desain kos estetik 2 lantai

Desain kos estetik 2 lantai dapat menjadi solusi terbaik bagi Sedulur yang mempunyai rencara untuk membuka bisnis kos, namun lahan yang dimiliki tidak terlalu luas. Desain yang tepat dengan 2 lantai, membuat lahan yang dimiliki bisa dimaksimalkan penggunaannya.

Nah, bagi Sedulur yang sedang mencari desain kos estetik 2 lantai, maka sedang berada di tempat yang tepat. Beberapa desain yang akan dibagikan, akan membantu untuk menghasilkan sebuah bangunan kos yang irit bujet, namun tetap bisa menghasilkan banyak pundi-pundi rupiah. Oleh sebab itu, langsung saja simak beberapa inspirasi desain rumah kos yang ada di bawah ini. Silahkan pahami dengan betul desain-desain yang diberikan, ya!

BACA JUGA: 15 Rekomendasi Mesin Cuci Mini Portable Terbaik di 2023

1. Kos estetik 2 lantai Letter U

cara memulai bisnis kos-kosan
JetWiki

Bagi yang lahannya terbatas, membuat konsep desain kos berbentuk letter U yang saling berhadapan merupakan salah satu opsi yang dapat dipilih. Nantinya, sisa ruang yang ada di bagian tengah bangunan bisa dimanfaatkan sebagai tempat parkir, jalan, ruang bersama, hingga taman kering.

Model bangunan semacam ini memungkinkan sirkulasi udara tetap bisa mengalir dengan baik. Selain itu, pencahayaan di area kos juga lebih terang, sehingga dapat tercipta bangunan yang sehat dan tentu saja hemat energi, terutama energi listrik.

2. Desain kos estetik 2 lantai minimalis

Konsep minimalis menjadi opsi lain yang bisa Sedulur pilih untuk kos 2 lantai dengan lahan yang luasnya terbatas. Lahan yang dibutuhkan setidaknya adalah sekitar 200 meter persegi, dengan ukuran di setiap kamarnya yakni 3×3 meter.

Bahkan bagi mempunyai tanah dengan luas yang lebih, bisa juga menambah jumlah kamarnya sampai 20 kamar, lho. Walaupun ukuran setiap kamar tidak terlalu besar, namun penerapan desain interior yang tepat akan membuatnya tetap nyaman.

3. Kos mewah dan estetik 2 lantai

Unsplash

Jika Sedulur memiliki lahan di area perkotaan atau dekat dengan wilayah perkantoran, bisa memilih konsep kos yang mewah. Dengan menerapkan konsep mewah tersebut, tentu saja akan membuat harga sewanya menjadi lebih tinggi, sehingga keuntungan yang didapatkan lebih banyak.

Coba mainkan arsitektur dan juga fasad bangunan yang terlihat unik dan elegan, Sedulur dapat menciptakan konsep yang terkesan minimalis namun tetap terlihat mewah. Permainan antara gaya tropis dengan unsur kayu akan membuat para penghuni merasa nyaman.

4. Desain kos estetik 2 lantai sederhana

Tidak hanya konsep mewah, konsep sederhana pun juga bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan saat ingin membuat kos 2 lantai pada lahan yang terbatas. Dengan konsep yang satu ini, sudah pasti bujet yang diperlukan bisa lebih diminimalisir.

Meskipun terkesan sederhana, akan tetapi rumah kos 2 lantai yang dibangun dilahan sempit bisa menjadi tempat yang memadai untuk dihuni. Kuncinya, yakni menyediakan fasilitas yang lengkap serta memberikan perawatan dan kebersihan yang dijaga dengan baik, sehingga para penghuni tetap merasa nyaman.

5. Kos estetik 2 lantai gaya industrial

Bagi yang belum tahu, konsep gaya industrial sendiri terinspirasi dari gaya bangunan pabrik-pabrik. Jadi tidak heran jika bangunan kos yang mengusung konsep semacam ini akan terlihat lebih sederhana, namun tetap terlihat estetik.

Ya, dekorasi pada desain interior yang dibuat simpel dan terkesan klasik, tentu saja akan disukai banyak orang. Terlebih lagi konsep industrial belakangan ini memang sedang menjadi trend di kalangan anak muda, sehingga cocok diaplikasikan pada wilayah perkotaan yang dekat dengan perkantoran dan kampus.

