rawon jadi sup terenak di dunia

Rawon Jadi Sup Terbaik di Dunia

Rawon hitam
Nibble

Rawon dikenal sebagai salah satu kuliner khas Jawa Timur yang memiliki tampilan unik. Kuahnya berwarna hitam legam, dengan isian potongan daging sapi yang dipotong dadu. Makanan ini dikenal memiliki rasa yang gurih.

Taste Atlas sendiri memberikan penjelasan bahwa rawon memiliki teknik memasak yang berbeda. Daging sapi direbus bersama bumbu khas, lalu dimasak dengan konsep slow cooking.

“Sup beraroma ini biasanya dibuat dengan daging sapi yang direbus perlahan dan bahan tradisional Indonesia lainnya,” tulis Taste Atlas dalam rilis resminya.

Mereka juga menjelaskan rincian bumbu dan bahan membuat rawon. Salah satu yang unik dan mungkin Sedulur tidak bisa temukan di daerah lain adalah keluak. Bahan ini menjadi faktor utama rasa rawon menjadi begitu gurih dan berwarna hitam.

Selain keluak, Taste Atlas juga menambahkan beberapa bumbu tradisional lain seperti daun jeruk, serai, jahe, kunyit dan cabai.

Makanan ini memiliki sejarah yang panjang. Rawon sudah ditemukan sejak abad ke-18, bahkan beberapa catatan prasasti menyebutkan makanan ini sebagai hidangan para raja di kerajaan kuno di Indonesia.

BACA JUGA: Resep & Bumbu Rawon Daging Khas Jawa Timur, Sudah Coba?