Sedulur pernah mengalami masalah sepatu yang dipakai mengeluarkan bau tidak sedap? Jangan dibiarkan karena bisa mengganggu aktivitas harian. Sepatu bau akan membuatmu dan orang-orang di sekitar merasa tidak nyaman. Bau sepatu bisa disebabkan oleh banyak hal, bisa karena jarang dicuci atau terkena kotoran hewan. Maka dari itu, Sedulur perlu mengetahui cara menghilangkan bau sepatu dengan cepat dan ampuh.

Umumnya saat sepatu bau, Sedulur pasti akan memakai cara menghilangkan bau sepatu dengan semprotan pewangi atau dicuci bersih. Mungkin tidak semua orang mau melakukan cara ini, sehingga ingin mencari hal praktis tentang cara menghilangkan bau kaki dengan cepat. Penasaran bagaimana cara menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci? Yuk, simak artikel di bawah ini!

BACA JUGA: 25 Ide Kerajinan dari Koran yang Unik dan Cara Membuatnya

1. Masukkan ke lemari pendingin

cara menghilangkan bau sepatu
Popbela

Cara menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci adalah dengan memasukkan sepatu ke lemari es alias freezer. Mungkin terdengar aneh, namun sebenarnya memasukkan sepatu bau ke freezer adalah cara sederhana bagi yang enggan mencuci sepatu.

-->

Pastikan sebelum dimasukkan ke lemari pendingin, sepatu bau milik Sedulur dibungkus dengan plastik, baru masukkan ke dalam lemari pendingin. Freezer akan menghilangkan bau tak sedap dari sepatu selama semalaman. Baru pada paginya, Sedulur bisa mengeluarkannya dan dipakai untuk beraktivitas. Oh iya, bila ingin menerapkan cara ini, sebaiknya freezer sedang tidak terisi bahan makanan, ya.

2. Baking soda

cara menghilangkan bau sepatu
Kompas

Kamu bisa menggunakan baking soda sebagai cara menghilangkan bau sepatu. Baking soda umumnya dipakai untuk keperluan membuat kue atau sebagai pengembang adonan. Baking soda mempunyai istilah kimia bernama natrium bikarbonat. Penyebutannya serig disingkat dengan bicnat.

Senyawa bicnat masuk dalam kelompok garam dan sudah dipakai sejak lama. Senyawa ini biasanya banyak ditemukan dalam bentuk serbuk. Meski umumnya menjadi bahan pengembang adonan kue, natrium bikarbonat dapat digunakan menghilangkan bau dari sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu menggunakan baking soda sangatlah mudah.

Sedulur hanya perlu menaburkan baking soda pada bagian dalam sepatu yang bau. Diamkan selama semalam saja, baru keesokan harinya Sedulur bisa memakai sepatu tersebut. Namun sebelum memakainya, bersihkan baking soda dari dalam sepatu terlebehi dahulu. Bisa menggunakan sikat untuk membersihkannya.

3. Kopi

cara menghilangkan bau sepatu
Hellosehat

Kopi dikenal sebagai serbuk atau biji yang dapat dijadikan minuman nikmat. Kopi biasa dinikmati saat pagi hari atau ketika cuaca dingin. Bersama pisang goreng akan semakin nikmat. Namun, siapa sangka bahwa kopi ampuh menghilangkan bau pada sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu dengan kopi sangat mudah dan sederhana.

Pertama, kondisi sepatumu harus bersih dan kering. Baru selanjutnya, masukkan bubuk kopi ke dalam sepatu. Diamkan selama semalam saja, maka bau tidak sedap pada sepatu akan menghilang.

4. Minyak atsiri

cara menghilangkan bau sepatu
Jamu Digital

Enggan mencuci sepatu dan ingin mencari cara praktis menghilangkan bau pada sepatu? Sedulur bisa menggunakan minyak atsiri. Minyak atsiri cukup ampuh untuk Sedulur pakai sebagai cara menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci. Teteskan minyak atsiri secukupnya saja di area dalam sepatu, baru tambahkan lembar kertas di area dalam sepatu.

Fungsinya agar mengunci bau minyak atsiri dan menghilangkan bau tak sedap dari sepatu tersebut. Biarkan selama satu malam saja, baru keesokan harinya Sedulur dapat mengeluarkan kertas dan sepatu bisa dipakai kembali.

