flora indonesia bagian barat

Di Indonesia terdapat dua jenis flora, yaitu flora Indonesia bagian barat dan Indonesia bagian timur. Jenis tersebut dipisahkan akibat perbedaan iklim dan kondisi cuaca antara Indonesia bagian barat dan bagian timur. Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia dengan ragam flora dan fauna yang menakjubkan.

Dalam kesempatan kali ini, kita akan mengenal bagaimana karakteristik flora Indonesia bagian barat serta apa saja jenis dan contoh dari flora yang dimaksud. Tanpa berlama-lama, yuk mari langsung kita simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini!

BACA JUGA: 16 Hewan Langka Indonesia yang Terancam Punah & Dilindungi

Keragaman flora di Indonesia

flora indonesia bagian barat
Kaskus

Sebelum kita masuk pada pembahasan utama dan sebutan untuk kelompok flora Indonesia bagian barat, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu keragaman flora yang terdapat di Indonesia. Flora sendiri berarti tumbuhan, maka dari itu dalam hal ini yang akan dibahas dalam beraneka-ragam tumbuhan dengan karakteristiknya yang terdapat di bagian barat Indonesia.

-->

Secara umum keanekaragaman dan peta persebaran flora di Indonesia dipengaruhi oleh dua hal, yaitu :

  1. Dilintasi oleh garis ekuator yang menyebabkan Indonesia beriklim tropis dan hanya memiliki dua musim yaitu hujan dan kemarau.
  2. Terletak di antara Benua Asia dan Benua Australia yang menjadi pusat persebaran biota.

Karakteristik flora di Indonesia

Kompas

Intensitas hujan di Indonesia juga sangat tinggi menyebabkan banyak jenis hutan yang terdapat di Indonesia. Mulai dari hutan hujan tropis, hutan musim, hutan bakau, dan hutan sabana. Setiap hutan tersebut menyimpan banyak tumbuhan, termasuk contoh flora Indonesia bagian barat.

Hal tersebut merupakan bagian dari karakteristik yang mempengaruhi pertumbuhan flora dan fauna Indonesia bagian barat. Penjelasan lengkap terkait karakteristik dan kelompok flora dan hutan yang disinggun di atas adalah sebagai berikut:

  • Hutan hujan tropis adalah hutan yang ditandani oleh rimba belantara dengan tumbuhan yang beranekaragam (heterogeny). Hutan hujan tropis yang masih lengkap memiliki ciri-ciri berdaun lebar, pohon tinggi besar, banyak ditemukan belukar tropis, serta banyak ditemukan cendawana. Hutan hujan tropis terbesar di pulau Sumatera, Kalimantan, dan Jawa.
  • Hutan musim adalah hutan yang selalu menggugurkan daunnya ketikan musim kemarau, misalnya pohon jati, pinus, dan cemara. Di Indonesia hutan musim tersebar di beberapa daerah seperti wilayah utara Jawa.
  • Hutan bakau merupakan kelompok tumbuhan khas di daerah pantai, misalnya rumbia, nipah, dan bakau.
  • Sabana tropis adalah kelompok tumbuhan di daerah tropis yang merupakan padang rumput, namun masih diselingi oleh beberapa pohon tinggi. Sabana tropis banyak dijumpai di pulau Bali, Jawa Timur bagian timur, dan dataran tinggi Gayo (Aceh).

Jenis flora Indonesia bagian barat contohnya

flora indonesia bagian barat
Salamadian

Berikut ini adalah jenis dan contoh flora bagian barat beserta gambarnya, agar memudahkan Sedulur mengetahui kekayaan dan keragaman flora yang terdapat di negara kita tercinta ini, yaitu:

  1. Flora endemik, seperti jenis bunga bangkai atau bunga Raflesia Arnoldi dan Bunga Anggrek Tien Suharto yang hanya terdapat di wilayah Sumatera.
  2. Flora khas paparan Sunda pada bagian timur yang didominasi mangrove dan rawa gambut.
  3. Flora di bagian pantai barat yang dipenuhi oleh tumbuhan meranti-merantian, rawa gambut, kemuning, rotan, dan hutan rawa air tawar.

Dari karakteristik flora Indonesia bagian barat kita bisa lihat berapa kondisi iklim, cuaca, suhu dan wilayah tempat flora tersebut berada turut mempengaruhi pertumbuhan flora tersebut. Sebuah sistem kehidupan flora yang perlu kita ketahui dan turut serta melestarikannya.

BACA JUGA: Perbedaan Cuaca dan Iklim, Kenali Jenis & Penjelasan Lengkap

Lestarikan flora di Indonesia

Tokopedia

Setelah mengetahui apa saja karakteristik flora Indonesia bagian barat, sudah seharusnya sebagai warga negara yang baik, kita harus senantiasa ikut serta berperan untuk menjaga dan melestarikan flora yang ada di Indonesia. Sebagai sesama mahluk hidup, sudah menjadi hakikatnya untuk saling menjaga.

Adapun beberapa upaya yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Terus menambah pengetahuan dan wawasan terkait pentingnya menjaga flora di Indonesia, serta terlibat aktif untuk memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat Indonesia secara luas.
  • Ikut aktif dan terlibat dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan, baik yang dilakukan oleh pemerintah dan yang dilakukan oleh organisasi pemerhati lingkungan.
  • Ikut mengawasi aktivitas yang bisa mengancam kehidupan flora dan fauna di Indonesia.
  • Melaporkan setiap pihak yang tidak bertanggung jawab yang melakukan tindakan yang dapat merusak dan mengancam kehidupan flora dan fauna yang ada di Indonesia.

Dengan mengikuti beberapa upaya di atas, bukan hanya flora Indonesia bagian barat saja yang akan terjaga kelestariannya. Namun juga seluruh flora dan fauna yang ada di Indonesia, mulai dari Sabang hingga Merauke. Jika bukan kita sebagai warga negara Indonesia, lantas oleh siapa lagi pelestarian ini dijaga?

Sekian penjelasan lengkap terkait flora Indonesia bagian barat yang bisa Sedulur pahami dalam penjelasan di atas. Semoga penjelasan di atas bisa menambah wawasan kita dan senantiasa mendorong kita untuk ikut terlibat menjaga dan melestarikan flora yang ada di Indonesia. Sebagai sebuah usaha untuk tetap mempertahankan bumi agar tetap memiliki lingkungan yang sehat dan baik, yang juga dapat berpengaruh terhadap kehidupan umat manusia.

Sedulur yang membutuhkan sembako, bisa membeli di Aplikasi Super lho! Sedulur akan mendapatkan harga yang lebih murah dan kemudahan belanja hanya lewat ponsel. Yuk unduh aplikasinya di sini sekarang.