Menyisihkan uang untuk masa depan adalah salah satu hal bijak yang bisa kita lakukan.

Kita semua memang sepakat bahwa menabung adalah hal yang penting untuk masa depan kita, namun disisi lain kita juga sering merasa kesulitan untuk menabung. Biasanya, hal tersebut karena kita tidak bisa menahan hasrat untuk belanja atau membeli suatu barang.

Banyak tips menabung atau mengumpulkan yang bagi Sedulur Super yang mengalami kesulitan menabung di atas. Beberapa tips menabung bahkan akan membuat Sedulur Super seperti sedang tidak menabung.

Menabung merupakan salah satu gaya hidup atau lifestyle yang perlu dibiasakan. Menabung tidak bisa serta merta kita lakukan tanpa proses pembiasaan. Pada awal-awal menabung, kita akan kesulitan dan tergoda untuk menggunakan uang tabungan kita. Pada titik ini Sedulur Super sekalian harus melawan hasrat tersebut. Berikut terdapat beberapa tips agar menabung bisa menjadi lebih mudah dan efektif dilakukan.

Baca Juga: Daftar Paket Bantuan Sembako untuk Sedulur

Tips Mudah untuk Menabung Uang

1. The Power of 20.000

Tips menabung satu ini dipopulerkan oleh seorang motivator bernama Ippho Santosa. Beliau membeberkan cara menabung mudah yang unik dan efektif. Sedulur hanya perlu menyiapkan sebuah celengan dan menabungkan setiap uang Rp. 20.000 yang Sedulur miliki ke dalam celengan.Misalkan, Sedulur Super berbelanja dan mendapatkan kembalian tiga lembar Rp. 20.000, maka semua uang Rp. 20.000 tersebut harus langsung Sedulur tabungkan ke dalam celengan dan menganggap uang Rp. 20.000 tersebut tidak ada.

Atau jika Sedulur Super tidak sengaja menemukan selembar uang Rp. 20.000 di dalam tas atau saku celana,  maka uang tersebut pun wajib langsung Sedulur masukan ke dalam celengan yang telah dipersiapkan. Cara ini terbilang efektif, misalkan dalam sehari Sedulur mendapatkan uang sebesar Rp20.000 sebanyak 3 lebar, dalam seminggu saja ada Sedulur sudah mengumpulkan sebesar Rp. 420.000. Dan dalam 30 hari tanpa disadari Sedulur telah mengumpulkan sebesar Rp. 1.800.000, lho! Cara ini ampuh untuk dilakukan bagi Sedulur Super yang malas menabung.

2. Menabung Terbalik Tanggal

Satu hal yang harus Sedulur ingat adalah bahwa menabung bukanlah sebuah usaha menyisihkan uang saja, namun juga sebuah usaha untuk mengatur uang. Sedulur wajib coba tips menabung dengan tanggal terbalik satu ini. Misalkan dalam satu bulan terdapat 30 hari. Jadi pada tanggal 1 Sedulur Super  menabung sebesar Rp. 30.000, pada tanggal 2 menabung sebesar Rp. 29.000, tanggal 3 menabung sebesar Rp. 28.000 dan seterusnya.

Sampai pada akhir bulan yaitu pada tanggal 30, Sedulur Super akan mendapatkan untung super melimpah tanpa Sedulur sadari. Memasuki tanggal 30 Sedulur hanya perlu menyimpan uang sebesar Rp. 1.000 ke dalam tabungan yang telah diisi sebulan penuh. Dalam 30 hari saja Sedulur kurang lebih telah menabungkan sebesar Rp. 465.000. Tanpa harus Sedulur tunggu dan menabung dengan cara tidak biasa, Sedulur akan tiba-tiba mendapat untung. Lakukan hal tersebut rutin setiap bulannya. Jangan lupa, sesuaikan juga dengan ada berapa hari dalam satu bulan tersebut.

