Gaya adalah bentuk gerakan yang biasa diciptakan oleh suatu benda. Tanpa adanya gaya, maka benda tak akan bisa berpindah. Sedulur pun tidak bisa mengubah kecepatan gerak benda. Melalui gaya berupa tarikan atau dorongan, suatu benda bisa bergerak. Selain membuat benda bergerak, keberadaan gaya erat kaitannya dengan kemampuan mengubah arah, kecepatan, serta bentuk benda.

Sebenarnya, gaya ada banyak sekali macam dan contohnya. Bila sudah belajar ilmu fisika, Sedulur pasti bisa sebutkan macam macam gaya dalam kehidupan. Apa saja? Yuk, cek daftarnya di bawah ini.

BACA JUGA: Faktor yang Memengaruhi Besarnya Tekanan Adalah?

Mengenal gaya

Pexel

Dalam bidang ilmu fisika, istilah gaya didefinisikan sebagai kegiatan interaksi apa pun yang menyebabkan sebuah benda bermassa mengalami perubahan gerak. Baik dalam bentuk arah maupun konstruksi geometris. Macam-macam gaya fisika biasa disimbolkan dengan huruf F alias Force. Kemudian, dalam satuan internasional (SI) yang biasa digunakan dalam mengukur gaya dinamakan dengan Newton.

-->

Pengertian gaya berbeda dengan gerak, ya. Gaya merupakan tarikan atau dorongan yang diberikan pada suatu benda, sehingga benda itu bergerak. Sementara itu, gerak merupakan perpindahan tempat suatu benda dari posisi awal ke posisi lainnya karena pengaruh gaya. Jadi, suatu benda bisa bergerak karena adanya gaya. Supaya lebih paham mengenai gaya, mari belajar bersama untuk sebutkan macam macam gaya berikut ini.

Gaya otot

Pexel

Satu di antara 10 macam-macam gaya dalam kehidupan adalah gaya otot. Gaya otot adalah suatu gaya yang dilakukan oleh otot-otot tubuh. Contohnya adalah saat Sedulur melakukan tendangan bola, maka harus menggunakan otot. Sifat gaya otot adalah fleksibel karena dikendalikan oleh koordinasi biologis pada manusia.

Gaya pegas

sebutkan macam macam gaya
Pikiran Rakyat

Selain gaya otot, ada pula penjelasan mengenai gaya pegas. Gaya pegas adalah gaya yang dihasilkan oleh kerja benda bersifat elastis. Adapun contoh dari gaya ini yaitu saat Sedulur bermain ketapel dan busur panah. Karet yang bersifat elastis di ketapel bisa digunakan untuk melemparkan batu-batu kecil. Lalu, pada bagian tali di busur dapat dipakai untuk melesatkan anak panah.

Gaya gravitasi

sebutkan macam macam gaya
Portal Purwokerto

Macam-macam gaya fisika selanjutnya adalah gravitasi bumi. Gaya gravitasi adalah gaya yang diakibatkan oleh gaya tarik bumi terhadap suatu benda di permukaan. Tentunya dengan hadirnya gaya gravitasi menyebabkan kita tetap dapat berdiri di atas permukaan bumi dan tidak akan melayang-layang di udara. Gaya ini pula yang membuat semua benda selalu jatuh ke bawah.

BACA JUGA: Konsep Hukum Newton: Bunyi, Rumus, & Contoh Penerapannya

Gaya mesin

sebutkan macam macam gaya
Fisika

Gaya mesin masih termasuk dalam 10 macam-macam gaya. Merupakan sebuah gaya yang dihasilkan oleh kinerja mesin. Gaya mesin tentunya bisa membantu tugas manusia dalam berbagai aktivitas sehari-hari. Hal ini karena mesin bisa menghemat tenaga dan waktu. Adapun contohnya adalah gaya yang dihasilkan oleh kerja mesin derek dan kendaraan bermotor.

Gaya listrik

sebutkan macam macam gaya
Pinter Pandai

Tidak hanya gaya mesin saja, ada pula macam-macam gaya dalam IPA yaitu gaya listrik. Gaya ini merupakan hasil dari muatan-muatan listrik. Beberapa contoh gaya listrik adalah bergeraknya kipas angin karena dihubungkan dengan sumber listrik, energi panas yang dihasilkan rice cooker, dan energi bunyi pada microphone saat disambungkan ke stopkontak.

Gaya magnet

sebutkan macam macam gaya
Bola

Gaya magnet adalah sebuah gaya yang diakibatkan oleh pergerakan benda magnet. Adapun contoh dari gaya magnet ini adalah saat Sedulur mendekatkan magnet batangan pada paku besi. Kemudian, paku besi yang didekatkan dengan magnet akan tertarik dan menempel pada batang magnet. Dengan melihat contoh bahwa paku atau pecahan besi jika didekatkan dengan magnet akan menempel, maka bisa ditarik kesimpulan bahwa gaya ini memiliki ciri khas. Tidak seperti macam-macam gaya lainnya, gaya magnet memiliki sifat menarik benda-benda yang terbuat dari besi.

Sampai sini, Sedulur sudah bisa sebutkan macam macam gaya dalam IPA, ‘kan? Semoga artikel ini menambah wawasan Sedulur tentang sains, khususnya macam-macam gaya dan contohnya.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.