Rekomendasi pidato kemerdekaan di bawah ini, bisa jadi inspirasi Sedulur baik untuk lomba atau untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2021 nanti.

Bagi Sedulur yang memiliki anak masih berusia sekolah, baik SD, SMP atau SMA, pasti membutuhkan contoh pidato kemerdekaan. Hal tersebut digunakan sebagai bahan untuk anak-anak Sedulur mengikuti perlombaan pidato. Karena, lomba pidato merupakan lomba yang paling umum dilaksanakan ketika hari kemerdekaan.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan memberikan beberapa contoh pidato, baik itu pidato kemerdekaan untuk anak SD atau pidato kemerdekaan untuk anak SMP. Beberapa contoh teks pidato kemerdekaan 17 Agustus terbaik dan singkat bisa bermanfaat untuk dijadikan inspirasi mengikuti lomba pidato. Yuk, mendingan langsung saja simak contohnya di bawah ini!

Baca Juga: Merdeka dalam Berbisnis

-->

Beberapa Contoh Pidato Tentang Kemerdekaan Di Sekolah

1. Pidato Kemerdekaan Guru di Tengah Pandemi Covid-19

1. Pidato Kemerdekaan Guru di Tengah Pandemi Covid
siedoo.com

Contoh pidato pertama bisa dijadikan inspirasi bagi Sedulur yang berprofesi sebagai guru. Ibarat pidato kemerdekaan Soekarno kepada rakyat, pidato ini diberikan oleh seorang guru kepada siswanya:

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Selamat Pagi, Salam Sejahtera.

Yang saya hormati

Bapak Ibu Guru dan staf karyawan sekolah,

Serta siswa-siswi yang saya cintai dan banggakan.

Pertama marilah kita panjatkan puji syukur atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita rahmat dan kesehatan sehingga kita bisa berkumpul di sini untuk memperingati HUT RI ke-76.

Tak lupa pula kita panjatkan sholawat kepada Baginda Nabi Muhammad SAW yang telah menuntun umatnya dari jaman kegelapan hingga jaman penuh cahaya. Semoga syafaatnya melimpah kepada kita umatnya.

Para guru dan siswa-siswi, pada hari ini kita melaksanakan upacara 17 Agustus 2021 guna memperingati jasa para pahlawan yang telah berjuang melawan penjajah hingga meraih kemerdekaan.

Hari ini 76 tahun yang lalu, bendera merah putih berkibar dan lagu kebangsaan berkumandang di bumi pertiwi sebagai tanda bahwa tanah air tercinta Indonesia telah merdeka.

Perlu diketahui bahwa tema pada HUT RI ke-76 kali ini adalah “Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut mengajak kita semua untuk tetap tangguh menghadapi segala cobaan dan kemudian dengan perlahan-lahan tumbuh lebih baik.

Para peserta upacara yang saya hormati. Ini tahun kedua kita merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia di tengah situasi pandemi Covid-19. Oleh sebab itu, kita melaksanakan upacara dengan mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penularan.

Anak-anakku yang saya cintai, meskipun saat ini kita masih menerapkan proses pembelajaran dari rumah, namun rasa semangat belajar jangan sampai luntur. Kita harus terus memupuk rasa semangat seperti para pendahulu bangsa ini.

Sesungguhnya makna kemerdekaan di situasi seperti ini adalah berjuang untuk melawan Covid-19 bersama-sama dengan cara menuruti anjuran dari pemerintah, memperketat protokol kesehatan agar dapat bebas kembali melakukan aktivitas seperti biasa.

Selanjutnya saya berharap semoga para peserta upacara kali ini senantiasa diberikan kesehatan dan keselamatan. Selain itu, rasa nasionalisme dan patriotisme bisa kita tingkatkan.

Anak-anak yang saya sayangi, kalian merupakan harapan bangsa. Oleh karenanya, kalian harus rajin belajar lebih giat lagi agar menjadi generasi bangsa yang baik.

Cukup sekian yang dapat saya sampaikan. Selamat berjuang melawan Covid-19, selamat belajar, tetap semangat dan jangan pernah menyerah.

Dirgahayu Republik Indonesia!

