Sariawan menjadi penyakit gusi dan mulut yang lazim dialami banyak orang. Meski termasuk penyakit ringan, namun mengalami sariawan cukup mengganggu kegiatan makan dan minum. Jika dibiarkan, sariawan bisa sembuh dalam waktu yang cukup lama. Itulah mengapa, Sedulur membutuhkan obat sariawan yang ampuh untuk menghilangkan rasa nyeri yang ditimbulkan.

Sedulur mungkin selama ini bingung untuk memilih obat sariawan apa yang ampuh untuk menyembuhkan luka di dalam rongga mulut ini. Kali ini, Aplikasi Super akan berbagi apa saja obat apa saja yang bisa Sedulur gunakan saat menderita Sariawan.

Penyebab Sariawan

Dikutip dari American Dental Association seperti dilansir dari Hello Sehat, sariawan adalah luka kecil, dangkal, dan terasa nyeri yang muncul pada jaringan lunak dalam mulut, seperti pada dasar gusi, bawah lidah, atau sepanjang sisi rongga mulut.

Sariawan biasanya muncul hanya satu atau beberapa buah sekaligus. Namun, tak seperti herpes, sariawan tidaklah menular. Hingga saat ini, memang belum ada penyebab pasti kenapa sariawan bisa muncul. Namun, dilansir dari Alodokter ada beberapa penyebab kenapa sariawan bisa muncul. Antara lain karena kondisi stres, infeksi virus atau bakteri tertentu, hingga menurunnya daya tahan tubuh.

-->

Sariawan biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam jangka waktu 10-14 hari. Tetapi waktu yang panjang ini dirasa cukup mengganggu saat sariawan datang. Itulah mengapa Sedulur bisa mencoba sejumlah obat sariawan ini untuk segera meredakan rasa sakit yang ditimbulkan karena sariawan.

1. Kumur dengan air garam

Unsplash

Obat sariawan satu ini paling banyak dikenal dan sering dipraktikkan. Hal ini karena garam memiliki sifat antiradang dan antibakteri untuk mencegah sariawan Sedulur menjadi semakin parah. Tidak hanya sebagai antiradang, garam juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan.

Sedulur pun bisa membuat larutan air garam sendiri untuk mengobati sariawan. Caranya mudah, yakni dengan mencampur satu gelas air hangat dengan satu setengah sendok teh garam. Kumur menggunakan larutan tersebut, namun jangan sampai tertelan.

Lakukan berulang kali dalam sehari hingga bengkak pada sariawan semakin mengempis.

2. Minyak kelapa

Unsplash

Tak hanya berguna bagi masakan, tetapi juga untuk menyembuhkan sariawan. Minyak kelapa juga berguna untuk mencegah peradangan luka semakin memburuk sekaligus mengurangi rasa sakit yang timbul akibat sariawan.

Cara menggunakan minyak kelapa sebagai obat sariawan pun mudah, yakni dengan mencampurkan minyak kelapa dengan madu. Lalu oleskan pada bagian rongga mulut yang terdapat sariawan. Lakukan berulang kali, yakni sekitar 3-4 kali dalam sehari hingga sariawan terasa makin membaik.

3. Madu

Unsplash

Jika Sedulur tak memiliki minyak kelapa, hanya mengoleskan madu untuk sariawan juga bisa menjadi obat yang ampuh. Madu sendiri memiliki sifat antiradang dan antibakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih sekaligus mempercepat proses pemulihan sariawan.

Sama seperti obat alami sariawan lainnya, oleskan madu secara berulang hingga sariawan terasa mulai membaik.

4. Lidah buaya

obat sariawan
Unsplash

Lidah buaya selama ini dikenal sebagai tanaman yang memiliki banyak manfaat untuk rambut. Tapi siapa sangka ternyata lidah buaya juga memiliki manfaat yang besar untuk menyembuhkan sariawan. Caranya menggunakannya sebagai obat pun sangat mudah dan praktis.

Caranya siapkan daun lidah buaya asli dan cuci sampai bersih. Kupas kulitnya, sisakan hanya tinggal dagingnya. Lalu oleskan getah atau tempelkan langsung daging lidah buaya pada bagian mulut yang sariawan. Diamkan dalam beberapa saat, dan ulangi cara ini 2-3 kali dalam sehari.

5. Yogurt

Unsplash

Tak hanya ampuh untuk membantu menyehatkan saluran pencernaan, yogurt ternyata juga bisa berguna untuk menyembuhkan sariawan. Dilansir dari Hello Sehat, salah satu penyebab terjadinya sariawan adalah adanya bakteri yang berkembang biak dalam rongga mulut. Yogurt sendiri bermanfaat untuk menjaga keseimbangan bakteri pada tubuh.

Lactobacillus salah satu kandungan dalam yogurt dapat membantu menghilangkan bakteri jahat yang ada di dalam tubuh Sedulur. Untuk proses penyembuhan sariawan, Sedulur bisa mengonsumsi yogurt secukupnya di pagi hari.

