perpaduan warna pink di rumah

Warna pink memang erat kaitannya dengan simbol cinta dan romansa. Warna ini juga kerap digambarkan sebagai warna feminin. Jadi tak mengherankan jika warna ini cocok dengan kegiatan santai dan casual. Namun, penggunaan perpaduan warna pink di rumah juga banyak dipakai karena bisa membantu penghuni rumah untuk lebih bahagia lho.

Menurut jurnal studi yang dipublikasikan Public Library of Science, warna pink ternyata memberikan efek menenangkan pada jiwa seseorang. Hal ini terungkap setelah melakukan uji coba dengan mengganti warna tembok penjara dari putih menjadi pink. Bahkan, karena efek psikologis tersebut, beberapa tim olahraga mengecat ruang ganti tim lawannya dengan warna pink agar para pemain lawan menjadi lebih pasif dan tidak bersemangat ketika bertanding.

Sementara itu, dalam dunia interior desain, warna pink memiliki nilai yang lebih mendalam. Pink diidentikan dengan kebahagiaan, keceriaan, kreativitas, hingga menyegarkan penglihatan. Maka dari itu, kombinasi perpaduan warna pink di rumah adalah salah satu opsi tepat untuk menghadirkan nuansa rumah menenangkan. Agar bisa memberikan energi positif, Sedulur harus bisa menciptakan perpaduan warna yang tepat. Coba simak referensinya berikut ini!

BACA JUGA: 15 Barang Dekorasi Kamar Terbaik agar Estetik ala Pinterest

-->

Tips kombinasi warna pink pada perabot rumah

perpaduan warna pink di rumah
Home Stratosphere

Tak hanya kombinasi warna pink pada tembok saja yang perlu diperhatikan, furnitur pelengkap, perabot, dan dekorasi rumah berwarna pink juga harus diperhatikan kesinambungannya. Jangan sampai salah dalam membeli furnitur, yang malah membuat ruangan menjadi tidak sinkron dan berefek pada hilangnya energi positif di dalam rumah.

Kombinasi perabotan rumah dan warna dinding memang begitu krusial. Apalagi jika warna dasar yang ingin digunakan adalah warna pink yang cukup mencolok. Untuk itu, berikut ini beberapa inspirasi kombinasi warna pink yang bisa Sedulur terapkan di rumah:

1. Pink pastel dengan biru muda

Home Decor Bliss

Pink dan biru cocok bersama bukan karena mereka saling melengkapi (walaupun jika Sedulur menambahkan kuning mereka membentuk triad), tetapi karena secara budaya, mereka terlihat berlawanan. Selama ini dua warna ini digunakan untuk menggambarkan identitas yang berbeda yakni pink untuk anak perempuan dan biru untuk anak laki-laki, tapi ternyata menempatkan kedua warna ini berdampingan menginspirasi semacam harmoni warna.

Walaupun memiliki sifat yang saling bertabrakan, kombinasi warna pink dan biru bisa memberikan sudut pandang yang menarik di dalam rumah. Dua warna ini cocok untuk Sedulur yang tidak suka dengan warna monoton dan membosankan. Jadi jika ingin rumah lebih berwarna dan pop up, pink dan biru bisa jadi ide yang menarik!

2. Kombinasikan dengan warna abu pastel

Jika Sedulur ingin membuat suasana rumah yang berbeda dari biasanya, padukan warna baby pink dengan warna abu muda agar ruangan terkesan industrial. Sebagai warna netral, abu-abu cocok dengan hampir semua hal, tetapi warna lembut baby pink terlihat sangat bagus dengan abu-abu dingin. Baby pink menambahkan warna dan kepribadian yang lembut pada abu-abu yang netral.

Dalam hal perpaduan warna pink muda atau baby pink untuk dinding, tidak ada kombinasi yang lebih baik dari putih dan pink. Dinding berwarna pink muda sangat cocok dengan komponen putih di dalam ruangan.

Sedulur bisa mengecat dinding bergantian dengan kombinasi kedua warna tersebut. Atau, Sedulur juga bisa menggunakan furnitur bergaya skandinavia berwarna putih untuk tembok warna pink muda yang menyegarkan.

