Beberapa waktu ke belakang, Secreto menjadi salah satu situs yang booming di kalangan anak-anak muda. Secara singkat, ini merupakan situs pengiriman pesan mirip media sosial yang anonim dengan konsep “Secret Message Book”. Anonim yang dimaksud yaitu identitas pengirim pesan tidak diperlihatkan. Jadi, ketika Sedulur mendapatkan pesan masuk, Sedulur tidak akan mengetahui siapa yang menulis dan mengirim pesan tersebut.

Tertarik untuk mengetahui situs tentang Secreto lebih lanjut? Yuk, baca artikel ini sampai akhir!

BACA JUGA: Jadwal FYP TikTok agar Masuk Halaman FYP Trend 2022

Aplikasi Secreto adalah

secreto
Kumparan

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, Secreto artinya yaitu situs penyampaian pesan mirip dengan media sosial di mana pesan-pesan yang dikirimkan tersebut bersifat anonim. Biasanya, pengguna situs tersebut mencantumkan link ke akun mereka pada bio media sosial seperti Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.

-->

Siapa pun yang melihat dan klik link tersebut akan langsung menuju ke akun yang tertaut. Di sana, semua orang dapat menulis apa pun sesuai isi hati mereka terhadap pemilik akun. Dengan mengusung konsep “Secret Message Book”, Secreto kerap menjadi media bagi seseorang untuk mencari tahu informasi lebih lanjut tentang pemilik akun dengan menanyakan pertanyaan-pertanyaan tanpa harus takut identitasnya terbongkar. Pemilik akun pun akan memberi jawaban atau tanggapan terhadap pertanyaan yang masuk tanpa tahu siapa pengirimnya.

Secreto dan bullying

secreto
Depositphotos

Dari luar, konsep “Secret Message Book” tersebut sangatlah menarik dan berbeda dari kebanyakan media sosial lain. Tetapi di sisi lain, konsep anonimitas tersebut datang pula berbagai risiko. Contohnya seperti bullyingTidak jarang para pengguna Secreto menerima beberapa pesan bernada negatif. Hal tersebut dikarenakan semua orang yang mengunjungi akun tersebut dapat mengatakan berbagai macam hal, termasuk ujaran kebencian, ejekan, dan kata-kata kasar, tanpa perlu takut identitas pengirim diketahui. Walaupun memang dari pihak pengembang sudah menerapkan sensor terhadap kata-kata kasar, tetapi hal tersebut tidak dapat benar-benar mencegah bullying terjadi dalam situs tersebut.

BACA JUGA: Fakta Kasus Dugaan Bullying Kim Garam, Hingga Putuskan Hiatus!

Cara buat Secreto baru

Blog TribunJualBeli

Sedulur ingin membuat akun Secreto Site baru? Berikut adalah langkah-langkahnya. 

  • Buka aplikasi browser melalui smartphone atau komputer.
  • Ketik alamat situs Secreto yaitu secreto.site.
  • Masukkan nama Sedulur pada kolom yang tersedia.
  • Setelah nama sudah terdaftar, tautan untuk link Secreto Sedulur sudah dapat disalin dan dicantumkan ke bio media sosial lain seperti Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.
  • Sedulur tinggal tunggu pertanyaan yang masuk dari mereka yang klik link akun pada bio Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain.

Aplikasi mirip Secreto

Depositphotos

Selain Secreto, terdapat beberapa aplikasi dan situs serupa yang dapat Sedulur gunakan untuk bertukar pesan secara anonim. Daftar di bawah ini merupakan beberapa di antaranya.

1. ASKfm (Ask.fm)

ASKfm merupakan sebuah social Q&A website yang pertama kali beroperasi pada 16 Juni 2010 lalu. ASKfm memiliki konsep yang serupa dengan Secreto, di mana para penggunanya dapat mengajukan pertanyaan secara anonim ataupun terbuka, membalas pertanyaan pada profil, dan juga membuat polling foto. ASKfm memberikan fasilitas untuk berkomunikasi secara anonim atau terbuka di linimasa publik, dan chat pribadi.

2. Sarahah

Sarahah adalah sebuah aplikasi besutan Zain-Alabdin Tawfiq untuk bersosialisasi, menerima serta mengirim feedback ke sesama pengguna. Aplikasi tersebut pertama kali dibuat pada November 2016 silam. Nama Sarahah sendiri berasal dari bahasa Arab yang artinya “kejujuran”. Sarahah mengalami kesuksesan masif pertama kali pada pertengahan tahun 2017, di mana banyak pengguna aplikasi Snapchat yang membagikan link profil Sarahah ke snap mereka.

3. Whisper

Whisper merupakan sebuah media sosial anonim yang pertama kali dirilis pada 31 Maret 2012 dan dikembangkan oleh WhisperText LLC. Aplikasi tersebut dapat diunduh di Google Play Store untuk smartphone Android dan AppStore untuk iPhone. Whisper memungkikan para penggunanya mengunggah dan berbagi pesan, foto, atau video secara anonim.

Di atas merupakan ulasan singkat mengenai Secreto, risiko menggunakan media sosial anonim, serta bagaimana cara membuat akunnya. Selalu ingat agar terus bijaksana dalam menggunakan media sosial, ya!

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.