merk baja ringan

Setiap rumah tentu memiliki atap agar teduh dan terhindari dari panas maupun cuaca ekstrem. Tapi apa apakah rangka atap dengan atap itu sama? Tentu saja berbeda. Perbedaannya adalah jika rangka atap adalah struktur bangunan, sedangkan atap adalah penutup bangunannya. Umumnya, rangka atap rumah dibuat menggunakan kayu solid agar bangunan menjadi kokoh. Namun, belakangan ini banyak merk baja ringan yang digunakan untuk membangun rangka atap.

Rangka atap dan atap merupakan hal penting yang memang dibutuhkan jika kita membangun rumah dan menjadi pelengkap nomer satu. Mengapa bisa begitu? Pasalnya jika rumah tidak ada atapnya, apakah rumah itu bisa digunakan? Tentu tidak bukan? Selain itu, dibanding dengan kayu solid, baja ringan memang memiliki harga yang lebih terjangkau. Pemasangan baja ringan juga lebih mudah dan cepat. Kemudian bahan baku ini memiliki jenis material dengan dimensi tipis dan ringan.

Tapi meski begitu, dalam hal ketahanan dan kekuatan tidak perlu diragukan lagi. Merk baja ringan memang begitu banyak. Bagi kamu yang membutuhkan referensi, dalam artikel kali ini akan memberikan daftarnya. Yuk, simak ulasannya sampai selesai di bawah ini.

BACA JUGA: 12 Rekomendasi Atap Transparan Terbaik Segala Ruangan 2023

-->

Mengenal Baja Ringan

merk baja ringan
Pinterest

Untuk bangun rumah, belakangan ini baja ringan menjadi salah satu material yang banyak diminati. Meskipun penggunaan kayu juga masih ada peminatnya, tapi baja ringan memberi keunggulan tersendiri. Apalagi merk baja ringan juga sangat beragam dengan tipe atau karakter yang berbeda-beda. Hal ini tentunya bisa memudahkan pengguna dalam memilih sesuai kebutuhan.

Dalam penerapanya rangka baja ringan menggunakan profil utama bentuk C atau bentuk Omega yang disertai beberapa elemen utama seperti kuda-kuda, bracing, reng, baut, dinabolt, dan talang jurai. Saat ini rangka atap baja ringan telah banyak dimanfaatkan, tidak hanya untuk bangunan rumah tapi juga bangunan perkantoran dan pergudangan.

Selain praktis, rangka atap baja ringan juga awet, tahan terhadap karat, dan lain-lain. Jadi, kalau kamu ingin mengganti konstruksi atap kayu dengan material baja ringan dan genteng metal, mungkin bisa menjadi langkah yang tepat. Pasalnya dengan mengganti material kayu dengan material alternatif ini, berarti kamu juga membantu menyelamatkan hutan dan mencegah terjadinya bencana alam.

Sesuai dengan namanya, material ini memang sangat ringan. Bobotnya per meter persegi hanya sekitar 12 kg dibandingkan dengan rangka kayu yang bobotnya sekitar 40 kg/m2. Baja ringan merupakan baja mutu tinggi yang memiliki sifat ringan dan tipis. Tapi memiliki fungsi setara dengan baja konvensional. Baja ringan ini termasuk jenis baja yang dibentuk setelah dingin (cold form steel). Meskipun tipis, baja ringan memiliki kekuatan tarik yang tinggi. Ketebalan baja ringan untuk atap pun sangat ringan.

Tapi walaupun ringan, kamu tidak perlu khawatir. Soalnya material yang digunakan dengan bahan baku zincalume atau galvalume, jadi daya tahannya lebih unggul dibandingkan material kayu. Selain itu kecepatan dalam perakitan (20-30 m2/hari) dengan tenaga kerja yang lebih sedikit, akan memberikan nilai ekonomis sehingga dapat menekan biaya pembangunan.

Biaya per meter persegi jika ingin merenovasi atap dengan material baja ringan ini tergantung dari kualitas dan merek. Di pasaran kisaran harganya antara 110 ribu – 180 ribu per m2. Jika dibandingkan dengan harga kayu yang tahan rayap (kelas I), tentunya harga baja ringan relatif murah.

