harga daging wagyu a5

Bagi yang mengikuti perkembangan kuliner dunia, pasti sudah familiar dengan daging wagyu A5. Daging ini memiliki rasa enak setelah dimasak dan digemari oleh banyak orang di penjuru dunia. Ini adalah berkualitas super dari Jepang dan mudah didapati di banyak restoran steak dan shabu-shabu.

Bagi  yang belum tahu daging wagyu A5 berasal dari daging apa, ini daging sapi Jepang berkualitas premium karena semasa hidup sapinya dirawat dan mendapat perlakuan istimewa di peternakan. Berikut ini adalah fakta tentang makanan khas Jepang ini.

BACA JUGA: Cara Membuat Bakso Daging Sapi yang Enak & Kenyal, Cobain

1. Klasifikasi daging wagyu A5

Klasifikasi
kompas

Sebagai daging berkualitas premium dan berasal dari Jepang, wagyu A5 begitu digemari oleh banyak orang. Di Jepang, wagyu dan daging sapi yang disembelih dari Japanese cattle dan ini dijual di supermarket. Meski demikian, keduanya diberikan label berbeda.

-->

Perlu diketahui, semua sapi domestik Jepang selama ini diternak di kawasan peternakan. Ada beberapa spesies sapi asing yang sengaja diternak, yakni Holstein Friesian dan Angus. Yang diternak untuk dijadikan wagyu adalah daging yang mengacu pada sapi jenis domestik Jepang dengan garis keturunan dan jenis khusus yangmembuat daging wagyu A5 dibanderol dengan harga yang cukup banyak.

2. Grade

Grade
cnnindonesia

Pemberian label grade A5  merujuk berdasarkan panduan dari Japan Meat Grading Association. Penggolongan kualitas dari daging hewan ternak ini juga tidak main-main.

Pada umumnya, daging sapi A5 menggunakan penggolongan kode huruf A,B, dan C. Pengategorian ini dengan menghitung berat daging setelah organ dalam dan kulit dipisahkan. Untuk grade A5 dengan kode menunjukan proporsi daging paling banyak bila dibandingkan dengan grade C.

Selain kode alfabet, ada pemakaian angka untuk memberi grade yakni 1,2,3,4, dan 5. Angka tersebut menunjukan kualitas yang dinilai dari sebaran lemak, warna, tekstur, dan warna lemaknya. Angka 5 merupakan nilai paling tinggi. Kriteria yang dipakai akan menjadi penentu nilai akhir dari sebuah jenis daging.

Dengan kata lain, produk wagyu adalah daging yang paling istimewa dibandingkan dengan kualitas daging sapi lainnya. Olahan daging sapi Jepang ini merupakan produk yang dijual secara eksklusif dan ada sertifikatnya.

BACA JUGA: 8 Resep Bistik Daging Sapi Empuk Khas Jawa

3. Marbling

Marbling daging wagyu a5
jdid

Daging wagyu adalah yang memiliki berkualitas tinggi dan sangat mudah dikenali karena pola marbling. Marbling sendiri adalah istilah yang menunjukan tentang persebaran lemak di daging. Ciri utama yang bisa diketahui adalah dengan adanya serat berwarna putih.

Warna ini menyebar di permukaan daging sampai membentuk pola marmer. Semakin tinggi tingkat marbling-nya, maka akan semakin tinggi kualitas daging sapi asal Jepang ini.

4. Cara memasak wagyu

Cara memasak wagyu
halalnaviblog

Setelah tadi mengetahui apa itu daging wagyu A5 dan perbedaanya, selanjutnya kamu bisa membahas mengenai cara mengolah makanan ini. Teknik pengolahan daging ini harus tepat dan sesuai agar citarasa yang didapatkan bisa didapat dengan maksimal.

Salah seorang chef kenamaan asal Indonesia, Arnold Poernomo, menjelaskan jika wagyu harus diolah dengan benar. Juri Master Chef Indonesia itu mengatakan jika daging berkualitas asal Jepang ini memiliki banyak lemak natural dan bisa meleleh apabila berada di suhu udara tinggi. Maka dari itu, perlu penanganan khusus saat memotong dagingnya dengan harus berada di tempat dingin.

Jangan lupa juga untuk mengalasi tangan dengan tisu ketika hendak memegangnya. Hal ini bertujuan supaya lemak dagingnya tidak akan cepat lumer. Terkait bumbu daging, kamu hanya perlu sedikit taburan garam dan lada. Rasa daging asal Jepang ini sudah cukup enak dan lezat karena adanya rasa umami pada tekstur daging.

BACA JUGA: Kaya Akan Manfaat, Berapa Kandungan Kalori Daging Sapi?

5. Pernah dimasak oleh Nagita Slavina

daging wagyu a5 Nagita Slavina
tribunnews

Ternyata daging yang satu ini pernah dioleh oleh selebriti sekaligus YouTuber terkenal tanah air, Nagita Slavina. Ia mengolah daging sapi Jepang itu menjadi tongseng. Istri Raffi Ahmad itu mendapatkan daging wagyu A5 halal dengan kategori Miyazuki Gyu Striploin dari Tiktoker, Dims The Meat Guy.

6. Harga wagyu A5

harga
portaljember

Wagyu A5 cukup berbeda dengan daging pada umumnya karena memiliki banyak serat dan sangat enak untuk dinikmati. Tak tanggung-tanggung, sebagai daging paling nikmat dan lezat, daging asal Jepang ini jadi sangat mahal.

Harga wagyu A5 yang pernah dimasak Nagita Slavina ini mencapai Rp 6juta per kilogramnya. Untuk mengolah daging ini tidak perlu banyak bumbu. Sebab, sudah cukup enak dimasak dengan bumbu dan rempah sederhana.

Sebelum Nagita Slavina memasak dan mengolahnya menjadi tongseng, ada TikTokers Indonesia Dims The Meat Guy yang pernah mengolah menjadi steak. Jenis yang dimasak disebut-sebut menjadi harga daging wagyu A5 termahal karena dihargai sebesar Rp15 juta per kilogram.

Kurang lebih itu adalah penjelasan tentang wagyu A5 daging apa dan fakta menarik lainnya. Meski dibanderol dengan  harga yang cukup mahal, kualitas dan rasa yang didapatkan memang berbeda dengan yang biasa. Sekali mencoba, bakal susah lupa dengan rasa enaknya. Apabila tertarik untuk mencobanya, sisihkan budget dan luangkan waktu untuk memahami teknik memasak yang tepat. Jangan sampai kamu malah gagal total ketika memasak daging mahal ini.

Apabila ingin melengkapi bumbu, kamu bisa membelinya di Aplikasi Super. Dengan kemudahan belanja daring yang diberikan, kamu bisa mendapatkan belanjaanmu diantar sampai ke rumah tanpa perlu repot-repot keluar.