Cara perawatan rambut

Rambut Sedulur kering dan berminyak? Yuk simak tips ini agar rambut senantiasa sehat dan terawat!

Selain kulit tubuh yang harus dijaga kebersihannya, kesehatan rambut juga merupakan hal yang sangat penting. Untuk membuat rambut tetap sehat tiap saat, selain melakukan perawatan ekstra pada rambut, Sedulur juga hendaknya memperhatikan kebiasaan dalam membersihkan atau merawat rambut yang sering dilakukan sehari-hari. Seperti apa sih?

Baca Juga: 8 Sembako yang Paling Dicari

7 Cara Merawat Rambut Agar Selalu Sehat

1. Jangan asal, penggunaan air saat mencuci rambut juga penting

Penggunaan air saat keramas
Penggunaan air saat keramas

Mencuci rambut atau keramas merupakan hal penting yang harusnya rutin dilakukan. Tapi, kegiatan rutin tersebut sebaiknya juga diimbangi dengan kebiasaan yang benar. Untuk mendapatkan rambut yang sehat, hindari menggunakan air yang terlalu panas atau terlalu dingin.

-->

Sedulur bisa mulai dengan membasahi rambut dengan air hangat terlenih dulu, kemudian bilas dengan air yang sejuk dan tidak terlalu dingin. Hal ini karena mencuci rambut dengan air yang terlalu dingin atau panas dapat menyebabkan rambut menjadi rusak.

2. Rutin memotong rambut juga jadi cara untuk menjaga kesehatan rambut

Rutin memotong rambut
Rutin memotong rambut

Hal satu ini kebanyakan sering disepelekan oleh banyak orang. Padahal, dengan memotong rambut dengan rutin dan secara berkala, maka Sedulur dapat mencegah rambut bercabang.

Waktu yang disarankan untuk memotong rambut biasanya adalah sekitar 10 minggu, jadi jangan lupa perhatikan hal ini juga ya!

3. Kandungan nutrisi pada makanan juga penting

Nutrisi pada makanan
Nutrisi pada makanan

Tak hanya perawatan dari luar, perawatan dari dalam tubuh juga merupakan salah satu cara merawat rambut untuk tetap sehat.

Makanan dengan banyak kandungan protein seperti telur dan kacang-kacangan, kandungan zinc seperti daging sapi dan biji labu, serta omega 3 seperti salmon dan sereal juga merupakan hal penting untuk mendukung perawatan rambut.

4. Jangan terlalu sering menggunakan pengering rambut dan catok

Penggunaan hairdryer
Penggunaan hairdryer

Penggunaan pengering rambut dan catokan sering dilakukan saat Sedulur sedang terburu-buru atau ingin merapikan rambut secara instan, Tapi yang Sedulur juga perlu ketahui bahwa hal tersebut dapat melemahkan rambut, terutama untuk rambut yang kering, rapuh, dan halus.

Hindari memakai pengering rambut dan catokan setiap hari dan batasi 2-3 kali seminggu agar kekuatan rambut dapat pulih setelah dicatok.

5. Lakukan pijatan pada kepala saat mencuci rambut

Pijatan pada kepala
Pijatan pada kepala

Dengan cara mengaplikasikan pijatan pada kepala, hal ini merupakan salah satu cara efektif untuk merawat rambut agar sehat. Pijatan pada kulit kepala diketahui dapat meningkatkan ketebalan rambut dan memperkuatnya.

Sebaiknya Sedulur melakukan gerakan memijat kepala secara melingkar selama beberapa menit. Hal ini bisa Sedulur lakukan saat rambut dalam keadaan kering, atau disarankan saat rambut dalam keadaan basah saat mencuci rambut.

6. Lakukan perawatan ekstra lainnya pada rambut

Perawatan ekstra pada rambut
Perawatan ekstra pada rambut

Tak hanya rutin keramas menggunakan shampo, Sedulur juga dapat melakukan perawatan ekstra yang sederhana untuk merawat rambut agar tetap sehat.

Misalnya saja dengan rutin memakai kondisoner tiap sehabis menggunakan shampo serta mengoleskan vitamin rambut dengan kandungan vitamin E atau minyak zaitun. Dengan cara ini, maka rambut Sedulur tak hanya tetap sehat, tapi juga ternutrisi dengan baik.

7. Memilih jenis shampo yang tepat

Pilih shampo yang tepat
Pilih shampo yang tepat

Sama halnya dengan kulit, rambut juga memiliki beragam jenis seperti rambut normal, kering, dan berminyak. Pilihlah produk shampo yang sesuai dengan jenis rambut dan kebutuhan Sedulur.

Sedulur dapat memilih dan membeli berbagai produk shampoo serta nutrisi perawatan rambut lainnya di Aplikasi Super. Aplikasi Super menyediakan beragam merk dan varian shampo yang tepat untuk Sedulur dengan harga murah.

Tinggal download dan install Aplikasi Super, maka Sedulur bisa membeli sembako dan barang kebutuhan pokok lainnya dalam satu genggaman. Yang tak kalah menarik, Sedulur juga dapat mendapatkan keuntungan berlebih dengan daftar menjadi Agen Super lho! Mau tau caranya? Yuk cari tau informasi lengkapnya di sini!