Sedulur sedang ingin mengatasi perut kembung yang mengganggu aktivitas? Lakukan Cara Ini agar Sembuh!

Sistem pencernaan mempunyai peran yang cukup penting agar makanan serta minuman dapat discerna dan diubah menjadi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Sistem ini harus dijaga dengan baik karena jika tidak, akan menimbulkan berbagai macam gangguan dan penyakit pada pencernaan. Salah satu penyakit yang mengganggu saluran pencernaan adalah perut kembung. Sebenarnya apa sih perut kembung itu?

Terlalu banyak gas yang terdapat pada lambung dan usus serta timbulnya gejala seperti perut penuh oleh gas itu disebut dengan perut kembung. Kondisi ini membuat perut sangat tidak nyaman dan selain membuat pencernaan terganggu, aktivitas sehari-hari pun juga akan terganggu. Mengatasi perut kembung dapat dilakukan dengan berbagai cara. Apa aja sih yang harus dilakukan? Simak rangkumannya di bawah ini, ya.

BACA JUGA: Mengenal Keunikan Pakaian Adat Papua yang Tetap Lestari

-->

1. Kompres air hangat

Perut Kembung? Atasi Dengan Cara Ini
unsplash

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi perut kembung adalah dengan mengompres air hangat. Langkah yang harus dilakukan adalah cukup menyiapkan kain bersih, air hangat, dan juga baskom. Kemudian, rendam kain bersih dalam baskom berisi air hangat yang sudah disiapkan. Setelah itu, tempelkan kompres tersebut di atas perut yang kembung sekitar 10-15 menit atau sampai airnya tidak hangat lagi. Hal ini sa meredakan rasa kram atau nyeri di perut. Ganti air yang sudah digunakan dan lakukan ulang seperti diatas.

Pembuluh darah akan melebar sehingga oksigen yang dibawa oleh darah akan bisa dengan lancar mengalir ketika suhu hangat pada kompres diletakkan pada perut yang kembung. Selain itu, kelebihan gas akan dikeluarkan sehingga kembung dapat berkurang dan kempes, serta perut akan menjadi lebih rileks.

2. Beri pijatan pada perut

Perut Kembung? Atasi Dengan Cara Ini
tuanpijat

Cara mengatasi perut kembung terus menerus salah satunya adalah dengan memberikan pijatan lembut pada perut yang sedang mengalami kembung. Atasi kondisi ini dengan memijatnya agar pergerakan dalam sistem pencernaan dapat menjadi lancar serta gas yang berada di perut akan berkurang. Langkah yang bisa dilakukan untuk memijat perut kembung adalah sebagai berikut:

  • Kedua tangan diletakkan di atas pinggul sebelah tangan
  • Perlahan pijat dengan gerakan memutar, tak lupa sertakan tekanan yang cukup ringan ke arah tulang rusuk sebelah kanan
  • Pijat ke arah perut bagian bawah menuju pinggul sebelah kiri
  • Bawa pijatan tangan ke arah bawah menuju sebelah kiri tulang pinggul
  • Ulangi dari awal sampai tubuh menjadi lebih enakan

Ketidaknyamanan pada perut yang disebabkan oleh kembung dapat reda dan berkurang setelah memberikan pijatan pada bagian perut secara berulang. Apabila tidak, gunakan cara yang selanjutnya ini.

3. Hindari makanan yang dapat meningkatkan gas di lambung

Perut Kembung? Atasi Dengan Cara Ini
pexels

Cara mengatasi perut kembung dan mual selanjutnya adalah dengan menghindari berbagai jenis makanan yang membuat gas di lambung meningkat. Beberapa contoh makanan yang bisa membuat produksi gas di dalam perut menjadi meningkat adalah brokoli, kacang polong, kubis, kosmis, pisang, bunga kol, dan gandum. Makanan-makanan tersebut kaya akan kandungan fruktosa, laktosa, serat, dan juga sorbitol, sehingga tidak bisa dicerna di dalam usus halus tetapi oleh usus besar. Kemudian, gas yang berada di dalam pencernaan akan bertambah. Usahakan untuk menghindari atau mengurangi makanan tersebut, ya.

