuk juga masyarkat Indonesia. Selain teror ketakutan tertular yang memberikan dampak buruk, hal tersebut juga dapat membuat kita mengalami stress dan kecemasan berlebih. Hasilnya, banyak kegiatan sehari-hari kita yang terganggu, termasuk pola waktu setiap harinya.

Akibat kebijakan PSBB yang mengharuskan kita untuk berdiam di rumah dan melaksanakan setiap kegiatan dari rumah, pola kebiasaan baru ini memberikan efek keterkejutan. Salah satu dampak dari kebiasaan baru ini adalah tidak teraturanya waktu kita sehari-hari. Hal ini juga akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan mental kita. Ada beberapa tips super bagi Sedulur untuk dapat mengatur waktu selama pandemi virus corona saat ini. Apa saja tips-nya? Mari kita simak ulasannya, agar Sedulur dapat menjalankan kegiatan sehari-hari dengan waktu yang teratur.

Baca Juga: Tips Memilih Beras Berkualitas untuk Sedulur Super

Tips Super Mengatur Waktu di Tengah Masa Pandemi Covid-19

1. Buat Rencana Pengaturan Waktu

Buatlah perencanaan untuk pengaturan waktu setiap malam dan mencatatnya di kalender yang Sedulur Super miliki. Tuliskan semua tugas, agenda dan daftar yang harus dilakukan  oleh Sedulur setiap harinya dan juga penghuni rumah. Tuliskan daftar tugas sesuai prioritas. Sehingga, setiap penghuni rumah dan juga Sedulur tahu bahwa mereka harus menyelesaikan tugas penting terlebih dulu.

Setiap tugas juga harus diberikan batas waktu tertentu untuk menyelesaikannya. Gunakan daftar periksa untuk menandai setiap tugas setelah selesai yang dilakukan oleh setiap penghuni rumah. Dengan memberlakukan tips ini Sedulur Super dan penghuni di rumah tidak akan kesulitan menentukan kegiatan dan agenda yang akan dilakukan sehari-hari, di tengah pandemi Covid-19 yang membuat waktu Sedulur berantakan.

2. Luangkan Waktu untuk Bersantai

Jangan lupakan waktu untuk bersantai, hal ini sangat diperlukan untuk meringankan beban mental dan pikiran. Selipkan waktu untuk bersantai di agenda perencanaan pengaturan waktu. Bisa selama satu hingga dua jam. Kegiatan santai bisa diisi dengan menonton film, mendengarkan musik, membaca buku, atau bahkan tidak melakukan kegiatan apapun.

Jangan terlalu lama mengatur waktu untuk bersantai, karena waktu bersantai merupakan selingan dan bukan prioritas. Jangan sampai terlalu santai dan akhirnya melupakan semua agenda yang seharusnya dikerjakan dan telah disusun agenda dalam perencanaan. Bisa-bisa, perencanaan yang telah Sedulur Super buat menjadi buyar dan berantakan.

3. akukan Kegiatan Bersama di Rumah

Hal ini juga penting untuk dilakukan dalam rangka mengatur waktu saat pandemi virus corona. Lakukan kegiatan bersama selama pandemi juga bisa memberikan dampak positif bagi Sedulur Super, selain itu membiasakan sebuah kebersamaan akan mengajarkan kepekaan sosial tinggi bagi setiap penghuni rumah.

Kegiatan bersama yang bisa dilakukan adalah bebersih rumah, memasak, atau bahkan berkebun. Kegiatan-kegiatan yang sekiranya sangat berat atau malas dilakukan sendirian, bisa dijadikan agenda untuk dilakukan secara bersama-sama. Berkebun misalnya, dalam berkebun akan memberikan dampak positif bagi kita untuk mencintai lingkungan lebih dalam lagi.

Baca Juga: Berbagai Macam Jenis Usaha Rumahan yang Menguntungkan

4. Gunakan Metode Pomodoro

Metode Pomodoro merupakan sebuah metode yang digunakan dalam teknik belajar. Metode pomodoro ini berjalan dengan menggunakan time management atau pengaturan waktu, metode ini juga akan membantu Sedulur Super yang memiliki anak-anak di rumah. Selama masa pandemi saat ini, anak-anak akan menjadi produktif dan bekerja secara efisien selama 25 menit.

Metode ini juga akan membantu anak-anak Sedulur Super untuk lebih mengoptimalkan waktu dan fokus pada pembelajaran secara online yang diberlakukan akibat dampak dari virus corona. Anak-anak akan tetap fokus belajar walaupun dilakukan secara jarak jauh tanpa kehadiran guru.

Sedulur Super sebagai orangtua dapat melakukan tiga hal yang dapat mendukung metode pomodoro berjalan dengan baik. Pertama, mengatur timer selama 25 menit untuk satu sesi tanpa gangguan waktu belajar. Kedua, Sedulur memberi izin untuk anak istirahat selama 5 menit untuk melakukan sesuatu yang lain yang mereka inginkan. Ketiga, Sedulur Super membiarkan anak-anak beristirahat selama 15 menit begitu mereka menyelesaikan 4 sesi kegiatan.

Metode ini juga bisa Sedulur terapkan bagi Sedulur pribadi dan kepada setiap penghuni rumah agar memiliki waktu yang optimal dan teratur setiap harinya. Dengan memberlakukan metode ini, setiap harinya akan terasa lebih ringan dan tidak lagi membebani Sedulur Super sekalian.

5. Jangan Begadang

Tips terakhir agar Sedulur Super memiliki waktu yang teratur saat pandemi virus corona adalah jangan sekali-kali begadang. Karena dengan tidur telat, waktu Sedulur akan berantakan. Keesokan harinya saat terbangun, Sedulur akan merasakan lelah dan malas untuk memulai hari. Pada akhirnya, agenda dan perencanaan waktu yang telah Sedulur susun pun akan berantakan dan tidak terlaksana.

Jika Sedulur Super kesulitan untuk tidur tepat waktu dan hal tersebut yang menyebabkan Sedulur menjadi begadang, mungkin penyebabnya adalah pola makan Sedulur yang kurang sehat. Sedulur juga bisa mulai memakan asupan-asupan yang bernutrisi dan bergizi tinggi agar bisa mendapatkan waktu tidur normal seperti semula.

Sedulur Super bisa menggunakan Aplikasi Super untuk mendapatkan makanan dengan kandungan nutrisi dan vitamin yang tinggi. Agar Sedulur dapat tidur secara normal dan tidak lagi begadang untuk dapat mengatur waktu yang sangat baik selama pandemi virus corona saat ini. Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Rasakan secara langsung manfaat dan keuntungan yang disediakan oleh Aplikasi Super.