Sedulur tahu cara menghitung weton? Jika belum, Sedulur bisa simak artikel di bawah ini, agar dapat mencocokan weton dengan pasangan Sedulur.

Menghitung weton biasanya dilakukan untuk beberapa hal penting.Terutama weton Jawa, biasa dilakukan untuk mencocokan dengan jodoh, atau weton jodoh. Selayaknya orang tionghoa, terdapat juga hitungan Jawa mengurus urusan perjodohan atau yang umum dikenal dengan nama primbon Jawa jodoh.

Sedulur akan menghitung jumlah weton, selain untuk kecocokan, terdapat juga hitungan weton jawa untuk pernikahan berdasarkan perhitungan kalender Jawa. Bukan hanya untuk jodoh dan pernikahan saja, weton juga dapat dihitung untuk anak, seperti weton kelahiran.

Namun, dalam kesempatan kali ini, Superapp.id akan membahas cara menghitung weton untuk urusan jodoh dan pasangan. kecocokan weton. Sedulur juga saat ini bisa melakukan penghitungan weton online, sebagai bukti kecanggihan dunia digital. Seperti apa saja cara menghitung weton? Yuk, kita langsung simak saja ulasannya di bawah ini.

-->

Baca Juga: Mudah Banget, Begini Cara Menghitung Masa Subur Perempuan

Apa Itu Weton Jawa?

Apa Itu Weton Jawa?
inibaru.id

Sebelum masuk ke pembahasan dalam cara melakukan penghitungan weton, Sedulur wajib mengetahui apa itu weton Jawa. Weton Jawa merupakan sistem penanggalan tradisional yang telah dianut oleh masyarakat suku Jawa sejak dulu. Sistem penanggalan ini mirip seperti sistem penanggalan Tionghoa, Hijriah dan sistem penanggalan lainnya.

Sedikit perbedaan dengan sistem penanggalan lainnya, dalam weton Jawa terdapat pancawarna. Pancawarna merupakan istilah untuk menyebut lima hari pasaran dalam kalender Jawa.

Baca Juga: Cara Menghitung Tagihan Listrik yang Benar dan Akurat

Beberapa Cara Menghitung Weton yang Wajib Sedulur Ketahui!

Beberapa Cara Menghitung Weton yang Wajib Sedulur Ketahui!
hops.id

Weton sendiri merupakan sesuatu yang penting bagi orang Jawa. Segala sesuatunya harus dilakukan perhitungan, termasuk untuk menyambut berbagai kegiatan penting. Hal ini untuk melihat dan menghitung hari apa dan tanggal berapa agar dapat melaksanakan kegiatan penting yang tepat, dan terhindari dari hari yang dianggap akan memberikan sesuatu hal yang buruk.

1. Cara Menghitung Weton dengan Neptu Hari dan Pasaran Jawa

1. Cara Menghitung Weton dengan Neptu Hari dan Pasaran Jawa
popbela.com

Cara pertama dalam menghitung weton adalah dengan menggunakan neptu hari dan pasaran Jawa. Sedulur dapat melihat tabel berisi hari dan pasaran dengan nilainya masing-masing untuk dapat melakukan perhitungan.

HariNilaiPasaranNilai
Minggu5Wage4
Senin4Kliwon8
Selasa3Legi5
Rabu7Pahin9
Kamis8
Jumat6
Sabtu9

Tabel di atas menunjukan bahwa masing-masing hari dan pasaran mempunyai nilai yang berbeda-beda. Cara pertama menjumlah weton bisa dilakukan dengan menambahkan dan menjumlah nilai dari hari dan pasaran pada weton kelahirannya. Misalnya, Sedulur lahir pada Minggu Wage, Sedulur tinggal menjumlahkan 5 + 4 = 9. Makan nilai neptu weton Sedulur yang lahir pada Minggu Wage adalah 9.

2. Cara Menghitung Neptu Bulan dan Tahun Jawa

2. Cara Menghitung Neptu Bulan dan Tahun Jawa
nguriuriparibasanjawa.blogspot.com

Terdapat beberapa cara menghitung neptu Jawa untuk mengetahui weton Sedulur. cara kedua menghitung weton adalah dengan menggunakan bulan dan tahun Jawa. Dalam kalender Jawa terdapat 12 bulan dan tidak jauh berbeda dengan kalender Islam. Sedangkan nama tahun dalam kalender Jawa terdiri dari 8 Jenis.