6. Desain rumah kos 2 lantai dengan pekarangan

desain rumah kost minimalis 2 lantai
Unsplash

Inspirasi yang berikutnya, ada model rumah kos 2 lantai minimalis yang di sekitarnya dilengkapi dengan pekarangan sederhana. Baik itu di depan, samping, ataupun belakang bangunan kos, pekarangan ini bisa menjadi nilai lebih, lho.

Apalagi bagi yang mempunyai hobi bercocok tanam, tentu saja bisa menjadikan area pekarangan tersebut sebagai sarana hiburan. Selain menjadikan suasana semakin sejuk, pekarangan di area kos juga membuat sirkulasi udara lebih sehat dan segar.

7. Kos 2 lantai desain memanjang

Mungkin sebelumnya Sedulur pernah berpikir jika lahan yang sempit akan sulit untuk didirikan sebuah bangunan kos. Terutama untuk lahan yang dimiliki bentuknya memanjang, mungkin akan membuat bingung terkait dengan desain yang harus digunakan.

Namun tidak usah khawatir, Sedulur dapat membangun kos 2 lantai dengan bentuk memanjang yang mengikuti bentuk dari lahan yang digunakan. Perlu untuk diketahui, bahwa desain memanjang semacam ini justru banyak diterapkan oleh para pemilik kos di lahan-lahan yang sempit.

8. Desain kost Letter L 2 lantai

Unsplash

Bagi yang punya lahan terbatas dan ingin memanfaatkannya menjadi kos, bisa memilih desain letter L. Desain letter L sendiri, akan membuat kos terasa lebih luas, walaupun sebenarnya dibangun di atas lahan yang sempit.

Ya, halaman dari kos tersebut, bisa Sedulur jadikan sebagai area parkir. Atau boleh juga halamannya dimanfaatkan untuk membuat area taman terbuka. Sehingga para penghuni akan merasa lebih nyaman berkat udara sejuk yang dihasilkan.

Bukan hanya itu, desain letter L juga akan membuat kos lebih aman. Hal ini karena area parkirnya terbuka dan dapat dilihat dari segala arah. Jadi kemungkinan adanya tindak kejahatan seperti pencurian yang biasanya tidak terpantau bisa diminimalisir.

9. Kos 2 lantai desain modern kontemporer

Jika target utama pasar dalam menjalankan bisnis kos adalah pekerja kantoran, maka Sedulur dapat menerapkan desain modern kontemporer. Desain kos yang satu ini, pasti mampu menarik minat dari para karyawan kantor yang ada di sekitar.

Pasalnya desain modern kontemporer diketahui banyak disukai oleh para karyawan kantoran saat ini. Bukan tanpa alasan, desain tersebut mampu membuat bangunan terlihat lebih mahal dan juga elegan. Sehingga mereka akan berebut untuk bisa mendapatkan kamar kos sebagai tempat tinggal.

10. Desain kos estetik 2 lantai indoor garden

Taman yang teduh dan asri menjadi salah satu cara untuk bisa menciptakan suasana yang nyaman dalam sebuah bangunan. Oleh sebab itu, indoor garden dapat Sedulur ciptakan untuk menambah kenyaman pada kos yang dibuat.

Buatlah Rancangan desain kos yang tidak sepenuhnya tertutup, agar udara dapat tetap mengalir dan terus berputar. Namun, pastikan sirkulasi udara di dalam bangunan benar-benar berjalan dengan baik, untuk menghindari kadar karbondioksida berlebih dari tanaman pada saat malam hari.

11. Kos minimalis 2 lantai dengan balkon

desain rumah kost minimalis 2 lantai
Trulia

Bukan hanya sekadar keindahan atau estetika dari bentuk bangunannya saja, para calon penghuni kos biasanya juga akan mempertimbangkan fungsi dan fitur yang disediakan pada kos yang akan ditinggali. Seperti halnya balkon, dimana para penghuni bisa menggunakannya untuk berbagai aktivitas.

Mulai dari tempat menjemur, area untuk nongkrong, dan masih banyak lagi. Untuk itu, tidak ada salahnya Sedulur membuat desain kos minimalis 2 lantai dengan balkon di setiap kamarnya. Dengan ini, maka minat dari calon penghuni akan jauh lebih besar.

