Berikut ini beberapa makna proklamasi kemerdekaan yang bisa kita refleksikan menjelang perayaan hari kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti.

Setiap peristiwa sejarah tentu saja memiliki makna yang amat dalam, makna yang terkandung dalam setiap peristiwa tersebut menjadi modal bagi kita sebagai pegangan untuk menjalani hidup di masa kini dan masa depan. Oleh karena itu, Bung Karno pernah bilang ‘Jas Merah; Jangan sekali-kali melupakan sejarah’.

Apa yang disampaikan Bung Karno itu bukan semata-mata jargon, tapi mengandung nilai yang harus menjadi pegangan bagi kita sebagai warga Indonesia. Termasuk menjelang perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus nanti, kita sebagai warga Indonesia harus memahami betul apa saja makna proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Agar kita sebagai bangsa Indonesia bisa mengetahui dengan baik bahwa Proklamasi Kemerdekaan menjadi tanda lahirnya negara Republik Indonesia yang bebas dari penjajahan, berdiri sendiri, tanpa dikuasai oleh bangsa mana pun.

-->

Lalu apa saja makna lain dari Proklamasi Kemerdekaan? Dalam kesempatan ini, Superapp.id mengulas apa saja makna proklamasi bagi Indonesia itu sendiri. Agar dapat menjadi warga negara yang baik, kita harus melakukan pemaknaan proklamasi kemerdekaan dengan khidmat.

Baca Juga: 4 Hal yang Berbeda di 17 Agustus Tahun 2021 Ini

Makna Proklamasi Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia yang Wajib Diketahui

1. Lahirnya Bangsa Indonesia

1. Lahirnya Bangsa Indonesia
touropia.com

Jika Sedulur diberi pertanyaan, apa saja makna proklamasi kemerdekaan Indonesia menurutmu? Jawaban pertama yang terlintas adalah lahirnya negara bangsa Indonesia. Tepat sekali, proklamasi merupakan titik penting lahirnya Indonesia sebagai bangsa dan negara. Karena sebelum pembacaan proklamasi, Indonesia hanya merupakan wacana luhur dan cita-cita yang terus diusahakan oleh para pejuang dan pendiri bangsa Indonesia.

2. Puncak Perjuangan Kemerdekaan

2. Puncak Perjuangan Kemerdekaan
grid.id

Salah satu makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah berakhirnya perjuangan kemerdekaan yang dilakukan. Puncak perjuangan kemerdekaan adalah dibacakannya proklamasi kemerdekaan. Meskipun begitu, sebenarnya perjuangan belum usai. Setelah kemerdekaan, perjuangan yang harus dihadapi adalah seputar mempertahankan. Hal ini terus dilakukan dan diupayakan hingga saat ini. Agar makna proklamasi tidak terkikis oleh waktu.

3. Berakhirnya Segala Bentuk Penjajahan

3. Berakhirnya Segala Bentuk Penjajahan
indozone.news

Jika kita dimintan untuk sebutkan dan jelaskan makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia, jawaban yang terlintas adalah berakhirnya segala bentuk penjajahan. Betul, penderitaan nenek moyang kita yang tersiksa oleh penjajah berakhir setelah proklamasi dibacakan. Hal ini seharusnya kita pegang teguh, agar api semangat perjuangan tetap menyala dan terwariskan kepada setiap generasi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Merdeka dalam Berbisnis

4. Pelaksanaan Amanat Penderitaan Rakyat

4. Pelaksanaan Amanat Penderitaan Rakyat
okezone.com

Makna proklamasi kemerdekaan yang paling penting adalah pelaksanaan amanat penderitaan rakyat. Amanat penderitaan rakyat dalam hal ini adalah kesulitan rakyat yang dialami selama masa penjajahan, baik kerja paksa atau kerja rodi yang mengorbankan banyak jiwa penduduk lokal. Dengan pembacaan teks proklamasi, pemerintahaan Indonesia pun mulai bergulir, hal pertama yang menjadi landasan pelaksanaan pemerintah Indonesia yaitu amanat penderitaan rakyat.

