Simak berbagai manfaat kentang goreng di bawah ini. Ternyata kentang sangat bermanfaat untuk kecantikan juga, lho!

Penemu kentang goreng atau berbagai jenis makanan yang berasal dari ketang, pada awalnya mungkin tidak menyangka bahwa kentang bisa menjadi makanan yang paling enak dan sukai oleh banyak orang di dunia.

Selain karena kalori kentang yang tinggi dan mengenyangkan, berbagai manfaat kentang juga dapat memberikan dampak baik untuk tubuh. Mulai dari manfaat kentang mentah, manfaat kentang untuk daya tahan tubuh, manfaat kentang untuk diet, manfaat kentang bagi kulit wajah, manfaat kentang untuk bayi dan hingga manfaat manfaat kentang goreng

Artikel kali ini akan membahas berbagai manfaat kentang untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk kesehatan mungkin banyak sudah tahu, Beda lagi untuk kecantikan. Yuk, mari simak apa saja manfaat kentang yang bisa kita dapatkan.

Baca Juga: 15 Manfaat Minum Kopi dan Efeknya Jika Dikonsumsi Tiap Pagi

Daftar Manfaat Kentang untuk Kesehatan dan Kecantikan Tubuh

1. Mengandung Antioksidan

Mengandung Antioksidan

Sama seperti sayur dan umbi-umbian pada umumnya, kandungan antioksidan menjadi bagian penting dalam kentang. Kentang juga sangat kaya akan senyawa flavonoid, karotenoid dan asam fenolik. Ketiga senyawa tersebut dapat memberikan manfaat kentang yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan sangat ampuh dalam mencegah radikal bebas masuk dan merusak sel yang ada pada tubuh. Bahkan, radikal bebas juga merupakan salah satu penyebab dari berbagai penyakit yang bisa merusakn tubuh.

2. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Membantu Mengendalikan Gula Darah

Tersebar mitos bahwa mengkonsumsi kentang bagi penderita diabetes akan memberikan dampak buruk. Namun faktanya adalah sebaliknya. Manfaat kentang yaitu dapat memberikan kemampuan tubuh untuk mengendalikan gula dalam darah.

Manfaat kentang untuk mengendalikan gula darah disebabkan oleh kandungan pati resisten yang tidak bisa diserap oleh tubuh sepenuhnya. Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati akan menjadi sumber nutrisi bagi bakteri baik yang ada dalam usus.

Selain itu, pati resisten juga dapat membuat kerja insulin dan hormon pengendali gula dara menjadi lebih optimal.

3. Menyehatkan Pencernaan

Menyehatkan Pencernaan

Karena pati resisten dapat memberikan nutrisi bagi bakteri baik dalam usus besar, hal tersebut bisa memudahkan kerja usus dan pencernaan. Pati resisten yang dikonsumsi sebagai nutrisi oleh bakteri baik dapat berubah menjadi asam lemak rantai pendek,

Asam lemak rantai pendek tersebut yang memberikan manfaat kentang untuk menyehatkan sistem pencernaan. Risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar dan mengurangi risiko kanker kolorektal atau kanker usus besar. Terbukti bahwa manfaat kentang baik untuk kesehatan tubuh.

4. Bebas Gluten

Bebas Gluten

Kandungan senyawa dalam kentang bebas dari gluten. Gluten merupakan jenis protein yang ditemukan dalam biji-bijian seperti gandum. Terdapat beberapa orang yang mengalami masalah dalam mengolah gluten dalam tubuh.

Bagi yang mengalami permasalah tersebut, kentang bisa dijadikan pilihan tetap untuk dikonsumsi. Dan manfaat kentang bisa mencegah penyakit celiac atau sensitivitas gluten.

Baca Juga: 20 Manfaat Minum Teh Setiap Hari, Minuman Berjuta Manfaat

5. Menjaga Tekanan Darah

Menjaga Tekanan Darah

Manfaat kentang selanjutnya adalah dapat menjaga tekanan darah yang disebabkan oleh kandungan kalium. Bahkan kandungan kalium dalam kentang lebih tinggi ketimbang kandungan kalium dalam buah pisang. Kalium merupakan mineral yang dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Selain itu juga, kentang mengandung kalsium dan kalium yang dapat dengan cepat menurunkan tekanan darah dengan merangsang pembuluh darah untuk memperlebar ukurannya, agar darah dapat mengalir dengan lancar.

6. Menjaga Sistem Saraf dan Fungsi Otak

Menjaga Sistem Saraf dan Fungsi Otak

Manfaat kentang satu ini dapat terjadi dikarenakan kandungan vitamin B6 yang terdapat dalam kentang. Karena vitamin B6 bisa menjaga kesehatan neuron atau saraf. Vitamin B6 juga dapat menghasilkan bahan kimia otak, yaitu serotonin, dopamin dan norepinefrin.

