Cemilan sehat murah

Setiap orang pasti suka nyemil. Namun, agar lebih sehat, tentu akan lebih baik untuk mengkonsumsi cemilan sehat. Hal ini yang masih belum menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia. Padahal ada banyak jenis cemilan sehat murah yang bisa dikonsumsi.

Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan bahas bersama daftar rekomendasi cemilan sehat murah yang bisa jadi pilihan untuk Sedulur konsumsi. Jika Sedulur biasa nyemil gorengan yang mengandung banyak kalori, Sedulur harus mulai beralih mengkonsumi cemilan sehat murah. Apa saja daftar rekomendasi cemilan sehat murah yang dimaksud? Langsung saja kita simak daftarnya di bawah ini!

BACA JUGA: 7 Resep MPASI Ubi Ungu yang Sehat untuk Bayi dan Manfaatnya

1. Kacang almond

cemilan sehat murah
iStock

Rekomendasi cemilan sehat murah yang pertama yaitu kacang almond. Kacang almond memang bukan cemilan yang umum di masyarakat Indonesia. Tapi, peru Sedulur ketahui bahwa kacang almond memiliki segudang manfaat yang baik untuk tubuh.

-->

Satu genggam kacang almond memiliki banyak nutrisi yang baik, mulai dari vitamin, serat, protein, dan magnesium. Karena kandungannya itu, almond bisa membantu tubuh mengontrol gula darah, menurunkan kadar kolesterol, dan menurunkan berat badan juga.

Cara menikmati kacang almond sebagai cemilan tidaklah sulit, Sedulur tinggal makan saja layaknya makan kacang tanah. Satu genggam atau sekitar 28 gram sudah bisa bikin Sedulur kenyang, jadi bisa menahan untuk mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan.

Selain itu, jika kacang almond dihaluskan dengan blender, kacang almond akan menghasilkan cairan serupa susu yang seringkali disebut susu almond. Susu almond juga bisa jadi salah satu minuman sehat yang Sedulur konsumsi.

2. Tomat kering

cemilan sehat mudah
Pixabay

Rekomendasi cemilan sehat murah selanjutnya yaitu tomat kering. Tomat sangat kaya dengan vitamin C dan serat, sangat cocok sebagai  cemilan diet yang bisa dimakan langsung. Jika ingin menggunakan tomat sebagai cemilan diet, Sedulur bisa mengeringkan tomat terlebih dahulu.

Karena tomat kering mengandung banyak likopen ketimbang tomat yang biasa. Dalam 100 gram tomat kering mengandung 170% DV untuk vitamin C dan juga lebih dari 200 kalori. Tentu saja dengan membiasakan cemilan ini tubuh Sedulur akan lebih sehat lagi.

Ditambah lagi jika Sedulur tengah dalam masa diet dan hidup sehat. Tomat kering sangat cocok bagi camilan untuk mempertahankan diet Sedulur dan menjaga asupan nutrisi Sedulur agar tetap seimbang. Selain itu, yang paling penting mendapatkan tomat kering sangat mudah dengan harga yang super murah.

3. Buah alpukat

iStock

Sebagai cemilan sehat murah, buah alpukat memiliki kandungan dan manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah alpukat juga bisa menghilangkan dahaga sekaligus digunakan sebagai pengganjal rasa lapar sebelum makan.

Hal tersebut dikarenakan kandungan kalori dalam buah alpukat yang cukup mengenyangkan. Selain itu, buah alpukat juga bisa menurunkan kadar kolesterol buruk yang akan berdampak buruk pada kesehatan jantung.

Dalam satu buah alpukat, Sedulur akan mendapatkan sebanyak 130 kalori untuk tubuh. Jika Sedulur sedang dalam program diet ketat. Sedulur tinggal mengganti makan dengan mengkonsumsi buah alpukat satu buah. Selain mengenyangkan, sekaligus menyehatkan.

4. Kacang endamame

cemilan sehat murah
iStock

Rekomendasi cemilan selanjutnya yaitu kacang edamame. Edamame merupakan kacang kedelai muda yang berwarna hijau. Makanan ini sering kita jumpai di restoran-restoran Jepang, karena memang jadi cemilan favorit masyarakat Jepang atau yang dikenal sebagai Negeri Bunga Sakura.