3. Kumpulkan Uang Receh

Jangan sekali-kali menganggap remeh uang receh. Pepatah yang menyatakan bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit, atau tidak akan lengkap uang Rp. 1 M tanpa uang Rp. 100. Uang receh atau uang koin merupakan uang dengan nominal paling kecil yang sering kali kita anggap tidak ada. Jika anggapan tersebut telah berlaku, sediakan celengan besar untuk menampung setiap uang receh yang Sedulur Super miliki.

Lakukan secara rutin untuk memasukan setiap uang receh yang Sedulur Super miliki, lakukan terus ketika memiliki uang receh langsung simpan ke celengan. Lakukan penghitungan tiap bulannya, dan Sedulur pun akan kaget dan mendapatkan untung super melimpah tanpa disadari. Seperti yang Sedulur ketahui, jika berbelanja sembako ke toko kelontong atau berbelanja sesuatu, Sedulur sering sekali mendapatkan receh sebagai kembalian. Langsung masukan receh tersebut ke dalam celengan, hal ini merupakan cara menabung paling mudah untuk dilakukan bagi Sedulur Super yang malas menabung.

4. Menabung Uang Kertas Terkecil

Sedulur Super harus sering cek dompet Sedulur, dan hitung dalam setiap harinya Sedulur memiliki berapa uang kertas. Lihat uang kertas dengan nominal terkecil dan menabungkan uang tersebut. Ada baiknya Sedulur mengatur jam berapa Sedulur akan menabungkan uang tersebut. Ambil contoh, misalkan Sedulur menabung uang kertas dengan nominal rendah pada saat selesai beraktifitas.

Pada saat cek dompet, Sedulur melihat bahwa uang kertas dengan nominal terkecil adalah 7 lembar Rp. 2000, langsung masukan uang tersebut ke dalam celengan yang telah Sedulur Super sediakan. Lakukan secara rutin, dan hitung setiap bulannya.

Baca Juga: Aplikasi Super Bantu PKL yang Terdampak Pandemi Virus Corona

5. Investasi

Cara ini juga sangat ampuh untuk berlatih menabung. Uang Sedulur tidak hanya ditabungkan saja, namun Sedulur juga dapat merasakan untuk super melimpah dari hasil investasi tersebut. Jika Sedulur berpikir bahwa investasi hanya dapat dilakukan dengan nominal besar dan hanya cocok untuk orang yang memang sudah memiliki uang banyak saja, tentu pernyataan tersebut salah.

Investasi bisa Sedulur lakukan dengan membeli barang-barang yang memiliki nilai yang selalu naik tiap waktunya, seperti tanah atau rumah. Selain itu, Sedulur juga bisa investasi uang Sedulur dengan membeli mobil. Beli barang yang memiliki nilai yang selalu naik, seperti tanah, rumah dan mobil memiliki harga yang akan selalu naik atau bertahan. Cara ini bisa dilakukan bagi Sedulur yang kesulitan menabung uang, dan uang yang akan ditabungkan ada baiknya dibelikan barang yang memiliki nilai yang selalu naik.

Menabung memang merupakan sebuah gaya hidup yang mesti Sedulur biasakan semuda mungkin. Tidak ada ruginya dalam menabung, uang yang terkumpul bisa digunakan sebagai dana talangan jika hal urgent terjadi secara mendadak. Biasakan menabung selesai melakukan proses belanja, hal ini paling mudah dilakukan. Terutama jika Sedulur Super belanja dengan mendapatkan harga jauh lebih murah. Sisa uang yang terkumpul tersebut bisa langsung Sedulur Super tabungkan.

Belanja yang sering dilakukan adalah belanja sembako, dan jika Sedulur ingin mendapatkan uang sisa untuk menabung saat selesai belanja sembako dengan harga murah, Sedulur bisa belanja di Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super menawarkan harga sembako yang murah dengan kualitas tinggi yang sangat terjamin. Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super dan rasakan langsung kemudahan dan keuntungan berbelanja di Aplikasi Super. Selesai berbelanja, uang sisa berbelanja bisa langsung Sedulur Super tabungkan.