kata kata motivasi

Sedulur pasti pernah merasakan titik di mana tak punya semangat, mudah menyerah bahkan pasrah. Sebenarnya, hal ini wajar dan dialami oleh banyak orang. Untuk mengatasi masalah ini umumnya bisa dilakukan pendekatan psikologi. Namun sebenarnya Sedulur pun bisa mengatasinya sendiri dengan mendengar kata-kata motivasi dari para penceramah atau motivator.

Kata kata motivasi dianggap energi yang bisa mengembalikan semangat seseorang. Ketika semangat runtuh karena sedang menghadapi masalah berat memang membuat orang menjadi mudah menyerah. Maka dibutuhkan penyemangat untuk mengembalikan semangat tersebut.

Ada beberapa macam motivasi yang mampu membangkitkan semangat seseorang. Mulai dari dengan pendekatan agama, kata-kata motivasi cinta jika Sedulur sedang patah hati ditinggal sang pacar, hingga motivasi sukses ketika Sedulur ingin meraih apa yang diinginkan.

Penasaran apa saja kata kata motivasi untuk diri sendiri yang pas sesuai keadaan kamu Sedulur? Yuk, simak dan pahami selengkapnya dengan scroll ke bawah.

-->

BACA JUGA: 250 Kata-Kata Bijak Kehidupan, Penuh Makna dan Inspiratif

Kata-kata motivasi untuk diri sendiri

kata kata motivasi
Freepik

Seseorang pernah merasa tak bersemangat ketika harus dihadapkan oleh masalah berat. Seakan masalah tersebut sukar dicari solusinya sehingga Sedulur memilih pasrah ketimbang menyelesaikannya. Persoalan semacam ini tidak boleh dibiarkan sebab dapat berimbas pada tekanan psikologis orang itu sendiri.

Mendengar ceramah atau kata-kata motivasi dirasa perlu agar persoalan yang sebelumnya tidak bisa Sedulur selesaikan dapat terselesaikan dengan baik. Berikut ini adalah kata-kata penyemangat untuk Sedulur yang sedang berada di titik terendah dalam hidup.

  1. “Ilmu adalah yang memberikan manfaat, bukan yang sekedar hanya dhafal.” – Imam Syafii
  2. “Apapun yang dilakukan oleh seseorang itu hendaknya dapat bermanfaat bagi dirinya sendiri, bermanfaat bagi bangsanya dan bermanfaat bagi manusia di dunia pada umumnya”. – Ki Hadjar Dewantara
  3. “Dalam hidup, kamu akan bertemu dua jenis orang, orang yang membangunmu dan orang yang menjatuhkanmu. Namun pada akhirnya kamu akan berterima kasih pada mereka berdua.”
  4. “Ketika kamu mulai berusaha dan melakukan pekerjaan makin awal, maka hasil yang akan kamu dapatkan pun akan semakin awal datangnya.”
  5. “Tidak ada seorang pun yang bisa kembali ke masa lalu dan memulai awal yang baru lagi. Tapi semua orang bisa memulai hari ini dan membuat akhir yang baru.” – Maria Robinson
  6. “Pendidikan bukan cuma pergi ke sekolah dan mendapatkan gelar. Tapi juga soal memperluas pengetahuan dan menyerap ilmu kehidupan.” – Shakuntala Devi
  7. “Pembelajaran tidak didapatkan dengan kebetulan. Ia harus dicari dengan semangat dan disimak dengan tekun.” – Abigai Adams
  8. “Jangan pernah berhenti belajar karena hidup tak pernah berhenti mengajarkan.”
  9. “Apa yang kita kira itu sebuah cobaan yang pahit seringkali menjadi berkah yang tersamarkan.” – Oscar Wilde
  10. “Kalau mau menunggu sampai kita siap, kita akan menghabiskan sisa hidup kita hanya untuk menunggu.” – Lemony Snicket

Kata-kata motivasi Islam

Depositphotos

Buat Sedulur mendengarkan ceramah, tausiyah, atau dakwah adalah cara paling baik dalam mengembalikan semangat. Selain dapat mencerahkan dan menjernihkan pikiran, bisa juga menenangkan jiwa.

Sebenarnya, masih ada lagi cara lain yang dapat Sedulur lakukan adalah mendengar kata-kata penyemangat Islam. Penasaran seperti apa contohnya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini Sedulur.

