jadwal puasa ramadhan 2022

Jadwal puasa Ramadhan 2022 banyak ditunggu oleh umat muslim dari seluruh dunia. Pasalnya, bulan Ramadhan merupakan momen besar dalam agama Islam dan hanya terjadi sekali dalam setahun. Di bulan penuh berkah ini, umat muslim akan berpuasa selama sebulan penuh. Lantas, berapa hari lagi puasa Ramadhan 2022?

Biasanya, pemerintah memutuskan awal bulan Ramadhan setelah menggelar sidang isbat. Artinya, hingga saat ini, pemerintah belum menetapkan kapan jatuhnya 1 Ramadhan 1443 Hijriah dalam kalender Masehi. Namun, sejumlah organisasi massa (ormas) Islam telah merilis perkiraan jadwal puasa Ramadhan 2022 lengkap.

Yuk, cari tahu perkiraan berapa hari lagi puasa 2022 dan Idulfitri 1443 Hijriah, serta hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambut puasa di artikel ini. Baca pembahasannya sampai selesai, ya.

BACA JUGA: Pengertian Puasa: Hukum, Rukun, Syarat, Jenis & Ketentuannya

-->

Penentuan jadwal puasa Ramadhan 2022

jadwal puasa ramadhan 2022
Unsplash

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, pemerintah belum menetapkan secara resmi awal Ramadhan 2022. Hanya saja, beberapa ormas Islam seperti Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah telah mengumumkan perkiraan jadwal awal puasa 2022. Berdasarkan Kalender Islam Global 1443 Hijriah yang diterbitkan, jadwal 1 Ramadhan 1443 akan jatuh pada hari Sabtu, 2 April 2022. Kemudian, akan berakhir pada hari Minggu, 1 Mei 2022.

Lalu, berapa hari lagi puasa Ramadhan 2022? Bila merujuk pada kalender tersebut, artinya puasa Ramadhan 2022 kurang dari 16 hari lagi dihitung mundur dari Kamis, 17 Maret 2022. Jika hari pertama puasa jatuh pada Sabtu, 2 April 2022, maka salat Tarawih perdana akan dilaksanakan pada Jumat, 1 April 2022 malam.

Penetapan awal puasa oleh Mumammadiyah tertuang dalam Maklumat PP Muhammadiyah Nomor 01/MLM/I.0/2022. Sesuai maklumat tersebut, penetapan awal Ramadhan 1443 Hijriah berdasarkan hasil hisab hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Metode hisab untuk menentukan awal Ramadhan

Unsplash

Perlu Sedulur tahu, ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk menentukan awal Ramadhan. Di antaranya hisab dan rukyat. Dalam KBBI, kata hisab berarti perkiraan, perhitungan, dan hitungan. Metode hisab menghitung posisi bulan secara matematis dan astronomis untuk menentukan kalender Hijriah.

Hisab sering kali digunakan dalam ilmu falak untuk memperkirakan posisi matahari dan bulan terhadap bumi. Dalam metode ini, posisi matahari sangat penting dalam menentukan masuknya waktu salat. Sedangkan posisi bulan, menjadi penanda masuknya bulan baru pada kalender Islam yang sering disebut Hijriah.

BACA JUGA: Bacaan Doa Sahur dan Niat Puasa Ramadhan yang Benar!

Metode rukyat untuk menentukan awal Ramadhan

jadwal puasa ramadhan 2022
Unsplash

Rukyat juga menjadi metode untuk menentukan awal Ramadhan. Metode ini mengamati hilal menggunakan mata telanjang atau bantuan alat optik seperti teleskop. Rukyat hilal dilakukan setelah matahari terbenam saat menjelang awal bulan dalam kalender Hijriah.

Dilakukan pada saat matahari tenggelam karena intensitas cahayanya tidak terlalu terang dibanding matahari. Metode rukyat biasanya digunakan umat muslim untuk menentukan awal bulan Zulhijah, Ramadhan, dan Syawal.

Perkiraan hari raya Idulfitri 1433 Hijriah

Unsplash

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah telah merilis perkiraan awal puasa Ramadhan dan 1 Syawal 1443 Hijriah. Jika 2 April 2022 berapa hari lagi ditetapkan sebagai hari pertama puasa, maka perkiraan Idulfitri jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022 mendatang. Itu berarti, puasa yang akan dijalani umat muslim sebulan penuh di tahun ini dimulai pada tanggal 2 April dan berakhir pada tanggal 1 Mei 2022.

