Seperti apa asal-usul sembako dan bagaimana manfaat sembako untuk kehidupan? Yuk, mari kita simak ulasannya

Tidak ada manusia yang tidak butuh makan dan minum dalam setiap harinya. Makan dan minum merupakan kebutuhan dasar manusia untuk terus bergerak dan melakukan kegiatannya setiap harinya.

Kebutuhan makanan dan minuman manusia itu terdiri dari banyak hal. Namun, biasanya kandungan yang harus terdapat dari asupan makanan dan minuman tersebut adalah vitamin, protein, karbohidrat, lemak, serat dan kadungan baik lainnya yang dibutuhkan.

Kandungan tersebut akan tersedia dari berbagai jenis bahan makanan pokok. Hal ini juga yang menjadi awal dari asal usul sembako yang kita kenal saat ini. Seperti apa asal-usul sembako yang wajib kita ketahui. Bagaimana manfaat sembako untuk kehidupan kita? Yuk mari kita simak ulasannya.

-->

Baca Juga: Manfaat Sembako Untuk Kehidupan

Asal-Usul Sembako yang Wajib Sedulur Ketahui

Seperti yang sudah Sedulur Super ketahui, bahwa sembako merupakan singkatan dari Sembilan Bahan Pokok. Sembako merupakan Sembilan jenis kebutuhan masyarakat Indonesia. Karena sembako berkaitan dengan hajat hidup masyarakat banyak, maka pemerintah mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Nomor 115/MPP/Kep/2/1998 tanggal 27 Februari 1988.

Selain itu, Kementerian Perindustrian dan Perdagangan juga menerbitkan kebijakan tentang Penetapan Harga Acuan Pembelian di Petani dan Harga Acuan Penjualan konsumen melalui Surat Keputusan Kementerian Perdagangan Nomor 27/M-DAG/PER/5/2017 yang berlaku pada 16 Mei 2017 yang lalu.

Sembako yang terdiri dari beras, gula pasir, minyak goreng, daging, telur ayam, minyak tanah/gas, jagung, susu dan garam, sangat penting, hal tersebut dapat dilihat bagaimana pemerintah begitu serius mengaturnya dalam dua surat keputusan di atas.

Mengapa Sembako Begitu Penting Bagi Kehidupan?

Selain sebagai asupan makanan yang harus dikonsumsi masyarakat setiap harinya untuk menyambung hidup, sembako menjadi penting karena juga turut mempengaruhi roda perekonomian masyarakat. Harga sembako juga turut mempengaruhi harga barang kebutuhan lainnya.

Harga dari masing-masing sembako di tiap daerah memiliki indeks yang berbeda. Indeks ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya ketersediaan hasil produksi di masing-masing daerah, distribusi barang, dan ketersediaan barang sembako di pasar.

Di tengah masa pandemi Covid-19 saat ini, banyak bahan sembako yang mulai naik harganya secara perlahan, hal tersebut tentu sangat berpengaruh bagi masyarakat yang memiliki pemasukan menengah ke bawah.

Terutama bagi para masyarakat yang mengandalkan hidup dari pemasukan harian. Di tengah masa pandemi virus corona saat ini, banyak masyarakat yang berdagang yang mengandalkan pemasukan harian tidak memiliki pemasukan sama sekali akibat kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar).

Dari kondisi tersebut, Sedulur bisa menilai betapa sembako dapat memengaruhi banyak faktor terutama perekonomian. Walaupun, di sisi lain kabar baiknya, bisnis sembako dan toko kelontong merupakan bisnis yang akan selalu dibutuhkan dalam setiap kondisi apapun.

Bagi para Sedulur yang menjalankan bisnis toko kelontong mungkin masih bisa menjalankan bisnisnya. Namun, bagi sebagian pebisnis lain, banyak yang gulung tikar tidak bisa bertahan karena sama sekali tidak mendapatkan pemasukan yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Berbisnis Sembako Membantu Meningkatkan Perekonomian

Berbisnis sembako juga bisa meningkatkan perekonomian Sedulur Super. Selain karena sembako merupakan kebutuhan penting dan akan selalu ada permintaan dari masyarakat, berbisnis sembako juga bisa meningkatkan dan menambah pemasukan finansial kita.

Mungkin Sedulur bertanya, bagaimana caranya berbisnis sembako bisa meningkatkan pemasukan finansial kita. Karena, harga sembako sudah diatur bahkan hingga dibuat surat keputusan oleh pemerintah. Itu tandanya berarti Sedulur ada yang belum mengetahui Aplikasi Super.

Aplikasi Super merupakan sebuah platform digital yang menjaring berbagai pengusaha UMKM yang menjual sembako. Sedulur bisa memesan atau membeli sembako melalui Aplikasi Super.

Bagi Sedulur yang berbisnis toko kelontong dan sembako, membeli di Aplikasi Super akan dapat memberikan untung lebih, karena Aplikasi Super memberikan harga yang murah dari yang lainnya. Harga murah dan pelayanan maksimal adalah bukti keseriusan Aplikasi Super.

Sedulur bisa menjual kembali dengan mengatur harga untuk mendapatkan keuntungan. Dengan harga beli yang murah, otomatis dapat membuat Sedulur mendapatkan keuntungan yang lebih lagi dengan mematok harga jual sesuai surat keputusan dari Kementerian Perdagangan.

Selain itu, Aplikasi Super juga mempunyai misi untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Keseriusan mewujudkan misi dari Aplikasi Super ini dapat terlihat dari wadah yang dibangun oleh Aplikasi Super yang bernama Mitra Super Center.

Melalui Mitra Super Center, Sedulur bisa mendapatkan super untung melimpah. Karena banyak kemudahan yang bisa rasakan. Termasuk harga yang lebih murah, prioritas pelayanan dan lain sebagainya. Bisnis sembako pun akan menjadi lebih maju dan berkembang.

Memiliki bisnis yang maju dan berkembang adalah keinginan setiap masyarakat. Banyak masyarakat yang masih berusaha dan terus menjalankan bisnis agar berkembang. Masih banyak masyarakat yang memiliki kesulitan dalam perekonomian.

Bagi masyarakat yang memiliki perekonomian menengah ke atas, stabilitas harga sembako tidak begitu berpengaruh besar, berbeda dengan masyarakat dengan perekonomian menengah ke bawah. Stabilitas harga sembako merupakan hal yang selalu diperhatikan.

Oleh karena itu, dengan bergabung menjadi Mitra Super Center, Sedulur bisa membantu masyarakat dengan perekonomin menengan ke bawah untuk mendapatkan harga sembako murah yang dapat mereka jangkau.

Bagi Sedulur yang belum download Aplikasi Super, bisa klik di sini untuk downlad sekarang juga. Dan rasakan langsung manfaat dari sembako super dengan harga murah yang dimiliki oleh Aplikasi Super.

Jangan lupa juga untuk kunjungi laman Aplikasi Super untuk mempelajari lebih jauh terkait Aplikasi Super, termasuk cara download Aplikasi Super agar bisa mendapatkan keuntungan lebih dengan menjadi Mitra Super Center dan menjalankan bisnis sembako yang maju.