Hal tersebut menunjukan bahwa manfaat kentang dapat membantu mengatasi depresi atau stress. Selain itu, kalium yang terdapat dalam kentang juga bisa mendorong pelebaran pembuluh darah yang juga dapat memastikan otak mendapatkan asupan darah yang cukup.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat kentang berikut ini sangat penting dan sangat bermanfaat. Karena kentang mengandung fungsi karotenoid yang dapat membantu menjaga fungsi jantung dengan baik. Vitamin B6 yang terdapat pada kentang dan juga antioksidan dapat mengurangi radikal bebas masuk dan merusak sel jantung.

Rutin mengkonsumsi kentang sangat baik untuk kesehatan jantung dan juga menjaga kesehatan tubuh lainnya. Namun, bukan hanya bermanfaat untuk kesehatan secara umum, kentang juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

8. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan

Kentang mengandung senyawa solanin yang memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Kentang juga dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Terutama jika kentang dimasak dengan cara direbus atau digoreng.

Karena kentang dapat menurunkan kolesterol jahat dan mampu untuk mengontrol tekanan darah. Menjadikan kentang sebagai makanan diet sangat cocok bagi yang tengah menjalankan program menurunkan berat badan.

9. Membentuk Tubuh yang Ideal dan Mencegah Obesitas

Membentuk Tubuh yang Ideal dan Mencegah Obesitas

Kentang mengandung vitamin, mineral dan zat-zat baik lainnya yang berfungsi sebagai pertahanan tubuh dalam melawan penyakit dan berperan pada kesehatan secara keseluruhan. Salah satunya termasuk berperan dalam mencegah obesitas dan membantu untuk membentuk tubuh yang ideal.

Kentang memiliki serat pangan yang memiliki peran sebagai pengganjal yang dapat mempertahankan rasa kenyang dan tidak mudah lapar. Ditambah dengan manfaat dan peran kentang dalam melancarkan pencernaan.

10. Membentuk Otot

Membentuk Otot

Bagi yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal dan telah mendapatkannya, sudah otomatis mendapatkan otot yang besar dan bagus adalah idaman. Dengan mengkonsumsi kentang secara rutin dapat membentuk otot lebih baik dan memiliki bentuk yang bagus.

11. Mencegah Penuaan Dini

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat kentang untuk kecantikan yang sangat dibutuhkan oleh para wanita adalah mencegah penuaan dini. Setiap manusia akan menjadi tua pada waktunya. Namun, banyak kasus bisa menjadi tua sebelum waktunya.

Banyak faktor yang mempengaruhi, bisa pikiran yang terlalu stress, lingkungan, polusi dan banyak hal lainnya. Dengan mengkonsumsi kentang secara rutin, kita bisa mencegah penuaan dini datang terlampau cepat. Kentang juga bisa diolah menjadi jus dan dijadikan masker wajah untuk mencegah penuaan dini.

12. Mengatasi Jerawat

Mengatasi Jerawat

Biasanya remaja mengalami jerawat yang tubuh secara berantakan di wajah. Dan hal tersebut membuat sebagai dari remaja menjadi tidak percaya diri karena keberadaan jerawat yang mengganggu dan terlihat di wajah.

Jus kentang yang bisa digunakan sebagai masker juga dapat memberikan manfaat kentang sebagai obat penghilang jerawat. Namun, jika untuk digunakan sebagai masker, disarankan kentang di jus sampai benar-benar halus, agar lebih maksimal diserap oleh wajah.

13. Mencerahkan Kulit

Mencerahkan Kulit

Mengkonsumsi kentang secara rutin juga dapat mencerahkan kulit tubuh dan wajah secara perlahan. Terutama jika mengkonsumsi kentang secara rutin dan teratur. Atau, jika ingin mendapatkan manfaat kentang satu ini, bisa juga dengan memarut kentang segar dan mengoleskannya pada bagian kulit tertentu.

Diamkan parutan kentang selama 30 menit agar kentang dapat bekerja dan masuk kepori-pori kulit untuk dapat lebih mencerahkan kulit. Setelah 30 menit, bilas kentang di bagian kulit yang dioles parutan kentang dan lihat manfaat kentang bekerja.

14. Mengangkat Sel Kulit Mati

Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain mencerahkan kulit, manfaat kentang selanjutnya yaitu dapat mengangkat sel kulit mati. Terutama bagi yang pernah berjerawat. Sisa jerawat bisanya akan menimbulkan flek hitam yang adalah sel kulit mati.