Hal-hal yang harus dipersiapkan menyambut Ramadhan

jadwal puasa ramadhan 2022
Unsplash

Setelah mengetahui jadwal puasa Ramadhan 2022 dan Idulfitri 1443 Hijriah, tentunya ada banyak hal yang perlu Sedulur persiapkan. Persiapan ini dilakukan agar puasa dan ibadah selama bulan Ramadhan berjalan lancar. Berikut ini hal-hal yang perlu dipersiapkan.

1. Menjaga kesehatan

Selama menjalankan ibadah puasa, Sedulur perlu menjaga kesehatan jasmani agar tidak mudah sakit, terlebih di tengah kondisi wabah COVID-19 ini. Jika Sedulur sakit, ibadah tidak dapat berjalan maksimal. Jaga kondisi fisik mulai dari sekarang dengan mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti bergadang dan mengonsumsi makanan tidak sehat.

Perbanyak olahraga dan konsumsi makanan bergizi. Bila perlu, konsumsi vitamin dan suplemen kesehatan. Dengan mengonsumsi multivitamin dan makanan-makanan sehat, Sedulur lebih tahan banting dan tidak gampang sakit di bulan Ramadhan. Jadi, tidak ada halangan untuk bisa berpuasa hingga akhir.

2. Memperkuat iman dan perbanyak ibadah

Memasuki jadwal puasa Ramadhan 2022, Sedulur perlu memperkuat iman dan memperbanyak ibadah. Persiapan secara iman bisa dilakukan dengan berlatih mengendalikan diri dari kebiasaan buruk sehari-hari. Selain itu, mulai pastikan salat lima waktu tidak pernah terlewat.

Selanjutnya, perbanyak ibadah dengan memperdalam ilmu tentang agama. Pelajari hal-hal apa saja yang seharusnya tidak boleh dilakukan umat muslim di bulan puasa. Pahami pula tata cara ibadah yang baik dan benar. Hal ini bertujuan agar ibadah bisa dilakukan lebih afdal.

3. Persiapkan kebutuhan sehari-hari

Berikutnya, mempersiapkan ketersediaan kebutuhan sehari-hari. Mulai dari perlengkapan ibadah hingga keperluan dapur. Terkait urusan dapur, persiapkan sembako dan bumbu masak yang memadai.

Sedulur boleh menyiapkan daftar menu untuk sahur dan berbuka puasa dari sekarang. Hal ini akan mempermudah mempersiapkan bahan-bahannya nanti. Selain itu, Sedulur juga dapat membuat menu makanan bergizi untuk keluarga agar tetap sehat dan semangat dalam menjalankan puasa selama sebulan penuh.

BACA JUGA: 11 Cara Membuat Es Kopyor Segar untuk Takjil Berbuka Puasa

4. Membersihkan lingkungan sekitar

Kebersihan merupakan sebagian dari iman. Mulailah membersihkan dan merapikan rumah, termasuk dapur dan ruang makan agar makin nyaman menjalankan ibadah puasa. Rumah yang bersih pasti dapat meningkatkan suasana hati dan baik bagi kesehatan anggota keluarga.

Di desa, biasanya warga beramai-ramai membersihkan dan menghias desa untuk menyambut bulan Ramadhan. Sedulur juga jangan kalah, ya. Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah sehingga sudah pantas dirayakan. Dengan menjaga lingkungan tetap bersih, akan membuat ibadah makin nyaman dilakukan.

5. Banyak berbuat baik

Memang benar bahwa tidak ada manusia yang sempurna, namun di jadwal puasa Ramadhan 2022 ini, Sedulur bisa mulai memperbanyak perbuatan baik terhadap sesama. Tinggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti marah, mengeluh, atau membicarakan orang lain. Agar di bulan puasa kali ini dan seterusnya, Sedulur bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Demikian pembahasan mengenai jadwal puasa Ramadhan 2022 beserta hal-hal yang perlu dipersiapkan untuk menyambutnya. Semoga pembahasan kali ini sesuai dengan informasi yang Sedulur cari. Jadi, apakah Sedulur sudah siap menyambut ibadah puasa tahun 2022 ini?

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.