4. Berhenti merokok

Perut Kembung? Atasi Dengan Cara Ini
unsplash

Salah satu cara lain untuk mengatasi perut kembung adalah dengan berhenti merokok. Cara ini lebih tepat untuk menghindari adanya penyakit kembung pada perut. Mengapa bisa demikian? Dilansir dari Medical News Today, banyak udara yang tertelan oleh tubuh ketika orang yang sedang merokok, bahkan sering. Banyak udara yang akan tertelan di tubuh semakin sering seseorang merokok. Tidak hanya rokok biasa, rokok elektrik pun juga bisa menelan lebih banyak udara daripada yang biasanya. Banyak sekali manfaat kesehatan lain selain mengatasi perut kembung yaitu untuk menghindari penyakit kanker paru-paru. Maka dari itu, usahakan untuk mengurangi konsumsi rokok atau berhentilah merokok agar tidak ada lagi masalah pada tubuh yang diakibatkan.

5. Melakukan olahraga ringan

Perut Kembung? Atasi Dengan Cara Ini
pexels

Olahraga yang rutin dan teratur mempunyai ragam manfaat dan kegunaan. Salah satunya adalah untuk menjaga agar sistem pencernaan dalam kondisi yang prima sehingga dapat mengatasi perut kembung. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan gerakan ringan seperti berjalan setelah mengonsumsi makanan, sehingga sistem pencernaan dapat terdorong dan makanan yang terserap akan menjadi optimal dan lancar. Otot yang ada di dalam perut akan menjadi lebih rileks juga, sehingga diharapkan akan keluar gas berlebih yang sedang terperangkap di dalam lambung dan juga usus.

BACA JUGA: Cara Menanam Lidah Buaya Agar Cepat Besar dan Subur

6. Manfaatkan bawang merah

Perut Kembung? Atasi Dengan Cara Ini
unsplash

Cara mengatasi perut kembung dengan bawang merah ternyata bisa dilakukan, lho. Selain digunakan sebagai bumbu dapur, bawang merah juga mempunyai ragam manfaat lainnya. Selain sebagai penurun demam pada anak, bawang merah juga dapat digunakan sebagai cara mengatasi perut kembung pada bayi. Cara yang dilakukan cukup mudah dan sederhana dilakukan. Siapkan bawang merah yang sudah dikupas dan cuci bersih, lalu tumbuk bawang merah dengan minyak telon yang dicampurkan secukupnya. Tumbuk kedua bahan tersebut sampai agak halus, kemudian oleskan ke perut bayi yang sedang kembung.

7. Makan secara perlahan dan tidak berbicara ketika makan

Perut Kembung? Atasi Dengan Cara Ini
unsplash

Selain merokok, perut kembung juga bisa disebabkan oleh bicara sambil makan. Itu karena udara yang ada akan terdorong masuk ke dalam pencernaan dan perut, dan dapat menyebabkan perut menjadi kembung. Cara mengatasi perut kembung ini adalah dengan menghindari bicara atau meminimalisir berbicara pada saat sedang makan. Selain itu, dianjurkan pula untuk makan secara perlahan saat perut sedang kembung agar tidak bertambah parah. Banyak udara akan masuk di tubuh ketika kita terbiasa makan dengan cepat. Selain kembung, perut akan menjadi begah dan penuh, sehingga dianjurkan untuk Sedulur mengunyah makanan tidak terburu-buru yaitu sekitar 30 hitungan baru ditelan. Pastikan pula untuk selalu menutup mulut saat mengunyah, karena selain merupakan salah satu etika dalam makan, juga untuk menghindari adanya gas yang berlebih pada perut.

8. Hindari minuman bersoda

pexels

Selain menghindari makanan yang mengandung gas seperti kubis dan kacang-kacangan, minuman berkarbonasi, soda, dan bir bisa membuat penumpukan gas yang ada di dalam lambung dan usus meningkat dan parah. Itu terjadi karena minuman tersebut mengandung karbon dioksida yang banyak di dalamnya. Gelembung dapat timbul dalam saluran pencernaan sehingga perut akan menjadi kembung. Ada juga pemanis buatan yang selain membuat seseorang mengalami diabetes, juga membuat perut akan menjadi tidak nyaman. Maka dari iru, hindarilah minuman bersoda untuk mengatasi perut kembung.

