paskalina

Menulis di blog sudah sering dilakukan, tetapi ibu dari dua anak ini belum merasa percaya diri kalalu disebut sebagai seorang blogger. Kalau disebut sebagai penulis buku anak, sudah layak disandangnya karena banyak buku anak karyanya sudah diterbitkan.

Paskalina Askalin, ibu dari Kenan dan Krisan. Sambil menjaga buah hati, aktivitas kesehariannya adalah menulis buku anak dan berbagai jenis buku lain, serta menjadi editor di Solusi Editing dan Layout Buku (@solusieditingbuku). Buku anak terbarunya diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo berjudul Aktivitas 10 in 1 Anak PAUD Cerdas.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih Paskalina, di antaranya tahun 2021, dongeng karyanya yang berjudul “Gogi Penjaga Hutan” menjadi pemenang favorit Lomba Menulis Dongeng yang diadakan Yayasan ASRI (Alam Sehat Lestari), tahun 2019, bukunya Tedi Kelinci Jujur menjadi Juara II Sayembara Penulisan Bahan Bacaan Tahun 2019 Kategori Membaca Dini, Kantor Bahasa Bangka Belitung, tahun 2018, karya Paskalina, Doti Kupu Suka Berteman dengan Semua menjadi Juara Harapan dalam Lomba Ebook Cerita Anak Dirjen PAUD. Masih di tahun 2018, buku karyanya yang berjudul Mengenal Bubur Tradisional Nusantara menjadi Buku Terpilih Sayembara Badan Bahasa, buku Roti Panggang Pisang untuk Nenek dan buku Ini Kreasiku Mana Kreasimu menjadi Pemenang Lomba Kemendikbud Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Karya buku dan prestasi lomba lainnya dapat dilihat di www.paskalina.com.

Paskalina juga memiliki karya buku antologi bersama komunitas, di antaranya Rumahku Kebaikanku, Kumpulan Cerpen Anak di Masa Pandemi (Rumpun Aksara, 2020), Ensiklopedia Hewan Laut, Mengenal 32 Jenis Hewan yang Ada di Lautan (Rumpun Aksara, 2020), Super Emak (SIP Publishing, 2021), Super Bapak Pahlawanku (SIP Publishing, 2021), Bunda dan Sejuta Kisah Ananda (SIP Publishing, 2021).

-->

Karyanya di media, Dongeng Nusantara Bertutur “Apa Benar Meri Merak Sombong?” dimuat Harian Kompas edisi Minggu, 20 September 2020. Paskalina saat ini tinggal di Kota Depok dan bisa dihubungi melalui bundapaskalina@gmail.com.

Di Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan, Paskalina menulis Ibu Kamariah sebagai sosok pahlawannya. Beliau membuka warung di bagian depan rumahnya sejak bulan November 2020. Warungnya tidak besar, tetapi mempunyai manfaat besar bagi Paskalina dan warga perumahan lainnya, khususnya dalam pemenuhan kebutuhan pokok. Langsung baca kisah lengkap Ibu Kamariah di blog Paskalina.

Nah, kalau kamu tertarik juga mengikuti Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan pada periode 4 April—5 Juni 2022 mendatang, langsung siapkan tulisan terbaik di blog pribadimu sekarang juga. Ceritakan sosok pahlawan di sekitarmu. Dapatkan kesempatan menang hadiah jutaan rupiah. Aplikasi Super akan bantu mewujudkan impianmu terhadap sosok pahlawan yang diangkat dalam tulisan. Buruan daftar sekarang!