snapchat adalah

Media sosial menjadi teknologi yang kini berkembang pesat. Ada banyak media sosial yang bisa digunakan oleh masyarakat, salah satunya Snapchat. Tidak hanya Instagram, Snapchat adalah aplikasi yang banyak dipakai warganet di berbagai negara. Belakangan ini, filter Snapchat “crying” ramai dipakai warganet. Hal itu membuat banyak orang makin penasaran dengan fungsi Snapchat.

Jika belum pernah memakai aplikasi ini, mungkin Sedulur bertanya-tanya, apa itu Snapchat? Apa kelebihan Snapchat dan bagaimana cara menggunakannya? Untuk mengetahui jawabannya, simak pembahasan tentang Snapchat berikut ini.

BACA JUGA: 6 Cara Download Foto Instagram Tanpa Aplikasi Gratis & Mudah

Apa itu Snapchat?

snapchat adalah
Freepik

Snapchat adalah aplikasi untuk pesan mobile unik di mana pengguna dapat saling berkirim video dan foto, yang kemudian akan terhapus secara otomatis dalam beberapa detik. Aplikasi pesan foto ini dikembangkan oleh Evan Spiegel, Reggie Brown, dan Bobby Murphy ketika masih berkuliah di Universitas Stanford.

-->

Pada dasarnya, Snapchat bisa menjadi aplikasi menyenangkan untuk berbagi momen dalam bentuk video atau foto. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengambil foto, merekam video. Bahkan, pengguna juga bisa membuat video atau foto lebih menarik dengan menambahkan teks atau coretan pensil. Video atau foto yang dibuat dapat dikirimkan ke teman yang ada di dalam kontak. Berikutnya, teman langsung bisa melihat video atau foto yang sudah dikirim.

Sayangnya, kekurangan atau keburukan Snapchat terletak pada durasi untuk melihat videonya. Jika Sedulur mengirimkan foto kepada teman, mereka hanya bisa melihat foto tersebut beberapa detik saja, setelah itu foto akan hilang. Tak hanya itu, foto atau video yang dibagikan teman tidak dapat tersimpan, kecuali Sedulur mengambilnya lewat screenshot. Namun, kekurangan seperti itu justru menjadi ciri khas Snapchat untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan data penggunanya.

Cara menggunakan Snapchat fitur

snapchat adalah
Freepik

Menawarkan kemudahan dalam pengiriman pesan bentuk foto atau video, Snapchat hadir dengan berbagai fitur. Setiap fiturnya memiliki fungsi dan cara penggunaannya masing-masing. Misalnya, fitur Live Chat, di mana Sedulur bisa menghubungi teman secara langsung. Bukan hanya Facebook saja yang memiliki fitur Live Chat, Snapchat pun memilikinya. Selain Live Chat, ada pula beberapa fitur lain. Berikut adalah fitur Snapchat dan cara menggunakannya.

1. Friend

Freepik

Fitur ini untuk menambahkan teman serta melihat siapa saja teman yang ada di kontak Sedulur. Tujuan Snapchat adalah untuk berkomunikasi. Supaya bisa berkomunikasi dengan teman, Sedulur perlu mengirim permintaan pertemanan terlebih dahulu. Jika permintaan sudah diterima, maka Sedulur bisa melakukan live chat atau berbagi foto maupun video.

2. Snap

snapchat adalah
Freepik

Fitur Snap digunakan untuk mengambil foto langsung dari ponsel, baik dengan memakai kamera depan atau belakang. Dalam fitur ini, Sedulur bisa mengatur waktu tayang foto yang diambil. Sedulur pun bisa menambahkan efek atau mengedit foto supaya lebih menarik. Caranya, klik ikon yang ada di kanan atas pada layar ponsel.

3. Discover

Freepik

Adanya fitur ini membuat pengguna Snapchat tidak perlu membuka internet atau TV untuk melihat informasi terbaru, baik nasional maupun internasional. Fitur Discover menyediakan berita-berita terbaru yang bisa langsung Sedulur baca. Layanan berita seperti MTV, CNN, Dailymail, Cosmopolitan, National Geographic, dan sebagainya dapat ditemukan di sini.

BACA JUGA: Cara Download Video Twitter Mudah & Praktis Tanpa Aplikasi

4. My Story & Stories

Freepik

Fitur My Story digunakan untuk melihat foto atau video yang sudah Sedulur unggah. Semua unggahan tersebut bisa dilihat oleh teman di kontak. Namun, foto atau video yang sudah diunggah hanya bertahan selama 24 jam saja, setelah itu akan hilang secara otomatis. Berbeda dengan My Story, fitur Stories adalah unggahan milik teman. Di mana semua foto atau video yang diunggah oleh teman Sedulur bisa dilihat. Persamaan dengan My Story, foto atau video di Stories juga akan hilang otomatis setelah lewat 24 jam.

5. Profile

snapchat adalah
Freepik

Pada Profile, teman bisa melihat identitas Sedulur, mulai dari foto, nama pengguna, hingga skor. Fungsi skor Snapchat adalah tolak ukur keaktifan pengguna dalam menggunakan aplikasi ini. Makin besar skor, makin aktif pula Sedulur bermain Snapchat. Untuk membuka Profile, pilih ikon hantu di atas pada halaman awal atau mudahnya dengan menggeser layar ke bawah, maka profil akun Sedulur akan muncul.

Sampai sini, Sedulur sudah tahu cara memainkan Snapchat, ‘kan? Langsung saja unduh aplikasinya dan manfaatkan berbagai fitur yang sudah dijelaskan di atas. Selamat berbagi momen dengan teman di Snapchat!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!