Edamame memiliki tinggi protein nabati, antioksidan, rendah kalori, dan bebas gula. Manfaatnya jika kamu rutin mengonsumsinya, bisa mencegah risiko penyakit jantung, mencegah diabetes, bisa bikin berat badan turun, dan masih banyak lagi.

Kacang edamame mengandung banyak asam folat dan mineral, seperti zat besi, tembaga, zinc, dan magnesium, sehingga cocok dijadikan camilan sehat bagi bumil. Untuk menyantapnya, Sedulur dapat merebus kacang edamame dan menambahkan sedikit garam sebagai bumbu.

Sedulur bisa merebus edamame selama 5-6 menit. Setelah itu, tiriskan air dan taruh edamame rebus di piring. Jikan sedikit berasa, bisa ditambahkan garam secukupnya, sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya.

5. Granola

cemilan sehat murah
Pixabay

Rekomendasi cemilan sehat murah selanjutnya adalah granola. Granola merupakan makanan diet yang terbuat dari campuran gandum, kacang-kacangan, dan buah kering satu ini dikenal dengan nama granola. Setiap 100 gram ganola mengandung sekitar 30% serat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu, granola juga mengandung vitamin K, E, C dan beberapa vitamin B kompleks. Dengan begitu, granola merupakan cemilan yang memiliki kandungan nutrisi yang komplit. Sehingga tubuh Sedulur bisa tetap terjaga asupan nutrisi yang dibutuhkan.

Dengan mengkonsumsi granola, Sedulur yang tengah diet ketat akan mendapatkan perbaikan sistem pencernaan, meningkatkan energi, dan juga membantu menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan, granola mengandung protein nabati yang sangat tinggi.

Jadi, mulai saat ini Sedulur bisa menghilangkan camilan-camilan berminyak yang tidak menyehatkan. Sedulur bisa coba untuk mulai menyantap granola agar tubuh tetap sehat. Bukan hanya itu, kebutuhan nyemil Sedulur juga bisa tetap berlanjut tanpa harus mengorbakan kesehatan tubuh.

6.  Buah pisang

iStock

Rekomendasi camilan selanjutnya yaitu buah pisang. Buah-buahan sudah otomatis masuk dalam daftar cemilan sehat murah, namun tidak semua jenis buah-buahan yang cocok sebagai cemilan. Di antara banyak jenis tersebut, buah pisang menjadi salah satu rekomendasi yang wajib dikonsumsi.

Buah yang satu ini memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Satu buah pisang memiliki kandungan Vitamin C, Vitamin B Kompleks, serotin, kalium, magnesium, dan masih banyak lagi. Kandungan gizi ini bisa membantu menjaga tekanan darah, menurunkan berat badan, dan mencegah anemia.

Paling tidak, konsumsi dua buah pisang di pagi hari atau di antara makan siang dan makan sore. Buah ini juga sangat mudah ditemui dan harganya murah, sekitar Rp 10-50 ribuan satu sisir, tergantung dari jenis pisang apa yang Sedulur beli.

7. Rumput laut bakar

cemilan sehat murah
Healthy Food Tribe

Bagi Sedulur yang menyukai rumput lain, Sedulur bisa menjadikan rumput lain sebagai cemilan sehat murah yangnikmat dan super lezat. Selain renyah dan gurih, rumput laut juga merupakan makanan rendah kalori, kaya akan serat dan nutrisi.

Selain itu, rumput laut juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang dapat mempercepat penyembuhan luka, terutama bagi para penderita diabetes. Sedulur bisa menyantap rumput laut bakar dengan berbagai makanan sehat yang Sedulur konsumi.

Jika Sedulur mengkonsumsi nasi merah yang memiliki kandungan lebih baik dibanding nasi putih. Untuk lauk sehat, Sedulur bisa mengkonsumsi rumput laut bakar dan menyantapnya sebagai salah satu menu makan sehat dan mengenyangkan.

8. Dark chocolate

iStock

Rekomendasi cemilan sehat murah selanjutnya yaitu dark cokelat. Pasti sebagian orang menyukai cokelat karena rasanya yang manis. Namun, cokelat yang manis justru tidak menyehatkan karena kandungan gulanya yang tinggi.