  1. “Yang paling besar di bumi ini bukan gunung dan lautan, melainkan hawa nafsu yang jika gagal dikendalikan maka kita akan menjadi penghuni neraka.” – Abu Hamid Al Ghazali.
  2. “Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya.” (Al-Baqarah: 286)
  3. “Ketika kamu tidak mengerti apa yang terjadi dalam hidupmu, tutup saja matamu, tarik napas dalam-dalam dan katakan, “Ya Allah, aku tahu ini adalah rencana-Mu, bantu aku melewatinya.”
  4. “Halal adalah suatu keharusan. Tidak hanya tentang apa yang kita makan, tetapi juga apa yang kita kenakan dan apa yang kita sukai.”
  5. “Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan.” – (QS Al Insyirah 5)
  6. “Jangan berduka, apa pun yang hilang darimu akan kembali lagi dalam wujud lain.” – Jalaludin Rumi.
  7. “Dunia ini ibarat bayangan. Kalau kau berusaha menangkapnya, ia akan lari. Tapi, kalau kau membelakanginya, ia tak punya pilihan selain mengikutimu.” – Ibnu Qayyim Al Jauziyyah.
  8. “Jangan hanya berterima kasih kepada Allah ketika semuanya berjalan baik. Terima kasih kepada-Nya bahkan ketika segala sesuatunya terasa sulit.”
  9. “Apabila sesuatu yang kau senangi tidak terjadi, maka senangilah apa yang terjadi.” – Ali bin Abi Thalib.
  10. “Allah SWT masih mencintai dan menunjukkan belas kasihan kepada mereka yang tidak menaati-Nya. Jadi, bayangkan betapa dia mencintai orang-orang yang mematuhi-Nya.”

Kata-kata motivasi sukses

kata kata motivasi
iStock

Banyak orang sukses seperti pengusaha atau motivator kerap menyampaikan kata-kata ini di setiap seminarnya. Mereka berusaha mengingatkan semua orang bahwa sukses dapat dimiliki oleh siapa saja. Meski dalam meraih sukses dibutuhkan proses yang tak mudah, namun siapun bisa. Buat Sedulur yang bingung dan sedang membutuhkan kata-kata penyemangat, berikut adalah ulasan selengkapnya.

  1. “Akhiri pekerjaan hari ini dengan baik untuk mencapai kesuksesan yang diharapkan.”
  2. “Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Apa yang kamu inginkan pasti bisa kamu dapatkan asal sabar, usaha, dan ikhlas dalam doa.”
  3. “Masa lalu tidak bisa diubah dan masa depan masih ada di tangan Anda.”
  4. “Bekerja keraslah, bermimpilah lebih besar, dan jadilah yang terbaik.”
  5. “Lakukan sesuatu hari ini yang akan membuat dirimu berterima kasih di hari-hari mendatang.”
  6. “Anda menghalangi impian Anda ketika Anda mengizinkan ketakutan Anda tumbuh lebih besar dari keyakinan Anda.”
  7. “Kegagalan ada bukan untuk ditakuti, tetapi untuk dipelajari.”
  8. “Kelemahan terbesar kita adalah bersandar pada kepasrahan. Jalan yang paling jelas menuju kesuksesan adalah selalu mencoba, setidaknya satu kali lagi.” – Thomas A. Edison.
  9. “Apa yang Anda lakukan hari ini bisa mengimprovisasikan hari esok Anda.” – Ralph Marston
  10. “Optimisme adalah kepercayaan yang mengarah pada pencapaian. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan keyakinan.” – Hellen Keller

BACA JUGA: 80 Kata-Kata Bijak Dalam Hubungan yang Bikin Makin Langgeng

Kata-kata motivasi kerja

iStock

Sulit mendapat kerja, dimarahi bos di kantor, ataupun berselisih paham dengan karyawan memang dapat menyebabkan frustasi? Tak hanya itu, imbasnya orang tersebut mungkin enggan takut ke kantor hanya untuk bertemu atasan, rekan kantor, hingga masih banyak lagi. Bahkan paling berbahaya adalah resign.

Jangan sampai permasalahan di atas menimpa dirimu. Siapa tahu Sedulur hanya butuh kata-kata motivasi agar semangat kembali bekerja ataupun mencari kerja. Berikut  ini adalah kata-kata motivasi kerja yang bisa Sedulur simak.

  1. “Berlomba-lomba dalam kerja keras agar menjadi yang terbaik. Demi kebahagiaan keluarga.”
  2. “Manusia itu memiliki potensi dan kesempatan yang sama pula. Maka jangan menyerah untuk terus berusaha mendapatkan yang terbaik.”
  3. “Sekarang bukan waktunya untuk mengeluh apalagi menyerah. Namun setiap momen adalah untuk bekerja.”
  4. “Melihat cahaya matahari merupakan tanda bahwa Tuhan masih memberikan kita kesempatan untuk bekerja.”
  5. “Jalan untuk mendapatkan kesuksesan memang banyak. Namun untuk mendapatkan harta yang berkah kamu perlu racikan khusus untuk itu, yakni doa dan kerja keras.”
  6. “Jadilah unik saat dirimu bekerja agar kamu terlihat. Lebih baik menjadi aneh namun bermanfaat daripada ikut-ikutan kebanyakan orang tapi merugikan.”
  7. “Bekerjalah dengan baik agar kamu juga akan dipertemukan dengan orang yang baik pula.”
  8. “Hal yang berat dalam hidup ini adalah memulai sesuatu. Namun ada juga yang tidak kalah berat yakni berusaha kontinu melakukan usahanya.”
  9. “Tahapan untuk meraih kesuksesan itu panjang. Dari persiapan, percobaan, ujian, dan kemenangan.”
  10. “Kerja itu sebuah kenikmatan yang tiada terkira rasanya. Tapi banyak orang yang malas bekerja karena dirinya tidak mau merasakan kenikmatan tersebut.”