5. Meluhurkan Derajat dan Martabat Bangsa

5. Meluhurkan Derajat dan Martabat Bangsa
beritasatu.com

Pada masa penjajahan Belanda, saat itu derajat dan martabat bangsa sedang diinjak-injak. Leluhur kita, tidak bisa memas memilih apa yang menjadi nasib hidup. Dengan dibacakannya proklamasi dan berhasil mencapai kemerdekaan, para pendiri bangsa Indonesia secara tidak langsung menaikan derajat dan martabat bangsa Indonesia sebagai bangsa merdeka.

Setidaknya, tidak ada lagi penjajahan dan penjarahan sumber daya alam. Makna proklamasi kemerdekaan satu ini sangat penting agar kita senantiasa mengingat betapa perihnya hidup tidak bebas di dijajah, dan kita bisa selalu bersyukur sebagai warga negara dengan turut mengabdikan diri demi kemajuan negara Indonesia.

6. Awal Baru bagi Sejarah Indonesia

6. Awal Baru bagi Sejarah Indonesia
kompasiana.com

Pada saat Bung Karno selesai membacakan proklamasi, dan ketika setiap radio di daerah-daerah menyebarkannya, pada titik ini sebuah awal baru bagi sejarah Indonesia dimulai. Bagaimana makna proklamasi kemerdekaan bisa sedemikian bermakna, dan menjadi awalan yang mengharukan. Meskipun kemudian banyak yang harus dibenahi, namun setidaknya sebagai bangsa dan negara yang merdeka, kita bisa dengan bebas menentukan nasib kita sendiri.

7. Bersatunya Setiap Daerah dalam Satu Wilayah Indonesia

7. Bersatunya Setiap Daerah dalam Satu Wilayah Indonesia
kumparan.com

Indonesia tidak bisa lahir dan hadir di dunia ini, tanpa bersatunya setiap daerah. Setiap daerah dari Sabang sampai Merauke, bersatu atas nama Indonesia. Mengesampingkan keinginan daerahnya dan rela berkorban dengan lahirnya bangsa Indonesia. Dengan mengetahui makna proklamasi kemerdekaan ini, kita akan terlepas dari isu-isu yang memecah belah bangsa, dan Indonesia akan semakin kuat sebagai sebuah negera merdeka.

8. Persatuan dan Kesatuan

8. Persatuan dan Kesatuan
kompas.com

Persatuan dan kesatuan sebuah negara sangat sulit didapatkan. Dalam peristiwa proklamasi, kita bisa melihat betapa tingginya nilai dan makna persatuan dan kesatuan. Setiap pejuang rela mengesampikan egoisme masing-masing dan mengusung persatuan dan kesatuan guna tercapainya kemerdekaan. Maka dari itu, salah satu makna proklamasi kemerdekaan yang paling penting adalah persatuan dan kesatuan.

9. Pernyataan Secara de Facto

9. Pernyataan Secara de Facto
pikiran-rakyat.com

Selain semua makna proklamasi kemerdekaan yang telah dijelaskan di atas, makna proklamasi kemerdekaan Indonesia juga bisa diartikan sebagai sebuah pernyataan secara de facto. De Facto merupakan istilah yang berarti sebuah fakta keras atau kenyataan. Bagi bangsa asing, proklamasi Indonesia merupakan sebuah fakta dan kenyataan yang tidak bisa diganggu gugat, bisa dibuktikan secara nyata tanpa rekayasa sama sekali.

Hal ini juga sekaligus sebagai sebuah pernyataan terhadap bangsa asing yang sering menjajah, bahwa Indonesia menolak segala bentuk penjajahan dan melawan hal tersebut. Sebagai sebuah bangsa baru, Indonesia cukup keras dan berani melawan segala bentuk penjajahan.

Terdapat juga beberapa aspek yang bisa dijadikan sebagai landasan untuk memaknai proklamasi kemerdekaan itu sendiri. Apa saja aspek-aspek tersebut? Berikut ini ulasan dari Superapp.id.

