harga laptop

Rekomendasi harga laptop dan spefikasinya yang mumpuni untuk dipakai para mahasiswa dan pekerja.

Tak bisa dipungkiri kalau harga pasaran laptop memang jarang turun. Para produsennya pasti mencari cara untuk terus meningkatkan fitur dan spesifikasi agar harga produknya tetap di angka yang sudah ditetapkan. Hampir tak mungkin mendapatkan harga laptop 1,5 juta di masa sekarang kecuali Sedulur membeli produk bekas.

Tapi jangan mudah tergiur dengan embel-embel murah. Ada baiknya nih Sedulur membeli yang baru dan menambah sedikit. Daripada menyesal di kemudian hari karena sudah pernah dipakai oleh orang lain.

Sedulur masih bisa kok menemukan laptop andal di kisaran Rp10 juta dengan spesifikasi yang oke. Tidak kelewat lawas, tetapi bisa diandalkan untuk tugas sehari-hari. Berikut beberapa rekomendasinya.Sudah dikurasi berdasar harga laptop termurah 2021 dan tentunya dalam kondisi baru. 

-->

BACA JUGA: 8 Cara Screenshot Laptop Termudah dan Tercepat, Harus Tahu!

Pilihan harga laptop 1,5 juta ke atas

1. Asus Chromebook C425

harga laptop termurah 2021
google

 

Dibanderol seharga Rp8 jutaan, Asus Chromebook C425 dilengkapi dengan prosesor Intel i5 yang andal untuk beragam perangkat lunak esensial. Banyak pilihan memori yang bisa dipilih 128GB dan RAM 8GB. Layarnya sudah 15 inci dengan desain tipis dan ringan, hanya 1,4 kg.

Paling asik lagi, laptop ini sudah dilengkapi layar sentuh dan kemampuan dilipat 360 derajat. Pelajar maupun pekerja pasti suka dengan fleksibilitasnya. 

2. Asus Vivobook S13

harga laptop asus
amazon.in

Masih di merek Asus, Sedulur bisa coba lirik seri terbaru bernama Vivobook S13. Sudah dilengkapi prosesor Intel i7 dan SSD 512GB serta RAM 8GB. Tak bakal ada masalah berarti saat kamu menggunakan laptop untuk tugas-tugas berat sekalipun.

Bahannya ringan dengan case logam yang elegan. Tipis dan ringan dengan layar 13 inci saja. Laptop seri ini dihargai Rp11 jutaan. Masuk kategori menengah, tapi mengingat spesifikasinya sudah lengkap dan terkini, ini salah satu investasi yang bagus. Masa pakainya pun lumayan panjang.

3. Lenovo Ideapad Slim 3i

harga laptop lenovo
shopee.co.id

Harga laptop Lenovo ini cukup ramah di kantong pas-pasan pelajar. Hanya Rp6-7 jutaan saja, produk ini bisa langsung ada di tanganmu. Fiturnya oke, Intel Core i5 dengan Windows 10 Home asli dan tampilan layar 14 inci.

Sayangnya, untuk harga segini Sedulur hanya dapat penyimpanan HDD biasa dengan RAM hingga 8GB. Jika bukan tipe pemakai berat, laptop ini sudah bisa memfasilitasi tugas ringan harianmu seperti mengetik, membuka beberapa aplikasi, dan menonton video. 

4. Acer Aspire 3 Slim Essential Laptop 

harga laptop acer aspire
shopee.co.id

Harga laptop Acer ini ada di angka Rp5 jutaan. Cukup murah karena masih menggunakan prosesor Intel Celeron dengan RAM 4GB dan penyimpanan sebesar 256GB. Grafiknya pun integrated alias bawaan Intel.

Sudah didesain dengan bentuk tipis dan nyaman dibawa-bawa. Layarnya pun mencapai 14 inci, lega untuk mengerjakan segala tugas atau nonton video. Asal tidak kamu pakai untuk aplikasi-aplikasi berat seperti gim atau software desain dan edit video. 

5. Acer Aspire Vero

harga laptop acer
laptopmag.com

 Salah satu laptop Acer terbaru yang layak dilirik pelajar dan pekerja, nih. Ia sudah dilengkapi Intel i5 dan Windows 11. Dengan harga Rp11 juta, kamu sudah dapat RAM 8GB dan 512GB SSD, serta Office Home Student terbaru.

Laptop mid-range dari Acer ini juga didesain dengan pertimbangan ekologi. Desainnya menawan dengan bahan case daur ulang dan fitur hemat energi. Sama dengan Asus Vivobook dari segi harga dan spesifikasi. Silakan dipertimbangkan, Sedulur. 

6. HP Pavilion Laptop 14 

harga laptop hp
currys.co.uk

Harga laptop HP untuk kelas premium sudah mencapai belasan hingga puluhan juta. Utamanya di seri ENVY dan Spectre. Bagi yang ingin berhemat, segera intip seri Pavilion saja. Harga belinya masih di angka Rp9 jutaan sudah dilengkapi prosesor AMD Ryzen dan Windows 10 asli.