3. Pink dengan putih

Perpaduan warna pink dan putih menciptakan ruang dengan perasaan segar dan tetap memiliki kehangatan dan nuansa mengundang. Ini adalah kombinasi yang tidak pernah salah karena kebanyakan warna putih akan cocok dengan sebagian besar warna pink. Namun, jika Sedulur tidak yakin, tetap gunakan warna putih murni karena ini akan cocok dengan wsrna apa pun, mulai dari baby pink hingga fuchsia cerah.

Ini adalah kombinasi sempurna untuk kamar tidur karena merupakan pasangan yang lembut dan cantik. Sedulur dapat memberikan ruang nuansa yang lebih dewasa dengan menambahkan beberapa pola yang lebih berani dengan warna permata yang kaya. Dengan memilih cat warna pink, tentu cocok untuk anak perempuan Sedulur.

4. Pink dengan hijau

Perpaduan warna Pink dan hijau sepertinya menjadi kombinasi serbaguna yang dapat memiliki getaran yang sangat berbeda tergantung pada nuansa yang Sedulur pilih. Sedulur bisa menjadi lembut dan halus dengan hijau sage dan merah muda pucat atau memilih skema yang lebih berani dengan zamrud atau hijau zaitun dengan merah muda yang lebih cerah. Pink dan hijau saling melengkapi seperti hitam dan putih.

Mengkombinasikan warna pink dan hijau di rumah juga akan menciptakan tampilan yang segar, cerah, dan menarik. Kombinasi warna ini menghadirkan sentuhan alami dan feminin yang harmonis. Warna pink dan hijau adalah warna-warna yang berlawanan dalam lingkaran warna, sehingga menciptakan kontras yang menarik dan menyegarkan pada interior rumah

5. Pink dengan ungu

Perpaduan warna pink dengan ungu ini akan melahirkan kesan mewah, unik dan elegan. Sedulur bisa menggunakan kombinasi perpaduan warna ini untuk bisa menciptakan warna pada ruang kerja atau ruang tidur, karena dua warna ini bisa memberikan ketenangan pada seseorang. Tentu saja, sesuaikan warna-warna ini beberapa tingkat lebih gelap atau beberapa tingkat lebih terang dan Sedulur masih dapat menarik dalam tampilan dengan mode tinggi.

Selain itu, kombinasi warna pink dan ungu di rumah juga akan menciptakan suasana yang ceria, kreatif, dan eksentrik. Kedua warna ini adalah warna-warna yang cerah dan penuh energi, dan ketika digabungkan, akan memberikan tampilan yang menarik dan memikat pada interior rumah. Kombinasi pink dan ungu juga cocok untuk kamu yang memang udah bosen dengan warna ‘santai’ di rumah.

6. Dusty pink dengan coklat tua

perpaduan warna pink di rumah
Coco Lapine Design

Mengkombinasikan warna pink dengan dark brown di rumah akan menciptakan suasana yang hangat, elegan, dan menenangkan. Kombinasi warna ini memberikan perpaduan antara sentuhan feminin dari pink dengan nuansa alami dan maskulin dari dark brown. Ketika digunakan secara tepat, kombinasi ini dapat menciptakan tampilan yang menarik dan seimbang dalam interior rumah.

Coklat mewakili bumi, kehangatan, penyembuhan, dan stabilitas. Disandingkan dengan warna pink, kombinasi warna memberikan kesan nyaman dan nyaman pada ruang keluarga modern. Inilah sebabnya mengapa ini populer di rumah bergaya boho chic dan pedesaan. Dalam hal fashion, dusty pink dan coklat terlihat lembut dan feminin bersama tanpa kombinasi yang terlalu keras.

7. Hot pink dengan kuning pastel

Meskipun pink dan kuning berada di sisi yang lebih redup, ruang tetap terasa begitu ceria dan menyenangkan. Aksen biru menyeimbangkan nada yang lebih hangat sehingga ruangan terasa ringan dan segar. Kombinasi ini sangat menyenangkan dan bisa sangat membangkitkan semangat. Bagaimanapun, kuning adalah warna optimisme dan pink selalu membawa kepositifan ke sebuah ruangan.