Merdeka!! Merdeka!!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

2.  Pidato Kemerdekaan RI ke-75

2.  Pidato Kemerdekaan RI ke-75
obatrindu.com

Berikut ini merupakan contoh pidato kemerdekaan RI ke-75, atau di tahun sebelumnya:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Yang terhormat Bapak Kepala Sekolah

Yang terhormat Bapak/Ibu guru dan Staff karyawan sekolah

Serta teman-teman yang saya banggakan

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, karena atas rahmatnya kita semua dapat berkumpul ditempat ini tanpa ada halangan suatu apapun untuk mengikuti upacara bendera dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia.

Hari ini pada tanggal 17 Agustus 2020, kita merayakan hari ulang tahun Republik Indonesia yang ke-75.

Dengan mengikuti upacara bendera ini untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia, saya berharap semoga kita bisa lebih lagi meningkatkan jiwa nasionalisme dan patriotisme kepada tanah air.

Generasi muda saat ini memiliki peranan penting demi kemajuan negara kita di masa yang akan datang. Kita harus bisa saling memberi motivasi dan membangkitkan semangat para generasi muda untuk melakukan perubahan bangsa agar rakyatnya semakin sejahtera.

Generasi muda Indonesia saat ini memiliki tugas yang penting untuk memajukan bangsa Indonesia dalam segala bidang.

Terutama pada saat pandemi seperti ini, sebagai generasi muda, kita harus senantiasa menerapkan prinsip gotong royong lewat saling menjaga kesehatan dan saling membantu.

Marilah kita menjadi pemuda Indonesia yang memiliki semangat juang yang tinggi dan selalu bersikap optimis untuk memberikan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

Hal tersebut dapat diwujudkan dengan belajar yang rajin, mengikuti olimpiade-olimpiade untuk mengharumkan nama bangsa Indonesia.

Percayalah bahwa kita sebagai generasi muda dapat membawa perubahan yang lebih baik untuk negara Indonesia tercinta. Semangat berjuang, semangat belajar untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

Merdeka! Merdeka!

Wasalammu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Baca Juga: Rayakan Kemerdekaan dengan Meriah Bersama Aplikasi Super

3. Pidato Tentang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

3. Pidato Tentang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
moondoggiesmusic.com

Berikut ini merupakan pidato kemerdekaan yang layak untuk Sedulur baca:

Assalamualaikum Wr. Wb.

Salam sejahtera bagi kita semua, ucapan syukur tak henti-hentinya mari kita haturkan kepada Allah SWT sehingga pada kesempatan kali ini kita senantiasa diberikan kesehatan dan rahmatnya.

Yang saya hormati seluruh masyarakat sebangsa dan setanah air Indonesia. Serta teman-temanku yang berada di seluruh pelosok negeri, calon-calon pendiri bangsa.

Dalam suasana hari kemerdekaan Indonesia ini, saya ingin menggelorakan semangat kemerdekaan Indonesia yang rasa-rasanya sudah terkikis terlalu banyak pada jiwa pemuda-pemuda Indonesia. Kita sebagai bangsa Indonesia tentunya masih ingat betapa hebatnya perjuangan-perjuangan pahlawan kita dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Sungguh tak akan ternilai jasa-jasa mereka.

Sebagai bangsa yang besar, kita harus dapat menghargai jasa para pahlawan kita. Namun, yang lebih penting pada saat ini adalah bagaimana kita dapat mengisi kemerdekaan? Mengisi kemerdekaan ini dapat kita lakukan dengan berbagai kegiatan sesuai dengan bidang kita masing-masing untuk menuju kepada cita-cita kemerdekaan yang pada hakikatnya merupakan cita-cita luhur para pahlawan, yakni terbentuknya kehidupan masyarakat yang adil dan makmur.

Kita hidup di zaman sebagai generasi yang mengemban amanah para pejuang kemerdekaan untuk mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Peran generasi muda seperti kita sangat dibutuhkan dalam rangka melawan musuh-musuh bangsa dan negara. Kita memiliki potensi besar dalam membawa bahtera kepemimpinan Indonesia ini kedepannya. Lalu perjuangan seperti apa yang dapat kita lakukan sebagai kamu muda?

Banyak hal yang bisa kita perbuat untuk mengisi kemerdekaan, salah satunya adalah dengan belajar sekuat tenaga demi cita-cita dan mengaharumkan nama bangsa.