Kata-kata motivasi pendek

Pexels

Mungkin sebagian Sedulur di sini merasa kurang nyaman membaca kata-kata penyemangat yang panjang. Sebab akan sulit untuk dipahami atau dimengerti bukan, sebenarnya mau pendek atau panjang kata kata motivasi intinya adalah mengembalikan semangat seseorang. Jika tadinya terlihat murung atau tak semangat, berikut adalah daftarnya.

  1. “Jangan beri tahu orang-orang tentang rencanamu. Tapi, tunjukkan pada mereka hasilmu.”
  2. “Tak ada tekanan, tak ada berlian.” – Thomas Carlyle
  3. “Kamu mengubah dunia dengan menjadi diri sendiri.” – Yoko Ono
  4. “Tetap bodoh untuk tetap waras.” – Maxime Lagace
  5. “Jika tidak ada yang benar, belok kiri saja.”
  6. “Kamu bisa bahagia di mana pun kamu berada.” – Joel Osteen
  7. “Tidak mungkin bagi yang tidak mau.” – John Keats
  8. “Begitu kamu memilih harapan, segalanya mungkin.” – Christopher Reeve
  9. “Ambil risiko atau kehilangan kesempatan.”
  10. “Tidak ada orang suci tanpa masa lalu, tidak ada orang berdosa tanpa masa depan.” – Augustine dari Hippo

Kata-kata motivasi dari para tokoh

Freepik

Sedulur juga bisa menyimak kata-kata motivasi dari para tokoh untuk menambah semangat dalam meraih impian. Biasanya, kata-kata dari para tokoh ini menjadi populer karena berkaitan dengan perjalanan hidup mereka sendiri.

  1. “Carilah kebenaran, bukan kenyamanan.” – Maxime Lagacé
  2. “Jangan pernah keliru satu kekalahan dengan kekalahan terakhir.” – F. Scott Fitzgerald
  3. “Dia, yang berani itu, bebas.” – Seneca
  4. “Apa yang tidak membunuh kita membuat kita lebih kuat.” – Friedrich Nietzsche
  5. “Tidak ada nyali, tidak ada cerita.” – Chris Brady
  6. “Hidupku adalah pesanku.” – Mahatma Gandhi
  7. “Jika kamu bisa membayangkannya, kita bisa membuatnya.” – John Dykstra
  8. “Keberanian menjadi temanku.” – William Shakespeare
  9. “Teruskan. Jadilah yang terbaik.” – Bryan Hutchinson
  10. “Hidupku adalah argumenku.” – Albert Schweitzer

BACA JUGA: 60 Kata Bijak Filosofi Kopi yang Memotivasi dan Penuh Makna

Kutipan motivasi dari drama Korea

Netflix

Drama Korea tidak melulu bercerita soal kisah cinta romantis tentang sepasang kekasih. Melainkan, ada banyak pula drama Korea yang menampilkan kisah perjuangan tokohnya dalam meraih mimpi mereka. Nah, Sedulur juga bisa ikut termotivasi dengan membaca kutipan dialog dari drama-drama tersebut seperti yang sudah dirangkum berikut ini.