Merujuk ide dari Magic Bricks, cat warna pink dan kuning masuk akal untuk dikombinasikan. Jika Sedulur bukan penggemar tampilan lembut dan halus yang dihasilkan oleh pink pastel dan kuning kenari, pertimbangkan hot pink dan kuning cerah. Kombinasi warna yang mencolok ini feminin namun garang!

8. Rose pink dengan hitam

Pink dengan hitam adalah salah satu pasangan warna favorit sepanjang masa. Hitam memberikan dampak dan dramatis, dan dapat menciptakan kerimbunan dan kedalaman saat digunakan dengan warna pink. Dipadukan dengan warna pink dari berbagai warna, warna dasar hitam dan menyeimbangkan nuansa energik dan bahagia yang dibawa warna pink ke sebuah ruangan.

Hitam sangat cocok dengan pink karena menyeimbangkan energi yang semarak dan ceria yang sering dibawa oleh kesan pink ke sebuah ruangan. Sebaliknya, pink dapat menambahkan pop warna itu ke ruangan yang serba hitam dan menghentikan ruangan yang terlihat terlalu suram.

Kalau Sedulur menginginkan versi yang lebih berani dari baby pink dan abu-abu, maka pilihlah kombinasi rose pink dan hitam. Tidak seperti baby pink, warna ini lebih gelap, sehingga tidak memudar ke latar belakang di sebelah hitam. Ini memberikan dampak ke pengaturan rumah yang indah yang menenangkan sekaligus profesional!

9. Lush pink dengan aqua

Lush pink dan aqua mengingatkan pada musim panas yang menyenangkan, kepositifan, dan energi tanpa batas! Karena kombinasi warna ini berani dan cerah, ini paling cocok untuk Sedulur yang penuh energi.

Mengkombinasikan warna lush pink dan aqua di rumah akan menciptakan suasana yang segar, ceria, dan menyenangkan. Kombinasi warna ini menghadirkan sentuhan yang energetik dan cerah dalam interior rumah. Lush pink adalah warna pink yang cerah dan segar, sedangkan aqua adalah warna biru yang cerah dan menyegarkan. Ketika digunakan dengan tepat, kombinasi ini dapat menciptakan tampilan yang penuh gaya dan menghadirkan suasana yang menyenangkan dalam ruangan.

10. Pink dengan orange

Pink dan orange berpadu karena warnanya yang analog. Ketika ditempatkan berdampingan, mereka mengeluarkan getaran yang hangat dan bersahaja. Seperti pink dan merah, kombinasi warna ini nyaman dan terlihat bagus di kamar tidur!

Warna ini bekerja sama dengan baik karena mereka berasal dari bagian roda warna yang sama. Tapi itu tidak berarti Sedulur masih tidak bisa menciptakan beberapa bentrokan yang benar-benar menyenangkan dan berani bahkan dengan warna pelengkap. Cat warna pink paling pucat dengan warna oranye cerah menciptakan nuansa menyenangkan di kamar. Warna tersebut juga akan terlihat bergaya di ruang dewasa.

BACA JUGA: 10 Tips Mendekorasi Rumah Terlihat Menjadi Mewah dan Elegan

11. Pink dengan merah

Apartment Therapy

Warna apa pun dapat bersatu ketika dikuratori dengan cara yang benar. Pink dengan merah adalah contoh sempurna untuk ini. Pink dan merah menciptakan suasana panas, cerah, dan energik yang memberikan kesan kuat saat digunakan bersama.

Pasangan warna yang keren ini mendapatkan daya tarik di dunia mode dan sekarang meresap ke dalam interior. Ini memiliki begitu banyak varian yang berbeda juga. Ambil perpaduan warna pink dan merah selangkah lebih gelap untuk sentuhan kontemporer atau kombinasikan pink netral dengan terakota bersahaja dan nuansa tanah liat untuk tampilan nada yang sedang tren.

12. Light pink dengan emas

Perpaduan warna pink dan emas yang populer adalah duo ikonik yang abadi. Kuncinya adalah memilih nada yang tepat dari keduanya, dan semakin dalam semakin baik. Hindari memilih sesuatu yang terlalu terang dengan sesuatu yang terlalu terang. Jika Sedulur tertarik pada warna merah jambu yang lebih terang, bawalah warna kuningan tua yang lebih gelap baik itu pada perabot atau wallpaper metalik. Dan jika Sedulur ingin tampil cerah dan berkilau dengan emas Sedulur, pasangkan dengan warna merah jambu yang lebih redup.

Cat warna pink muda dan emas terlihat cantik bersama di rumah modern abad pertengahan. Pink adalah salah satu warna yang sangat terkait dengan era, dan secara alami terlihat bagus dengan detail emas yang ditemukan di banyak furnitur modern abad pertengahan.

13. Pink dengan abu tua

Perpaduan warna pink dengan dark grey atau abu tua dapat menciptakan suasana yang elegan, modern, dan sedikit misterius dalam interior rumah. Gunakan warna pink muda atau pink pastel untuk dinding ruangan. Pink muda memberikan suasana yang lebih lembut, sementara pink pastel menciptakan nuansa yang manis. Untuk aksen atau dinding focal point, gunakan dark grey untuk memberikan kontras yang dramatis.

Pilih furnitur utama seperti sofa, meja, atau lemari dengan warna dark grey. Furniture berwarna dark grey akan memberikan sentuhan elegan dan tampilan yang modern. Tambahkan bantal-bantal atau aksesori berwarna pink yang senada untuk memberikan sentuhan feminin pada furnitur.

14.  Pink dengan warna kayu alami

Perpaduan warna pink dengan warna kayu alami di rumah akan menciptakan kesan yang unik dan menarik. Kombinasi ini menggabungkan sentuhan feminin dan hangat dari warna pink dengan kesan alami dan hangat dari warna kayu.

Warna pink memberikan sentuhan romantis dan manis pada ruangan, menciptakan suasana yang hangat dan menyenangkan, Penggunaan warna kayu alami pada furnitur dan aksesori memberikan kesan elegan dan berkelas pada ruangan, sementara warna pink dapat memberikan aksen yang berani dan mencolok.

Warna kayu alami memberikan sentuhan alami pada ruangan, menciptakan kesan yang dekat dengan alam dan menghadirkan nuansa yang tenang dan damai. Kombinasi ini memberikan fleksibilitas dalam dekorasi. Warna pink bisa digunakan sebagai aksen di beberapa elemen seperti bantal, karpet, atau aksesori dekorasi, sementara warna kayu alami dapat menjadi dasar untuk furnitur utama.

15.  Pink dengan warna sage

perpaduan warna pink di rumah
Home Design

Perpaduan warna pink dengan warna sage (hijau keabu-abuan) di rumah akan menciptakan kesan yang menenangkan, segar, dan harmonis. Kombinasi ini menggabungkan sentuhan feminin dan lembut dari warna pink dengan nuansa alami dan damai dari warna sage. Perpaduan warna pink dengan warna sage menciptakan suasana yang tenang dan seimbang di dalam ruangan, cocok untuk menciptakan ruang santai dan nyaman.

Warna pink memberikan sentuhan kehangatan dan keceriaan, sementara warna sage memberikan kesan segar dan menyegarkan. Perpaduan warna pink dengan warna sage menciptakan nuansa alami dan menampilkan keindahan dari alam, memberikan suasana yang harmonis dan nyaman.

Warna pink yang cerah dan warna sage yang unik menciptakan kombinasi warna yang berani dan menarik perhatian. Warna pink memberikan sentuhan feminin dan elegan pada ruangan, sementara warna sage memberikan kesan yang lebih dewasa dan tampilan yang menenangkan.

Itulah 15 Inspirasi perpaduan warna pink untuk rumah Sedulur. Semoga pembahasan mengenai perpaduan warna pink di atas dapat bermanfaat agar rumah bisa terlihat semakin menarik dan nyaman untuk ditinggali. Pastikan untuk mencoba sampel warna terlebih dahulu sebelum melakukan perubahan besar dalam dekorasi rumah.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan selera pribadi dan gaya dekorasi agar hasil akhir sesuai dengan yang Sedulur harapkan. Semakin warna rumah sesuai dengan karakter pemiliknya, makin rumah akan lebih terasa nyaman untuk ditempati. Jadi selamat mencoba ya!