Masih baru melakukan belanja online? Simak cara belanja online yang aman dan mudah di bawah ini.

Memasuki era digital saat ini, segalakan secara online, termasuk juga belanja. Namun, hingga saat ini masih banyak orang yang bisa dikatakan baru atau pemula dalam belanja online. Hal tersebut bukan tanpa sebab.

Penyebab utamanya karena maraknya penipuan online, yang membuat sebagian orang takut untuk belanja online. Berbagai inovasi dan perbaikan, menyebabkan peningkatan keamanan dari setiap situs atau marketplace pun semakin hari semakin membaik.

Karena masih banyak terus bertambahnya pembeli online, Superapp.id kali ini akan membahas cara belanja online yang baik dan benar bagi para pembeli online pemula. Yuk, mari kita langsung saja simak langkah aman dalam cara belanja online untuk pemula di bawah ini.

-->

Baca Juga: Tips Belanja Untung di Aplikasi Online

Langkah dan Cara Belanja Online Bagi Pemula

1. Cek Kebijakan Situs Terkait Data Pribadi Konsumen

1.   Cek Kebijakan Situs Terkait Data Pribadi Konsumen

Langkah pertama yang harus Sedulur periksa sebagai pembeli online baru adalah membaca kebijakan situr terkait data pribadi konsumen. Jika Sedulur yakin dengan kebijakan dan keamanan situs, Sedulur bisa melanjutkan belanja online.

Karena data pribadi sangat penting, banyak penipuan berawal dari data pribadi pelanggan yang bocor yang dibajak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Memastikan kebijakan situs terkait keamanan pribadi kita sebagai pembeli online adalah langkah bijak dalam sebelum melakukan belanja online.

2. Riset Harga

2.   Riset Harga

Poin satu ini sangat penting, karena setiap aplikasi belanja online, situs dan marketplace  akan bersaing dengan memberikan harga yang paling murah dalam beberapa item atau barang tertentu. Barang yang dimaksud biasanya barang yang sangat dibutuhkan masyarakat, seperti sembako.

Kadang di tiap aplikasi belanja online, harga yang diberikan hanya berbeda seribu hingga dua ribu rupiah saja. Namun, Sedulur Super harus benar-benar memastikan bahwa harga barang yang akan Sedulur Super beli adalah barang dengan harga yang paling murah.

Jangan sekali-kali berpikir bahwa membandingkan harga antara satu aplikasi belanja online dengan aplikasi lain adalah hal yang membuang-buang waktu. Membandingkan harga ibarat riset yang sedang Sedulur Super lakukan dalam mencari harga termurah.

Melakukan riset harga merupakan langkah dalam belanja secara online yang aman sekaligus mendapatkan untung. Ibarat belanja secara langsung, riset harga di antara aplikasi atau situs belanja adalah berkeliling mencari barang yang bagus dengan harga yang sesuai.

Baca Juga: Lengkapi Kebutuhanmu dengan Belanja di Aplikasi Super

3. Pertimbangkan Cara Pembayaran

3.   Pertimbangkan Cara Pembayaran

Beberapa situs dan aplikasi dari marketplace telah memiliki keamanan dalam cara pembayaran belanja online. Namun, jika ada pilihan untuk bayar di tempat, akan lebih baik Sedulur memilih cara tersebut. Karena barang dan uang akan dipastikan aman.

Cara belanja online bayar di tempat saat ini mulai banyak diberlakukan oleh setiap situs belanja secara online. Karena banyaknya masyarakat yang menggunakan layanan dan cara pembayaran satu ini. Hal yang paling penting dalam mempertimbangkan cara pembayaran adalah memastikan barang yang dibeli sampai. Karena biasanya penipuan yang terjadi melirik metode pembayaran sebagai celah untuk melakukan penipuan.

4. Pilih Jasa Pengiriman yang Tersedia di Daerah Sedulur

5.   Cek Kembali Barang yang Sudah Dibeli Secara Online

Jasa kurir atau jasa pengiriman adalah pondasi utama dalam transaksi belanja secara online. Tanpa adanya jasa pengiriman, perkembangan jual beli online tidak akan pesat seperti saat ini. Sedulur harus melihat dan memastikan jasa pengiriman saat belanja secara online.

Salah satu langkah dalam belanja online yang baik adalah memilih jasa pengiriman yang tersedia di daerah Sedulur. Karena biasanya situs, aplikasi atau marketplace belanja online menggunakan jasa pengiriman yang berbeda-beda.

Jangan memilih menggunakan jasa pengiriman yang tidak memiliki kantor cabang di daerah Sedulur. Karena selain akan memakan biaya yang mahal, barang yang Sedulur beli pun tidak dapat dipastikan keamanannya.

5. Cek Kembali Barang yang Sudah Dibeli Secara Online

5.   Cek Kembali Barang yang Sudah Dibeli Secara Online

Memeriksa barang yang telah datang dari hasil pembelian online adalah hal yang sangat penting. Pastikan barang yang tiba sesuai dengan pesanan. Jika tidak, Sedulur jangan ragu atau sungkan untuk mengembalikan barang yang dibeli.

Jika situs belanja online tidak menerima pengembalian barang atau keluhan, Sedulur bisa melaporkan kepada pihak berwajib sebagai usaha penipuan. Jangan beri kesempatan bagi para penipu untuk berkeliaran dengan bebas di situs belanja online.

6. Belanja Online Aman, Mudah dan Murah di Aplikasi Super

6.   Belanja Online Aman, Mudah dan Murah di Aplikasi Super

Aplikasi Super  merupakan sebuah platform digital yang bergerak di bidang kebutuhan rumah tangga, kebutuhan sehari-hari dan kebutuhan pokok lainnya. Aplikasi Super juga telah menjaring banyak pengusaha yang berkaitan sebagai partner di Aplikasi Super.

Aplikasi Super memiliki misi untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. Hal itu diwujudkan oleh Aplikasi Super dengan memberikan harga yang murah, berikut pelayanan yang maksimal dengan gratis biaya ongkos kirim setiap pemesanan yang Sedulur lakukan.

Saat ini melakukan transaksi di Aplikasi Super telah terjamin keamanannya, Selain itu Aplikasi Super juga menyediakan layanan untuk melakukan pembayaran tagihan online, seperti bayar listrik, PDAM dan internet bulanan.

Lakukan belanja online yang aman dan sekaligus mendapatkan keuntungan di Aplikasi Super. Kebutuhan dapur, kebutuhan rumah tangga, pembayaran tagihan online, hingga peralatan kecantikan tersedia lengkap dan super murah di Aplikasi Super.

Tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan Aplikasi Super. Segera download Aplikasi Super sekarang juga, dan lakukan pembelian barang kebutuhan Sedulur. Klik di sini untuk mengunjungi laman Aplikasi Super dan mempelajari segala sesuatu tentang Aplikasi Super.