12. Desain kos 2 lantai estetik kecil tapi menawan

Bisakah membangun rumah kos yang kecil, sederhana, tetap tetap menawan? Tentu saja bisa. Sedulur dapat menerapkan konsep rumah kos yang terdiri dari 2 lantai, kemudian di setiap bagian depan ruangan diberi hiasan berupa tanaman yang akan membuat bangunan terlihat lebih asri.

Bukan hanya untuk keindahan saja, penggunaan tanaman secara tidak langsung juga berdampak baik pada kenyamanan penghuni. Dimana tanaman-tanaman tersebut mampu membuat udara terasa lebih segar dan sejuk.

13. Kos 2 lantai colorful

Bisa dibilang jika desain rumah kos 2 lantai yang satu ini terlihat sangat cantik dan juga unik. Hal ini karena masing-masing kamar kos dicat dengan menggunakan warna yang berbeda-beda. Ya, walaupun bentuk bangunannya sama, namun terlihat tidak monoton.

Dengan begitu, maka Sedulur bisa menghemat tempat dan juga bujet pada saat membangunnya. Intinya, gunakan warna-warna yang colorful pada setiap dinding luar kamar kos. Maka akan tercipta bangunan kos yang terkesan ceria dengan vibes positif.

14. Desain kos 2 lantai dengan kolam renang

Berikutnya kembali lagi ke desain kos 2 estetik lantai yang mewah, dimana dalam konsep ini terdapat kolam renang di bagian tengah bangunan kos. Ya, konsep semacam ini sangat cocok bagi Sedulur yang memiliki target menengah ke atas.

Nah, jadi bentuk desain yang dihadirkan ini, tentu saja memiliki potensi yang besar untuk menarik para penghuni kos. Mereka akan merasa lebih nyaman dan senang, dengan fasilitas yang diberikan, terutama kolam renang walaupun tidak terlalu besar.

15. Desain kos estetik 2 lantai bernuansa klasik

Terakhir ada bentuk desain kos yang bernuansa klasik. Desain ini tentu saja memberi potensi yang sangat menarik bagi para penghuni kos, terutama mereka suka dengan hal-hal berbau klasik. Mereka dapat merasa lebih nyaman dan senang, sehingga betah untuk tinggal berlama-lama di dalamnya.

BACA JUGA: 12 Desain Rumah Kost Minimalis 2 Lantai untuk Lahan Sempit!

Estimasi Biaya Pembangunan Kos 2 Lantai

desain rumah kost minimalis 2 lantai
Japan Today

Usai mengetahui berbagai inspirasi desain kos estetik 2 lantai di atas, sekarang saatnya bagi Sedulur menghitung estimasi biaya yang dibutuhkan. Agar bisa lebih paham, mari ambil contoh sederhana sebagai berikut:

Pak Bayu ingin membangun rumah kos 2 lantai yang terdiri dari 10 kamar, masing-masing berukuran 3×3 meter. Anggap saja Pak Bayu mendapat tawaran lahan 100 meter persegi dengan harga per meter perserinya Rp2 juta. Untuk biaya pembelian lahan dapat dihitung dengan cara:

  •         Luas tanah x harga tanah = 100 meter persegi x Rp2 juta = Rp200 juta.

Setelah itu anggap untuk membangun kamar kos berukuran 3×3 butuh biaya kurang lebih Rp1 juta per meter persegi. Maka perhitungannya adalah seperti di bawah ini:

  •         Jumlah kamar x Luas per-kamar x Biaya bangun per-kamar = 10 x (3 x 3) x Rp1 juta = Rp90 juta.

Dengan begitu, maka total estimasi biaya untuk membangun rumah kos yang perlu dipersiapkan adalah Rp290 juta. Namun perhitungan biaya di atas belum termasuk dengan biaya untuk membeli perabotan serta berbagai tagihan lainnya.

Sekian infomasi terkiat inspirasi desain kos estetik 2 lantai serta kisaran perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk pembangunannya. Bagaimana, apa Sedulur tertarik untuk mencobanya? Ya, memulai bisnis kos memang membutuhkan modal yang tidak sedikit, walaupun tidak begitu luas. Namun jika sudah berjalan, keuntungan yang didapatkan tentu berlipat ganda.