Ini 7 Cara Memilih Beras Yang Berkualitas – Wajib Tahu

Beras merupakan makanan pokok Sedulur sehari hari, oleh karena itu anda harus tau cara mmemilih beras dan membedakan kualitas yang ada di pasaran.

Sedulur, beras merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Beras yang dimasak itu nantinya akan menjadi nasi. Seperti yang Sedulur tahu, bahwa Sedulur rasanya tidak lengkap jika makan tanpa nasi.

Meski sudah makan daging pun, Sedulur masih tetap menambahkan nasi. Nah, maka dari itu, sebelum Sedulur memakan nasi, sebaiknya Sedulur perlu tahu dan memilih beras yang baik dan berkualitas.

Pada dasarnya mengenal ciri-ciri kualitas beras yang baik, akan berpengaruh terhadap kesehatan Sedulur dan keluarga di rumah. Kira-kira, hal apa saja ya yang perlu Sedulur perhatikan untuk memilih merk beras yang bagus dan berkualitas? Yuk Sedulur Super, simak tips-tips di bawah ini!

1. Perhatikan Warna Beras dan Tekstur Beras

cara memilih beras

Tips pertama yang harus diperhatikan saat memilih jenis beras yang berkualitas adalah warna pada beras. Mengingat saat ini sudah banyak beras yang dicampur dengan berbagai pemutih. Maka memperhatikan warna beras sangat penting agar Sedulur benar-benar mendapatkan beras yang menyehat.

Ciri-ciri beras yang baik bukan sekadar memiliki warna yang terlalu putih. Karena bisa jadi warna beras tersebut memiliki kandungan pemutih. Sebaiknya, beras yang baik dan berkualitas adalah yang memiliki warna bening dengan sedikit kekuningan.

Lalu perhatikan juga tekstur beras tersebut. Dari situ, Sedulur bisa mengetahui apakah beras tersebut cocok untuk konsumsi atau tidak. Beras yang berkualitas memiliki tekstur yang kuat dan tidak mudah patah saat ditekan.

Sebaliknya, beras yang ketika ditekan mudah sekali hancur, itu menunjukkan bahwa beras tersebut tidak bagus dan tidak layak untuk dikonsumsi. Maka dari itu, pilihlah beras yang kuat dan kokoh dengan cara menekan sampel dari beras yang ada.

2. Amati Penampilan Berasnya

cara memilih beras

Setelah memperhatikan warna dan tekstur beras, selanjutnya Sedulur perlu melihat bentuk berasnya. Caranya adalah dengan mengamati butiran beras tersebut. Dengan cara ini, Sedulur bisa melihat apakah beras tersebut produk beras yang masih baru atau sudah lama.

Coba perhatikan penampakan beras tersebut secara teliti. Apabila pada tekstur berasnya terdapat tekstur beras yang panjang atau tidak. Selain itu, lihat juga apakah di tangan Sedulur terdapat bekas seperti tepung atau tidak. Jika ada, maka beras tersebut sudah mendekati masa kadaluarsa.

3. Pastikan Berasnya Aman dari Kutu

cara memilih beras

Selain beberapa tips yang telah disebutkan di atas, Sedulur juga harus memastikan bahwa beras yang Sedulur beli tidak terdapat kutu di dalamnya. Umumnya, beras yang terdapat kutu menandakan bahwa beras tersebut sudah berumur lama. Beras yang usianya sudah lama, umumnya tidak bersih dan kurang baik untuk kesehatan.

Akan tetapi, beras yang berkutu sebenarnya juga ada sisi positifnya. Karena ia tidak terdapat bahan atau zat kimia. Ada kalanya juga jenis beras yang baru berkutu karena terkontaminasi oleh beras yang lama.

4. Cium Aroma Beras

cara memilih beras

Tips selanjutnya dalam memilih beras yang berkualitas tinggi adalah dengan melihat bagaimana aroma beras. Saat ini, di pasaran sudah banyak beredar jenis beras yang mengandung pewangi buatan. Beras yang mengandung pewangi buatan umumnya menimbulkan bau yang tidak sedap. Oleh karena itu, pastikan Sedulur memilih beras yang aromanya wangi yang normal dan tidak berbau apek.

5. Hati-Hati dengan Harga Beras Murah

Selanjutnya adalah dengan memperhatikan harga beras. Di pasaran, ada beragam harga beras yang ditawarkan. Adapun acuan untuk harga beras tersebut ditentukan berdasarkan kualitas berasnya. Sehingga, semakin bagus kualitas berasnya maka harganya juga akan semakin mahal. Namun, rasa yang ditawarkan juga akan semakin enak.

Dan jika kebetulan Sedulur menemukan beras yang dijual dengan harga terlalu murah, sebaiknya berhati-hati. Karena dikhawatirkan beras tersebut memiliki kualitas yang tidak baik atau ia sudah terlalu lama. Sehingga, ia kurang baik untuk dikonsumsi.

Penting untuk diketahui bahwa beras yang rapuh cenderung memiliki banyak air. Ini umumnya senjaga dilakukan oleh orang-orang yang tidak baik agar berat pada beras menjadi bertambah.

Nantinya, itu akan memberikan keuntungan tersendiri kepada oknum tersebut. Akan tetapi, beras yang terlalu rapuh tidak akan dapat bertahan lama. Ia pun juga mudah apek dan didatangi kutu.

6. Pastikan Membeli di Toko Terpercaya

Selain memastikan berasnya tidak memiliki kutu, cara selanjutnya adalah dengan membeli beras di toko yang terpercaya. Hal ini sangat penting dilakukan agar berasnya benar-benar terjamin. Karena membeli beras di toko yang sembarangan bisa menimbulkan dampak yang tidak baik.

Oleh karena itu, pilihlah toko yang benar-benar memberikan produk beras aman dan menyehatkan. Hindari membeli dari daftar merk beras berbahaya. Hal utama yang Sedulur lakukan untuk mencari jenis beras berkualitas adalah melihat daftar merk beras berbahaya yang bisa Sedulur temukan di internet. Sedulur juga bisa membeli beras berkualitas di Aplikasi Super.

Nah Sedulur, itulah beberapa cara memilih beras berkualitas. Sedulur tidak perlu repot mencari beras berkualitas untuk dijual di toko kelontong, cukup pesan melalui Aplikasi Super, dijamin barang berkualitas! Sedulur bisa download Aplikasi Super di sini.