Ketahui jumlah kalori kentang goreng dan cara sehat mengolahnya.

Kentang memang diakui memiliki dan mengandung berbagai nutrisi. Namun, mengolah kentang juga harus dengan cara yang tepat dan sehat, agar nutrisi dan gizi dalam kentang bisa keluar dan dapat bermanfaat untuk tubuh.

Artikel kali ini akan membahas jumlah kalori kentang goreng dan bagaimana cara sehat mengolah kentang yang dapat memberikan nutrisi secara maksimal. Karena jika kita tidak mengetahui cara sehat mengolah kentang dan terus mengkonsumsi kentang goreng, hal tersebut hanya akan menambah berat badan dan bahkan bisa memberikan resiko penyakit.

Yuk, tanpa harus berbasa-basi, kita langsung saja simak penjelasan untuk menjawab pertanyaan kentang goreng berapa kalori dan berapa jumlah persis kalori pada kentang goreng.

-->

Baca Juga: 12 Resep Membuat Kentang Goreng Paling Enak ala Restoran

Jumlah Kalori Pada Kentang Goreng

Jumlah Kalori Pada Kentang Goreng

Umumnya, porsi sedang kentang goreng di restoran siap saji mengandung kalori sebanyak 300-400 kalori. Hal tersebut membuat kentang goreng dicap sebagai makanan yang memiliki kalori dan lemak paling tinggi, bahkan dalam porsi sedang atau kecil sekalipun.

Penelitian para ahli menyebutkan bahwa makanan dengan kalori dan lemak tinggi dapat menyebabkan penambahan berat badan. Selain kalori dan lemak, kentang goreng juga mengandung 300-500 miligram sodium atau garam.

Kalori kentang goreng yang sudah tinggi, ditambah taburan garam akan terus menambah kadar kalori dalam tubuh. Kalori kentang goreng memang sangat tinggi, namun kentang itu sendiri merupakan bahan makanan nabati yang tinggi akan kandungan yang baik untuk tubuh.

Agar tubuh kita tidak terus menanggung kalori kentang goreng, sudah seharusnya kita juga mengetahui cara mengolah kentang goreng yang menyehatkan. Setelah mengetahui kalori kentang goreng, kita simak cara mengolah kentang goreng yang sehat untuk mencegah mengonsumsi kalori kentang goreng yang sangat tinggi.

Cara Sehat Mengolah Kentang Agar Tidak Tinggi Kalori

1. Memanggang Kentang

Memanggang Kentang

Agar tidak lagi mengkonsumsi kalori kentang goreng yang tinggi, cara sehat dan juga alternatif lain untuk mendapatkan nutrisi dari kentang adalah dengan cara memanggangnya. Bahkan para ahli pun lebih menganjurkan untuk memanggang kentang dibandingkan dengan menggorengnya.

Karena dengan cara dipanggang, kentang akan lebih banyak memangkas jumlah kalori dan lemak yang ada di dalam kentang. Cara ini juga bahkan dapat mencegah rasa tidak enak yang dirasakan perut akibat maag atau asam lambung.

Mengkonsumsi kalori kentang goreng yang tinggi akan minyak dan lemak, dapat memicu perut merasa tidak nyaman. Dengan konsumsi kentang secara dipanggang, maag dan asam lambung tidak akan kita rasakan, karena kandungan minyak dan lemak yang sangat aman.

2. Menggunakan Minyak Zaitun

Menggunakan Minyak Zaitun

Walaupun kalori kentang goreng memang tinggi, namun tidak bisa kita ingkari bahwa kentang goreng merupakan makanan yang enak dan nikmat. Untuk mendapatkan rasa nikmat kentang goreng tanpa harus khawatir dengan kandungan kalori di dalamnya, kita bisa menggunakan minyak zaitun sebagai bahan untuk menggoreng kentang.

Karena kalori kentang goreng yang tinggi didapatkan dari minyak yang mengandung banyak lemak dan kalori. Sedangkan minyak zaitun banyak manfaatnya bahkan dapat menyehatkan jantung. Kita pun bisa dengan tenang mengkonsumsi kentang goreng, tanpa harus khawatir kalori tinggi.

Baca Juga: 15 Resep Membuat Donat Kentang yang Empuk Dan Nagih

3. Menggunakan Kaldu Sayur Atau Putih Telur

Menggunakan Kaldu Sayur Atau Putih Telur

Sumber kalori kentang goreng adalah dari minyak yang mengandung tinggi lemak dan kalori. Bahkan jika memanggang kentang dan mengolesinya dengan minyak yang sama, pun akhirnya adalah mendapatkan kentang dengan kalori tinggi.

