Sedulur sedang tidak enak badan atau sakit tipes? Jangan khawatir, beberapa bahan alami di bawah ini bisa menjadi obat tipes dan segala penyakit.

Di musim hujan saat ini biasanya masyarakat mulai mengalami berbagai gejala penyakit, yang paling umum adalah penyakit demam dan flu. Ada beberapa juga yang mengalami tipes. Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella typhii yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi.

Tidak melulu oleh cuaca, namun oleh bakteri pada makanan. Ketika sakit tipes, Sedulur wajib langsung berobat ke dokter dan mendapatkan penanganan. Sambil meminum obat dokter, Sedulur juga bisa minum obat sakit tipes dari bahan alami. Obat herbal tipes terbuat dari bahan-bahan, yang mungkin saja Sedulur miliki di rumah.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas daftar bahan alami yang bisa dijadikan sebagai obat alami tipes. Bahan alami yang akan dibahas juga digunakan sebagai obat tradisional tipes dan dalam cara mengobati penyakit tipes super ampuh. Selain alami, obat herbal juga tepat digunakan dalam cara mengobati tipes secara alami.

-->

Apa saja bahan alami yang bisa digunakan sebagai obat herbal tipes untuk anak dan digunakan sebagai cara mengobati tipes pada orang dewasa? Kita langsung saja simak dalam ulasan di bawah ini.

Baca Juga: 6 Cara Unik Membuat Wedang Jahe, Mudah & Praktis!

Daftar Bahan Alami yang Bisa Dijadikan Sebagai Obat Tipes!

1. Cuka Apel

1. Cuka Apel
tedas.id

Cuka apel atau cuka sari apel dapat digunakan sebagai obat tipes. Sifat asam dalam cuka apel dapat membantu mengeluarkan panas tubuh, dan dapat mengurangi suhu tubuh secara perlahan. Kandungan mineral dalam cuka apel juga bisa menggantikan mineral yang hilang akibat tipes. Cuka apel sangat ampuh untuk menurunkan panas suhu tubuh akibat tipes.

2. Bawang Putih

2. Bawang Putih
car.co.id

Selain biasa digunakan sebagai bumbu dan rempah, bawang putih juga bisa digunakan sebagai obat tipes. Kandungan antimikroba yang terdapat dalam bawang putih dapat mengeluarkan racun dan bakteri yang menyebabkan sakit tipes. Hal tersebut juga dapat membuat sistem imun semakin kuat dan semakin cepat memulihkan tubuh dari sakit tipes.

Sedulur bisa menghaluskan bawang putih, tambahkan air putih dan secangkir susu. Aduk rata dan minum, lakukan sebanyak tiga kali dalam satu hari. Tipes pun akan segera menghilang.

3. Daun Selasih

3. Daun Selasih
bibitbunga.com

Obat tipes dari bahan alami selanjutnya adalah daun selasih. Khasiat antibiotik dan antibakteri dari daun selasih dapat menghambat bakteri penyebab sakit tipes bekerja dalam tubuh. Selain itu, daun selasih juga dapat merangsang sistem kekebalan tubuh bekerja lebih keras untuk memulihkan tubuh dari sakit tipes. Sedulur bisa meramu daun selasih menjadi berbagai minuman yang hangat untuk menghilangkan sakit tipes.

Baca Juga: Begini Cara Membuat Obat Asam Urat dari Daun Salam, Praktis!

4. Cengkeh

4. Cengkeh
popmama.com

Cengkeh juga sangat efektif digunakan sebagai obat tipes, hal tersebut disebabkan oleh kandungan antibakteri dalam cengkeh. Selain tipes, cengkeh juga dapat mengurangi dan menyembuhkan diare yang sedang dialami. Sedulur cukup merebus cengkeh hingga mendidih, dan gunakan air rebusan sebagai minuman untuk mendapatkan khasiatnya.

5. Pisang

5. Pisang
kompas.com

Bagi para pecinta pisang, Sedulur harus bersenang hati. Karena pisang merupakan buah-buahan yang efektif menyembuhkan tipes. Sebagai obat tipes, pisang mengandung pektin atau serat larut yang dapat menyerap cairan di usus sehingga dapat mengeluarkan bakteri penyebab sakit tipes. Bukan hanya tipes, diare pun bisa sembuh dengan mengkonsumsi pisang secara rutin.

6. Buah Delima

6. Buah Delima
alodokter.com

Akibat tubuh yang kekurangan cairan dan juga mineral karena sakit tipes, tubuh bisa dehidrasi dan lemas. Hal tersebut bisa diatasi dengan buah delima, karena buah delima mengandung beberapa senyawa yang dapat meningkatkan energi. Buah delima juga sering digunakan sebagai bahan campuran obat tradisional untuk menyembuhkan sakit tipes.

Semoga Sedulur yang sedang sakit tipes bisa segera sembuh dari penyakit, semoga juga daftar bahan alami yang dijelaskan di atas bisa bermanfaat. Sedulur bisa membeli bahan alami di atas sebagai obat tipes atau juga sebagai persediaan agar tubuh tetap sehat. Sedulur bisa membelinya di Aplikasi Super.

Melalui Super Eats dari Aplikasi Super, Sedulur bisa belanja berbagai kebutuhan sehari-hari dengan cara yang super mudah dan mendapatkan harga yang murah. Sedulur bisa klik di sini untuk cek langsung daftar barang yang tersedia di Aplikasi Super. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, bagi yang ingin mencobanya melalui aplikasi di smartphone. Selamat mencoba!