Simak penjelasan untung rugi dari investasi perak. Sedulur yang tertarik wajib menyimak agar mengetahui untung ruginya.

Sebagaimana emas, saat ini perak murni juga merupakan salah satu jenis investasi yang saat ini ramai diikuti oleh masyarakat. Baik itu jual perak ata jual beli perak, sedang menjadi salah satu jenis investasi yang menarik untuk dicoba. Memang, tidak seperti emas, investasi perak ada untung ruginya.

Sedulur harus mengetahui berapa harga perak antam, harga perak saat ini, harga perak murni, hingga harga perak 1 gram . Sedulur juga harus mengetahui jenis varian dari perak, dari perak batangan hingga perhiasan perak. Seperti apa investasi dan manfaat perak yang bisa memberikan keuntungan? Yuk, langsung saja simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: Intip Cara Jitu Investasi Emas Saat Pandemi Buat Pemula

-->

Untung Rugi dari Investasi Perak yang Sedulur Wajib Tahu!

1. Harga Perak Lebih Murah

1. Harga Perak Lebih Murah
vncojewellery.com

Keuntungan investasi perak yang pertama adalah harga perak yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan emas. Harga per gram emas saat ini sudah mencapai jutaan, sedangkan harga perak hanya Rp 12.000 – Rp 14.000 per gram. Harga murah dari perak bisa membuat Sedulur memberi perak sebanyak-banyaknya.

Terdapat dua jenis perak batangan yang bisa dijadikan pilihan untuk dibeli oleh Sedulur, pertama yang beratnya 250 gram dan 500 gram. Bagi Sedulur yang ingin mulai berinvestasi namun masih memiliki dana dan uang yang terbatas, perak bisa menjadi pilihan tepat untuk berinvestasi.

2. Harga Perak yang Cenderung Naik

2. Harga Perak yang Cenderung Naik
tirto.id

Keuntungan investasi perak selanjutnya adalah harga perak yang cenderung naik dari waktu ke waktu. Seperti emas, perak juga memiliki kecenderungan naik seiring berjalannya waktu. Kenaikan harganya terkadang bisa signifikan, lebih besar dari emas bahkan kenaikan hingga tiga kali lipat.

Hal tersebut dipengaruhi oleh bank-bank sentral yang cenderung memiliki ketertarikan untuk menstabilkan harga emas daripada perak. Terutama harga emas yang lebih mahal daripada perak, membuat para investor dan bank lebih fokus dan tertarik pada emas. Walaupun tidak terpengaruhi oleh harga emas, naik turun harga emas juga mempengaruhi naik turun harga perak, namun sejauh ini harga perak lebih baik dibanding emas.

Baca Juga: Ternyata Ini 6 Manajer Investasi Terbaik, Kamu Pilih Mana?

3. Jumlah yang Terbatas dan Banyak yang Menginginkan

3. Jumlah yang Terbatas dan Banyak yang Menginginkan
7perhiasan.com

Saat ini banyak perhiasan yang mulai menggunakan perak, seperti jam tangan, perhiasan, hingga gigi palsu pun menggunakan perak. Di sisi lain, jumlah keberadaan perak itu terbatas. Hal ini akan sangat menguntungkan Sedulur yang tertarik untuk berinvestasi. Semakin langka jumlahnya, akan semakin tinggi nilai dari perak itu sendiri.

Hal ini bisa sangat menguntungkan jika Sedulur memulainya untuk berinvestasi saat ini, ketika harga perak masih murah per gramnya. Kenaikan harga juga bisa semakin menguntungkan jika peminat dan pasar yang luas dan jumlah yang terbatas. Hal ini merupakan salah satu keuntungan dari investasi perak.

4. Banyak Varian Perak

4. Banyak Varian Perak
7perhiasan.com

Keuntungan lainnya dalam investasi perak adalah tersedia berbagai jenis dan varian dari perak. Jika emas hanya terdiri dari perhiasan dan emas batangan. Maka varian dari perak banyak variannya, seperti silver bar, perak butiran atau silver granules. Kedua jenis perak tersebut memiliki bentuk, manfaat dan mekanisme jual yang berbeda-beda.

Ada juga perak batangan, yang memiliki 250 gram dan 500 gram, yang bisa dijual secara perak butiran dalam hitungan berat, yaitu 1 kg, 5 kg, dan 10 kg. Pemanfaatnyanya punt berbeda, bisa dijadikan pajangan, koleksi atau sekedar untuk investasi saja. Banyak juga pengrajin atau industri perhiasan yang mulai mengubah perak menjadi barang berguna.

5. Harga Perak yang Sulit Dimanipulasi

5. Harga Perak yang Sulit Dimanipulasi
kontan.co.id

Keuntungan berinvestasi dengan perak adalah harganya yang cenderung sulit dimanipulasi. Sedulur bisa langsung cek perkembangan harga perak di berbagai situs informasi online, hal tersebut dipengaruhi oleh harga perak yang cenderung murah dan tidak ada yang ingin memanipulasinya. Hal ini yang membedakan perak dengan emas, karena harga emas yang sangat tinggi, banyak oknum yang tertarik untuk melakukan penipuan. Hal tersebut tidak terjadi pada perak.

6. Kerugian Investasi Perak

6. Kerugian Investasi Perak
tokopedia.com

Ada beberapa kerugian yang mungkin akan Sedulur alami dalam berinvestasi menggunakan perak. Namun, sebagaimana umumnya dalam investasi, menggunakan perak sebagai modal investasi juga terdapat risiko kerugian. Berikut ini kemungkinan yang akan dihadapi dalam berinvestasi perak, yaitu:

  • Harga perak tidak terpengaruh oleh ekonomi perak
  • Masih jarang dan sepi peminat
  • Tempat pembelian dan penjualan yang masih terbatas
  • Perak membutuhkan perawatan khusus

Namun terlepas dari kemungkinan rugi yang akan dihadapi, Sedulur masih tetap bisa mencoba untuk berinvestasi perak. Hal ini bisa memberikan berbagai kemungkinan yang sangat memungkinkan di masa depan. Tidak ada yang tahu dengan perkembangan investasi di masa yang akan datang, perak bisa menjadi salah satu primadona dalam hal investasi.

Agar Sedulur dapat fokus melakukan investasi perak, serahkan segala urusan kebutuhan sehari-hari di rumah kepada Aplikasi Super. Karena Aplikasi Super, melalui Super Eat, menyediakan kebutuhan sehari-hari dengan lengkap dan harga murah. Sedulur bisa cek dengan klik di sini. Sedulur bisa fokus menabung mengumpulkan uang untuk bisa membeli perak.

Harga ongkir gratis, pengiriman cepat dan terjamin membuat Sedulur tidak perlu khawatir dan bisa membagi waktu untuk mengurus investasi dengan baik. Pelayanan juga semakin mudah dengan download Aplikasi Super. Sedulur bisa klik di sini, agar bisa melakukan pemesanan hanya melalui smartphone. Selamat mencoba!