makanan yang membuat kenyang lebih lama saat puasa

Bagi yang menjalankan ibadah puasa, sahur menjadi waktu makan yang sangat penting. Di waktu inilah, Sedulur akan mengumpulkan energi untuk sepanjang hari. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui apa saja makanan yang membuat kenyang lebih lama saat puasa.

Kendati demikian, ternyata masih banyak orang yang salah kaprah mengenai sahur. Kebanyakan beranggapan jika harus makan dalam jumlah yang banyak, supaya bisa kenyang lebih lama. Padahal hal itu sebenarnya salah besar.

Tubuh manusia memang sudah diprogram untuk mengolah makanan hanya sekali, entah itu sedikit maupun banyak. Dengan begitu, maka perut akan tetap kosong setelah 6 hingga 8 jam, dan kemudian langsung merasa lapar lagi.

Oleh sebab itu, dibandingkan memperbanyak jumlahnya, Sedulur perlu lebih fokus pada jenis makanan yang dikonsumsi. Nah, berikut ini beberapa makanan yang membuat kenyang lebih lama saat puasa.

BACA JUGA: Resep Udang Pete Balado yang Lezat dan Praktis

1. Telur

makanan yang membuat kenyang lebih lama saat puasa
Pexels/Daniel Torobekov

Makanan yang membuat kenyang lebih lama saat puasa pertama adalah telur. Telur merupakan sumber protein tinggi, dan protein dikenal memiliki efek kenyang yang lebih tahan lama dibandingkan dengan karbohidrat atau lemak.

Protein sendiri akan membantu mengontrol rasa lapar dan menjaga kadar glukosa darah tetap stabil. Selain itu telur juga mengandung semua asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh.

2. Oatmeal

Oatmeal kaya akan serat, terutama serat larut seperti beta-glukan. Serat ini meningkatkan viskositas cairan di saluran pencernaan, membentuk gel, dan memperlambat proses pencernaan. Oleh karena itu, makanan tinggi serat seperti oatmeal dapat memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

Oatmeal juga mengandung protein, yang mana kombinasi serat dan protein membantu menjaga tingkat glukosa darah stabil, yang dapat memperlambat perasaan lapar.

3. Nasi merah

Nasi merah mengandung serat yang lebih tinggi daripada nasi putih. Serat membantu memperlambat pencernaan, sehingga makanan tetap lebih lama di saluran pencernaan dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Selain itu, nasi merah mengandung karbohidrat kompleks, yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dan diubah menjadi glukosa. Hal ini menghasilkan peningkatan glukosa darah yang lebih lambat, membantu menjaga tingkat energi dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan protein, yang merupakan nutrisi yang memberikan rasa kenyang yang tahan lama. Seperti yang kita tahu, protein memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dan diubah menjadi energi, sehingga memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.

Kacang-kacangan juga mengandung serat yang tinggi, baik serat larut maupun tidak larut. Serat ini membantu mengontrol rasa lapar dengan memperlambat pencernaan dan penyerapan nutrisi.

5. Sayur dan buah

Sayur dan buah juga kaya akan serat yang memperlambat proses pencernaan, meningkatkan rasa kenyang, dan juga menjaga perasaan kenyang lebih lama. Tidak hanya itu, sayur dan buah memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga meminimalisir rasa haus dan dehidrasi pada saat berpuasa.

Menariknya, sayur dan buah mengandung berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk fungsi tubuh yang optimal. Kombinasi nutrisi ini dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh dan memberikan rasa kenyang.

BACA JUGA: Resep Ikan Goreng Bumbu Kuning, Enak dan Mudah!

6. Roti gandum utuh

makanan yang membuat kenyang lebih lama saat puasa
Pexels/Elviss Railijis

Selain serat, makanan yang membuat kenyang lebih lama saat puasa ini juga mengandung karbohidrat kompleks. Karbohidrat ini membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna.

Karbohidrat kompleks juga memberikan energi secara bertahap dan membantu menjaga kadar glukosa darah stabil. Bahkan roti gandum utuh dapat mengandung lebih banyak protein dan lemak sehat dibandingkan dengan roti putih, lho.

7. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal. Lemak sehat ini dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama, karena mereka memperlambat pencernaan dan memberikan sumber energi yang stabil.

Selain itu, kandungan lemak dan serat alpukat dapat memberikan efek pengisian di perut. Hal ini memberikan perasaan kenyang dan mengurangi keinginan untuk makan lebih cepat.