Makna Proklamasi Kemerdekaan Dalam Beberapa Aspek

1. Aspek Historis

1. Aspek Historis
republika.co.id

Dalam aspek historis atau aspek sejarah, proklamasi kemerdekaan Indonesia adalah titik awal perjalanan bagi Indonesia sebagai sebuah negara bangsa, sekaligus juga titik akhir perjuangan pejuang mengusir penjajahan dan merebut kemerdekaan. Dengan memaknai proklamasi kemerdekaan secara historis, kita bisa selalu merawat api perjuangan para pejuang dalam merebut kemerdekaan agar semakin peduli terhadap perkembangan bangsa Indonesia.

2. Aspek Sosiologis

2. Aspek Sosiologis
cerdika.com

Pemaknaan proklamasi kemerdekaan juga bisa dilihat menggunakan sudut pandang sosiologis. Dengan berakhirnya penjajahan dan mulainya negara Indonesia, sebagai sebuah bangsa yang besar yang terdiri dari berbagai suku dan adat istiadat, kita harus bersatu padu untuk mencapai segala kebaikan dan tujuan bangsa Indonesia.

Sebagaimana para pendiri bangsa yang terdiri dari berbagai suku dan adat, bersatu padu melawan penjajahan dengan segala cara, baik melalui cara diplomasi atau berperang sekalipun.

3. Aspek Kultural

3. Aspek Kultural
kompasiana.com

Sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia dibacakan oleh Bung Karno dan Bung Hatta, Indonesia hanya sebuah angan-angan dan cita-cita luhur. Yang ada hanya beberapa daerah dengan suku dan adat istiadatnya.

Namun, ketika proklamasi kemerdekaan dibacakan, negara bangsa Indonesia berdiri, semua suku, adat istiadat yang ada di setiap daerah bersatu dan menyatakan diri sebagai sebuah bangsa Indonesia yang baru merdeka. Hal ini merupakan aspek kultural yang sangat penting sebagai sebuah iktiar merefleksikan diri.

4. Aspek Hukum

4. Aspek Hukum
idntimes.com

Dari sudut pandang hukum, kemerdekaan Indonesia jelas merupakan sebuah pernyataan tegas dan dengan begitu konstitusi dan hukum di Indonesia pun mulai diberlakukan. Dalam pandangan hukum, setiap masyarakat Indonesia memiliki kedudukan yang sama. Tidak memandang jenis kelamin, ras, suku, agama, warna kulit dan lain sebagainya. Hal ini juga menunjukan sebuah persatuan yang kuat. Setiap yang melakukan kejahatan wajib dihukum, dan korban wajib menerima perlindungan.

5. Aspek Politis

5. Aspek Politis
kompasiana.com

Semantara dalam aspek politis, seketika proklamasi kemerdekaan dibacakan, secara politis Negara Indonesia merupakan negara merdeka yang berdaulat dan memiliki kedudukan yang sama dengan negara yang lainnya. Meskipun, secara internasional para Bapak Pendiri Bangsa Indonesia harus memperjuangkan agar mendapatkan pengakuan kemerdekaan Indonesia.

6. Aspek Spiritual

6. Aspek Spiritual
detik.com

Meskipun kemerdekaan Indonesia merupakan sebuah kemenangan nyata dalam hidup di dunia ini, para pendiri bangsa Indonesia tidak sekalipun pernah melupakan aspek spiritual. Maka dari itu, dalam pancasila, di sila pertama pernyataan tegas percaya terhadap Tuhan Yang Maha Esa menjadi poin utama. Kemedekaan yang didapatkan semata-mata atas ridho dan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa.

Sekian pembahasan mengenai makna proklamasi kemerdekaan yang wajib kita imani dan taati sebagai warga negara Indonesia. Jangan sekali-kali melupakan sejarah dan perjuangan para pendiri bangsa. Agar setiap perayaan kemerdekaan, kita bisa merasakan betapa nikmatnya menjadi sebuah negara yang merdeka.

Kemerdekaan juga bisa kita nikmati dalam hal-hal kecil yang kita lakukan sehari-hari. Contohnya dalam membeli kebutuhan harian dan kebutuhan dapur. Kita bisa secara merdeka memenuhi kebutuhan harian dengan membelinya di Aplikas Super. Pelayanan dari Aplikasi Super membuat kita bebas merdeka memilih yang kita butuhkan.

Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Rayakan kemerdekaan Indonesia dan maknai betapa berharganya sebuah kemerdekaan bersama kemudahan layanan dari Aplikasi Super.