BACA JUGA: Penyebab Rumah Panas Saat Malam Hari dan Cara Mengatasi

Kelebihan dan Kekurangan Baja Ringan

genteng yang paling bagus
Sheffield Metals

Tentunya setiap jenis baja ringan punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jika dibandingkan dengan material atap bangunan lain, baja ringan memang memiliki banyak keunggulan. Inilah yang menjadi alasan mengapa baja ringan masih menjadi pilihan banyak orang. Untuk itu berikut ini kelebihan dan kekurangan baja ringan yang perlu kamu tahu.

1. Kelebihan baja ringan

  • Tahan karat dan anti rayap karema terbuat dari material logam galvalum. Karena tahan lama, baja ringan lebih menguntungkan dibanding kayu dan bambu. 
  • Harga lebih terjangkau dibanding kayu atau bambu. Apalagi jika dibandingkan dengan daya tahannya, baja ringan lebih ekonomis.
  • Mudah dipasang sehingga bisa menyingkat waktu pengerjaan. Dengan proses pengerjaan yang lebih singkat, otomatis biaya tukang lebih murah.
  • Baja ringan lebih lentur dibanding baja konvensional. Tegangan tarik baja ringan mencapai 550 Mpa, sedangkan baja konvensional hanya 300 Mpa.
  • Material baja ringan bisa didaur ulang atau dimanfaatkan kembali untuk membangun bangunan lain. Pasalnya tidak lapuk atau mengalami penyusutan.
  • Material baja ringan mudah dipotong dan dibentuk mengikuti bentuk rangka atap yang kita inginkan dan mudah disambungkan dengan jenis atap lain.

2. Kekurangan baja ringan

  • Atap baja ringan lebih mudah terbawa angin karena sifatnya yang ringan. Itulah kenapa pemasangannya harus dengan benar dan tidak bisa sembarangan.
  • Atap baja ringan lebih rentan roboh. Kegagalan dalam menghitung konstruksi dapat menyebabkan kegagalan yang menyeluruh sehingga atap bisa roboh.
  • Baja ringan bisa mengurangi estetika karena jelek jika diekspose seperti kayuatau bambu. Kerapatan kerangka baja ringan dapat merusak keindahan bangunan.
  • Baja ringan bisa dibilang tidak ramah lingkungan. Berbeda dengan kayu atau bambu. Tapi bisa didaur ulang atau dimanfaatkan kembali.
  • Atap baja ringan membutuhkan perlengkapan tambahan seperti sekrup, alumunium foil, genteng metal, dan lain sebagainya.
  • Atap baja ringan tidak disarankan untuk rumah tinggi. Hal ini beresiko terkena hempasan angin. 
  • Atap baja ringan tidak bisa untuk konsep rumah tertentu. Berbeda dengan kayu atau bambu. Beberapa konsep rumah sulit dibentuk dengan baja ringan.

Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan dari baja ringan, tentu kamu bisa menyesuaikan kembali dengan kebutuhan kontruksi. Jika memang tidak disarankan memakai baja ringan, kamu bisa memilih material lain. Terutama dengan konsep rumah hingga budget, perlu dihitung-hitung kembali. Jadi, ke depannya rumah hunian kamu aman, awet, dan gak ada masalah.

BACA JUGA: 12 Desain Taman Kecil 1 Meter Bikin Rumah Jadi Sejuk dan Asri!

Rekomendasi Merk Baja Ringan Terbaik di Indonesia

Setelah mengenal baja ringan lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya. Sekarang waktunya memberikan rekomendasi merk baja ringan terbaik untuk Sedulur. Simak berikut ini ya!

1. Merek Taso

merk baja ringan
Pinterest

Merek ini menjadi salah satu baja ringan yang memiliki banyak peminat. Produk ini telah banyak digunakan sebagai rangka atap bangunan, sehingga testimoni tentang ke tahanannya sudah cukup banyak. Keunggulannya dari bahan baku yang sangat kuat, ukuran baja yang bervariasi, dan tentunya sudah berstandar SNI jadi tak perlu mengkhawatirkan soal keamanan. 

Merk baja ringan terbaik ini sangat laris. Baja ringan Taso juga menyediakan banyak tipe produk yang dapat dipakai untuk bahan bangunan yang cukup lumayan lengkap dan mampu memenuhi kebutuhan konstruksi. Sudah banyak customer yang mempercayakan rangka atap bangunannya kepada merek ini. Jadi, baja ringan Taso memang telah terbukti memiliki kualitas yang baik.