  1. “Tidak peduli apa kata orang, kau pasti akan berhasil. Kau akan menjadi sesuatu. Kau pasti bisa. Aku yakin.” – Fight for My Way
  2. “Jangan pilih jalan yang menyulitkan semua. Layaknya orang dewasa, terima apa yang harus diterima dan beri apa yang harus diberi.” – Hospital Playlist
  3. “Yang penting dicoba saja, pasti ada jalan keluar jika dicoba.” – Twenty Five, Twenty One
  4. “Pilihannya ada padamu. Kau akan melarikan diri seumur hidupmu atau berjuang dan mendapatkan hidup baru.” – Big Mouth
  5. “Gunakanlah kesempatanmu dengan bijak untuk membuktikan diri. Mungkin saja tidak ada kesempatan kedua.” – The Golden Spoon
  6. “Jangan memaksakan diri, luapkan kemarahanmu. Berteriaklah jika perlu, jika kau ingin menangis, maka menangislah demi isi hatimu. Karena kau manusia. Karena kau manusia. Bukan mesin.” – Hospital Ship
  7. “Belajar dengan baik juga merupakan talenta. Jangan membuat hidupmu menjadi semakin sulit dengan menyiksa dirimu, untuk mencapai tujuan yang tinggi jika kau tidak bisa belajar. Jangan membuang waktumu dengan memukulkan kepala ke buku dengan frustasi.” – Doctors
  8. “Kalau kau menghindari hal yang membuat takut, kebenaran akan tersembunyi dibalik kebohongan selamanya. Karena menyembunyikan kebenaran, seseorang akan selamanya merasa takut.” – Nothing to Lose.
  9. “Pohon bambu akan tumbang saat ada angin kencang, tapi rumput selalu berdiri sekeras apa pun angin berhembus. Kamu bisa bersikap seperti pohon bambu, tapi hatimu harus seperti rumput yang pantang menyerah untuk bangkit. Bertahanlah.” – Taxi Driver
  10. “Meskipun kamu merasa tidak berbakat, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki impian.” – Dream High 2

Kata kata bijak tentang cinta #1

Depositphotos

Kata-kata seperti ini mungkin sangat  pas untuk Sedulur yang sedang patah hati. Bisa karena ditinggal pacar tersayang atau baru saja putus dari pasangan. Maka tak perlu berlama-lama, ayo lekas bangkit dan temukan pendamping baru kamu Sedulur. Berikut ini kata-kata penyemangat tentang kasih sayang atau cinta dan cocok untuk kamu.

  1. “Cinta itu penuh pemberian, bukan meminta untuk diberikan. Cinta itu penuh ketulusan, bukan penuh dengan paksaan.”
  2. “Cinta tak pernah memandang harta atau pun jabatan, jika kita mendasarinya dengan ketulusan dan keikhlasan.”
  3. “Cinta tak pernah membeda-bedakan sifat, raga, jasmani, harta seseorang. Karena cinta hanya keikhlasan dan ketulusan hati kita untuk seseorang.”
  4. “Cinta adalah ketulusan, bukan sebuah alasan. Cinta suci datang dari hati, bukan untuk disakiti.”
  5. “Hanya kepada ketulusan, kita akan mampu belajar makna dari sebuah keikhlasan dalam kehidupan.”
  6. “Ketulusan yang berasal dari dalam hati adalah sebuah permata yang bersinar dari dalam hatimu.”
  7. “Ketulusan cinta dan kasih sayang tidak dapat dilihat atau didengar, tetapi hanya bisa dirasakan dengan hati.”
  8. “Cintai orang yang mencintaimu, untuk mengerti akan indahnya ketulusan hidup dari kasih sayang.”
  9. “Jatuh cinta adalah anugerah Tuhan untuk membuat perasaan hamba-Nya menjadi bahagia.”
  10. “Jatuh cinta adalah jatuh yang paling menghangatkan dalam hidup.”

Kata kata bijak tentang cinta #2

iStock

Kata-kata motivasi cinta di atas kurang banyak atau malah belum ada yang mampu berkesan untuk Sedulur? Tenang, Super masih punya contoh kata-kata motivasi cinta lainnya yang bisa memantik semangat Sedulur untuk bangkit dari pedihnya patah hati.

  1. “Jatuh cinta membuat dunia serasa penuh dengan warna.”
  2. “Berbahagialah ketika kamu jatuh cinta. Karena di situlah kamu akan memberikan yang terbaik dalam hidupmu.”
  3. “Jatuh cinta tak hanya membuat seseorang bahagia, namun juga berjuang untuk orang yang disayang.”
  4. “Dengan jatuh cinta mampu merubah seseorang untuk menjadi sosok yang lebih baik.”
  5. “Jangan takut jatuh cinta, karena kamu akan mengenali dirimu dari sisi lain.”
  6. “Dari jatuh cinta, seseorang dapat belajar untuk lebih pengertian dan menekan segala keegoisan.”
  7. “Ketika jatuh cinta, tanpa sadar akan membuatmu menjadi versi terbaik dalam hidupmu.”
  8. “Manfaatkan momen jatuh cinta untuk membuat hidup menjadi lebih bermakna dengan seseorang yang kamu sayang.”
  9. “Cinta dan kasih sayang yang didasari dengan ketulusan hati tak akan pernah ada habisnya.”
  10. “Cinta tak pernah memandang harta ataupun jabatan jika kita mendasarinya dengan ketulusan dan keikhlasan.”

Demikian ulasan tentang kata kata motivasi yang mampu mengembalikan semangat seseorang. Semoga penjelasan di atas dapat membuat Sedulur bangkit dan kembali bersemangat menjalani hari-hari Sedulur.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar.

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah.