Ibu Super memiliki anak yang susah makan? Yuk, simak cara mengatasinya. Penjelasan mengenai cara mengatasi anak susah makan di bawah ini dijamin ampuh!

Jika anak tidak mau makan, hal tersebut merupakan hal wajar. Banyak penyebab anak tidak mau makan, umumnya disebabkan oleh ketidaksukaan anak terhadap makanan yang akan dimakan. Anak-anak sangat menyukai makanan manis dan berwarna, jika melihat makanan seperti sayur atau lauk-laukan, otomatis membuat mereka enggan untuk makan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi anak susah makan? Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara cara atasi anak susah makan, baik itu anak 1 tahun susah makan atau anak 3 tahun susah makan, jika anak susah makan hal tersebut akan mempengaruhi masa pertumbuhan mereka.

Ibu Super sebagai orang tua harus mengetahui cara meningkatkan nafsu makan anak. Terutama cara mengembalikan nafsu makan anak setelah sakit. Pasalnya, anak-anak pasca sakit akan sangat malas untuk makan dan lebih memilih jajan dan ngemil. Yuk, langsung saja kita simak cara mengatasi anak anak susah makan dan minum susu dalam penjelasan di bawah ini.

-->

Baca Juga: Daftar Jajanan Anak SD Paling Laris. Tak Lekang oleh Zaman!

Daftar Cara Mengatasi Anak yang Susah Makan. Dijamin Ampuh!

1. Jangan Bertengkar dengan Anak Saat Makan

1. Jangan Bertengkar dengan Anak Saat Makan
kumparan.com

Salah satu cara mengatasi anak susah makan yang pertama adalah jangan menjadikan waktu makan anak sebagai ajang untuk memarahi anak atau bertengkar dengan anak. Karena hal tersebut bisa menimbulkan trauma dan rasa malas makan kepada anak.

Ibu Super mungkin merasa kesal bahkan hingga marah menghadapi anak yang susah makan atau malah bercanda saat makan. Namun jangan mulai untuk memarahi anak, karena anak akan menjadi trauma dan justru menganggap bahwa waktu makan adalah waktu di mana mereka dimarahi. Bukannya melakukan cara mengatasi anak susah makan, efek yang didapatkan justru sebaliknya.

2. Catat Apa Saja yang Dimakan Oleh Anak

2. Catat Apa Saja yang Dimakan Oleh Anak
superapp.id

Cara mengatasi anak susah makan yang kedua adalah dengan mencatat apa saja yang dimakan oleh anak. Perhatikan jumlah konsumsi makanan yang masuk pada anak. Bisa jadi anak telah banyak mengkonsumsi camilan atau jajanan. Saat memasuki waktu makan, anak menjadi enggan makan karena mereka merasa kenyang. Ingat, jangan samakan perut anak-anak dengan orang dewasa. Dalam jumlah makanan kecil, bisa bertahan kenyang lama untuk anak-anak.

3. Sediakan Camilan Tinggi Kalori untuk Anak

3. Sediakan Camilan Tinggi Kalori untuk Anak
liputan6.com

Kekhawatiran Ibu Super terhadap anak yang susah makan adalah terkait asupan gizi anak. Jangan khawatir, Ibu Super bisa mengatasi masalah ini dengan menyediakan beberapa camilan tinggi kalori untuk anak. Jadi walaupun Ibu Super sulit melakukan cara mengatasi anak susah makan, berikan camilan tinggi kalori.

Jadi sang buah hati masih bisa terjaga asupan nutrisi dan gizinya. Oleh karena itu, sebisa mungkin Ibu Super menyiapkan camilan yang berwarna namun yang berasal dari sayuran dan buah-buahan.

Baca Juga: Aneka Resep Jajanan Ini Bisa Sedulur Coba. Berkreasi di Rumah Aja!

4. Siapkan Menu Makan yang Berbeda Setiap Harinya

4. Siapkan Menu Makan yang Berbeda Setiap Harinya
detik.com

Bisa jadi salah satu penyebab anak susah makan adalah karena perasaan bosan dengan makanan yang sama setiap harinya. Salah satu cara mengatasi anak susah makan karena persoalan tersebut adalah dengan menyediakan beragam menu makan yang berbeda setiap harinya.

Ibu Super harus sangat kreatif dan inovatif dalam menyiapkan menu yang menarik. Pastikan juga Ibu Super telang mengetahui apa yang menjadi kesukaan dari sang buah hati. Mulai dengan makanan kesukaann buah hati lalu lakukan kreasi masakan dengan bahan tersebut.