Jika Sedulur ingin menyantap cokelat yang sehat, Sedulur bisa menyantap dark chocolate atau cokelat hitam. Cokelat jenis ini memiliki rasa yang pahit, tapi sangat sehat untuk tubuh. Kenapa rasanya bisa pahit? Karena kandungan kakaonya lebih besar ketimbang gulanya.

Bahkan, beberapa produk ada yang tidak mencampurkan gula sama sekali, alias full kakao. Kandungan kakao itu ternyata memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Berbagai penyakit berbahaya bisa diminimalisir bila rajin dan disiplin mengonsumsi cokelat hitam, seperti penyakit jantung, kolesterol, dan tekanan darah tinggi.

Mungkin Sedulur berpikiran bahwa cokelat hitam ini memiliki harga yang mahal. Namun sebenarnya harga dari cokelat hitam sangat terjangkau. Mulai dari harga Rp10-15rb Sedulur bisa mendapatkan cokelat hitam. Usahakan untuk membeli cokelat dengan tanpa kandungan gula ya.

9. Yoghurt

iStock

Cemilan yang menyehatkan selanjutnya adalah yogurt. Di dalam kandungan yoghurt terdapat banyak Vitamin yang berguna untuk tubuh. Yoghurt tawar saja sudah menyehatkan, tapi kamu bisa menambahkannya dengan aneka buah-buahan sebagai topping-nya.

Salah satu manfaat mengonsumsi yoghurt adalah memperlancar pencernaan. Hal ini karena kandungan probiotiknya mampu membersihkan bakteri jahat yang terdapat di usus. Buat yang sulit buang air besar (BAB), coba konsumsi yoghurt setiap hari.

Harga yoghurt juga sangat murah dan terjangkau. Sedulur bisa mendapatkannya dengan mudah di minimarket atau supermarket, hanya dengan harga sekitar Rp7rb untuk satu botol atau membeli yang ukuran 1 liter dengan harga Rp40rb.

10. Kurma

iStock

Rekomendasi camilan sehat selanjutnya yaitu buah kurma, Kurma memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Di dalam satu bijinya, mengandung lebih banyak Vitamin B kompleks, magnesium, zat besi, polifenol, dan karbohidrat.

Dengan kandungan itu, kurma sangat baik untuk mencegah risiko kanker usus, mengatasi wasir, menambah energi, dan membantu mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Kamu bisa mendapati kurma di toko-toko buah, atau di situs belanja online dengan harga sekitar Rp 30 ribuan sampai Rp 200 ribuan, tergantung dari besaran gram yang kamu beli.

BACA JUGA: Daftar Makanan Bergizi untuk Menambah Tinggi Badan Si Kecil

11. Oatmeal

iStock

Oatmeal adalah makanan yang terbuat dari biji gandum utuh. Gandum utuh memiliki banyak kandungan serat, magnesium, dan potasium. Kandungan tersebut bisa berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi, mengontrol berat badan, mengurangi kolesterol, dan masih banyak lagi.

Oatmeal sangat pas untuk dijadikan pengganti nasi saat sarapan, atau cemilan di tengah jeda waktu makan siang dan sore. Resep cemilan sehat dan praktis untuk dibuat ini ada beragam, tapi yang paling umum adalah dengan mencampurkannya dengan susu.

Caranya, tuang oatmeal ke dalam mangkuk, lalu masukkan susu putih rendah lemak, dan panaskan di atas microwave jika ingin menikmatinya dalam keadaan hangat.

12. Camilan buah kering

cemilan sehat murah
Pixabay

Rekomendasi selanjutnya yang bisa Sedulur santap sebagai cemilan sehat murah yaitu cemilan dari buah kering. Buah apapun yang dikeringkan, bisa menjadi camilan diet yang sangat nikmat. Sedulur bisa mendapatkan nutrisi dari buah-buahan tersebut, terutama kandungan vitamin C dalam buah.

Kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah yang dikeringkan akan sangat membantu tubuh dalam penyesuaian masa diet. Selain itu, kandungan potasium dalam buah-buahan juga sangat cocok dan sangat ampuh dalam menstabilkan energi dan memperbaiki mood.

Sedulur bisa menjadikan camilan buah kering menjadi salah satu rekomendasi kudapan yang disantap di saat waktu senggang di rumah. Usahakan Sedulur memilih camilan buah kering yang Sedulur sukai, jangan memaksakan menyantap buah kering yang tidak Sedulur sukai, ya!