Teman-temanku, apa yang bangsa kita hadapi dewasa ini sungguhlah berat. Dalam situasi politik, ekonomi, dan masalah sosial dalam negeri yang tidak menentu memaksa kita untuk ambil bagian dalam mengawal jalannya roda pemerintahan bangsa dan negara. Karenanya marilah kita bersama-sama berjuang demi bangsa dan negara Indonesia ini dengan sesuatu hal yang kita punya, dengan sesuatu hal yang kita mampu melakukannya, dan dengan segenap jiwa raga untuk mengabdi pada bangsa.

Teman-temanku sebangsa dan setanah air, marilah kita teruskan semangat para pahlawan kita dengan semangat pembangunan. Karena pembangunan juga merupakan perjuangan yang tak kalah pentingnya dengan perjuangan merebut kemerdekaan. Apakah artinya merdeka jika hidup bertambah sengsara?

Sekali lagi, marilah peringatan hari kemerdekaan kali ini kita isi dengan meningkatkan semangat perjuangan dengan mewujudkan semangat pembangunan untuk mengisi kemerdekaan.

Baiklah teman-teman, kiranya itulah beberapa patah kata yang dapat saya sampaikan. Semoga bisa menjadikan kita semua sebagai generasi muda yang tangguh dan bersahaja dalam mengisi kemerdekaan Indonesia. Karena sesungguhnya mengisi dan mempertahankan kemerdekaan lebih berat daripada merebut kemerdekaan. Seperti kata Ir. Soekarno “Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tetapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.

Kiranya itu yang dapat saya sampaikan, ada kurang dan lebihnya saya memohon maaf yang setulus-tulusnya. Akhirnya, marilah kita terus berdoa dan berjuang. Merdeka!!!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

4. Pidato Kemerdekaan di Sekolah

4. Pidato Kemerdekaan di Sekolah
erabaru.net

Terakhir adalah contoh pidato kemerdekaan yang sering disampaikan di sekolah:

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera untuk kita semua

Bapak kepala sekolah yang saya hormati

Bapak/Ibu guru, staff karyawan sekolah yang saya hormati

Dan teman-teman yang saya cintai

Sebelumnya, marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato pada upacara hari ini untuk memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-76.

Hadirin sekalian, seperti yang kita tahu setiap tanggal 17 Agustus kita memperingati hari kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Marilah kita mengenang kembali perjuangan para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia dari tangan penjajah. Jasa para pahlawan kita begitu besar dengan rela mengorbankan diri untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Sebagai penerus bangsa hendaknya kita dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan kita yang terdahulu dengan semangat juang yang tinggi.

Kita dapat mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal yang positif. Sebagai pelajar kita harus berjuang dengan giat belajar untuk meneruskan perjuangan para pahlawan.

Kita harus memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme yang tinggi, berteman tanpa membedakan ras, suku dan agama serta selalu mencintai negara Indonesia. Salah satu caranya adalah menggunakan produk-produk asli buatan Indonesia.

Kita sebagai generasi muda berperan sebagai penopang kehidupan bangsa di masa depan, hendaknya dapat terus mempertahankan kemerdekaan bangsa ini.

Terutama pada saat pandemi seperti ini, sebagai generasi muda, kita harus senantiasa menerapkan prinsip gotong royong lewat saling menjaga kesehatan dan saling membantu.

Jangan sampai kita kembali dijajah oleh negara lain. Kita harus menjadi generasi muda yang mencerminkan kecerdasan bangsa dan membawa perubahan yang baik untuk negara Indonesia tercinta ini.

Dirgahayu Indonesiaku! Merdeka! Merdeka!

Semoga daftar pidato kemerdekaan yang telah diberikan oleh Superapp.id di atas bisa menjadi rekomendasi Sedulur, baik untuk mengikuti lomba atau hanya sekedar untuk merayakan kemeriahan HUT RI. Jangan lupa juga untuk Sedulur Super sekalian agar tetap bisa merayakan kemerdekaan dengan meriah bersama Aplikasi Super, meskipun di tengah pandemi seperti saat ini.

Jangan lupa juga untuk download Aplikasi Super, dan pantengin Aplikasi Super. Karena di moment spesial hari kemerdekaan, Aplikasi Super selalu memberikan kejutan yang menguntungkan bagi Sedulur Super sekalian. Klik di sini untuk download Aplikasi Super bagi Sedulur yang belum memiliki aplikasinya. Salam merdeka, salam untung super melimpah!