2. Merek Kencana Truss

Merek selanjutnya yang tentunya harus masuk dalam list pilihan kamu adalah merek Kencana Truss. Merek ini telah memproduksi baja ringan yang berkualitas tinggi, sehingga memiliki banyak klien yang loyal dan menjadi pelanggan tetap mereka. Kencana Truss juga tidak sulit untuk ditemukan di pasaran, jadi kamu tidak akan pusing mencarinya.  

Tak kalah pentingnya lagi, produk baja ringan ini telah memenuhi standar SNI, jadi sudah terjaminan soal keamanan. Kualitas produk tersebut juga awet dan memiliki bahan baku yang kuat. Hal lain yang membuat Kencana Truss sangat direkomendasikan untuk kontruksi rangka atap rumah kamu.

3. Merek Sakti Truss

Merek selanjutnya yang gak kalah berkualitas adalah Sakti Truss. Sekilas namanya mirip memang mirip dengan Kencana Truss karena produk ini merupakan turunannya. Jika dilihat dari kualitas, sebenarnya keduanya tidak jauh berbeda. Kamu bisa menggunakan Sakti Truss jika memang Kencana Truss tidak dapat ditemukan. 

Kemudian untuk masalah ukuran cukup beragam. Material yang digunakan juga sangat kuat, dan tersedia dengan berbagai ketebalan. Jadi kamu bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Baja ringan ini bisa kamu bawa pulang dengan harga mulai dari Rp50 ribuan. 

4. Merek Sakti Hollow

Masih produk turunan dari Sakti. Masih ada merek Sakti Hollow yang gak berkualitas. Tapi ini merupakan rangka untuk plafon. Untuk masalah ketahanan juga tak perlu diragukan lagi. Pasalnya produk ini juga gak kalah kuat dengan merek yang lain. 

Perlu kamu tahu bahwa Sakti Hollow merupakan produk hollow galvalume yang direkomendasikan untuk pekerjaan pemasangan rangka plafon. Dengan lapisan aluminium yang lebih besar dibandingkan jenis galvanise, tentu membuat merek ini lebih kuat dan kaku dibanding produk lain.

5. Merek Sunrise Steel atau Zinium

Selanjutnya ada merk baja ringan unggulan lainnya yaitu Sunrise Steel atau Zinium. Sesuai dengan namanya, produk yang satu ini diproduksi oleh PT. Sunrise Steel. Mereka memasarkan baja ringan dengan merek dagang Zinium. Kamu bisa saja dengan mudah menemukan produk tersebut di berbagai toko bangunan. 

Variasi ketebalan bajanya juga sangat beragam, sama halnya seperti teman temannya yang lain. Produk mereka terkenal kuat dan awet. Harga produk ini juga tidak terlalu mahal, yaitu mulai dari Rp50 ribu. Tapi perlu diingat bahwa informasi seputar harga ini bisa berubah sewaktu-waktu tergantung kebijakan masing masing merek. 

6. Merek Cilegon Steel

merk baja ringan
Pinterest

Belum lengkap rasanya jika kamu belum mengenal produk unggulan dengan merek Cilegon Steel. Baja ringan ini menjadi andalan bagi banyak orang. Seperti dengan produk yang lain, Cilegon Steel juga sudah lolos standarisasi SNI. Jadi kamu tak perlu meragukan keamanan dan kualitasnya. Pasalnya mereka sudah layak digunakan berdasarkan ketetapan pemerintah.

Selain itu, Cilegon Steel juga tersedia dengan berbagai ukuran dan ketebalan. Jadi. Kamu sebagai konsumen juga akan dimanjakan dengan banyaknya pilihan. Jika kamu tertarik menggunakan produk ini tidak perlu merogoh kocek dalam, karena produk asli dalam negeri ini dibanderol mulai dari Rp70 ribuan. 

7. Merek CBM

Selain beberapa produk di atas, kamu juga bisa memilih merek bernama CBM. Produk yang satu ini cukup familier di Indonesia karena menjadi kepercayaan para pekerja kontruksi. Kualitas mereka cukup baik, sehingga masa guna rangka baja ringan jenis ini bisa sangat panjang dan kuat. 

Ukuran yang ditawarkan cukup beragam dengan berbagai ketebalan, sampai ada yang enam meter. Kamu bisa ambil ukuran yang benar benar sesuai dengan kebutuhan kontruksi atap rumahmu. Jangan lupa juga untuk cek ketebalan yang ideal agar pembangunan lebih aman dan hasilnya lebih awet.

