Tertarik budidaya kayu manis? Sedulur wajib simak ulasannya di bawah ini.

Melakukan budidaya tanaman kayu manis dapat membuat Sedulur bisa merasakan setiap manfaat dari kayu manis. Selain sangat dapat berguna untuk kesehatan tubuh dan wajah, tanaman kayu manis juga bisa menambah rasa nikmat pada makanan. Makanan akan memiliki rasa yang kuat.

Superapp.id dalam kesempatan kali ini akan membahas cara unik budidaya pohon kayu manis yang bisa Sedulur lakukan di rumah. Sedulur tinggal mencari bibit kayu manis, menanamnya dan melakukan perawatan kayu manis. Bagaimana selengkapnya cara budidaya kayu manis? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga: 15 Ide Usaha Pertanian Rumahan Modal Kecil & Cepat Untung

-->

Cara Unik Budidaya Kayu Manis di Rumah, Super Mudah dan Praktis!

1. Menyiapkan Lahan Tanam

1. Menyiapkan Lahan Tanam
agrotek.id

Langkah pertama yang harus Sedulur lakukan adalah menyiapkan lahan tanam. Menemukan tanah yang cocok untuk menanam kayu manis adalah langkah paling awal. Sedulur juga wajib melakukan pengolahan lahan tanam agar terbebas dari gulma dan semak-semak yang akan menumbuhkan tanaman liar.

Lahan di rumah Sedulur, ada baiknya dilakukan proses penggemburan terlebih dahulu. Tanah dicangkul dengan kedalaman sekitar 50 cm, lalu ratakan kembali. Selanjutnya, Sedulur lakukan pembajakan pada tanah akan tanah semakin gembur. Lalu buat lahan sebesar 50 x 50 x 50 cm, lalu tutup dan diamkan. Lebih baik mendiamkannya selama 1 hingga 2 bulan.

2. Pemilihan Bibit

2. Pemilihan Bibit
agrotek.id

Langkah selanjutnya dalam budidaya kayu manis adalah pemilihan bibit. Terdapat beberapa jenis bibit kayu manis, yaitu Cinnamomum verum (Srilanka), Cinnamomum burmannii (Myanmar), Cinnamomum loureiroi (Vietnam), dan Cinnamomum aromaticum (China).

Beberapa bibit memiliki masa tumbuh yang berbeda,  dan juga berdampak pada perawatan dan pemeliharaan. Biji yang dipilih untuk proses pembibitan harus memenuhi kriteria diantaranya berusia 8 hingga 12 bulan. Pada masa pembibitan tunah, menggunakan akar dengan tinggi tunas sekitar 60 cm.

Baca Juga: Begini Cara Mudah Budidaya Jamur Tiram di Rumah Untuk Pemula

3. Pembibitan dan Penyemaian Bibit

3. Pembibitan dan Penyemaian Bibit
agrotek.id

Sedulur harus memilih lokasi untuk proses pembibitan dan penyemaian setidaknya harus dekat dengan lahan tanam dengan kondisi tanah yang subut. Proses budidaya kayu manis ini dilakukan dengan menggunakan dua media, yaitu polybag dan lapangan. Disemai di polybag, dengan ukuran 15 cm. campurkan tanah dengan pupuk kandang dengan perbandingan 1:2. Pembibitan menggunakan polybag akan berlangsung selama 8-12 bulan.

Selanjutnya dengan menggunakan lapangan, tanah yang telah disediakan harus bersih dari gulma dan hama lainnya. Buat bedengan dan siapkan drainase di setiap bedengan untuk memudahkan proses menanam, pengairan, dan memindahkan bibit. Lakukan perawatan dengan menyiram secara rutin.

4. Penanaman Kayu Manis

4. Penanaman Kayu Manis
faunadanflora.com

Terdapat dua metode dalam menanam kayu manis dalam cara budidaya kayu manis. Pertama metode monokultur dan tumpang sari. Pada metode monokultur lahan hanya ditanam dengan satu jenis tanaman berjarak sekitar 1.5 meter. Sedangkan dengan metode tumpang sari, sistem penanaman dilakukan dengan menanam lebih daru dua jenis tanaman. Jarak penanaman dengan metode ini juga jauh lebih lebar yaitu sekitar 2 x 2cm hingga 5 x 5 cm.

5. Panen Kayu Manis

5. Panen Kayu Manis
pertanianku.com

Selama masa penanaman dan budidaya kayu manis Sedulur harus memperhatikan betul pemeliharan kayu manis agar dapat panen dan menghasilkan kayu manis yang baik. Idealnya, tanaman kayu manis memiliki ketebalan yang baik ketika berusia 6 hingga 12 tahun. Waktu yang lama untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat.

Semoga penjelasan cara budidaya kayu manis di atas bisa membantu Sedulur yang ingin mulai melakukan cara budidaya tanaman rempah, salah satunya kayu manis. Sedulur harus menyediakan kayu manis sebagai persediaan, agar dapat merasakan manfaat dan khasiat dari kayu manis.

Baik sebagai bumbu masak atau juga untuk kebutuhan lainnya. Sedulur bisa membeli kayu manis di Aplikasi Super. Bagi Sedulur yang belum memiliki Aplikasi Super, Sedulur bisa klik di sini untuk download Aplikasi Super. Sedulur juga bisa mengunjungi laman Aplikasi Super, untuk mempelajari Aplikasi Super lebih lanjut dan mendapatkan informasi yang dapat menguntungkan Sedulur Super.