5. Minta Bantuan Jika Memang Diperlukan

5. Minta Bantuan Jika Memang Diperlukan
kumparan.com

Jika Ibu Super sudah tidak tahu harus melakukan cara mengatasi anak susah makan seperti apa lagi, Ibu Super bisa meminta bantuan ayah sang anak. Biasanya anak akan lebih segan kepada sang ayah. Jika memang diperlukan dan sudah tidak tahu lagi untuk mengatasi anak yang kesulitan makan. Sedulur bisa meminta bantuan suami.

Atau Sedulur juga bisa meminta bantuan kakak-kakak sang anak. Biasanya anak-anak akan lebih dekat dengan kakak mereka. Sedulur juga bisa sekalian menyuapi makanan kepada anak-anak Sedulur.

6. Jangan Sekali-Kali Menyuruh Makan

6. Jangan Sekali-Kali Menyuruh Makan
situssiput.blogspot.com

Salah satu langkah ampuh sebagai cara mengatasi anak susah makan adalah jangan sekali-kali menyuruh anak untuk makan. Karena anak-anak biasanya akan melakukan hal sebaliknya dari yang diperintahkan. Sedulur harus melakukan taktik dalam hal ini untuk melakukan cara mengatasi anak susah makan.

Sedulur bisa melarang anak untuk jangan makan sama sekali, larang anak untuk tidak menyentuh makanan. Bukan dalam pengertian sebenarnya, justru Sedulur sedang melakukan strategi. Perhatikan hasilnya, sang anak niscaya akan meminta makan sendiri tanpa harus disuruh.

7. Dengarkan dan Turuti Kemauan Anak

7. Dengarkan dan Turuti Kemauan Anak
nova.grid.id

Salah satu penyebab lain anak-anak susah makan adalah mood mereka yang sedang tidak baik. Sedulur dalam hal ini harus menuruti kemauan anak. Karena, sebagai orang tua tidak ada salahnya dan malah sebuah kewajiban untuk menuruti kemauan anak, asalkan dalam batasan tertentu dan masih dalam batas wajar.

Dengarkan apa keinginan anak untuk lauk makan besok. Hal ini juga bisa digunakan untuk mengajari tanggung jawab. Jika misal anak masih tidak ingin makan padahal telah memasak lauk keinginannya, bisa dijadikan pelajaran sebagai tindakan tanggung jawab dengan apa yang diminta.

8. Gunakan Suplemen

8. Gunakan Suplemen
bukalapak.com

Salah satu cara mengatasi anak susah makan yang bisa dikatakan ampuh adalah memberikan suplemen makanan kepada anak, agar nafsu makan anak juga semakin meningkat. Sedulur atau Ibu Super bisa memilih suplemen sirup atau suplemen yang berbentuk permen jeli, agar disukai oleh anak-anak. Lebih bagus lagi memilih suplemen yang mengandung temulawak agar semangat makan anak meningkat.

9. Jangan Membandingkan Anak

9. Jangan Membandingkan Anak
idntimes.com

Jangan pernah membandingkan anak yang sulit makan, baik dengan teman sebayanya atau dengan kakaknya. Karena hal tersebut akan melukai perasaan anak. Atau, bagi Ibu Super jangan merasa sedih jika melihat anak lain makan dengan lahap, karena setiap anak memiliki pola makan yang berbeda-beda. Tetap semangat untuk memberikan pengertian agar anak-anak memiliki semangat makan yang tinggi.

10. Berikan Contoh yang Baik

10. Berikan Contoh yang Baik
sukabumiupdate.com

Anak-anak merupakan peniru ulung. Anak selalu pandai menirukan orang tuanya. Cara mengatasi anak susah makan adalah dengan memberikan contoh yang baik. Sedulur atau Ibu Super bisa memberikan contoh dengan semangat makan. Jangan-jangan kesulitan makan anak meniru pola makan orang tuanya yang sangat sulit atau malas makan. Bisa jadi penyebab utamanya karena anak melihat orang tua jarang makan dan menganggap bahwa makan bukan sebuah kebutuhan.

Semoga penjelasan tentan cara mengatasi anak susah makan di atas bisa menambah wawasan Sedulur dalam merawat anak. Terutama bagi Ibu Super yang memutuskan untuk mengurus dan mengabdikan diri demi pertumbuhan anak. Ibu Super juga bisa membeli berbagai bahan untuk membuat makanan yang menarik hari sang buah hati di Aplikasi Super.

Melalui layanan Super Eats dari Aplikasi Super, terdapat Super Fresh yang memiliki buah-buahan dan sayuran segar. Banyak bahan lain seperti bumbu dapur, dan juga daging dan frozen food. Sedulur bisa klik di sini untuk cek langsung kelengkapan barangnya. Sedulur juga bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super, agar bisa lebih mudah lagi belanja hanya melalui smartphone. Selamat mencoba!