Cara agar mendapatkan manfaat kentang satu ini adalah dengan memfungsikan parutan kentang sebagai scrub alami yang dapat memberikan kelembutan bagi kulit. Gosokkan parutan kentang di wajah dan tubuh, diamkan selama 10 menit dan kemudian bilas dengan air hangat. Sel-sel kulit mati akan perlahan terangkat.

15. Menyehatkan Rambut

Menyehatkan Rambut

Bukan hanya lidah buaya yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan rambut. Salah satu manfaat kentang untuk kecantikan adalah menyehatkan rambut. Kentang dapat mengatasi masalah uban, rambut kering, rambut berminyak dan juga rambut rontok.

Cara untuk mendapatkan manfaat kentang satu ini adalah dengan membuat kentang menjadi jus dari parutan kentang yang telah diperas. Perasan dari parutan kentang tersebut dicampurkan dengan satu butir telur dan perasan lemon.

Oleskan campuran tersebut kepada rambut dan kulit kepala sambil kulit kepala dipijat selama 5 menit. Setelah itu, diamkan selama 20 menit dan kemudian bilas hingga rambut bersih dari sisa campuran kentang di atas. Rambut pun perlahan akan semakin sehat.

16. Menghilangkan Kantung Mata

Menghilangkan Kantung Mata

Bukan hanya jerawat yang bisa membuat tidak percaya diri, namun kantung mata juga dapat membuat kita tidak percaya diri. Kita bisa menghilangkan kantung mata dengan menggunakan kentang.

Caranya membuat jus kentang yang dicampur dengan mentimun, dan oleskan pada wajah terutama pada sekitar kantung mata. Diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air. Sembab dan kantung mata akan hilang dengan segera.

17. Membersihkan Pori-Pori

Membersihkan Pori-Pori

Memiliki pori-pori wajah yang melebar dapat menyebabkan munculnya jerawat pada wajah dan sekaligus membuat pori-pori wajah menjadi kotor. Salah satu cara yang bisa kita gunakan untuk membersihkan pori-pori adalah dengan menggunakan kentang.

Lima sendok jus kentang dicampurkan dengan satu sendok baking soda dan ditambah satu cangkir air, bisa membersihkan pori-pori. Oleskan campuran tersebut pada kulit wajah yang ingin dibersihkan pori-porinya, gosok wajah dengan gerakan melingkar dan lalu bilang hingga bersih.

18. Menyembuhkan Kulit yang Terbakar Akibat Sinar Matahari

Menyembuhkan Kulit yang Terbakar Akibat Sinar Matahari

Sinar matahari dapat memberikan efek buruk pada kulit wajah dan tubuh kita. Salah satunya yaitu dapat membuat kulit terbakar. Kulit terbakar dikenal dengan istilah pigmentasi kulit karena paparan sinar matahari.

Menggunakan jus kentang yang dicampur dengan jus tomat dan kunyit bubuk dapat membuat kulit wajah yang terbakar pulih kembali seperti biasa. Masker wajah tersebut juga dapat mencegah terjadinya pigmentasi kulit.

19. Mengatasi Kulit Berminyak

Mengatasi Kulit Berminyak

Kulit berminyak memang menjadi masalah bagi beberapa orang. Terutama kulit berminyak dapat menyebabkan jerawat dan masalah lainnya. Salah satu cara ampuh untuk mengatasi kulit berminyak adalah dengan menggunakan jus kentang yang dicampur dengan menggunakan jeruk nipis.

Jadikan campuran keduanya sebagai masker wajah dan gunakan secara rutin untuk mengatasi permasalahan kulit berminyak.

20. Mengatasi Kulit Kering

Mengatasi Kulit Kering

Memiliki wajah yang telalu kering dan berminyak juga tidak baik, seimbangkan keduanya dengan menggunakan kentang. Baik dikonsumsi atau digunakan sebagai masker. Menggunakan kentang sebagai masker untuk kulit kering bisa digunakan dengan campuran jeruk nipis atau lemon.

Gunakan secara rutin dan kulit kering pun akan secara perlahan teratasi. Kulit pun akan menjadi lembab, tidak kering dan juga tidak begitu berminyak.

Semoga manfaat kentang di atas dapat dirasakan dan dilakukan untuk mendapatkan kesehatan dan kecantikan yang sempurna. Jika membutuhkan produk kecantikan yang lebih spesifik dan berkualitas tinggi, bisa cek di Aplikasi Super saja.

Aplikasi Super selain menyediakan sembako, juga menyediakan alat dan obat kecantikan untuk mengoptimalkan potensi yang hilang. Cek langsung saja di Aplikasi Super, download terlebih dahulu bagi yang belum download aplikasinya.

Jangan lupa juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, untuk mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan Aplikasi Super. Selamat mencoba!