8. Merek Andal Prima

Jika kamu ingin menjadi merek baja ringan berkualitas dengan spesifikasi cukup beragam, dan harga terjangkau, Andal Prima bisa menjadi pilihan. Produk ini merupakan merek baja ringan yang tidak kalah favorit dibandingkan dengan produk yang sebelumnya telah disebutkan di atas. Andal prima memiliki ukuran dan spesifikasi yang bercariasi, sehingga kamu bisa mencari yang paling cocok dengan kebutuhan. 

Semua produk dari Andal Prima dibuat dengan bahan galvalum, sehingga kuat untuk atap. Keunggulan lain yang mereka tawarkan adalah tidak mudah terbakar, anti korosi, ringan, dan anti rayap. Tentunya mereka ini bisa masuk ke dalam daftar pilihan kamu.

9. Merek Alfa Prima

Alfa Prima menjadi produk baja ringan yang memiliki kualitas jempolan dan cocok untuk kontruksi atap rumah kamu. Produk yang satu ini sering sekali dipercaya sebagai bagian dari konstruksi kuda-kuda atap. Sejatinya baja ringan ini bisa dipakai untuk berbagai keperluan, namun memang paling direkomendasikan untuk atap. 

Sama halnya dengan produk baja ringan lain, item yang satu ini juga dijual per batang dan bisa kamu dapatkan dengan mudah. Pasalnya, produksinya sudah tersebar di berbagai daerah jadi mudah kamu temukan di toko-toko bangunan. Jadi, jika kamu berburu baja ringan perlu pertimbangkan juga merek ini.

10. Merek Prima

Untuk merek selanjutnya ada Prima yang juga sangat kuat dan tahan lama. Tentunya produk ini tidak boleh sampai ketinggalan dalam daftar buruan kamu. Item yang satu ini dijual per batang, dengan harga mulai dari Rp35 ribuan. Untuk ketebalan 1 mm, dibanderol dengan harga Rp 50 ribu per batang. Tentu produk dengan harga ini lebih kuat dibandingkan dengan yang lebih tipis.

Tapi tentu saja kamu perlu memilih baja ringan sesuai dengan kebutuhan kontruksi rumah kamu. Perlu juga disesuaikan dengan budget. Atau kamu juga bisa melakukan konsultasi dengan tukang. Jadi, mereka bisa memberi kamu masukan atau saran yang lebih cocok untuk rumahmu.

11. Merek BMT

rangka galvalum
Pinterest

Merek ini juga menjadi unggulan karena punya bahan baku yang kuat dan awet. Tentunya produk ini patut kamu pertimbangkan untuk kontruksi atap rumah kamu. BMT menyediakan berbagai kebutuhan terkait dengan konstruksi atap. Beberapa jenis produk yang dimaksud seperti canal, hollow, dan reng omega. 

Masing-masing dari mereka telah mengantongi standard SNI. Jadi aman dan kualitasnya terjamin. Selain itu material BMT juga tidak mudah rusak, anti karat, dan tentunya tanah panas maupun hujan. Jadi, bisa menjadi pilihan andalan kamu!

12. Merek Hi Steel

Merk baja ringan terbaik terakhir adalah Hi Steel. Produk ini menggunakan konstruksi yang kuat, ringan sekaligus awet. Baja ringan merek inii terbuat dari bahan galvalum, yang merupakan material baja dengan pelapisan yang mengandung unsur alumunium dan zinc. Merek ini sangat tahan terhadap korosi atau anti karat.

Spesifikasi produk ini memiliki ketebalan 0.75mm, tinggi 35mm, lebar 75mm, dan panjang sampai 6 meter. Tapi selain itu produklain ada yang memiliki ketebalan 0.65mm, 0.70mm, 0.75mm, tinggi 35mm dan lebar 75mm dengan panjang 6 meter perbatang. Jadi bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan.

Itulah tadi beberapa merek baja ringan yang bisa menjadi rekomendasi sampai melihat kekurangan dan kelebihannya. Penggunaan atap baja ringan semakin populer dalam konstruksi berbagai bangunan, khususnya sebagai kontruksi atap. Hal ini seiring kelangkaan bahan dari kayu, terutama jika pengguna menginginkan jenis kayu yang berkualitas.

Di sisi lain, penggunaan kayu dengan kualitas jempolan tentunya juga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Tapi jika dilihat dari segi keawetan, tentu produk baja ringan boleh diadu. Semoga artikel ini bisa memberi kamu referensi sebelum membeli baja ringan ya!