9. Batasi porsi dalam sekali makan

unsplash

Tanpa disadari, selain makan yang terlalu cepat, makan yang terlalu banyak juga bisa menjadi salah satu penyebab perut menjadi kembung. Akibat yang ditimbulkan adalah selain perut membesar, akan menjadi begah, penuh, bahkan kembung. Agar hal itu bisa tidak terjadi, sebaiknya batasilah porsi makan dalam sekali makan. Aturlah porsi menjadi porsi makan yang normal, sehingga dapat mengatasi perut kembung karena kerja lambung dan usus berat. Selain itu, membatasi jumlah porsi juga dapat membuat tubuh tidak obesitas karena terlalu banyak lemak yang akan bertumpuk di perut.

BACA JUGA: 12 Manfaat Minyak Zaitun Untuk Wajah & Cara Pakainya

10. Hindari makanan berlemak

Perut Kembung? Atasi Dengan Cara Ini
pexels

Cara mengatasi perut kembung dan susah bab salah satunya adalah dengan menghindari makanan yang berlemak. Konsumsi makanan berlemak seperti makanan yang digoreng, produk susu, serta kue dan jajanan seperti donat, pie, dan cookies. Makanan tersebut hanya akan memperparah keadaan karena dicernanya akan lama dan juga gas di lambung dapat meningkat dengan cepat. Maka dari itu, hindari konsumsi tersebut dan ganti dengan makanan yang sehat serta aman dikonsumsi.

11. Sengaja kentut atau bersendawa

https://www.alodokter.com/sering-sendawa-bisa-berarti-tidak-sehat
alodokter

Hindari kebiasaan menahan kentut atau sendawa karena bisa menyebabkan perut menjadi kembung. Kentut dan bersendawa merupakan cara mengeluarkan angin dalam perut secara alami dan bisa menjadi pereda perut kembung yang juga alami. Keduanya bisa meredakan karena gas yang terperangkap akan keluar bersamaan dengan kentut atau sendawa. Jadi, jika merasa perut tidak nyaman, segera jauhi orang sekitar untuk kentut atau sendawa. Perut akan menjadi lebih normal dan tidak begah karena gasnya akan terbuang.

12. Konsumsi teh herbal

Perut Kembung? Atasi Dengan Cara Ini
pexels

Minuman untuk perut kembung yang dapat dikonsumsi adalah teh herbal. Selain sebagai sumber antioksidan dan membantu meningkatkan daya ingat, teh herbal juga menjadi salah satu minuman untuk mengatasi perut kembung. Ada berbagai bahan herbal yang dapat dikonsumsi untuk mengurangi kembung, diantaranya adalah adas manis, kunyit, peppermint, dan chamomile.  Ada bahan-bahan yang sudah tersedia dalam bentuk teh herbal yang bisa langsung dikonsumsi seperti peppermint dan chamomile. Sementara itu, rempah lain seperti kunyit dan ketumbar dapat diolah sebagai bumbu untuk sebuah hidangan.

Itulah beberapa cara alami untuk mengatasi perut kembung, dari memberikan pijatan pada perut sampai menghindari berbagai makanan dan minuman yang menjadi penyebab penyakit tersebut. Ada pula makanan penghilang perut kembung diantaranya adalah alpukat, ketimun, dan yoghurt. Jika cara yang disebutkan diatas masih belum bisa mengatasi, lebih baik untuk segera menghubungi dokter terdekat atau dokter langganan Sedulur untuk kemudian dilakukan pengobatan lebih lanjut. Semoga bermanfaat, ya!

Selain mengetahui cara alami serta aman untuk atasi permasalahan perut kembung, ada pula cara aman untuk mengatasi kebutuhan terutama pokok Sedulur yang sudah habis di rumah. Sedulur cukup dengan mendownload  Aplikasi Super. Aman, mudah, dan lengkap!