8. Yogurt

Yogurt adalah makanan yang membuat kenyang lebih lama saat puasa karena kaya akan kandungan protein. Jenis protein tersebut adalah protein susu seperti whey dan casein. Protein sendiri memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna dan memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

Beberapa jenis yogurt juga mengandung serat, terutama jika Sedulur menambahkan buah-buahan atau biji-bijian. Dengan begitu, maka serat akan membantu memperlambat pencernaan dan memberikan perasaan kenyang yang lebih lama.

9. Kentang manis

Kentang manis mengandung karbohidrat kompleks, yang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Karbohidrat kompleks ini juga memberikan energi secara bertahap, membantu menjaga kadar glukosa darah stabil, dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Kentang manis juga memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibandingkan dengan beberapa sumber karbohidrat lainnya. Ini berarti karbohidrat dalam kentang manis dipecah secara lebih lambat, dan menjaga rasa kenyang.

10. Ikan

Ikan kaya akan protein, termasuk dengan asam amino esensial yang diperlukan oleh tubuh. Sebagian besar ikan juga mengandung lemak sehat, terutama asam lemak omega-3. Lemak sehat ini membantu memberikan rasa kenyang, meningkatkan kejenuhan, dan memberikan sumber energi yang stabil.

Asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan dalam ikan laut, memiliki efek positif pada metabolisme lemak dan penurunan nafsu makan, yang dapat membantu menjaga rasa kenyang.

BACA JUGA: Resep Pindang Ayam Bumbu Iris, Gurihnya Bikin Nambah Terus!

11. Tofu

resep honey tofu
Pexels/Polina Tankilevitch

Tidak hanya mengandung protein nabati yang tinggi, tofu juga menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh. Asam amino esensial merupakan bahan dasar protein yang penting untuk fungsi tubuh yang optimal.

Bahkan tofu juga mengandung lemak tak jenuh ganda. Jenis lemak sehat ini memberikan rasa kenyang dan memberikan sumber energi yang tahan lama.

12. Daging tanpa lemak

Seperti yang telah diketahui, daging tanpa lemak kaya akan protein. Nutrisi ini mampu memberikan rasa kenyang yang lebih tahan lama.

Walaupun kadar lemak dalam daging tanpa lemak lebih rendah daripada jenis daging yang lebih berlemak, kandungan lemak sehat yang ada di dalamnya tetap dapat memberikan rasa kenyang, meningkatkan kejenuhan, dan memberikan sumber energi yang tahan lama.

13. Kurma

Kurma mengandung gula alami seperti fruktosa dan glukosa. Gula alami ini memberikan sumber energi yang tahan lama dan dapat membantu menjaga kadar gula darah yang stabil.

Selain itu, salah satu makanan yang membuat kenyang lebih lama saat puasa ini juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, magnesium, potassium, vitamin B kompleks, dan antioksidan. Nutrisi tersebut membantu memenuhi kebutuhan tubuh dan memberikan rasa kenyang.

14. Cokelat Hitam

Cokelat hitam mengandung lemak sehat, di antaranya seperti lemak tak jenuh tunggal dan poliunsaturasi. Lemak sehat tersebut ternyata mampu memberikan rasa kenyang dan sumber energi yang tahan lama.

Walaupun jumlah protein dalam cokelat hitam tidak sebanyak dalam sumber protein utama, tetap ada kontribusi protein yang dapat memberikan rasa kenyang.

15. Air

merek gula cair terbaik untuk minuman
Pexels/Charlotte May

Makanan yang membuat kenyang lebih lama saat puasa terakhir adalah air. Ya, air menjadi hidangan yang wajib dikonsumsi ketika sahur. Terkadang, perasaan lapar dapat disebabkan oleh kehausan.

Dengan minum air, maka dapat membantu membedakan antara rasa lapar dan rasa haus, dan seringkali, minum air dapat memberikan perasaan kenyang yang cukup untuk sementara waktu.

Selain itu, dehidrasi juga dapat menyebabkan sensasi yang salah diartikan sebagai rasa lapar. Namun jika Sedulur minum cukup air saat sahur, maka akan membantu menjaga tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa.

Mungkin hanya itu beberapa makanan yang membuat kenyang lebih lama saat puasa. Perlu untuk diingat bahwa kombinasi makanan dan proporsi yang seimbang penting untuk menjaga asupan nutrisi yang memadai selama puasa.