BACA JUGA: Tips Memulai Bisnis Laundry Sepatu untuk Sedulur Super

5. Spiritus

cara menghilangkan bau sepatu
Pexels

Bahan kimia ini dinilai cukup ampuh dalam menghilangkan bau pada sepatu. Sehingga, bisa menjadi solusi atau cara menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci. Caranya sangat mudah dan praktis, Sedulur hanya perlu mencampurkan spiritus dengan air bersih. Kemudian masukkan ke dalam alat penyemprot.

Usahakan agar area dalam sepatu terkena percikan campuran spiritus dan air, sehingga bau sepatu tak lagi datang. Maka dengan demikian, spiritus dapat menjadi spray penghilang bau sepatu. Tanpa perlu lagi mencuci sepatu, bau tak sedap akan hilang. Praktis, bukan?

6. Bedak bayi

cara menghilangkan bau sepatu
Reuters

Bingung karena sepatu bau? Mungkin bisa menggunakan bedak bayi. Bedak bayi selain bisa menghilangkan biang keringat, ampuh juga buat mengatasi sepatu yang bau. Cara menghilangkan bau sepatu dengan bedak bayi adalah menaburkan pada area dalam sepatu.

Menaburkan bedak bayi di area dalam sepatu ampuh pula dalam mencegah bau kaki. Jadi, bagi yang masih bingung dan malas mencuci sepatu, maka cara agar bau tersebut hilang yaitu dengan menaburkan bedak bayi. Bedak bayi dapat Sedulur temukan di supermarket hingga toko kelontong.

7. Garam

Pexels

Garam selalu dipakai sebagai bahan penyedap masakan, namun sebenarnya garam pun dapat dijadikan alternatif menghilangkan bau sepatu. Garam diketahui dapat mengurangi tingkat kelembapan di area kaki, sekaligus menjadi senyawa alami pembunuh bakteri.

Cara menghilangkan bau sepatu dengan garam sangat sederhana. Langkah pertama, Sedulur harus mencampurkan terlebih dahulu dengan satu baskom air hangat. Karena bau pada sepatu umumnya berasal dari kaki, maka rendam kaki tersebut ke dalam air hangat yang sudah dicampur dengan garam tadi.

Tunggu selama 20 menit dan rutin melakukan kegiatan ini, maka hasilnya kaki maupun sepatu tidak akan mengeluarkan bau tidak sedap. Ditambah lagi, kaki menjadi lebih sehat dan terbebas dari bakteri. Sangat mudah dan praktis, Sedulur dapat segera mencobanya di rumah.

8. Kantung teh

Jawa Pos

Punya kantung teh tak terpakai di rumah dan dibuang begitu saja? Mulai sekarang cobalah untuk dimanfaatkan. Sebab, kantung teh dapat dijadikan sebagai obat menghilangkan bau di kaki. Namun, sebaiknya gunakan kantung teh yang masih baru agar hasilnya lebih optimal.

Cara menghilangkan bau kaki dengan cepat menggunakan kantung teh sangat mudah. Pertama, Sedulur perlu menyiapkan dua kantong teh, kemudian rebus menggunakan satu liter air selama 15 menit saja. Tambahkan dengan 2 liter air dingin dan tuang pada bak atau ember yang sudah disiapkan.

Cari posisi nyaman dengan menggunakan tempat duduk untuk menyangga badan. Baru kemudian rendam kedua kaki selama 30 menit. Lakukan atau biasakan cara ini minimal sekali dalam seminggu agar kaki lebih sehat dan tidak mengeluarkan bau. Diketahui kantung teh menghasilkan asam yang mampu mengecilkan pori-pori kulit.

Asam amino dari kantung teh juga dapat mengurangi jumlah keringat pada kaki. Sehingga, tidak ada lagi alasan bau tidak sedap dari kaki. Sebab, kantung teh pun dapat dijadikan obat untuk menghilangkan bau tersebut. Fungsi lain kantung teh dapat dijadikan solusi penghilang bau pada sepatu. Cara menghilangkan bau sepatu dengan teh adalah yang pertama, masukkan teh celup pada air mendidih selama 2-3 menit.