6. Kantong teh bekas

Unsplash

Sedulur suka mengonsumsi teh? Jangan langsung buang kantong teh bekasnya. Karena ternyata kantong teh bekas bisa membantu menyembuhkan sariawan. Kantong teh yang bersifat basa, bisa menetralkan area mulut yang asam sehingga tidak memperburuk rasa sakit akibat sariawan.

Tak hanya itu, menurut American Academy of Periodontology seperti dilansir dari Hello Sehat, kandungan dalam teh dapat membantu meningkatkan kesehatan gusi dan mengurangi risiko penyakit gusi (periodontitis). Daun teh dianggap mampu melawan infeksi dan peradangan yang menyebabkan sariawan.

Caranya pun mudah, yakni dengan menempelkan kantong teh celup bekas pakai selama kira-kira lima menit pada sariawan.

7. Soda kue

Unsplash

Siapa sangka salah satu bahan pembuat kue ini juga ampuh untuk mengobati sariawan. Soda kue diklaim dapat membantu meringankan rasa sakit, menetralkan kandungan asam, serta masalah iritasi. Apalagi mulut memiliki kandungan asam yang bisa membuat sariawan bisa terasa lebih sakit.

Untuk menggunakan soda kue sebagai obat sariawan, Sedulur cukup mencampurkan soda kue dengan air hingga menjadi pasta. Lalu oleskan pada area yang sariawan dengan cotton bud. Cara lain, Sedulur bisa berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan soda kue. Lakukan secara rutin sampai bengkak pada sariawan berkurang.

8. Hindari makan makanan asam dan pedas

Unsplash

Makanan asam dan pedas bisa membuat sariawan yang Sedulur alami bisa terasa lebih menyakitkan. Sebab makanan pedas dan asam dapat memperburuk peradangan dan menyebabkan kerusakan permukaan jaringan lunak tubuh. Untuk itu, selama menderita sariawan, lebih baik hindari mengonsumsi makanan asam dan pedas.

Lebih baik, konsumsi makanan-makanan yang netral dan segar, sehingga aman untuk sariawan Sedulur.

9. Konsumsi sayur dan buah

Unsplash

Jika Sedulur harus menghindari makanan asam dan pedas, maka Sedulur harus memperbanyak konsumsi sayuran dan buah. Sayuran dan buah-buahan kaya akan kandungan vitamin dan nutrisi yang membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Seperti misalnya kandungan vitamin B, vitamin C, zink, dan zat besi. Sedulur bisa mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, mangga, pepaya, atau belimbing.

Tak hanya itu, Sedulur juga harus memastikan cukup dalam mendapatkan asupan air putih. Karena sariawan bisa juga disebabkan oleh panas dalam. Sehingga pastikan asupan cairan untuk tubuh cukup, yakni minimal minum 8 gelas air putih per hari. 

10. Gunakan obat kumur

Unsplash

Selain pengobatan sariawan dengan alami, Sedulur juga bisa menggunakan obat kumur yang beredar di apotik maupun supermarket/minimarket. Walaupun kebanyakan obat kumur yang beredar di pasaran biasanya hanya menyembuhkan sariawan ringan yang disebabkan karena tergigit atau infeksi ringan karen bakteri.

Tetapi paling tidak obat kumur ini bisa berperan sebagai zat antibiotik dan zat antijamur yang membantuk pemulihan akibat sariawan bisa lebih cepat.

11. Es batu

Unsplash

Saat menderita sariawan, bagian dalam mulut tersebut akan terasa lebih bengkak dan nyeri sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman. Apalagi jika digunakan untuk aktivitas makan. Agar bengkak bisa lebih membaik, tak ada salahnya Sedulur untuk mengompresnya dengan es batu. Rasa dingin yang  ditimbulkan dari es baru paling tidak bisa menetralkan rasa nyeri yang ditimbulkan karena sariawan.

Caranya, Sedulur tinggal membungkus es batu dengan kain kasa, lalu tempelkan pada bagian mulut yang sariawan dalam waktu beberapa menit.

12. Paracetamol

Diduga Bikin Teluk Jakarta Tercemar, Ini Dampak Kebanyakan Minum Paracetamol

Jika rasa nyeri yang ditimbulkan karena sariawan semakin tidak nyaman, Sedulur bisa mencoba meminum obat paracetamol. Obat ini bisa bebas dibeli di apotik tanpa perlu resep dokter. Selain itu, dilansir dari Hello Sehat, paracetamol juga aman dikonsumsi untuk semua usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Namun, tentu dengan dosis yang disesuaikan.

Itu dia sejumlah obat untuk membantu menyembuhkan sariawan yang bisa Sedulur coba di rumah. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun terbilang mudah dan bisa didapatkan di mana saja. Namun yang harus perlu diingat adalah jika sariawan yang diderita Sedulur semakin parah, maka sebaiknya segera periksakan ke dokter.

Jangan lupa pula asupan makanan bergizi  seperti sayur dan buah-buahan harus cukup agar kandungan vitamin dan mineralnya mampu membantu tubuh menyembuhkan infeksi yang menyebabkan sariawan. Biar belanja sayur dan buah lebih mudah dan pasti dapat yang fresh, jangan lupa untuk selalu gunakan Aplikasi Super, ya Sedulur! Belanja pakai Aplikasi Super pasti bisa lebih mudah dan murah!