13. Ubi rebus

iStock

Biasanya rasa lapar dirasakan jauh dari jam makan, tetapi jika menunggu jam makan masih sangat lama sementara rasa lapar terus menyerang. Tentu sangat cocok untuk menyantap camilan ketika kondisi tersebut Sedulur rasakan.

Nah salah satu rekomendasi yang bisa Sedulur santap sebagai cemilan sehat adalah ubi rebus. Kalori yang terdapat di ubi rebus sekitar 74 kkal, bisa kamu konsumsi sebagai penghilang rasa lapar juga. Selain kalori, ubi juga mengandung lemak, kalsium, Vitamin A,B, dan C.

Selain menyehatkan, cemilan ini juga murah meriah lho. Harganya sekitar Rp 12 ribuan per kilogram, tergantung jenis ubinya.

14. Puding selasih

cemilan sehat murah
Unsplash

Cemilan sehat murah untuk diet yang super nikmat dan menyehatkan selanjutnya adalah puding biji selasih. Biji selasih mengandung serat yang kaya dan seringkali dijadikan sebagai camilan nikmat untuk diet. Termasuk diet vegan dan ketogenik.

Selasih juga mengandung antioksidan yang sangat tinggi yang mampu mengurangi peradangan dan meningkatkan kesehatan jantung. Sedulur cukup membuat biji selasih dan dicampurkan dalam puding. Menikmati puding yang kaya akan serat dan juga cairan untuk tubuh, sangat cocok sebagai menu cemilan diet setiap harinya.

Kapan lagi Sedulur bisa menikmati cemilan sehat murah sekaligus nikmat yang dapat membantu dalam menjaga kesehatan tubuh. Salah satu di antar daftar cemilan yang bisa Sedulur santap tentu saja puding selasih yang telah dijelaskan di atas. Dijamin kebutuhan camilan Sedulur tidak akan pernah kurang!

15. Crakers gandum

iStock

Rekomendasi cemilan sehat murah selanjutnya yaitu crakers gandum. Crakers gandum mengandung serat dan merupakan jenis karbohidrat kompleks yang baik untuk tubuh. Maka dari itu, ketimbang crakers biasa, Sedulur bisa memilih untuk menyantap craker gandum.

Karena kandngan serat dapat membuat Sedulur merasa lebih cepat kenyang dalam waktu yang sangat lama. Ketimbang snack tinggi gula yang bikin ketagihan tapi dalam waktu singkat Sedulur bakalan lapar lagi dan malah menjadi makan.

Crakers memiliki bentuk dan rasa mirip dengan biskuit, jadi sangat cocok dinikmati dengan teh hangat tawar agar bisa memberikan kenikmat yang lebih lezat. Sehingga makanan yang Sedulur konsumsi pun menjadi lebih sehat dan tentu saja mengenyangkan

16. Buah apel dan selai kacang

cemilan sehat murah
Pixabay

Rekomendasi cemilan sehat murah terakhir yang bisa Sedulur konsumsi adalah buah apel dan selai kacang. Buah apel yang kaya akan serat dan antioksidan polifenol dapat meningkatkan kesehatan usus dan terkena penyakit jantung.

Sedangkan selai kacang yang dapat memperkuat kesehatan jantung dapat meningkatkan kolesterol baik dan mengurangi kolesterol jahat. Hal tersebut dapat membuat Sedulur lebih sehat dan kandungan cairan tubuh Sedulur tetap terjaga dengan baik.

Selai kacang juga sangat cocok dijadikan sebagai cemilan diet, karena jumlah kalorinya yang tinggi. Jadi Sedulur akan merasakan kenyang yang cepat, dengan mengkonsumsi selai kacang yang sedikit. Kombinasi buah apel dan selai kacang merupakan kombinasi cemilan diet yang pas.

Nah itulah daftar rekomendasi cemilan sehat murah yang bisa Sedulur santap. Selain itu, daftar cemilan di atas juga bisa dijadikan sebagai cemilan untuk membuat Sedulur tetap sehat dalam menjalankan diet.

Jangan lupa untuk tetap disiplin dan jangan mudah tergiur dengan berbagai makanan yang penuh dengan kandungan jahat. Hindari godaan makanan tersebut dengan beralih dengan cemilan diet.