Dalam kalender Jawa, mengenal pergantian tahun setiap sewindu (delapan tahun) sekali. Maka dari itu, setiap delapan tahun sekali, nama tahun pada kalender jawa akan beruba sesuai dengan urutannya, mulai dari Alip, Ehe, Jimawal, Je, Dal, Be, Wawu dan Jimakhir. Berikut akan disampaikan pada tabel agar lebih jelas.

BulanNilaiTahunNilai
Suro7Alip1
Sapar2Ehe5
Mulud3Jimawal3
Bakda Mulud5Je9
Jumadil Awal6Dal4
Jumadil Akhir1Be2
Rejeb2Wawu6
Ruwah4Jimakhir3
Pasa (Puasa)5  
Sawal7  
Dulkangidah1  
Dulkahijah3  

3. Cara Menghitung Weton untuk Kecocokan Pasangan Suami Istri

3.   Cara Menghitung Weton untuk Kecocokan Pasangan Suami Istri
symbianplanet.net

Setelah mengetahui cara menghitung weton, terdapat beberapa cara menghitung weton untuk dapat mengetahui kecocokan pasangan suami istri. Terdapat 8 tafsiran yang tersedia dalam perhitungan Jawa, yaitu:

  • Pegat (1,9. 10, 18, 19, 27, 28, 36): Pasangan dengan karakter dan tafsiran pegat ini cenderung mengalami berbagai macam permasalahan dalam rumah tangga. Mulai dari masalah ekonomi, kekuasaan, bahkan hingga masalah remeh sekalipun.
  • Ratu (2, 11, 20, 29): Weton ratu menunjukan pasangan yang sangat harmonis, tidak heran banyak orang yang sangat menghormati, segan dan yang mengidamkan seperti pasangan dengan weton ratu.
  • Jodoh (3, 12, 21, 30): Pasangan dengan karakter weton ini cocok dan harmonis, karena sudah bisa menerima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing pasangan.
  • Topo (4, 13, 22, 31): Pasangan dengan weton topo akan mengalami banyak kesusahan di awal pernikahan karena masih dalam tahap proses memahami satu sama lain. Namun setiap kesulitan akan berujung pada kebahagiaan.
  • Tinari (5, 14, 23, 32): Weton Tinari melambangkan kebahagiaan dan keberuntungan. Pasangan tinari akan mendapatkan kehidupan yang mudah.
  • Padu (6, 15,24, 33): Padu dalam bahasa Jawa memiliki arti pertengkaran. Pasangan dengan weton ini cenderung sering mengalami pertengkaran yang dipicu oleh berbagai hal dan persoalan.
  • Sujanah (7, 16, 25, 34): Pasangan dengan weton ini akan mengalami berbagai permasalahan, salah satunya adalah perselingkuhan.
  • Pesthi (8,17, 26, 35): Pasangan dengan weton ini akan mengalami kerukunan, tenteram dan damai. Walaupun sering dilanda masalah, pasangan ini akan tetap harmonis dan bahagia.

Daftar tafsir weton untuk kecocokan pasangan suami istri di atas bisa Sedulur jadikan landasan setelah mengetahui jumlah weton Sedulur. Bagi Sedulur yang sangat memegang teguh adat kebudayaan Jawa, Sedulur bisa menjadikan ini sebagai sebuah pedoman.

Kegunaan Weton untuk Kehidupan

Kegunaan Weton untuk Kehidupan
symbianplanet.net

Bagi orang Jawa, perhitungan weton sangat penting, terutama ketika akan menghadapi suatu acara penting, seperti pernikahan, pindah rumah dan lain-lain. Umumnya, weton digunakan untuk menentukan tanggal yang baik untuk pelaksanaan acara dan menghindari melaksanakan acara di hari yang dianggap akan memberikan peruntungan buruk.

Selain itu, weton juga bisa digunakan untuk mendapatkan kecocokan pasangan, sebagaimana 8 tafsir kecocokan pasangan yang sudah dijelaskan di atas. Beberapa nilai weton di atas juga merupakan panduan yang bisa digunakan. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi Sedulur. Terutama bagi Sedulur yang hendak menikah dan sangat memegang teguh kebudayaan adat Jawa.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan Aplikasi Super agar kegiatan sehari-hari Sedulur berjalan lancar dan terhindar dari hal buruk yang menyulitkan Sedulur. Sedulur bisa klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super, Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super agar kemudahan dalam berbelanja bisa Sedulur lakukan kapanpun dan di mana pun.