Layarnya juga 14 inci, cocok untuk segala tugas dan kebutuhan belajar atau bekerja. Ringan dan tipis sudah pasti. Untuk harga ini, kamu belum dapat SSD, ya. 

7. Dell Inspiron 3501

harga laptop dell
bhinneka.com

Rekomendasi laptop untuk pelajar dan pekerja lainnya datang dari Dell. Sebagai salah satu brand terpercaya di bidang teknologi, Dell menyediakan beberapa perangkat dengan harga bersahabat yang spesifikasinya nggak abal-abal. Mudah dibawa karena tipis, ringan, dan elegan, spesifikasinya pun tak kalah canggih.

Sudah dilengkapi Intel Core i5 dan RAM 4GB dan Windows 10, masih ditambah layar anti glare yang pasti tak bikin sakit mata atau silau saat dipakai dalam waktu lama. Harganya ada di angka Rp8 jutaan saja. 

8. Macbook Air M1 2020

harga laptop macbook air m1 2020
ibox.co.id

Jikalau ada dana lebih, kemolekan Macbook Air M1 boleh kamu buktikan. Harganya di Rp16 jutaan dengan SSD 256GB dan prosesor M1 Chip CPU 8 Core. Desainnya jelas ringan dan tipis, plus layar beresolusi tinggi. Dijamin nggak bikin stres karena ngadat atau lemot.

Selain untuk tugas ringan, Macbook handal untuk software yang butuh ketahanan grafis mumpuni. Cocok untuk pelajar atau pekerja di bidang kreatif. 

Spesifikasi yang ditawarkan produk di atas tentu jauh lebih baik dibanding harga laptop 2 jutaan yang sudah ketinggalan dari banyak segi. Mulai prosesor, kapasitas memori, dan kecepatan akses aplikasinya. Ada baiknya Sedulur membeli barang dengan tujuan jangka panjang. Bijak dalam membeli agar tak menyesal di kemudian hari. 

Apabila masih berminat untuk membeli barang bekas yang harga laptopnya dibanderol lebih murah, kamu perlu lebih cermat dalam mengecek beberapa hal ini. Supaya kamu tidak rugi dan memastikan jika laptopnya memang masih dalam keadaan bagus.

1. Sistem operasi

Lihat apakah laptop yang kamu taksir sudah memiliki sistem operasi asli atau belum? Jangan tergiur harga murah dulu. Lebih baik pilih laptop dengan sistem operasi asli yang sudah terpasang untuk menghindari masalah di kemudian hari. Dengan sistem operasi asli, Sedulur akan mendapatkan pembaharuan secara berkala guna meningkatkan performa perangkatmu.

Ada beberapa sistem operasi yang beredar, tentunya untuk keperluan penggunaan aplikasi, Windows dan MacOS lebih disarankan karena kompatibel dengan beragam perangkat lunak yang Sedulur butuhkan. 

2. Prosesor

Cek prosesor yang dipakai. Selain Intel, ada pula AMD dan yang terbaru M1 khusus untuk laptop keluaran Apple. Intel terbaru masih di generasi i3, i5, dan i7. Sesuaikan dengan kebutuhan saja. Semakin banyak dan berat aplikasi yang akan kamu pakai, sebaiknya pilih minimal yang setara dengan Intel i5 atau AMD Ryzen 5. 

3. RAM & HDD/SDD

Pertimbangkan RAM dan HDD/SDD. Laptop rilisan terbaru biasanya sudah menawarkan jenis SSD atau solid state drive untuk menjamin performa perangkatmu saat dipakai. Namun, jika memilih yang masih menggunakan HDD, pastikan RAM yang dipakai minimal 4GB.

4. Graphic card

Graphic card juga sangat penting terutama jika kamu menggunakannya untuk perangkat lunak berat dan berbasis grafis. Pilih laptop dengan graphic cards eksternal seperti AMD Radeon atau NVIDIA. Namun, jika tugasmu tergolong ringan sebenarnya integrated graphic card pun tidak masalah. 

5. Webcam

Webcam yang biasanya terpasang di laptop dengan harga terjangkau masih di angka resolusi 720p. Tidak masalah jika kamu bukan pengguna Zoom rutin. Namun, kini sudah banyak laptop di kelas lebih tinggi yang menyediakan resolusi webcam hingga 1080p. 

6. Touchscreen

Perlukah layar sentuh? Sebenarnya ini tergantung preferensi masing-masing pengguna. Sebenarnya fungsinya tak seberapa esensial untuk penggunaan perangkat sehari-hari. Layar sentuh hanya fitur tambahan yang memanjakan.

Sudah punya laptop yang mumpuni? jangan sampai kebutuhan sehari-hari diabaikan. Belanja lewat Aplikasi Super deh kalau mager. Kamu tetap bisa belanja secara online sambil mengerjakan tugas dan bekerja. Praktis, bukan?