Timbangan merupakan alat untuk mengukur berat sebuah barang atau benda. Namun biasanya bisa juga digunakan untuk keperluan lainnya. Alhasil, munculan jenis-jenis timbangan berdasarkan dengan kegunaan atau fungsinya.

Secara umum dengan munculnya beragam alat pengukur massa benda maka kemudian dibagi lagi menjadi dua jenis. Timbangan pertama manual dan kedua digital ataupun elektronik. Masing-masing mempunyai fungsi dan tingkat keakuratan berbeda-beda. Sesuai dengan kapasitas jenis timbangan itu sendiri.

Di bawah ini penjelasan mengenai jenis-jenis timbangan dan gambarnya serta fungsinya. Yuk simak dan pahami dengan seksama.

BACA JUGA: Pengertian & Perbedaan Diagonal Ruang dan Diagonal Bidang

Pengertian

jenis jenis timbangan
Sentral Sistem

Sebelum mengetahui jenis timbangan dan fungsinya, ada baiknya Sedulur perlu mengetahui pengertian timbangan. Timbangan adalah sebuah alat dan digunakan dalam mengukur berat sebuah benda atau massa. Karena kebutuhannya berbeda-beda, maka munculah jenis-jenis timbangan berdasarkan fungsinya.

Secara umum timbangan dibagi lagi menjadi dua, pertama adalah manual dan elektronik alias digital. Kemudian jenis manual masih dibagi kembali menjadi beberapa pecahan kecil seperti timbangan gantung, badan, duduk sampai dengan neraca ohauss.

Timbangan duduk adalah timbangan di mana benda yang ditimbang pada keadaan duduk. Timbangan jenis ini sering dinamakan platform scale. Umumnya timbangan duduk adalah sebuah timbangan yang berguna untuk di-rice mill menimbang berat beras pada karung. Ada kelebihan dari timbangan duduk yaitu mampu menopang beban 500 kg.

Fungsi timbangan duduk jika Sedulur perhatikan di pasar-pasar tradisional atau hingga super market dapat dipakai untuk menimbang sayur, rempah-rempah dan masih banyak lagi Sedulur.

Jenis-jenis timbangan dan fungsinya

jenis jenis timbangan
Satu Harapan

Timbangan masih digolongkan lagi menjadi dua. Pertama manual dan kedua timbangan digital. Penggunaan timbangan digital tergolong baru dan muncul beberapa tahun setelah hadirnya manual. Di bawah ini penjelasan mengenai timbangan manual dan timbangan digital Sedulur.  

Timbangan manual

Merupakan timbangan dengan konsep mekanik, kemudian timbangan seperti ini masih menggunakan pegas. Beberapa contoh dari timbangan manual adalah timbangan duduk, timbangan gantung, neraca kodok, timbangan badan sampai dengan neraca ohauss. Timbangan tersebut punya fungsi masing-masing dan masih dipakai sampai sekarang ini.

Timbangan digital

Lawan dari mekanik adalah digital, di mana timbangan ini sudah menggunakan angka digital untuk mengetahui berat sebuah benda. Ketika mendeteksi berat, maka berat akan dikonversikan ke sinyal listrik baru kemudian ditampilkan di layar. Contoh timbangan digital adalah jenis timbangan badan, timbangan analitik, timbangan mikro kuarsa.

Bahkan ada pula jembatan timbang weighbridge dan dipakai untuk keperluan mengukur berat kendaraan besar. Bahkan dipakai untuk mengukur berat sampai dengan puluhan ton.

Jenis-jenis timbangan dan gambarnya

jenis jenis timbangan
Okezone

Sedulur pasti sudah mengetahui pengertian sampai dengan fungsinya, sehingga kemudian perlu membahas tentang jenis-jenis beserta fungsinya. Di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya Sedulur.

Jenis timbangan duduk

Timbangan duduk adalah bagian dari timbangan manual. Di mana sebuah benda ditimbang dalam keadaan duduk. Umumnya timbangan semacam ini dinamakan dengan platform scale. Jenis duduk dipakai untuk beragam keperluan. Namun timbangan ini biasa dipakai untuk keperluan beragam sesuai batas berat pengukurannya.

Timbangan duduk dengan batas minimal 2 kilogram umumnya dipakai dalam keperluan rumah tangga. Sementara itu, timbangan dengan batas berat mencapai 10 kilogram dapat digunakan untuk keperluan industri rumah tangga. Terakhir ada lagi timbangan dengan batas berat mencapai 100 kilogram dan umumnya dapat digunakan untuk keperlua industri lebih besar.

Masih ada lagi jenis timbangan kodok. Biasanya timbangan kodok dinamakan dengan timbangan pasar, karena memang digunakan untuk keperluan di pasar. Timbangan pasar adalah sebuah timbangan dan digunakan pedagang saat berada di pasar. Fungsinya tidak lain untuk menimbang kebutuhan sembilan bahan pokok. Seperti sayur-sayuran, telur, daging, gandum dan masih banyak lagi.

Jenis timbangan badan

Selain timbangan duduk ada pula timbangan badan, untuk mengukur berat badan Sedulur. Biasanya dapat menggunakan jenis manual. Timbangan badan manual bisa digunakan dengan cara diinjak, maka kemudian jarumnya bisa menunjukkan berat orang yang sedang menaiki timbangan tersebut.

Timbang badan juga masih terbagi lagi menjadi beberapa fungsi dan keperluan, ada timbangan untuk orang dewasa, anak-anak hingga yang masih bayi pun juga ada. Kamu bisa mencari jenis timbangan badan ini di toko timbangan. Nantinya, karyawan akan mengarahkan Sedulur untuk memilih timbangan sesuai dengan kebutuhan.

Timbangan gantung

Berikutnya ada yang berbentuk gantung. Timbangan seperti ini umum digunakan dalam mengukur massa. Caranya Sedulur perlu menggantungkan massa di pengait pada timbangan. Program Pelayanan Terpadu atau Posyandu, masih menggunakan timbangan gantung seperti ini untuk keperluan mengukur massa anak-anak.

Tidak hanya itu, jenis gantung banyak digunakan untuk keperluan menimbang massa sayur dan buah di pasar. Jadi, Sedulur tidak akan asing dengan alat pengukur massa benda ini ketika sedang berada di pasar.

BACA JUGA: Diet Defisit Kalori, Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

Satuan massa timbangan

jenis jenis timbangan
Satantia

Timbangan merupakan alat untuk mengetahui beban sebuah benda, namun lebih dari itu bisa juga dipakai untuk mengukur massa benda. Kita sudah mengetahui jenis-jenis timbangan dan gambarnya, maka berikutnya mengetahui satuan massa. Menurut standar internasional satuan dari standar massa yang dipakai adalah kilogram (kg).

Dikutip dari laman Detik, pengukuran tentang satuan massa dan konversi akan satuan internasional (KG) adalah sebagai berikut Sedulur.

1 ton = 1.000 kg
1 kuintal = 100 kg
1 ons = 0,1 kg

Sebagai catatan, konversi 1 ons = 100 gram hanya berlaku di Indonesia. Di luar negeri, 1 ons atau oz= 28,35 gr.

Demikian ulasan mengenai jenis-jenis timbangan lengkap beserta, fungsi dan gambarnya. Semoga penjelasan di atas dapat menambah pengetahuan dan wawasan Sedulur tetang berat timbangan.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!