Kita bisa mengganti minyak dengan kaldu sayur atau putih telur saat akan mengolah kentang dengan cara dipanggang. Jangan lupa juga untuk tidak memanggang kentang terlalu lama, cukup panggan hingga berubah warna menjadi kecoklatan saja.

Karena hal tersebut merupakan cara mengolah kentang yang sehat dan akan dapat memberikan manfaat baik kepada tubuh yang diberikan oleh nutrisi yang terkandung dalam kentang goreng.

4. Gunakan Rempah-Rempah Sebagai Pengganti Garam

Gunakan Rempah-Rempah Sebagai Pengganti Garam

Kentang yang diolah dengan cara dipanggang atau direbus, jauh lebih baik dengan pengolahan kentang dengan cara digoreng. Hal tersebut akan semakin sempurna jika kita mengganti garam dengan rempah-rempah saat menikmati kentang.

Karena dengan rempah-rempah, rasa kentang goreng akan semakin kaya dan juga akan memberikan berbagai manfaat yang didapatkan dari rempah-rempah itu sendiri.

Semoga penjelasan mengenai kalori kentang goreng dan cara mengolahnya yang benar di atas bisa menambah pengetahuan Sedulur terkait cara pengolahan kentang. Jika bisa mengolah kentang dengan baik, kita akan mendapatkan berbagai manfaat dari kentang.

Seperti manfaat pertama yang bisa kita rasakan adalah bahwa kentang mengandung antioksidan yang tinggi. Kentang juga sangat kaya akan senyawa flavonoid, karotenoid dan asam fenolik. Ketiga senyawa tersebut dapat memberikan manfaat kentang yang berperan sebagai antioksidan dalam tubuh.

Antioksidan sangat ampuh dalam mencegah radikal bebas masuk dan merusak sel yang ada pada tubuh. Bahkan, radikal bebas juga merupakan salah satu penyebab dari berbagai penyakit yang bisa merusak tubuh.

Manfaat kentang selanjutnya yaitu dapat memberikan kemampuan tubuh untuk mengendalikan gula dalam darah. Manfaat kentang untuk mengendalikan gula darah disebabkan oleh kandungan pati resisten yang tidak bisa diserap oleh tubuh sepenuhnya.

Ketika pati resisten masuk ke dalam usus besar, pati akan menjadi sumber nutrisi bagi bakteri baik yang ada dalam usus. Selain itu, pati resisten juga dapat membuat kerja insulin dan hormon pengendali gula dara menjadi lebih optimal.

Manfaat kentang selanjutnya tidak kalah penting jika diolah dengan cara yang benar adalah dapat menyehatkan sistem pencernaan. Hal yang dibutuhkan untuk menyehatkan sistem pencernaan adalah pati resisten.

Karena pati resisten dapat memberikan nutrisi bagi bakteri baik dalam usus besar, hal tersebut bisa memudahkan kerja usus dan sistem pencernaan. Pati resisten yang dikonsumsi sebagai nutrisi oleh bakteri baik dapat berubah menjadi asam lemak rantai pendek,

Asam lemak rantai pendek tersebut terdapat dalam t kentang yang dapat menyehatkan sistem pencernaan. Risiko peradangan di usus besar, memperkuat pertahanan usus besar dan mengurangi risiko kanker kolorektal atau kanker usus besar. Terbukti bahwa manfaat kentang baik untuk kesehatan tubuh.

Jika Sedulur tertarik untuk memakan kentang dengan cara yang sehat, Sedulur bisa  menyiapkan kentang untuk jaga-jaga sebagai kebutuhan dapur. Selain itu, kentang juga merupakan bahan masakan yang bisa diolah menjadi berbagai makanan.

Sedulur bisa menyediakan stok kentang dengan membelinya di Aplikasi Super. Dengan membeli kentang di Aplikasi Super, Sedulur akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah dengan cara yang jauh lebih mudah.

Karena kentang merupakan salah satu jenis makanan beku yang menjadi produk unggulan dari Aplikasi Super. Sedulur bisa download Aplikasi Super segera untuk cek harganya secara langsung. Jangan lupa juga untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dengan klik di sini, dan juga kenali lebih dekat Aplikasi Super.