Angkat teh dan biarkan sampai kondisi dingin. Kemudian, masukkan kantong teh yang telah dingin tersebut ke dalam sepatu. Diamkan selama kurang lebih satu jam agar bau pada sepatu benar-benar hilang. Selanjutnya, keluarkan kantong teh dari sepatu, lalu keringkan menggunakan tisu. Sepatu siap digunakan untuk beragam keperluan, mulai dari sekolah, jalan-jalan, hingga olahraga. Sangat mudah dan Sedulur bisa mempraktikkannya di rumah.

BACA JUGA: Cara Memulai Bisnis Cuci Helm yang Sederhana & Menjanjikan!

9. Cuka

Pexels

Semua orang pasti mengenal bumbu dapur bernama cuka. Biasanya cuka digunakan untuk membuat acar atau tambahan penyedap masakan. Namun, siapa sangka manfaat lain dari bumbu dapur ini dapat dijadikan sebagai penghilang bau pada sepatu. Bau pada sepatu terjadi karena pemakaian terlalu lama, atau bahkan karena terkena kotoran hewan.

Alhasil, mau tidak mau Sedulur harus mencuci dan mengeringkannya. Akan tetapi, tidak semua orang mau mencuci sepatu jika memang sedang dalam keadaan terdesak. Cara menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci menggunakan cuka dianggap lebih praktis. Cara menggunakannya sangat mudah.

Campur satu gelas cuka dengan menggunakan satu baskom air. Kemudian, rendam kedua kaki selama 15 menit. Karena sepatu bau bisa disebabkan keringat pada kaki, maka bisa menggunakan langkah ini. Agar mendapatkan hasil maksimal, Sedulur harus rajin merendam kaki pada cairan campuran cuka dan air. Lakukan setidaknya seminggu sekali.

10. Jemur dan angin-anginkan

Pexels

Punya sepatu bau dan bingung cara menghilangkannya? Sedulur dapat menjemur dan mengangin-anginkannya terlebih dahulu. Pertama, lepas tali sepatu, kemudian keluarkan alasnya. Baru kemudian sepatu dijemur pada tempat kering dan harus terkena angin. Ini merupakan cara menghilangkan bau sepatu dengan cepat. Agar bau tak lagi datang, maka usahakan harus memakai kaus kaki. Karena kaus kaki diketahui mampu menyerap keringat.

11. Koran bekas

Popmama

Menggunakan koran bekas ternyata ampuh dijadikan cara menghilangkan bau sepatu tanpa dicuci. Penggunaan koran bekas dapat menghilangkan bau pada sepatu selama semalam saja. Langkah pertama, pastikan sepatu dalam keadaan kering, baru kemudian ambil koran dan bungkus seluruh area permukaan sepatu dengan rapat.

Selanjutnya simpan sepatu Sedulur pada tempat sejuk selama satu malam atau lebih. Maka bau pada sepatu akan terserap dengan sempurna oleh koran pembungkusnya. Jadi, Sedulur dapat memakai koran bekas tanpa perlu mencuci sepatu.

12. Bilas menggunakan air

Pixabay

Mungkin ini merupakan cara menghilangkan bau sepatu terakhir yang dapat dicoba. Langkah ini dapat Sedulur lakukan jika cara-cara di atas tidak ampuh menghilangkan bau pada sepatu. Jangan lupa tambahkan pewangi pakaian, agar sepatu kamu wangi dan bau pada sepatu tidak lagi datang.

Demikian cara menghilangkan bau sepatu yang cepat dan mudah. Sepatu bau selain mengganggu aktivitas, dapat menimbulkan malapetaka untuk orang disekitar kamu. Mereka akan cenderung menjauhimu dan menghindar karena tidak nyaman dengan bau tersebut. Semoga ulasan di atas dapat membantu Sedulur apabila masalah bau sepatu terjadi.

Mau belanja bulanan nggak pakai ribet? Aplikasi Super solusinya! Mulai dari sembako hingga kebutuhan rumah tangga tersedia lengkap. Selain harganya murah, Sedulur juga bisa merasakan kemudahan belanja lewat handphone. Nggak perlu keluar rumah, belanjaan pun langsung diantar. Yuk, unduh aplikasinya di sini sekarang!

 Bagi Sedulur yang punya toko kelontong atau warung, bisa juga lho belanja grosir atau kulakan lewat Aplikasi Super. Harga dijamin lebih murah dan bikin untung makin melimpah. Langsung restok isi tokomu di sini aja!