Salah satu alternatif tempat wisata di Jember, yaitu kebun teh Gunung Gambir. Yuk simak informasinya di bawah ini!

Kebun teh seringkali menjadi tempat wisata pilihan, terutama ketika musim liburan di tengah musim kemarau yang panas. Udara yang sejuk dan pemandangan yang indah menjadi alasan utama berkunjung ke kebun teh dalam rangka menghabiskan waktu liburan untuk sekedar refreshing dan menghilangkan penat.

Salah satu kebun teh yang seringkali dikunjungi sebagai tempat wisata adalah kebun teh gunung gambir, kebun teh kebun teh Jember ini memiliki kesejukan yang bisa menetramkan hati, ditambah lokasinya yang menarik hati untuk berfoto ria dan mengunggahnya di media sosial yang kita miliki merupakan suatu kelebihan lain yang dimiliki oleh wisata gunung gambir.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas tempat wisata kebun teh gunung gambir yang merupakan salah satu kebun teh Jawa Timur yang menjadi langganan dikunjungi saat masuk liburan. Yuk, mari kita langsung saja simak ulasan mengenai kebun teh gunung gambir yang ada di Jember dalam penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: Tomboan Ngawonggo, Wisata Kuliner Malang Ala Pedesaan

Info Wisata dan Keindahan dari Kebun Teh Gunung Gambir Jember

1. Lokasi Kebun Teh

1. Lokasi Kebun Teh
topwisata.info

Pegunungan teh di Jember ini berlokasi di Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tidak hanya terkenal dengan wisata pantainya, Jember juga memiliki daerah pegunungan yang menyimpang kesejukan untuk setiap pengunjungnya.

Kebun teh gunung gambir terletak di lereng pegunungan Argopuro yang berjarak sekitar 48 km dari pusat kota Jember. Selain kesejukan, kebun teh ini menawarkan pemandangan indah yang penuh dengan warna hijau yang akan membuat mata Sedulur tenang dan nyaman.

2. Rute Menuju Kebun Teh

2. Rute Menuju Kebun Teh
nativeindonesia.com

Sedulur bisa melalui beberapa rute untuk bisa sampai di kebun teh gunung gambir yang ada di Jember ini. Namun, untuk tiba di kebun teh ini, Sedulur harus menyiapkan mental dan kesabaran, karena butuh sekitar jarak sekitar 60 km dari pusat kota Jember sisi barat untuk tiba di tempat ini.

Selain itu, jalan yang penuh jurang dan masih banyak jalan bebatuan yang akan cukup menguras kesabaran Sedulur. Dengan jarak tempuh yang cukup jauh, dan medan jalan yang masih buruk, Sedulur membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk bisa tiba di kebun teh. Sekitar 1 jam 40 menit perjalanan yang dibutuhkan.

Bagi Sedulur yang berangkat dari arah Lumajang atau Surabaya, Sedulur  bisa melewati Pom Bensin Klakah lalu belok ke arah timur dengan tujuan Randu Agung -Kaliduren. Dari titik tersebut, semua arah yang Sedulur tempuh akan mengarah ke desa Kaliduren yang berada dekat dengan Desa Gelang tempat perkebunan teh berada.

Baca Juga: Wisata Lembah Tumpang Malang + Harga Tiket Masuk 2020

3. Jam Buka dan Fasilitas

3. Jam Buka dan Fasilitas
indonesiatraveller.id

Kebun teh ini buka 24 jam setiap harinya dan terbuka untuk setiap pengunjung yang akan berwisata menghabiskan waktu liburan di tempat ini. Terdapat juga tempat untuk bermalam dan menginap di tempat wisata ini, selain itu fasilitas penginapan yang disediakan pun sangat murah, hanya Rp. 150.000 hingga Rp. 250.000 per malamnya.

Selain itu, fasilitas lain yang ada di kebun teh gunung gambir ini yaitu kebun teh seluas 183 hektar yang termasuk kebun teh yang sangat memadai. Terdapat juga lokasi bumi perkemahan, jogging track, lapangan tenis dan fasilitas lainnya yang akan menunjang waktu liburan Sedulur.

4. Harga Tiket Masuk

4. Harga Tiket Masuk
nativeindonesia.com

Untuk dapat berkunjung ke tempat wisata ini, Sedulur perlu mengeluarkan biaya tiket masuk. Berikut informasi harga tiket masuk yang telah Superapp.id rangkum dari berbagai sumber terpercaya:

  • Biaya masuk per orang sebesar Rp. 3000
  • Biaya parkir kendaraan roda dua Rp. 2000
  • Biaya parkir kendaraan roda empat Rp. 5000

Biaya yang sangat murah, untuk mendapatkan keindahan luar biasa yang dimiliki oleh kebun teh di Jember ini.

5. Memiliki Sejarah Panjang

5. Memiliki Sejarah Panjang

Kebun teh gunung gambir di Jember ini memiliki sejarah yang panjang. Mulai dibuka lahan sebagai perkebunan dan ditanam bibit teh pada tahun 1918, di masa penjajahan kolonial Belanda. Dari tahun 1918 hingga 1942, perkebunan teh ini berada di bawah kekuasaan dan dikelola oleh pemerintah kolonial Belanda. Ketika Jepang menjajah Indonesia, perkebunan teh ini sempat terbengkalai di masa perang.

Baru sejak Indonesia merdeka, dan terjadi naturalisasi dari setiap aset milik pemerintah kolonial Belanda, kebun teh ini menjadi milik Indonesia dan berada di bawah pengelolaan PT. Perkebunan Nusantara XII, pengelolaan masih berlanjut hingga saat ini, dan juga dikembangkan menjadi tempat wisata yang bisa Sedulur nikmati.

Semoga informasi yang berkaitan dengan perkebunan teh di Jember ini bisa meyakinkan Sedulur untuk berlibur di tempat wisata ini. Jangan lupa untuk menggunakan Aplikasi Super selama Sedulur menghabiskan waktu libur di Jember. Banyak bonus menarik yang akan diberikan oleh Aplikasi Super yang dapat membuat Sedulur untung melimpah.

Sedulur bisa klik di sini bagi yang belum download Aplikasi Super. Sedulur juga bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, mempelajari lebih jauh terkait Aplikasi Super. Banyak diskon dan bonus menarik dari Aplikasi Super menjelang hari-hari penting di Indonesia, oleh karena itu Sedulur wajib untuk pantengin terus Aplikasi Super, ya!