Ashan

Mencintai aktivitas membaca dan menulis membuat Ashan mantap mempelajari bahasa Indonesia di jenjang kuliah. Masa-masa yang menariknya jatuh ke dalam dunia kepenulisan secara lebih mendalam. Karya-karya tulisnya banyak muncul di masa-masa itu, baik karya tulis berupa artikel populer maupun karya fiksi.

Selepas lulus, ia memutuskan untuk menjadi pengajar bahasa Indonesia di salah satu SMP negeri di Kota Tasikmalaya. Sibuk dengan pekerjaan tetapnya tidak membuat ia kehabisan akal untuk tetap membaca dan menulis.

Saat ini, tulisan-tulisan Ashan banyak tayang di situs pribadinya. Beberapa artikel populernya ditulis untuk tujuan kompetisi. Pencapaian terbesarnya adalah menjadi 20 Terbaik Kategori PTK dalam acara Proyek Akhir Aksi Nyata Kita Melawan Kekerasan Berbasis Gender yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada akhir tahun 2020 silam.

Sementara itu, pencapaiannya di dunia fiksi baru sebatas mendapatkan juara 1 lomba cerpen di beberapa kompetisi. Kendati demikian, salah satu cerpen terbaiknya dimuat dalam buku kumpulan cerpen seri Dark Fantasteen berjudul Jangan Tertawa Pada Malam Hari yang diterbitkan oleh Dar! Mizan pada tahun 2014 silam.

Dalam rangkaian Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan, Ashan bercerita tentang makna pahlawan di dalam kehidupan pribadinya. Ia juga menyebutkan bahwa sosok orang tua—Abah dan Ibu—adalah sosok pahlawan nomor satu. Sebab, sebelum guru memahami konsep pendidikan, dokter mempelajari konsep kesehatan, dan polisi menginisiasi konsep keamanan, orang tua sudah menerapkan ketiga atau lebih dari konsep-konsep pedagogis di dalam kehidupan rumah tangga. Penerapan yang kemudian membentuk seorang anak untuk menjadi pribadi yang baik dan berguna bagi bangsa dan negara.

Sebagai bentuk apresiasi bagi pahlawannya, Ashan mengambil inisial nama Abah dan Ibunya menjadi nama belakang dari nama penanya; Ashan He. Cerita ini bisa dibaca di situs pribadi AshanHe.com, berjudul “Abah dan Ibu adalah Pahlawan Nomor Satuku”.

Nah, kalau kamu tertarik untuk mengenalkan sosok pahlawan versimu kepada dunia, ayo segera persiapkan diri untuk Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan. Kontes ini akan dilaksanakan pada periode 4 April–5 Juni 2022 mendatang. Ada banyak hadiah yang menanti untuk tulisan-tulisan yang menarik hati. Selain itu, jika tulisanmu menang, sosok pahlawan versimu akan mendapatkan kado sesuai dengan yang kamu ingin berikan dari Aplikasi Super! Buruan daftar sekarang!